bacaterus web banner retina

12 Pemain Film Don’t Look Up, Duet DiCaprio dan Lawrence

Minggu pertama penayangan streaming film Don’t Look Up di Netflix langsung mendapat reaksi positif dari moviegoers yang membawa film ini berada di posisi teratas film paling banyak ditonton.

Faktor utama yang pasti membuat kita menyimak film ini adalah para bintang Hollywood yang mayoritas adalah nama besar berkelas Oscar yang berakting di film bertema bencana ini.

Kita pastinya sudah mengenal nama para aktor dan aktris yang membawakan karakternya dengan cukup baik di film ini, bahkan mungkin sudah menonton semua film mereka. Tapi tidak ada salahnya kami perkenalkan kembali profil mereka dilengkapi karakter yang mereka bawakan di film karya Adam McKay ini.

Baca juga: Sinopsis & Review Don’t Look Up, Menyepelekan Peringatan Bencana

1. Leonardo DiCaprio (Dr. Randall Mindy)

Leonardo DiCaprio (Dr. Randall Mindy)

Aktor yang sudah mencuri perhatian sejak tampil di film What’s Eating Gilbert Grape (1993) di usia remaja ini tidak pernah berhenti memukau kita dengan performa aktingnya yang terus berada di strata tertinggi.

Tercatat dia sudah masuk nominasi Best Actor Oscar sebanyak empat kali lewat film The Aviator (2004), Blood Diamond (2006), The Wolf of Wall Street (2013) dan Once Upon a Time in Hollywood (2019).

Performa terbaiknya sejauh ini adalah di film The Revenant (2015) dimana dia berhasil meraih predikat Best Actor Oscar tersebut. Di film Don’t Look Up ini, DiCaprio berperan sebagai Dr. Randall Mindy, seorang profesor di bidang astronomi dari Michigan State University yang melakukan perhitungan estimasi kapan komet raksasa itu menabrak bumi.

Saat mengalami banyak pelecehan atas penemuan ini dari pemerintah dan media, Randall selalu berusaha tenang sehingga dia menjadi populer sebagai ahli astronomi favorit publik.

Dan ketika pemerintah meluluskan idenya, dia pun menjadi orang nomor satu untuk mengawal misi penyelamatan bumi dari komet ini. Tapi jabatannya dilengserkan ketika dia mengkritik langkah presiden yang berubah arah.

Melakukan kampanye dalam rangka mengkritik pemerintah bersama Kate dan Teddy, ternyata tidak mampu juga mengubah paradigma publik. Pada akhirnya dia hanya bisa menerima kenyataan bahwa komet tetap akan memusnahkan bumi dan dia memilih menghabiskan waktunya bersama keluarga yang pernah dia kecewakan karena perselingkuhannya dengan presenter Brie Evantee.

DiCaprio berhasil membawakan karakter yang sebenarnya mengalami kebingungan nyaris di sepanjang film tapi dia berusaha tampil tenang hingga meraih kepopuleran. Emosinya meledak di acara TV yang membuatnya populer karena sudah tidak mampu lagi menahan beban dan tekanan yang dideritanya selama ini. Nominasi Best Actor dari Golden Globe sudah cukup mengabsahkan aktingnya di film ini.

2. Jennifer Lawrence (Kate Dibiasky)

Jennifer Lawrence (Kate Dibiasky)

Sama seperti Leonardo DiCaprio, Jennifer Lawrence juga sudah mulai mencuri perhatian sejak remaja ketika tampil di film Winter’s Bone (2010) bahkan langsung masuk nominasi Best Actress di Oscar dan berhasil meraihnya lewat film Silver Linings Playbook (2012).

Lawrence masuk nominasi Best Supporting Actress di film American Hustle (2013) dan nominasi Best Actress lagi di film Joy (2015). Diceritakan sebagai orang yang pertama kali menemukan komet yang kemudian dinamakan dengan namanya, Kate adalah wanita yang mudah terpancing emosinya terutama saat dibawah tekanan.

Dia langsung menjadi bahan perundungan di media sosial dan juga menjadi pemicu kerusuhan lewat pernyataannya di media sosial pula hingga akhirnya dia ditepikan oleh pemerintah.

Sempat menjadi karyawan supermarket, dia jatuh cinta kepada Yule dan merasa nyaman dengannya. Menemukan orang tuanya tidak menerima dia lagi, Kate memilih menghabiskan waktu terakhirnya bersama keluarga Dr. Randall. Satu hal yang unik, Kate mencatat secara detail prediksi waktu komet akan menabrak bumi lewat aplikasi diet di smartphone miliknya.

3. Meryl Streep (Janie Orlean)

Meryl Streep (Janie Orlean)

Kualitas akting dari aktris senior peraih tiga Oscar ini susah untuk dicari kekurangannya. Diakui berkat kepandaian dalam membawakan setiap karakter yang diperankannya, bahkan hingga ke aksennya, Meryl Streep adalah jaminan kualitas bagi film yang dibintanginya.

Berperan sebagai presiden Amerika Serikat bernama Janie Orlean, Streep berhasil membuat kita kesal dan sebal dengan gaya dan keputusan yang dibuatnya sebagai pemimpin negara.

Sikapnya yang egois tapi tidak teguh pendirian membuat suara masyarakat terpecah karena ulahnya yang selalu mementingkan pencitraan meski sudah tersandung skandal seksual.

4. Cate Blanchett (Brie Evantee)

Cate Blanchett (Brie Evantee)

Aktris Australia peraih dua Oscar ini, lewat film The Aviator (2004) dan Blue Jasmine (2013), tampil penuh pesona dan sangat meyakinkan sebagai presenter sebuah acara berita pagi di stasiun TV dimana dia dan rekannya menampilkan berita ringan menjadi sorotan utama dan berita penting justru dibuat ringan.

Ketenangannya dalam membawa acara berhasil juga merayu Randall dalam lingkaran cinta terlarangnya. Setiap kali karakter Brie tampil, Blanchett berhasil menampilkan kesan intimidatif bagi orang yang menjadi lawan bicaranya tapi tetap terbuai dengan pesona yang memancar dari dirinya.

Pada akhirnya, dia kecewa dengan sikap Randall yang meledakkan emosi di acaranya yang membuatnya harus memutuskan tali kasih mereka yang baru saja terjalin.

5. Rob Morgan (Dr. Teddy Oglethorpe)

Rob Morgan (Dr. Teddy Oglethorpe)

Rasanya penikmat Netflix semakin familiar dengan aktor yang satu ini. Baru saja kita saksikan aktingnya di film Netflix The Unforgivable (2021), aktor yang dikenal ketika berperan sebagai Turk Barret di rangkaian serial Marvel di Netflix ini juga turut berakting di film Mudbound (2017) yang juga didistribusikan oleh Netflix.

Kali ini Morgan berperan sebagai pimpinan Planetary Defense Coordination Office yang sempat disentil tentang eksistensi organisasinya oleh Kate.

Faktanya, meski terkesan seperti lelucon, organisasi ini nyata adanya dan telah berdiri sejak tahun 2016 dengan tugas mengamati potensi adanya komet atau benda langit lain yang bisa menabrak bumi.

Karakternya cenderung normal dan tidak memiliki adegan penuh emosi. Sikapnya terkesan datar dan tenang, tapi dia selalu mendukung Randall dan Kate bahkan membukakan jalan bagi mereka untuk menyampaikan berita komet ini kepada masyarakat lewat pemerintah, media dan juga kampanye di media sosial.

6. Jonah Hill (Jason Orlean)

Jonah Hill (Jason Orlean)

Aktor yang banyak bermain di film komedi ini justru masuk nominasi Oscar ketika bermain di film drama, yaitu di Moneyball (2011) dan The Wolf of Wall Street (2013).

Kali ini, Hill berperan sebagai Jason Orlean, putra dari presiden sekaligus kepala staf kepresidenan bagi ibunya. Terkesan nepotisme? Jika dilihat dari karakternya yang milenial tapi kurang kompeten, rasanya kesan itu terasa kuat berhembus.

Sikap Jason sama menjengkelkannya dengan ibunya. Dia meremehkan berita tentang komet ini dan sibuk dengan hal-hal ringan yang sedang viral.

Selalu di sisi ibunya, tapi ketika misi BASH gagal, dia ditinggalkan di ruang kontrol yang sedang kacau. Di adegan terakhir, ternyata dia selamat dari peristiwa mematikan itu, tampaknya seorang diri, lalu berusaha menghubungi orang lain lewat smartphone-nya.

7. Mark Rylance (Peter Isherwell)

Mark Rylance (Peter Isherwell)

Aktor Inggris peraih Oscar lewat film Bridge of Spies (2015) ini tampil sebagai salah satu karakter yang menyebalkan di film Don’t Look Up. Peter diceritakan adalah seorang ahli teknologi yang mengembangkan kecerdasan buatan di dalam aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan miliknya.

Penampilannya mengingatkan kita pada para CEO pionir teknologi yang tenang meski dalam kepanikan. Idenya untuk menjadikan komet sebagai tambang mineral langka disetujui oleh presiden, sehingga misi pertama terpaksa digagalkan.

Peter mengembangkan teknologi tanpa adanya uji kelayakan yang menyebabkan misinya pun gagal dan berakhir bencana. Peter menggambarkan seorang pengusaha kaya yang rakus akan kekayaan dan memiliki pengaruh kuat untuk membenarkan keserakahannya.

8. Tyler Perry (Jack Bremmer)

Tyler Perry (Jack Bremmer)

Aktor yang dikenal lewat perannya sebagai Madea di beberapa film komedi yang juga disutradarai olehnya ini membawakan karakter seorang presenter yang menjadi rekan bagi Brie Evantee dalam membawakan acara berita pagi di sebuah stasiun TV.

Sikap Jack yang luwes dalam menyampaikan berita dan juga mewawancarai bintang tamu dibawakan dengan cukup baik oleh Perry meski hanya di dua adegan saja.

9. Timothee Chalamet (Yule)

Timothee Chalamet (Yule)

Aktor muda pendatang baru ini karirnya langsung meroket setelah berhasil menjadi nominator Oscar lewat film Call Me by Your Name (2017) yang kemudian dipercaya membintangi film-film berskala besar, seperti Dune (2021) dan Don’t Look Up ini.

Perannya sebagai pemuda yang suka mengutil barang di supermarket dan kemudian dekat dengan Kate, dibawakan olehnya dengan kesan natural.

Wajahnya yang polos namun dengan gaya yang berkesan pemberontak membuat kita terkejut ketika ternyata dia adalah sosok yang religius dan memimpin doa saat makan malam terakhir di kediaman Randall. Bisa dibilang, Chalamet adalah scene stealer di film ini.

10. Ron Perlman (Colonel Benedict Drask)

Ron Perlman (Colonel Benedict Drask)

Aktor berwajah sangar ini memang pantas diberikan peran sebagai perwira militer yang berjiwa patriotisme tinggi. Diceritakan, Benedict adalah seorang kolonel penerima Presidential Medal of Freedom atas bakti, jasa dan kontribusinya dalam menjaga keamanan negara dan perdamaian dunia.

Ketika dipercaya menjadi pilot dalam misi pengalihan jalur edar komet, Benedict sangat antusias dan siap untuk menjalankannya. Tapi sayangnya, misinya digagalkan secara prematur oleh presiden sesaat setelah pesawatnya lepas landas.

11. Ariana Grande (Riley Bina)

Ariana Grande (Riley Bina)

Penyanyi jebolan Nickelodeon ini berperan sebagai penggambaran terkini selebritis muda dari generasi milenial yang lebih mengedepankan pemberitaan tentang kehidupan pribadi daripada karya dan prestasinya dengan attitude yang kurang baik.

Dari awal film, berita tentang perpisahannya dengan DJ Chello menyita perhatian publik bahkan ditampilkan lebih besar daripada berita tentang komet.

Tapi kemudian dia membantu menyukseskan kampanye “Just Look Up” dengan menyanyikan lagu tema di atas panggung. Patut dicermati, ternyata lagu ini turut ditulis olehnya dan Kid Cudi dimana mereka berperan sebagai pasangan selebritis yang ramai diberitakan.

12. Melanie Lynskey (June Mindy)

Melanie Lynskey (June Mindy)

Aktris cantik yang pernah tampil apik di film Netflix I Don’t Feel at Home in This World Anymore (2017) ini berperan sebagai istri dari Randall dan menjadi ibu dari dua putra yang terlihat jenius seperti ayahnya. Sebagai ibu rumah tangga yang berbakti kepada suami, dia berusaha tegar dan ikhlas saat mengetahui suaminya selingkuh dengan Brie.

Dalam satu adegan saat dia memergoki suaminya bersama Brie di kamar, June hanya terdiam lalu berkata kepada Brie segala perihal kecil tentang kebiasaan suaminya seolah ikhlas menitipkan suaminya ke pelukan Brie. June memang tipikal istri yang tenang dan tabah.

Itulah 12 aktor dan aktris yang meramaikan film bertabur bintang ini. Tema bencana yang dicampurkan dengan politik, media, dan sosial kemasyarakatan ini memang cukup menarik dan terkesan kekinian dengan segala penggambaran dari beberapa karakter yang terasa sangat dekat dengan kita. Apa mungkin kita seperti mereka? Atau kalian punya teman seperti mereka?

Seperti sudah diketahui, Leonardo DiCaprio dan Jennifer Lawrence sudah masuk sebagai nominasi di kategori Best Actor dan Best Actress di ajang Golden Globe yang akan diselenggarakan pada 9 Januari 2022. Berhasilkah mereka meraih penghargaan ini? Sebelum itu ada baiknya kita tonton film ini di Netflix terlebih dahulu, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram