bacaterus web banner retina

10 Pemain Utamam Jirisan, Deretan Penyelamat di Gunung Jiri

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 25 Desember 2021

Menjadi seorang ranger gunung bukan pekerjaan yang mudah. Mereka harus memastikan keselamatan para pendaki dan sigap jika ada pendaki yang membutuhkan bantuan.

Lalu apa jadinya jika mereka juga harus mengungkap pembunuh berantai yang mengincar para pendaki? Itulah yang dihadapi Yi Gang, Hyun Jo dan kawan-kawan dalam drama terbaru arahan sutradara Lee Eung Bok, Jirisan (2021).

Berada di tangan sutradara andal seperti Lee Eung Bok, Jirisan (2021) disempurnakan dengan penulis naskah dan para bintang yang luar biasa. Para pemain Jirisan (2021) terdiri atas nama-nama besar yang kualitasnya tak perlu diragukan. Ia menjadi daya tarik yang membuat penonton penasaran. Siapa saja bintang yang dimaksud?

Baca juga: Sinopsis dan Review Jirisan, Perjuangan Ranger di Gunung Jiri

1. Seo Yi Gang – Jun Ji Hyun

Seo Yi Gang – Jun Ji Hyun

Meledak dan dikenal banyak orang melalui drama romance fantasy The Legend of The Sea (2016), Jun Ji Hyun kembali bermain dalam sebuah serial. Setelah tampil badass sebagai Ashin dalam Kingdom: Ashin of the North (2021), kali ini penampilannya tak kalah asyik!

Tetap sebagai wanita tangguh Jun Ji Hyun berperan sebagai Seo Yi Gang; seorang ranger wanita yang mengenal seluk-beluk Gunung Jiri. Dia kehilangan kedua orangtua sejak remaja akibat bencana banjir yang terjadi di Jirisan. Keadaan itu membuat Yi Gang secara otomatis hanya tinggal dengan neneknya.

Yi Gang punya sifat yang keras, gigih dan tangguh. Dia cenderung sulit diatur dan memutuskan segala sesuatunya sendiri. Kehidupan Yi Gang sebagai ranger berubah sejak kedatangan Hyun Jo, si anak baru.

Kehilangan kedua orangtua di atas gunung membuatnya trauma ketika harus berhadapan atau menemukan kasus-kasus pendaki yang meninggal di sana. Namun, ketakutan itu justru harus dia hadapi karena ada pembunuh berantai beraksi. Bersama si anak baru, petualangan Yi Gang dimulai; sebuah petualangan yang memberinya pengalaman tak terlupakan.

2. Kang Hyun Jo – Ju Ji Hoon

Kang Hyun Jo – Ju Ji Hoon

Selain aktris kenamaan Jun Ji Hyun, drama yang menggantikan slot Hometown Cha-Cha-Cha (2021) ini juga dibintangi oleh Ju Ji Hoon. Di sini Ju Ji Hoon memainkan karakter Kang Hyun Jo; seorang mantan kapten akademi militer yang memutuskan menjadi ranger setelah salah satu anggotanya tewas mengenaskan di Gunung Jiri.

Sejak itu pula Hyun Jo kerap mendapatkan visual atau petunjuk misterius ketika nyawa seseorang terancam di atas gunung. Hyun Jo seorang junior yang menghormati Yi Gang sebagai seniornya. Di sisi lain dia juga membutuhkan Yi Gang untuk mengungkap dan menangkap pelaku pembunuhan berantai yang mengancam nyawa para pendaki.

Dalam upaya berisiko tersebut nyawa Hyun Jo terancam. Dia sampai koma selama satu tahun sementara rohnya berkeliaran di Gunung Jiri. Hyun Jo dan Yi Gang seperti benang dan jarum Gunung Jiri karena keduanya selalu bersama-sama.

Bahkan sampai Hyun Jo koma dan rohnya berkeliaran di gunung, mereka tetap terhubung melalui tanda dari batu dan ranting yang hanya diketahui oleh keduanya. Hyun Jo terus berusaha memberi petunjuk pada Yi Gang untuk mengungkap pembunuh berantai sebenarnya.

3. Jo Dae Jin – Sung Dong Il

Jo Dae Jin – Sung Dong Il

Siapa yang gak kenal dengan Sung Dong Il? Bagi pelanggan drama Korea, nama dan aksinya sudah tidak asing lagi. Keterlibatan Sung Dong Il di Jirisan (2021) adalah kombinasi yang membuat drama ini semakin banyak dinanti. Dong Il berperan sebagai Jo Dae Jin; kepala kantor cabang Haedong yang membawahi banyak ranger di wilayah tersebut.

Dae Jin sudah menjadi ranger sejak puluhan tahun lalu. Gerak-geriknya di awal mencurigakan karena dia menyimpan pita-pita yang biasa sebagai penunjuk arah bagi para pendaki. Dae Jin juga sempat masuk penjara karena dicurigai terlibat dalam kematian salah satu ranger.

Dae Jin sosok kepala yang dihormati. Keputusan yang dia ambil selalu dipertimbangkan dengan matang. Dia juga tenang dan piawai serta bertanggung jawab saat mengomandoi bawahannya.

4. Jeong Gu Yeong – Oh Jung Se

Jeong Gu Yeong – Oh Jung Se

Oh Jung Se juga ikut meramaikan jalan cerita Jirisan (2021) jadi semakin realistis karena karakter yang dia mainkan. Jeong Gu Yeong merupakan salah satu ranger, rekan Yi Gang, yang berdedikasi sekaligus realistis.

Dia merasa harus menjaga dirinya sebelum mengurus orang lain.Ketika bertugas Gu Yeong tidak banyak mengeluh. Dia sigap berlari, mendaki dan menyelamatkan pendaki yang membutuhkan bantuannya.

Gu Yeong sangat patah hati ketika kekasihnya, Yang Sun, yang juga sesama ranger tewas dalam peristiwa banjir besar di gunung dan jasadnya tidak ditemukan. Gu Yeong sempat dicurigai oleh Yi Gang sebagai pembunuh tapi tak terbukti. Gu Yeong punya cinta yang besar untuk Yang Sun, bahkan setelah kematian wanita yang dicintainya itu.

5. Park Il Hae – Jo Han Chul

Park Il Hae – Jo Han Chul

Setelah selesai dengan tugasnya di Hometown Cha-Cha-Cha (2021), aktor Jo Han Chul meluncur ke Jirisan (2021) sebagai Park Il Hae. Bertugas sebagai ranger, Il Hae adalah ketua tim, atasan Yi Gang, Gu Yeong dan Hyon Ju. Dia dan Gu Yeong kerap terlibat perselisihan kecil karena Il Hae cukup sering bercanda membangga-banggakan jabatannya.

Il Hae punya rasa tanggung jawab yang sama besar dengan ranger lainnya. Sebagai ketua tim dia juga bijak menugaskan dan mengatur bawahannya. Il Hae mengalami cedera pada lutut sehingga sempat berhenti selama beberapa saat. Namun, ketika Yi Gang membutuhkan bantuannya Il Hae bersedia walau harus berjalan dengan bantuan tongkat.

6. Lee Da Won – Go Min Si

Lee Da Won – Go Min Si

Kemunculan Go Min Si di drama ini tidak banyak, hanya beberapa episode, tetapi kesan yang ditinggalkan cukup dalam. Go Min Si berperan sebagai Lee Da Won, ranger angkatan baru tahun 2020 yang mengidolakan Yi Gang.

Dia banyak membantu Yi Gang yang lumpuh yang hanya bisa bekerja dari atas kursi roda. Da Won gadis yang ceria dan penuh semangat. Lee Da Won membantu Yi Gang memasang beberapa kamera sensor di gunung untuk menangkap pelaku pembunuhan berantai.

Lee Da Won memiliki kemampuan khusus, yakni dapat merasakan dan melihat keberadaan roh Yi Gang. Sayang, Da Won juga dianggap berbahaya karena dapat mengungkap identitasnya sehingga psikopat itu membunuhnya.

7. Lee Yang Sun – Joo Min Kyung

Lee Yang Sun – Joo Min Kyung

Joo Min Kyung yang berperan sebagai Lee Yang Sun jadi pemain Jirisan (2021) yang nasibnya tak kalah menyedihkan. Yang Sun juga bagian dari ranger tetapi lebih banyak bertugas di kantor bersama Dae Jin.

Meski begitu Yang Sun punya semangat tinggi untuk terjun ke lapangan. Bersama kekasihnya, Gu Yeong, Yang Sun merasa puas dan bahagia ketika akhirnya berhasil mendaki Jirisan.

Yang Sun adalah sepupu dari Se Wook, komplotan pembunuh berantai Jirisan. Dia tewas saat menyelamatkan seorang pendaki, pencari tiket lotre yang terjebak air besar saat banjir. Jasadnya tidak juga ditemukan walau sudah dilakukan pencarian. Kematian Yang Sun membuat Gu Yeong sangat terpukul.

8. Kim Sol – Lee Ga Sub

Kim Sol – Lee Ga Sub

Lee Ga Sub yang berperan sebagai Kim Sol terhitung pemain baru, tetapi aktor kelahiran 1991 ini punya kualitas yang bisa dibanggakan. Tahun 2018 lalu dia meraih penghargaan Best New Actor di ajang Daejong Film Awards untuk aktingnya di film The Seeds of Violence (2018). Penampilannya di Jirisan (2021) juga patut mendapat apresiasi.

Kim Sol yang diperankan adalah mantan ranger yang kini bertugas di Jirisan National Park Jeonbuk Office. Dia bertugas mengamati dan mencatat tanaman-tanaman yang ada di Jirisan. Kim Sol adalah warga asli Jirisan, penduduk salah satu desa yang kini sudah tidak ada lagi.

Dia merupakan pembunuh berantai yang selama ini dicari Hyun Jo dan Yi Gang. Perilakunya yang sadis tampak dipengaruhi oleh trauma di masa kecil pasca kematian menyakitkan kedua orangtuanya. Sejak itu Kim Sol mendendam dan terus membunuh orang-orang yang menurutnya pantas mati.

9. Kim Woong Soon – Jun Suk Ho

Kim Woong Soon – Jun Suk Ho

Jun Suk Ho yang terhitung cukup sering tampil sebagai pemeran pendukung kali ini juga mendapatkan peran yang serupa. Dalam drama berjumlah 16 episode ini, Suk Ho berperan sebagai Kim Woong Soon, anggota polisi dari Polsek Haedong. Dia adalah teman masa kecil Kim Sol yang sama-sama pernah tinggal di satu desa.

Kim Woong Soon salah satu karakter yang dicurigai di drama ini karena tingkahnya memang mencurigakan. Siapa sangka dia juga menjadi korban keganasan Kim Sol?

Kim Woong Soon punya masa lalu tak kalah perih; ayahnya tewas ditabrak secara tidak bertanggung jawab oleh ayah Se Wook. Dia seorang anggota polisi kenalan Yi Gang yang sigap dan banyak membantu.

10. Lee Moon Ok – Kim Young Ok

Lee Moon Ok – Kim Young Ok

Pemain Jirisan (2021) terakhir yang cukup memancing banyak air mata adalah nenek Yi Gang bernama Lee Moon Ok yang diperankan oleh aktris senior Kim Young Ok. Lee Moon Ok satu-satunya anggota keluarga yang dimiliki Yi Gang setelah kematian kedua orangtuanya.

Lee Moon Ok kerap dibuat pusing oleh tingkah Yi Gang, dari mulai remaja hingga dewasa, cucunya tersebut sulit diatur dan sulit diajak komunikasi.

Lee Moon Ok memiliki kedai makanan di Jirisan dan Yi Gang selalu membantunya saat libur bertugas. Sebagai seorang nenek, Moon Ok selalu mengkhawatirkan Yi Gang. Dia menyayanginya sampai akhir hidup. Kematian Moon Ok dalam sebuah kecelakaan mobil yang direkayasa oleh Kim Sol membuatnya sangat kehilangan.

Sepuluh pemain Jirisan (2021) yang terdiri atas aktor dan aktris kawakan jadi magnet tersendiri bagi drama ini. Kolaborasi mereka sebagai pemain, menjalankan karakter sebagai ranger, menarik berbagai emosi, mulai dari bahagia, sedih hingga haru. Gimana? Apakah masih belum bisa move on dari mereka? Siapa karakter yang paling disukai?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram