Bacaterus / Review Film Korea / Yuk, Kenalan dengan Pemain Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo!

Yuk, Kenalan dengan Pemain Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo!

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah menonton drama Korea yang berjudul “Moon Lovers”? Atau, mungkin kamu lebih mengenalnya dengan judul “Scarlet Heart Ryeo”? Ini adalah drama kolosal yang berdasarkan tokoh-tokoh nyata (walaupun jalan ceritanya tidak sama dengan sejarah, tentunya, karena biar bagaimana pun ini drama).

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” menceritakan ketika seorang gadis pada masa modern yang tiba-tiba terbangun di era Goryeo. Ia terpaksa harus hidup sebagai orang lain untuk bisa bertahan. Menariknya, ia dikelilingi oleh 7 pangeran tampan dan hampir semuanya nampak tertarik kepadanya.

Namun, ternyata kehidupannya tidak semulus itu. Karena pada masa itu tentu saja hukum lebih tidak adil dan sedang terjadi perebutan tahta kerajaan. Mau tak mau ia pun ikut terseret ke dalamnya. Di review Moon Lovers, saya sudah mengatakan kalau drama ini memiliki banyak sekali tokoh penting.

Karena, dari pangerannya saja sudah ada tujuh, belum female lead dan supporting lead di sekitar mereka. Buat yang belum familiar dengan wajah-wajah aktor dan jarang nonton drama sejarah mungkin saja pusing mengingat karakter-karakter di drama ini. Jadi, Bacaterus akan membantumu berkenalan dengan para pemain drakor hit yang memenangkan SBS Drama Awards 2016 ini.

Wang So (Lee Joon Gi)

Aktor kawakan Lee Joon Gi memainkan tokoh utama dalam drama ini, yaitu sebagai pangeran ke-4 Wang So. Setahu saya ‘wang’ itu panggilan untuk raja, tapi karena semua pangeran menggunakan nama depan yang sama, saya pikir itu mungkin panggilan buat pangeran. Jadi, saya berspekulasi lagi, mungkin nama mereka berarti hanya yang ada di belakang saja.

Jadi, kalau Wang So itu artinya ‘pangeran So’. Mungkin ya, soalnya Karakter IU juga namanya hanya dua silabel yaitu Hae (marga) dan Soo (nama belakang). Sudahlah, itu tidak penting. Kembali ke Wang So. Awalnya, ia dikenal sebagai pangeran ‘terbuang’ yang kejam. Ia ditakuti dan disalahpahami oleh orang-orang di sekitarnya, bahkan oleh rakyatnya.

Tapi, Wang So mulai berubah karena Hae Soo, yang dengan cepat menyadari bahwa sikap dinginnya adalah kedok untuk menyembunyikan rasa sakit di dalam hatinya. Sewaktu kecil, Wang So pernah terlukai wajahnya akibat pisau yang dipegang oleh ibu kandungnya sendiri, Ratu Yoo. Karena itulah ia memiliki bekas luka di wajah dan semua orang memperlakukannya layaknya monster. Sejak itu, ia selalu menggunakan topeng untuk menutupi bekas lukanya.

Hae Soo adalah orang pertama yang melihat wajah Wang So tanpa topeng setelah ia memutuskan untuk selalu menutupinya. Tapi, mungkin karena Hae Soo datang dari dunia modern, ya, jadi ia tidak merasa ada yang salah dengan bekas luka itu.

Justru, Hae Soo yang seorang beautician di dunia modern memiliki ide untuk menutupi luka di wajah Wang So menggunakan concealer. Tapi, karena makeup pada zaman itu terbatas, jadinya Hae Soo racik sendiri concealer dan bedaknya.

Saya kurang suka dengan sikap Wang So yang otoriter. Mungkin karena ia pangeran, ia selama ini belum pernah mendapatkan cinta dari siapapun, dan karena latar waktunya adalah pada abad ke-9, jadi sifatnya tuh nyebelin, maksa, posesif.

Menurut saya mengatakan “Kamu adalah milikku” ke Hae Soo itu tidak romantis. Tapi, ya sudahlah, ini kan hanya drama. Wang So juga punya sisi positif sebagai kekasih, kok. Ia setia, selalu siap badan untuk melindungi, tapi walaupun pada akhirnya sad ending juga.

Untuk Lee Joon Gi yang memainkan karakter Wang So secara ciamik, saya mau standing applause dulu. Aktingnya saya rasa bisa menggambarkan bagaimana karakter Wang So yang ditakuti, padahal kesepian.

Ia juga menjadi posesif terhadap apa yang disayanginya mungkin karena selama ini ia tidak pernah merasakan dicintai.  Jadi, bisa dimaklumi. Berkat performanya dalam drama “Moon Lovers”, Lee Joon Gi mendapatkan penghargaan Ten Star Award 2016 dan Hanryu Star Award 2016.

Lee Joon Gi seharusnya mendapatkan penghargaan lebih, kalau menurut saya. Karena, demi memerankan Wang So yang kisah hidupnya dark, Lee Joon Gi sampai menurunkan berat badan 15 kg dan mengisolasi diri supaya feel-nya dapat banget! Ia juga menahan dirinya dari emosi apapun juga agar bisa lebih menggambarkan karakter Wang So secara sempurna.

Totalitas banget, ya? Berkat drama “Moon Lovers”, pamor Lee Joon Gi di Korea Selatan maupun secara internasional pun naik drastis. Kamu bisa menonton drama lainnya dari Lee Joon Gi seperti “Flower of Evil” (2020), “Criminal Minds” (2017), dan “Lawless Lawyer” (2018).

Hae Soo (Lee Ji Eun)

Lee Ji Eun, atau yang lebih dikenal sebagai soloist IU, berperan sebagai Go Ha Jin (pada masa sekarang) dan Hae Soo (pada era Goryeo). Go Ha Jin adalah seorang gadis yang kehidupannya menyakitkan. Ia diselingkuhi kekasihnya, lalu ditinggalkan hutang yang dibuat oleh mantan pacarnya itu. Akhirnya ia dikejar-kejar rentenir, padahal ia tidak tahu apa-apa.

Go Ha Jin tiba-tiba melakukan perjalanan kembali ke masa lalu ketika tenggelam di danau. Ia terbangun di badan seorang gadis bernama Hae Soo yang memiliki fisik 100% sama dengannya (kemungkinan besar Hae Soo adalah ia di masa lalu sebelum reinkarnasi, karena orang Korea percaya akan reinkarnasi, dan ini memang terkonfirmasi saat ending drama).

Namanya juga kerajaan, pada zaman dulu, pasti otoriter banget. Banyak ‘hukum; yang tidak manusiawi. Hell, bahkan sesama saudara saling bunuh demi mendapatkan kekuasaan. Hae Soo ternyata memiliki gelar ‘lady’ karena ia adalah sepupu istrinya pangeran ke-8, Wang Wook.

Hae Soo juga tinggal di istana pangeran Wook karena kesehatan sepupunya kurang baik. Akan tetapi, ia tetap ‘di bawah’. Ia tidak punya backing-an suami atau orang tua yang berkuasa, ia hanya sepupu ke-6 istrinya pangeran. Jadi, ia sering mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan, terutama dari adik kandung Wang Wook yang memiliki dendam tersendiri padanya.

Walaupun hidup sebagai Hae Soo, Go Ha Jin tetap Go Ha Jin yang berhati baik. Ia selalu stand up setiap kali menemukan ketidakadilan. Terlebih ia datang dari masa depan yang ilmu pengetahuannya lebih luas daripada orang-orang di Goryeo pada masa itu.

Sehingga, Hae Soo bisa membantu putra mahkota yang ternyata sakit eczema, tapi dibilang ‘memiliki penyakit mengerikan’ oleh orang kerajaan. Lalu masalah yang seharusnya tidak dibesar-besarkan seperti luka di wajah Wang So bisa Hae Soo tutupi dengan makeup.

Hae Soo yang bersikap optimis dan positif disukai oleh hampir semua pangeran. Ia berteman dengan baik dengan putra mahkota, pangeran ke-10, pangeran ke-14, dan pangeran ke-13. Tapi, ia hanya mengembangkan perasaan pada pangeran ke-8, walaupun setelah sesuatu terjadi akhirnya ia mengakhiri perasaannya pada Wang Wook dan mulai menerima Wang So yang terang-terangan menyukainya.

Hae Soo juga mengetahui jalan kehidupan yang ia jalani sekarang ini secara kurang lebih, karena bagaimanapun juga latar waktu ini bagian dari sejarah, dan ia pernah mempelajarinya di sekolah. Ia tahu siapa yang akan menjadi raja jahat yang tega membunuh saudara-saudaranya demi mencapai tahta. Menyadari itu adalah Wang So, Hae Soo bertekad untuk menuntun Wang So agar dikenang menjadi raja yang murah hati namun tegas.

Berkat performance Lee Ji Eun dan Lee Joon Gi dalam drama ini, mereka memenangkan SBS Best Couple Award 2016. Kamu bisa menonton drama lainnya dari IU seperti “Hotel del Luna” (2019), “My Mister” (2018), dan “Dream High” (2011).

Wang Wook (Kang Ha Neul)

Kang Ha Neul berperan sebagai pangeran ke-8, Wang Wook. Dia adalah seorang pangeran yang baik dan sayang sekali pada istrinya. Ia juga peduli pada orang-orang di sekitarnya tak peduli kasta apa. Karena itulah, Hae Soo jatuh hati pada Wang Wook. Sebenarnya Wang Wook juga tertarik padanya. Namun, mereka menahan perasaan tersebut karena istri Wang Wook adalah sepupu Hae Soo.

Walaupun sudah ada bumbu-bumbu perselingkuhan, saya salut Wang Wook dan Hae Soo masih punya hati untuk tidak melakukannya. Wang Wook sendiri begitu santun, selalu ada, dan siap siaga untuk istrinya yang sakit-sakitan.

Dan, walaupun ia merasa ‘tidak cinta’ pada istrinya pada waktu itu, ia tidak pernah mencaci istrinya tersebut. Ia justru terlihat begitu mengayomi, dan ia pun tidak punya istri atau selir lainnya. Idaman banget, kan? Wajar kalau Hae Soo suka padanya.

Akan tetapi, Wang Wook mengalami perubahan karakter yang sangat drastis. Yang tadinya ia tidak terpikir untuk menjadi raja, ia jadi berambisi. Well, itu semua karena alasan yang masuk akal juga, sebenarnya. Tapi, Hae Soo yang menyadari hal ini jadi sedikit ilfeel dan puncaknya ketika Wang Wook benar-benar ‘membuang’ Hae Soo, gadis itu pun benar-benar kehilangan perasaannya pada Wang Wook.

Berkat aktingnya dalam drama ini, Kang Ha Neul mendapatkan award SBS Excellent Actor kategori Fantasy 2016. Kamu bisa menonton drama lainnya dari Kang Ha Neul seperti “Misaeng” (2014), “The Heirs” (2013), dan “To the Beautiful You” (2012).

Sebenarnya selain keempat pemain tadi, masih ada banyak pemain lainnya yang terlibat dalam drama ini. Namun keempat pemain di atas adalah pemeran utama yang wajib kamu ketahui. Pernah nonton dramanya?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *