bacaterus web banner retina

7 Pemain Drama Korea D.P. dengan Akting yang Menawan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 10 September 2021

Drama Korea berjudul D.P. yang rilis Agustus 2021 di Netflix ini langsung menarik perhatian. Jumlah episode yang hanya 6 serta premis menarik sebab tidak terlalu umum dan berani, adalah faktor yang membuatnya moncer. Selain itu kerja keras para pemain D.P. (2021) juga tak bisa dianggap remeh.

Terdiri atas kerja sama antara aktor senior dan muda, drama yang dibuat berdasarkan webtoon rilisan tahun 2015 ini sukses dibicarakan penonton setia drama-drama Korea. Ingin tahu siapa saja para aktor yang ikut menyukseskannya? Kenalan sama mereka beserta dengan karakternya yuk! 

1. An Jun Ho – Jung Hae In

An Jun Ho – Jung Hae In

Memiliki aura yang menenangkan, kalem, tipikal anak baik-baik, jadi modal Jung Hae In dalam memerankan karakternya di drama ini. Dia berperan sebagai Tamtama An Jun Ho, yaitu seorang tentara dengan pangkat paling rendah atau pemula. Sebelum menjalani Wajib Militer, Jun Ho bekerja sebagai pengantar makanan.

Jun Ho datang dari keluarga yang berantakan karena ayahnya seorang bajingan yang tak segan memukul ibunya. Sejak kecil Jun Ho kerap menyaksikan ibunya dipukuli hingga babak belur. Rasa benci itu terbawa hingga Jun Ho tumbuh dewasa. Jun Ho punya lingkungan yang tidak sehat karena bos di tempat kerjanya juga tak kalah brengsek karena sudah menahan gaji yang seharusnya dia terima.

Walau memiliki latar belakang kehidupan yang menyedihkan Jun Ho tumbuh jadi pria baik dan punya nurani. Dia cukup tenang, jeli serta punya kemampuan menganalisa yang tajam sehingga Sersan Park Beom Gu menugaskannya menjadi D.P, menggantikan Kopral Ho Yeol yang sedang dirawat di rumah sakit.

Menjadi anggota D.P. terhitung istimewa karena dia lebih banyak bertugas di luar markas. Namun, tugas mereka juga lebih berat karena harus menemukan, menangkap dan membawa pulang anggota militer yang desersi atau kabur tanpa izin dan tujuan.

Pada tugas pertamanya Jun Ho gagal karena bekerja sama dengan senior yang tidak kompeten. Kematian target membuatnya marah besar. Rekan seniornya, Park Sung Woo, babak-belur dipukuli. Dia terus menyesal dan merasa berdosa karena lalai. Saat menjadi senior, Jun Ho sama sekali tidak tertarik mengusik juniornya. Dia memperlakukan mereka dengan baik.

2. Han Ho Yeol – Koo Gyo Hwan

Han Ho Yeol – Koo Gyo Hwan

Pemain D.P. (2021) selanjutnya adalah Koo Gyo Hwan yang berperan sebagai Kopral Han Ho Yeol. Karakternya baru muncul di episode 2 karena menurut cerita Ho Yeol terluka saat menjalankan tugasnya. Perekrutan Jun Ho sebenarnya untuk sementara; hanya menunggu hingga Ho Yeol sembuh. Namun, insiden pemukulan Sung Woo mengubah alurnya.

Ho Yeol mengagumi keberanian Jun Ho sejak mendengar peristiwa pemukulan itu. Ho Yeol ikut merasa beruntung karena Sung Woo memang tidak bisa kerja. Ho Yeol adalah atasan Jun Ho yang cenderung lebih santai, slengean, terkesan bodoh dalam menjalankan tugasnya. Walau begitu dia banyak akal, kemampuan menganalisanya juga jangan diragukan.

Ho Yeol datang dari keluarga yang berkecukupan. Dia bisa mengganti uang sejumlah 3 juta dollar Won dengan mudah. Selain itu Ho Yeol memiliki hati yang hangat. Saat Jun Ho menengok ayahnya di rumah sakit, dia berinisiatif mengunjungi ibu Jun Ho. Ho Yeol meminta Jun Ho berpamitan pada ibunya sebelum mereka kembali bertugas.

3. Park Beom Gu – Kim Sung Kyun

 Beom Gu – Kim Sung Kyun

Kim Sung Kyun yang aktingnya membekas kala berperan sebagai ayah Jung Pal dan suami Ra Mi Ran yang kocak di Reply 1988, ikut bermain dalam D.P. (2021). Di sini, sang aktor kawakan memainkan karakter sebagai Sersan Park Beom Gu. Dia bagian dari polisi militer khusus divisi D.P. Dia atasan Jun Ho dan Ho Yeol untuk urusan menemukan dan menangkap para tentara yang kabur.

Beom Gu terkesan kasar dan keras tapi dia punya perhatian pada anak buahnya. Ketika Jun Ho dan Ho Yeol diperintah Kapten Lim JI Seob padahal keduanya sedang cuti, Beom Gu coba mengajukan keberatannya. Beom Gu juga atasan yang bertanggung jawab. Hal ini terlihat pada episode terakhir, ketika dia ikut turun ke lapangan menangani kasus Cho Suk Bong. Akibat dari keberaniannya, Beom Gu dijatuhi hukuman.

4. Lim Ji Seob – Son Seok Koo

Lim Ji Seob – Son Seok Koo

Pemain D.P. (2021) selanjutnya yaitu Son Seok Koo. Dia berperan sebagai Kapten Lim Ji Seob, ajudan baru dari DIP atau Departemen Investigasi Pusat sekaligus atasan Sersan Park Beom Gu. Dia adalah orang yang mengeluarkan Jun Ho dari penjara akibat pemukulan yang dilakukan pada Sung Woo. Perintahnya itu dilakukan setelah Ji Seob mendengar kronologis cerita sebenarnya dari Beom Gu.

Dia jugalah yang memerintahkan Beom Gu memecat Sung Woo diam-diam dan mempertahankan Jun Ho. Sebagai atasan, Lim Ji Seob sulit ditebak. Di satu waktu terlihat sangat mendukung dan mempermudah bawahannya, tapi di waktu yang lain, dia bisa mempersulitnya. Hubungan Ji Seob dengan Beom Gu tidak terlalu baik tapi di episode akhir, Ji Seob diam-diam membantu Beom Gu dan anak buahnya di lapangan. Akibat hal ini, dia dipindahkan.

5. Cho Suk Bong – Cho Hyun Chul

5. Cho Suk Bong – Cho Hyun Chul

Tahun 2020 lalu, Cho Hyun Chul ikut bermain dalam film peraih 57th BaekSang Arts Awards, Samjin  Company English Class arahan sutradara Lee Jong Pil, tahun ini aktingnya bisa kamu lihat pada drama D.P. (2021). Di sini dia berperan sebagai Tamtama Cho Suk Bong; teman satu angkatan Jun Ho yang paling banyak di-bully dan dilecehkan oleh senior-seniornya, terutama Hwang Jang Soo.

Suk Bong adalah pemuda baik hati dan sabar. Saking baiknya dia dijuluki Bongdhi karena berperilaku seperti Gandhi yang tak pernah marah dan lembut. Saat Jun Ho dihukum karena memukuli Sung Woo, Suk Bong membawakannya sebungkus choco pie karena tahu Jun Ho tidak mau makan.

Sebelum menjalani Wajib Militer Suk Bong adalah atlet nasional Judo. Lepas dari Wamil dia berencana meneruskan hobi gambarnya dengan membuat webtoon dan mengajar anak-anak. Sayang, Suk Bong mengalami masa yang buruk selama menjalani Wamil. Sebagai orang yang tak suka memukul orang lain, Suk Bong sulit bertahan.

Dia dilecehkan berkali-kali oleh seniornya. Suk Bong juga di-bully, disiksa hanya karena dianggap lemah oleh Hwang Jang Soo. Keadaan itu membuat Suk Bong pelan-pelan berubah. Suk Bong menaruh dendam pada Jang Soo. Ketika Jang Soo bebas dari Wamilnya, Suk Bong kabur dari barak untuk membalaskan sakit hatinya.

Dia jadi salah satu tentara desertir yang harus ditangkap dan dibawa kembali oleh Jun Ho dan Ho Yeol. Tragis, Suk Bong yang sebenarnya tak punya hati menyakiti orang lain, berujung menembak dirinya sendiri. Kematiannya sangat memukul Jun Ho.

6. Hwang Jang Soo – Shin Seung Ho

6. Hwang Jang Soo – Shin Seung Ho

Pemain D.P. (2021) yang satu ini akan membuatmu kesal. Sejak episode satu, Shin Seung Ho memang didaulat menjadi tokoh antagonis. Berperan sebagai seorang senior, yaitu Kopral Hwang Jang Soo, dia merasa boleh menyiksa junior-juniornya. Menghukum, merisak dan menghina Suk Bong bagai cemilan yang tak pernah membuatnya kenyang.

Sialnya, Jang Soo tak merasa berdosa sudah melakukan itu. Saat lepas dari Wamil dan Suk Bong meminta dia untuk minta maaf, Jang Soo melakukannya tanpa ketulusan. Perlakuan Jang Soo pada Suk Bong sudah kelewat batas. Dia sampai hati memberi api pada kemaluan Suk Bong hanya untuk kepuasan.

Lepas Wamil, Jang Soo bekerja sebagai kasir di sebuah minimarket. Rupanya dia juga korban bully dan kekerasan verbal dari atasannya. Kebebasan Jang Soo bukan berarti lepas dari tanggung jawab. Suk Bong mencarinya dan menculiknya di bawah ancaman senjata. Pada akhirnya Suk Bong tewas saat ada di dekatnya.

7. Cheon Yong Deok – Hyun Bong Sik

7. Cheon Yong Deok – Hyun Bong Sik

Aktor Hyun Bong Sik menjadi pemain D.P. (2021) lainnya yang meramaikan drama 6 episode ini. Dia berperan sebagai Jenderal Polisi Militer Cheon Yong Deok. Sesuai urutan, posisinya berada di atas Kapten Lim Ji Seob dan Sersan Park Beom Gu. Yong Deok adalah tipikal pemimpin yang tak mau dengar pendapat bawahannya dan selalu merasa lebih benar.

Pada momen penangkapan Suk Bong, dia mengerahkan tim yang khusus diterjunkan jika ada gangguan teroris. Keputusannya dinilai berlebihan, baik oleh Ji Seob atau Beom Gu, tapi Yong Deok tak mau dengar. Padahal sebelum tim anti-teror itu datang, Jun Ho hampir berhasil merayu dan menenangkan Suk Bong menggunakan cara persuasif. DI bawah todongan senjata dari segala penjuru, Suk Bong kalut dan memilih bunuh diri.

Itu dia para pemain D.P. (2021), drama Korea Selatan terbaru dari Netflix yang sayang untuk dilewatkan. Kemampuan akting mereka beserta alur cerita berkualitas menghasilkan sebuah tontonan yang istimewa. Ada banyak pesan, ada hal mengesankan, menegangkan dan mengharukan dari drama 6 episode ini. Tonton segera untuk melihat aktor-aktor itu berakting ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram