bacaterus web banner retina

11 Pemeran A Business Proposal, Cerita Cliché Jadi Menyenangkan

A Business Proposal (2022) dinilai membawa angin segar karena alurnya yang ringan dan cliché. Di tengah banyaknya drama Korea berplot berat, suguhan berjumlah 12 episode ini jadi pilihan terbaik untuk istirahat. Kamu benar-benar cukup duduk manis dan nikmati alurnya tanpa perlu berpikir keras.

Drama dengan formula cliché semacam ini cukup risky. Salah-salah bisa ditinggalkan karena ceritanya sudah terlalu jadul. Untungnya para pemeran A Business Proposal (2022) berhasil membawakan setiap karakter dengan apik.

Mereka sukses mengantarkan cerita A Business Proposal yang sebenarnya cliche ini jadi tontonan menyegarkan. Siapa saja mereka dan seperti apa karakternya?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama yang Mirip A Business Proposal (2022)

1. Kang Tae Moo – Ahn Hyo Seop

1. Kang Tae Moo – Ahn Hyo Seop

Pemeran A Business Proposal (2022) yang pertama adalah Ahn Hyo Seop. Dia berperan sebagai Kang Tae Moo, yaitu CEO Go Food yang baru. Tae Moo banyak menghabiskan waktunya mengurusi bisnis di luar negeri.

Dia kembali ke Korea setelah sang kakek memutuskan mundur dari perusahaan. Selain disibukkan oleh urusan pekerjaan, Tae Moo juga harus memenuhi permintaan kencan buta dari kakeknya.

Tae Moo sosok pria yang serius, tegas dan cukup kaku. Tae Moo bisa jadi cucu yang penurut tetapi juga pemberontak, apalagi terkait urusan asmaranya.

Pria ini tertarik pada Shin Ha Ri sejak pertemuan pertama mereka. Jadi ketika tahu dirinya ditipu, Tae Moo justru menawarkan ide yang tidak terduga.

Tae Moo memiliki trauma terhadap hujan. Pasalnya kedua orangtua Tae Moo meninggal dalam kecelakaan lalu lintas saat hujan.

Trauma yang dimiliki Tae Moo perlahan sembuh berkat bantuan Shin Ha Ri. Oleh karena itu cintanya pada Shin Ha Ri begitu kuat sampai-sampai tidak memedulikan larangan sang kakek.

2. Shin Ha Ri – Kim Se Jeong

Shin Ha Ri – Kim Se Jeong_

Aktris cantik dan serba bisa Kim Se Jeong menjadi pemeran A Business Proposal (2022) kesayangan para penonton sebab karakternya yang menyenangkan.

Dia berhasil menghidupkan sosok Shin Ha Ri yang riang, ceria, penuh semangat dan tulus. Shin Ha Ri adalah salah satu pekerja Go Food yang bertugas di Tim Pengembangan Makanan.

Dalam bekerja dia terkenal cerdas dan punya ide-ide menarik. Salah satu idenya bahkan dikagumi oleh Kang Tae Moo. Shin Ha Ri merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Selain sibuk di kantor Ha Ri juga membantu kesibukan kedua orangtuanya di resto khusus ayam goreng.

Ha Ri bersahabat dengan Young Seo dan berbagi apapun dengannya. Termasuk rela menggantikan Young Seo mengikuti kencan buta untuk kesekian kali. Kepribadian Ha Ri cukup unik karena dia bisa tampil slengean dan ‘gila’, tapi bisa juga lembut dan pemalu.

Shin Ha Ri tidak pernah menyangka akan menjalin hubungan dengan CEO-nya sendiri. Rahasia Ha Ri dalam menggaet Tae Moo ada pada sikap jujurnya.

Dia memberikan kesan pertama yang berbeda pada Tae Moo daripada wanita lain yang pernah ditemuinya. Sebagai wanita biasa yang ditaksir bosnya sendiri, Ha Ri sempat insecure tapi gadis ini tahu yang dia inginkan.

3. Cha Sung Hoon – Kim Min Kyu

Cha Sung Hoon – Kim Min Kyu

Kim Min Kyu yang mulai menarik perhatian sejak berperan sebagai Kamerad Joo dalam Snowdrop (2021) memainkan karakter yang berbeda di A Business Proposal (2022).

Dalam drama karya sutradara Park Sun Ho ini Min Kyu berperan sebagai Cha Sung Hoon. Dia adalah sekretaris pribadi Kang Tae Moo sekaligus sahabatnya sejak kecil.

Sung Hoon merupakan anak yatim piatu yang dibesarkan di panti asuhan. Sejak kecil Kang Da Koo juga turut membiayai kebutuhannya. Dari sana persahabatan dengan Kang Tae Moo terjalin erat.

Sung Hoon sosok pemuda yang tenang dan lembut. Dia juga loyal dan paling sering dibuat repot oleh ulah Tae Moo. Cha Sung Hoon menjalin hubungan dengan Jin Young Seo setelah sempat menjaga jarak.

Cha Sung Hoon menganggap Young Seo telah menipu bos sekaligus sahabatnya dengan mengirimkan Shin Ha Ri untuk kencan buta. Lama-lama Sung Hoon yang jatuh cinta pada Young Seo sejak pandangan pertama tidak bisa lagi menahan perasaannya.

4. Jin Young Seo – Seol In A

Jin Young Seo – Seol In A

Seol In A menemukan momentumnya untuk dikenal banyak orang melalui perannya sebagai Jin Young Seo dalam drama ini. Sudah nyemplung di dunia akting sejak 2015, kemampuan beraktingnya cukup teruji.

Di A Business Proposal (2022) dia berperan sebagai putri dari keluarga gaya, pemilik Marine Group, yang jatuh cinta dengan sekretaris pribadi Kang Tae Moo.

Young Seo adalah sahabat dekat Shin Ha Ri. Keduanya tidak terpisahkan dan sama-sama ‘gila’. Young Seo memang dari keluarga kaya tetapi tak pernah sekalipun terlihat sombong atau membangga-banggakan kekayaan keluarganya.

Persahabatannya dengan Shin Ha Ri juga tidak terganggu atau dipengaruhi hal itu. Young Seo sosok gadis yang mandiri dan tidak silau dengan harta.

Young Seo semula dijodohkan dengan Kang Tae Moo melalui kencan buta. Namun, karena bosan sering dijodohkan, dia meminta Shin Ha Ri menggantikannya. Young Seo lalu jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat Cha Sung Hoon.

5. Kang Da Koo – Lee Deok Hwa

Kang Da Koo – Lee Deok Hwa

Kang Da Koo yang dibawakan oleh aktor senior Lee Deok Hwa adalah pendiri Geumhwa Group, induk perusahaan dari Go Food. Kehadirannya di A Business Proposal (2022) membawa angin segar tersendiri. Pasalnya tidak banyak sosok kakek dalam drama Korea yang unik dan berperilaku lucu sepertinya.

Kang Da Koo adalah kakek kandung Kang Tae Moo yang gencar sekali meminta cucunya menikah. Dia kerap mendesak Tae Moo mengikuti kencan buta. Da Koo bahkan sering merancang berbagai pertemuan atau perjodohan Kang Tae Moo dengan putri-putri pengusaha lain.

Sebagai pengusaha yang sudah mengurangi banyak kegiatan, tidak heran jika perhatian Da Koo tercurah pada Kang Tae Moo. Selain itu waktu luang yang dia miliki banyak dipakai untuk memuaskan hobinya.

Berbeda dengan pengusaha kebanyakan yang hobi bermain golf atau semacamnya, Da Koo hobi menonton drama. Da Koo cukup serius dan kerap terbawa emosi saat menonton drama kesayangannya berjudul Be Strong, Geum Hui.

Drama tersebut bercerita tentang kisah cinta sepasang kekasih yang tidak direstui karena pihak wanita bukan dari keluarga yang sepadan. Sayang, Da Koo juga melakukan hal yang sama pada Shin Ha Ri. Di sisi lain Da Koo sosok yang gengsian.

6. Lee Min Woo – Song Won Seok

Lee Min Woo – Song Won Seok

Song Won Seok merupakan pemeran A Business Proposal (2022) selanjutnya. Berperan sebagai Lee Min Woo, dia adalah sahabat Shin Ha Ri sekaligus lelaki yang diam-diam Ha Ri sukai selama tujuh tahun.

Lee Moon Woo merupakan seorang chef yang mengelola sebuah restoran sendiri. Ha Ri yang bekerja di bidang makanan kerap membantunya.

Lee Min Woo sosok lelaki yang plin-plan. Selama ini dia tidak pernah memberi kesempatan pada Ha Ri untuk memiliki hubungan yang lebih dari teman.

Namun, sikapnya berubah ketika Ha Ri menjalin hubungan dengan Kang Tae Moo. Lee Min Woo tiba-tiba merasa kehilangan padahal sebelumnya menyia-nyiakan Ha Ri. Dia cukup percaya diri kalau Ha Ri akan terus menunggu dan menyukainya.

7. Shin Ha Min – Choi Byung Chan

Shin Ha Min – Choi Byung Chan

Choi Byung Chan yang sebelumnya bermain dalam The King’s Affection (2021) ikut berperan dalam drama ini. Karakter yang dibawakannya bernama Shin Ha Min.

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau dia masih satu keluarga dengan Shin Ha Ri. Ya! Shin Ha Min adalah adik Ha Ri satu-satunya. Ha Min tidak terlalu nakal untuk ukuran anak lelaki tetapi dia cukup cerewet dan ekspresif.

Shin Ha Min adalah orang pertama di keluarga Shin Ha Ri yang mengetahui hubungan kakaknya dengan Kang Tae Moo. Kabar itu membuatnya sangat bahagia apalagi Tae Moo juga menjanjikan beberapa barang untuknya.

8. Shin Joong Hae – Kim Kwang Kyu

Shin Joong Hae – Kim Kwang Kyu

Pemeran A Business Proposal (2022) selanjutnya yaitu aktor senior Kim Kwang Kyu. Di sini dia berperan sebagai ayah kandung Shin Ha Ri bernama Shin Joong Hae.

Shin Joong Hae mengelola resto ayam goreng bersama istrinya. Dia seorang kepala keluarga yang lembut dan cenderung kalah berisik dibandingkan istrinya.

Berbeda dengan sang istri yang antusias dan semangat mengetahui Shin Ha Ri mengencani pria kaya, Shin Joong Hae merasa khawatir.

Dia takut latar belakang keluarga Ha Ri yang sederhana menjadi penghalang hubungan dan kebahagiaan putrinya. Shin Joong Hae merasa bersalah tidak bisa memberikan kehidupan yang lebih baik pada putrinya.

9. Han Mi Mo – Jung Young Joo

Han Mi Mo – Jung Young Joo

Han Mi Mo yang diperankan oleh aktris senior Jung Young Joo merupakan ibu kandung Ha Ri yang energetic. Nada bicaranya selalu keras dan tinggi. Dia juga tegas dan paling antusias ketika mengetahui Shin Ha Ri berpacaran dengan Kang Tae Moo.

Han Mi Mo menjalankan bisnis resto khusus ayam goreng bersama suaminya. Sebagai ibu, Mi Mo tidak biasa berlembut-lembut pada Ha Ri atau anak lelakinya.

Dia tipikal ibu yang galak dan heboh tetapi sangat menyayangi putra-putrinya. Kebaikan Han Mi Mo bukan hanya diberikan pada Ha Ri atau Ha Min melainkan juga pada Jin Young Seo, sahabat putrinya.

10. Go Yoo Ra – Woo Hee

Go Yoo Ra – Woo Hee

Drama seringan A Business Proposal (2022) bukan berarti tidak ada tokoh yang menyebalkan. Salah satu karakter di drama ini yang bikin darah tinggi adalah Go Yoo Ra. Karakter yang dibawakan oleh Woo Hee ini digambarkan sebagai sosok yang dengki dan iri terhadap Shin Ha Ri.

Yoo Ra merupakan kekasih Min Woo yang berkali-kali putus-nyambung. Wanita ini terlihat tidak menyukai Ha Ri karena kedekatannya dengan Min Woo.

Ketika mengetahui Shin Ha Ri berpacaran dengan Kang Tae Moo, perasaan iri Yoo Ra tidak juga reda. Dia malah memfitnah Ha Ri sudah mempermainkan dua pria sekaligus.

11. Jo Yoo Jung – Seo Hye Won

Jo Yoo Jung – Seo Hye Won

Kemunculan Seo Hye Won memang tidak terlalu banyak, tapi penampilannya langsung menarik semua perhatian. Seo Hye Won jadi salah satu pemeran A Business Proposal (2022) yang gak kalah,  menggemaskan dibanding duo Shin Ha Ri dan Jin Young Seo.

Dia berperan sebagai Jo Yoo Jung, yaitu Direktur Marine Group sekaligus sepupu Jin Young Seo. Dia akan membuatmu banyak tertawa karena cara bicaranya yang unik. Jo Yoo Jung Cha terbiasa menggunakan bahasa campuran antara Inggris dan Korea.

Dengan gaya mencolok serta intonasi bicara yang selalu melengking, sosoknya jadi sangat menonjol. Jo Yoo Jung sempat jatuh cinta pada Cha Sung Hoon tapi segera patah hati karena lelaki idamannya adalah kekasih dari sepupu sekaligus saingannya.

Para pemeran A Business Proposal (2022) menjadi kekuatan paling besar yang mengantarkan drama ini ke puncak kesuksesan. Mereka piawai membawakan setiap karakter sehingga cerita yang biasa-biasa menjadi terasa segar.

Dari sebelas pemeran drama ini, siapa yang membuatmu betah nonton dan nungguin ceritanya setiap akhir pekan? Yuk, tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram