bacaterus web banner retina

15 Pemain Harry Potter yang Sukses Bikin Baper Potterhead

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 16 Juni 2021

Film Harry Potter dibuat dari adaptasi novel karya J.K Rowling yang sudah lebih dulu muncul. Harry Potter bercerita tentang penyihir remaja bernama Harry Potter beserta sahabatnya Ron dan Hermione  yang bersekolah di Hogwarts yang merupakan sekolah sihir.

Tak hanya belajar untuk menjadi penyihir hebat, Harry dan teman-temannya harus melalui berbagai konflik dan permasalahan sebelum akhirnya dapat mengalahkan penyihir gelap paling kejam yaitu Voldermort yang menginginkan keabadian.

Sesuai dengan serial novel yang terbit, Harry Potter diadaptasi menjadi franchise movie dengan 8 judul. Film-film tersebut beberapa kali masuk nominasi Oscar meski belum berhasil menyabet penghargaan tersebut.

Walau begitu, bukan berarti film adaptasi novel ini tak mendapatkan penghargaan apapun. Pada 2001, Harry Potter memenangkan Saturn Award for Best Costume Design, lalu pada 2002 memenangkan Costume Designers Guild Award for Best Costume Design - Period or Fantasy Film.

Para pemainnya juga mendapatkan penghargaan melalui perannya di Harry Potter, contohnya Rupert Grint memenangkan Satellite Special Achievement Award for Outstanding New Talent pada 2002 dan Emma Watson memenangkan Best Leading Young Actress in a Feature Film pada 2002, National Movie Award for Best Performance by a Female pada 2007.

Nah, untuk mengenal lebih dekat dengan para pemeran Harry Potter dan tokoh apa yang mereka mainkan dalam film yang cukup fenomenal di dunia ini, simak pembahasan Bacaterus selengkapnya di bawah ini.

1. Harry Potter (Daniel Radcliffe)

pemain harry potter_Daniel Radcliffe
*

Harry Potter atau Harry James Potter adalah karakter utama pada novel maupun film. Harry Potter merupakan penyihir berdarah campuran yang selamat dari serangan Voldemort, penyihir yang terkenal akan kekejamannya. Voldemort membunuh orangtua Harry Potter bernama James Potter dan Lily Evans saat Harry masih bayi dan meninggalkan bekas sambaran petir di dahinya.

Harry Potter baru mengetahui dirinya seorang penyihir pada usia 11 tahun. Ia juga baru mengetahui bahwa dia terkenal sebagai “The Boy Who Lived” di kalangan penyihir. Harry Potter pun masuk ke dalam asrama Gryffindor di Sekolah Sihir Hogwarts dan menolak untuk masuk Slytherin saat seleksi asrama.

Rasa ingin tahu yang besar mengenai asal usul dirinya dan juga cerita orang tuanya membuat ia memulai petualangan sebagai penyihir muda bersama kedua sahabatnya yang baru ditemui di kereta menuju Hogwarts, Ron Weasley dan Hermione Granger.

2. Professor Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore (Richard Haris dan Michael Gambon)

pemain harry potter_Professor Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore (Richard Haris dan Michael Gambon)
*

Professor Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore atau dikenal dengan Profesor Dumbledore adalah kepala sekolah Hogwarts, tempat Harry Potter belajar sihir. Profesor Dumbledore digambarkan sebagai orang yang hampir tahu segalanya serta selalu memberikan nasihat kepada Harry Potter dan teman-temannya. Profesor Dumbledore ternyata adalah pendiri Order of the Phoenix.

Pada bagian akhir film, kamu akan mengetahui sekelumit tentang kehidupan Profesor Dumbledore sebagai Albus Dumbledore melalui cerita dari saudaranya, Aberforth Dumbledore.

Pada filmnya, Profesor Dumbledore diperankan oleh dua orang. Richard Harris pada film Harry Potter and the Philosopher’s Stone dan Harry Potter and the Chamber of Secrets.  Setelah Haris meninggal, Michael Gambon memerankan karakter Profesor Dumbledore sampai akhir serial film.

3. Tom Marvolo Riddle (Ralph Fiennes)

pemain harry potter_Tom Marvolo Riddle (Ralph Fiennes)
*

Tom Marvolo Riddle atau Tom Riddle atau  Lord Voldemort adalah karakter yang tak boleh dilewatkan dalam franchise film Harry Potter. Walau Lord Voldemort lebih banyak muncul pada series akhir film ini tapi namanya sudah digaungkan dari film seri pertama.

Tom Riddle digambarkan sebagai penyihir berdarah campuran yang haus akan keabadian. Ia mencari cara agar hidup abadi dan tak segan untuk membunuh siapa pun yang melawannya.

Pada bagian seri terakhir film Harry Potter, kamu bisa melihat sosok Pangeran Kegelapan ini dari awal masih bersekolah di Hogwarts dan bagaimana ia menjadi penyihir gelap dan kejam.

Ada tiga orang yang memerankan peran ini, yaitu Hero Fiennes Tiffin saat Tom Riddle masih anak-anak dan bersekolah di Hogwarts, lalu Christian Coulson yang berperan jadi Tom Riddle di Harry Potter and the Chamber of Secret. Sedangkan Ralph Fiennes memerankan Lord Voldemort saat sudah menjadi Pangeran Kegelapan.

4. Ronald Bilius Weasley (Rupert Grint)

pemain harry potter_Ronald Bilius Weasley (Rupert Grint)
*

Ronald Bilius Weasley atau dikenal dengan Ron Weasley adalah salah satu sahabat Harry Potter. Ia berasal dari keluarga Weasley yang terkenal dengan banyak anak serta berambut merah di kalangan penyihir.

Berada dalam satu asrama yang sama dengan Harry Potter yaitu Gryffindor, Ron Weasley digambarkan sebagai karakter penyihir berdarah murni yang setia kawan, selalu ada untuk temannya, comic-character, senang membantu walau sering takut dan memiliki fobia terhadap laba-laba.

5. Hermione Jean Granger (Emma Watson)

pemain harry potter_Hermione Jean Granger (Emma Watson)
*

Hermione Granger adalah sahabat Harry Potter yang berasal dari kalangan manusia biasa atau disebut sebagai Muggle. Hermione yang masuk asrama Gryffindor ini digambarkan sebagai sosok pintar, cerdas, logis, dan juga setia kawan. Kecerdasan yang dimiliki Hermione membantu Harry dalam petualangannya di dunia sihir.

6. Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane)

pemain harry potter_Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane)
*

Salah satu karakter yang juga tak boleh dilewatkan dalam seluruh serial Harry Potter adalah Rubeus Hagrid. Ia adalah penyihir yang pertama kali membawa Harry bayi ke keluarga Dursley, dan ia juga yang menjemput Harry Potter untuk masuk ke sekolah sihir Hogwarts.

Ia digambarkan sebagai sosok setengah raksasa setengah manusia yang memiliki hati lembut dan setia. Hagrid bertugas sebagai pengawas hewan dan Penjaga Kunci Pekarangan Hogwarts. Ia juga merupakan anggota Order of the Phoenix.

7. Professor Severus Tobias Kalovan Snape (Alan Rickman)

pemain harry potter_Professor Severus Tobias Kalovan Snape (Alan Rickman)
*

Professor Severus Tobias Kalovan Snape atau Profesor Snape adalah guru ramuan dan juga guru pertahanan pada ilmu hitam di Sekolah Sihir Hogwarts. Pada awal serial Harry Potter, Professor Snape digambarkan sebagai sosok sarkas, guru yang galak dan membenci Harry Potter. Karakter abu-abu ini terus terjadi sampai pada seri keenam.

Namun, pada serial Harry Potter ketujuh, kamu akan mengetahui bagaimana sosok Profesor Snape sebenarnya. Bagaimana ia ternyata adalah Death Eater (pelahap maut) sekaligus anggota Order of the Phoenix sekaligus Half Blood Prince. Kamu pun akan mengetahui alasan mengapa ia tampak sangat membenci padahal sebenarnya sangat menyayangi Harry Potter.

8. Draco Lucius Malfoy (Tom Felton)

pemain harry potter_Draco Lucius Malfoy (Tom Felton)
*

Bisa dikatakan Draco Lucius Malfoy adalah “musuh” Harry Potter saat berada di Hogwarts. Ini terjadi karena Draco Malfoy “ditolak” untuk berteman dengan Harry Potter.

Draco Malfoy merupakan penyihir berdarah murni. Orang tuanya adalah Lucius Malfoy dan Narcissa Malfoy yang merupakan Death Eater. Karakter anak laki-laki yang berasal dari asrama Slytherin ini adalah sebagai penindas, pengecut, berusaha untuk mendapatkan semua hal yang diinginkan bagaimanapun caranya, serta licik.

Karakter Draco Malfoy mengalami pengembangan pada seri Harry Potter and the Half Blood Prince karena ia diutus Lord Voldemort untuk membunuh Profesor Dumbledore. Dari sini, karakter Malfoy dibuat gelap tetapi juga labil. Akan tetapi pada serial terakhir, Malfoy sempat membantu Harry untuk mengalahkan Lord Voldemort.

9. Keluarga Dursley

pemain harry potter_Keluarga Dursley
*

Keluarga Dursley tentu tak boleh dilewatkan. Mereka adalah keluarga kandung terdekat dari Harry Potter walau mereka sangat tidak menyukai Harry dan memperlakukannya semena-mena. Anggota keluarga Dursley adalah Vernon Dursley, Petunia Evan Dursley, dan Dudley Dursey.

Vernon Dursley diperankan oleh Richard Griffiths, ia digambarkan sebagai paman yang suka menindas Harry, tak segan untuk menghukum Harry, tetapi terlalu memanjakan Dudley.  Ia sering terlihat membaca Daily Mail dan selalu membuat keputusan untuk keluarga Dursley.

Petunia Evans Dursley adalah bibi kandung dari Harry Potter yang diperankan oleh Fiona Shaw. Petunia adalah kakak kandung dari ibu Harry Potter, Lily Evans. Sosoknya digambarkan sebagai bibi yang galak, membenci Harry, dan sangat pilih kasih. Ia adalah seorang Muggle yang amat sangat tak ingin bersentuhan dengan dunia sihir.

Namun, pada Harry Potter and the Deathly Hallows, bibi Petunia memiliki alasan tersendiri mengapa ia bersikap membenci Harry Potter. Tak lain karena perasaannya sebagai kakak terhadap adiknya, Lily.

Terakhir, ada Dudley Dursley yang diperankan oleh Harry Melling. Dudley Dursley merupakan karakter anak manja yang senang membully Harry Potter. Ia juga dikenal sebagai kepala geng anak-anak di kawasan rumah yang senang menindas anak kecil.

Harry Melling memerankan karakter Dudley Dursley dengan baik. Kini, karakter Dudley sudah hilang dari Melling. Ia kini membintangi tiga film garapan Netflix pada 2020 yaitu The Old Guard, The Devil All the Time, dan The Queen’s Gambit.

10. Neville Longbottom (Matthew Lewis)

pemain harry potter_Neville Longbottom (Matthew Lewis)
*

Memegang peranan penting di film terakhir Harry Potter, Harry Potter and the Deathly Hallows, Neville Longbottom perlu dimasukan ke dalam daftar. Neville Longbottom merupakan teman angkatan Harry Potter yang berasal dari Gryffindor.

Karakter Neville pada awal serial Harry Potter adalah seorang yang kikuk, siswa biasa dan berbakat pada bidang Herbology. Ia merupakan anak dari Frank dan Alice Longbottom yang merupakan penyihir darah murni. Orang tua Neville adalah anggota Order of the Phoenix dan mendapatkan kutukan Cruciatus saat melawan Bellatrix Lestrange, seorang Death Eater.

Karakter Neville berkembang menjadi lebih pemberani saat bergabung menjadi anggota Dumbledore’s Army di Harry Potter and the Order of the Phoenix. Selanjutnya, ia juga membantu Harry dalam mengalahkan Lord Voldemort menggunakan pedang Gryffindor.

11. Sirius Black (Gary Oldman)

pemain harry potter_Sirius Black (Gary Oldman)
*

Walau awal kemunculan Sirius Black digambarkan sebagai pembunuh kejam yang kabur dari penjara Azkaban karena membunuh sahabatnya sendiri, Peter Pettigrew, seiring cerita, ternyata Sirius adalah orang yang baik.

Sirius Black adalah sahabat ayah Harry, James Potter, sekaligus ayah baptis Harry Potter. Ia berasal dari keluarga Black yang memiliki darah murni. Karena ia berteman dengan berbagai golongan, keluarga Black “mengeluarkannya” dari silsilah keluarga karena dianggap pengkhianat.

Sirius Black juga merupakan anggota Order of the Phoenix sekaligus animagi yang berupa anjing hitam besar bernama Padfoot. Sirius Black diperankan oleh Gary Oldman.

Gary Oldman sudah malang melintang di dunia Hollywood dan memerankan berbagai karakter. Beberapa film Gary Oldman antara lain Dawn of the Planet of the Apes, The Book of Eli, Air Force One, JFK, Hannibal, The Hitman’s Bodyguard, dan banyak lagi.

12. Remus Lupin (David Thewlis)

pemain harry potter_Remus Lupin (David Thewlis)
*

Harry Potter mengenal Remus Lupin sebagai guru pertahanan terhadap ilmu hitam di tahun ketiganya di Hogwarts. Siapa sangka bahwa Remus Lupin adalah salah satu sahabat ayah Harry Potter.

Remus Lupin diperankan oleh David Thewlis yang memiliki karakter yang lembut, bijaksana, dan bisa diandalkan. Dibalik itu, ternyata Lupin adalah seorang manusia serigala.

Awalnya dia digigit oleh werewolf ganas Fenrir Greyback ketika masih kecil, dan terinfeksi lycanthropy. Tidak dapat disembuhkan, dia ditakdirkan untuk menjalani hidupnya sebagai manusia serigala. Namun, penyihir berdarah campuran ini merupakan anggota Order of the Phoenix.

13. Minerva McGonagall (Maggie Smith)

pemain harry potter_Minerva McGonagall (Maggie Smith)
*

Guru Transfigurasi di Hogwarts adalah Profesor Minerva McGonagall yang juga seorang Order of the Phoenix. Ia pun menjabat sebagai kepala sekolah sepeninggal Albus Dumbledore.

Penyihir berdarah campuran ini diperankan oleh Maggie Smith. Maggie Smith juga berperan di beberapa film dan TV Show lain seperti Lady in Van, Downtown Abbey, Sister Act, Nanny McPhee, The First Wives Club, Keeping Mum, Ladies in Lavender, dan sebagainya.

14. Keluarga Weasley

pemain harry potter_Keluarga Weasley
*

Keluarga Weasley adalah keluarga penyihir berdarah murni yang paling tidak haus akan kekuasaan dan juga paling miskin. Mereka tinggal di rumah bertingkat reot bernama The Burrow. Kepala keluarganya adalah Arthur Weasley yang bekerja di Kementerian Sihir.

Saking dekatnya Weasley dengan segala jenis penyihir maupun muggle, keluarga ini sering dianggap sebagai pengkhianat darah murni. Itulah mengapa ia dibenci oleh keluarga Malfoy, terutama Lucius Malfoy.

Keluarga Weasley merupakan anggota Order of the Phoenix dan juga yang paling suportif dengan Harry Potter. Tak hanya itu, anak perempuan mereka satu-satunya pun akhirnya menikah dengan Harry Potter.

Keluarga Weasley terdiri dari Arthur Weasley (Mark Williams) sebagai ayah, Molly Weasley (Julie Walters) sebagai ibu, Bill Weasley (Domhnall Gleeson), Charlie Weasley, Percy Weasley (Chris Rankin), Fred and George Weasley (James dan Oliver Phelps), Ron Weasley (Ruppert Grint), dan Ginny Weasley (Bonnie Wright).

15. Luna Lovegood (Evanna Lynch)

pemain harry potter_Luna Lovegood (Evanna Lynch)
*

Seorang Ravenclaw yang masuk menjadi Dumbledore’s Army serta memiliki kemampuan potensial. Walau ia pertama kali dikenalkan pada Harry Potter and the Order of the Phoenix tapi kehadirannya selalu ditunggu Potterhead. Ia paling memahami rasanya kehilangan sama seperti Harry Potter yang kehilangan anggota keluarga satu per satu.

Luna Lovegood diperankan oleh Evanna Lynch digambarkan sebagai sosok yang unik dengan aksesoris yang tak biasa. Ia adalah seorang anak dari Xenophilius Lovegood, editor majalah The Quibbler.

Kalau kamu ingin mulai menonton seri franchise Harry Potter, bisa menonton dari awal yaitu Harry Potter and the Philosopher’s Stone agar mengerti jalan ceritanya. Lebih bagus lagi bila kamu membaca novelnya terlebih dulu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram