bacaterus web banner retina

8 Pemain Utama Baseball Girl, Perjalanan Berliku Meraih Mimpi

Sutradara Choi Yoon Tae terinspirasi menggarap film Baseball Girl setelah ia melihat wawancara pemain bisbol Korea wanita tahun 2017 lalu. Menurutnya bisbol bukan olahraga yang hanya dimainkan oleh laki-laki. Tidak ada aturan yang melarang wanita memainkan olahraga ini. Keinginannya membuat film dengan pesan yang mendalam terkait isu gender ini akhirnya terwujud.

Pada bulan Oktober 2019, film ini premier ditayangkan di Busan International Film Festival. Dan secara resmi ditayangkan di seluruh dunia pada bulan Juni 2020. Kisah dalam Baseball Girl mengikuti Joo soo In (Lee Joo Young) yang berusaha mengejar cita-citanya untuk menjadi pemain bisbol. Siapa saja karakter yang terlibat dalam perjalanan Soo In? Kami sudah siapkan ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Joo Soo In - Lee Joo Young

Joo Soo In - Lee Joo Young

Masih ingat serial drama Itaewon Class? Melihat wajah aktris Lee Joo young, kamu pasti tidak akan merasa asing lagi. Pasalnya ia bermain dalam drama yang popular itu.

Di Itaewon Class, Lee Joo Young memerankan karakter Ma Hyeon Yi, kepala koki yang merupakan seorang transgender. Karena perannya yang menawan, publik tak bisa menahan diri untuk tidak memujinya.

Dalam film Baseball Girl, lagi-lagi Lee Joo Young membawakan karakter yang tidak jauh-jauh dari permasalahan gender. Berperan sebagai Joo Soo In, ia berusaha keras untuk mendapatkan posisi sebagai pemain bisbol di tim yang didominasi oleh pemain laki-laki.

Soo In hidup dalam lingkungan patriarki di mana perempuan dipandang tidak begitu kuat untuk melakukan tugas laki-laki. Bermain bisbol, misalnya. Sedari kecil, bakatnya dalam olahraga itu sangat cemerlang. Ia bahkan mengalahkan laki-laki di lingkungan tempat tinggalnya.

Ketika memasuki usia remaja, Soo In ingin masuk ke sekolah olahraga. Penolakan terjadi lagi. Bukan Soo In namanya jika ia menyerah begitu saja sampai akhirnya kepala sekolah mau menerimanya. Lalu, bagaimana perjalanan menuju tim professional?

Percayalah! Soo In tidak diberi kemudahan dalam meniti karirnya. Penolakan dari berbagai pihak adalah hal yang selalu menyertainya. Ibunya sendiri adalah orang yang paling keras menentang cita-citanya karena dianggap keinginannya hanya angan-angan kosong.

2. Choi Jin Tae - Lee Joon Hyuk

Choi Jin Tae - Lee Joon Hyuk

Aktor Lee Jin Hyuk dalam film Baseball Girl muncul belakangan. Ia berperan sebagai Pelatih Choi Jin Tae yang direkrut oleh Pelatih Park (Kim Jong Soo). Ia akan melatih tim di SMA tempat Soo In belajar. Kehadiran awalnya Pelatih Choi tidak membantunya dalam berlatih.

Ia sama seperti kebanyakan orang-orang di sekeliling Soo In: skeptis. Melihat Soo In yang merupakan perempuan di tim, ia merasa gadis itu hanya akan membuang-buang waktu saja. Kalau bisa ia ingin Soo In menyerah dan meninggalkan tim.

Namun, karena kemauannya yang keras dan disiplin, mau tak mau Pelatih Choi luluh juga. Kata-katanya yang dulu selalu menusuk dan membunuh semangatnya menjadi penuh gairah. Ia juga yang membantu Soo In menemukan kekuatan terbaiknya dalam bisbol.

Setiap hari Pelatih Choi memberi latihan tambahan untuk Soo In agar ia beradaptasi dengan kekuatan barunya. Jika ditilik lagi, sosok pelatih inilah yang nantinya terus mendukung Soo In agar berhasil masuk tim professional.

3. Ibu Soo In – Yeom Hye Ran

Ibu Soo In – Yeom Hye Ran

Pernahkah kamu dengar bahwa keadaan paling buruk adalah disakiti oleh orang yang kita sayangi, dalam hal ini keluarga sendiri. Soo In mengalami hal tersebut di hampir separuh hidupnya dalam film Baseball Girl.

Karakter yang diperankan oleh aktris senior Yeom Hye Ran adalah contoh dari fakta itu. Yeom Hye Ran berperan sebagai ibu Soo In yang paling ingin Soo In menyerah. Pada dasarnya ia khawatir Soo In hanya terobsesi pada olahraga itu sehingga ia lupa bahwa ia juga harus memikirkan masa depannya.

Terlebih lagi, Ibu Soo In tidak bisa berbuat banyak untuk mendukung putrinya di bisbol. Keadaan ekonomi keluarga yang morat-marit menjadi alasannya menyuruh sang putri mengubur mimpinya.

Sebagai ibu yang menjadi tulang punggung, ia merasa harus memikul beban keluarga dan berharap Soo In mau meringkan bebannya dengan bekerja. Lantaran sang ayah tidak bisa membiayai keluarga, Soo In-lah yang diharapkan.

Ketika melihat tekad Soo In yang besar, jauh di dalam lubuk hatinya, ia merasa kecewa pada dirinya karena tidak bisa memberikan yang seharusnya diberikan oleh seorang ibu pada anaknya. Sayangnya, kemarahan dan kekecewaan pada dirinya berwujud emosi yang menginginkan Soo In berhenti.

Ketika Soo In mendapat kontrak dengan tim professional, ia merasa senang sekaligus sedih karena ia tidak memberikan apa pun pada putrinya, tapi malah mendapat banyak hal dari putrinya.

4. Ayah Soo In – Song Young Kyu

Ayah Soo In – Song Young Kyu

Dalam keluarga Joo, sosok ayah yang diperankan oleh Song Young Kyu inilah yang terus menjaga semangat Soo In. Ayah Soo In digambarkan sebagai sosok yang pendiam dan selalu mengalah. Kemampuan finansialnya yang minim membuat dirinya merasa rendah diri.

Ayah Soo In adalah seorang pengangguran, namun ia tidak patah semangat. Ia terus belajar untuk tes masuk di salah satu perusahaan.

Namun, semangat dan usahanya tidak berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Alih-alih sukses, ia malah terlibat kasus penipuan calo tenaga kerja dan dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi.

Di antara orang-orang yang ada di sekitar Soo In, sang ayah lah yang mendukungnya secara moral. Ia percaya Soo In akan mendapatkan keinginannya suatu hari nanti.

5. Lee Jeong Ho – Kwak Dong Yeon

Lee Jeong Ho – Kwak Dong Yeon

Aktor tampan Kwak Dong Yeon ikut terlibat menjadi salah satu pemeran dalam Baseball Girl. Kali ini dia berperan sebagai Lee Jeong Ho, teman Soo In sedari kecil. Jeong Ho dan Soo In tinggal di lingkungan yang sama dan mereka sering bermain bisbol sejak dulu.

Soo In jugalah yang menginspirasinya untuk bermain bisbol. Sejak kecil Jeong Ho adalah anak yang paling lemah di antara teman-temannya. Dalam hal bisbol, ia juga kalah jago dari Soo In. Namun, setelah masuk SMA, ia terlecut untuk mengalahkan Soo In agar bisa terus bersamanya.

Ia mulai giat berlatih sampai akhirnya menjadi pemain terbaik. Sebagai buah dari usahanya, Jeong Ho menjadi pemain pertama yang mendapat kontrak ekslusif dari tim professional. Namun, perjalanan Jeong Ho memang tidak sesulit Soo In. Karena inilah pertemanan mereka merenggang.

Jeong Ho yang merasa Soo In menjauhi dirinya, berusaha memperbaiki hubungan kikuknya. Saat Soo In latihan, ia juga ikut meskipun pelatih Choi tidak memintanya. Melihatnya seperti itu, ia seperti penguntit Soo In.

Untungnya, berkat kegigihannya meluluhkan hati Soo In, akhirnya hubungan mereka pun membaik. Jeong Ho dan Soo In pun berakhir mendapat kontrak dengan tim professional masing-masing.  

6. Han Bang Geul – Joo Hae Eun

Han Bang Geul – Joo Hae Eun

Karakter lain dalam film ini diperankan oleh aktris Joo Hae Eun. Ia membawakan peran Han Bang Geul, sahabat Soo In. Bang Geul adalah seorang penari. Ia juga sama seperti Soo In, sama-sama menapaki jalan yang sulit dalam karirnya.

Ia berlatih keras dan rajin mengikuti audisi di agensi-agensi hiburan. Namun, semuanya tidak ada yang berhasil. Kalau Soo In kesulitan karena ia mengejar kesempatan di bidang di mana laki-laki adalah mayoritas, Bang Geul terjegal penampilan.

Meskipun mempunyai skill menari dan menyanyi yang luar biasa, penampilan Bang Geul dinilai tidak cukup menarik untuk menjadi seorang artis.

7. Pelatih Park – Kim Jong Soo

Pelatih Park – Kim Jong Soo

Nah, karakter berikutnya ini adalah salah seorang yang jeli melihat potensi Soo In. Pelatih Park yang telah melimpahkan kewajiban membimbing tim bisbol kepada Pelatih Choi adalah orang yang pertama yang memberikan tempat bagi Soo In di tim.

Pelatih Park sering mendapat keluhan dari Pelatih Choi karena Soo In dianggap tidak bisa mengikuti ritme tim. Sebagai wanita, kekuatan Soo Jin juga tidak bisa mengimbangi laki-laki.

Rupanya pelatih senior ini punya pandangan lain dalam memaksimalkan potensi Soo In. Ia menyuruh Pelatih Choi untuk memeriksa spin rate Soo In dan menyarankannya untuk melatih soo In memaksimalkannya.

Voila! Berkat kejelian Pelatih Park, Soo In bisa bertahan dan kekuatan baru yang ditemukannya ini membuat tempatnya di tim tidak tergeserkan.

8. Ketua Kim – Yoo Jae Myeong

Ketua Kim – Yoo Jae Myeong

Terakhir, ada aktor Yoo Jae Myeong yang juga ikut terlibat dalam film ini. Ia berperan sebagai sosok sentral di tim bisbol professional. Ia tertarik pada bakat Soo In dan ingin merekrutnya, tapi bukan sebagai pemain bisbol.

Ia ingin menempatkan Soo In sebagai bagian dari tim pengurus yang terdiri dari orang-orang di tim bisbol laki-laki yang dinaunginya. Disodori tawaran yang tidak sesuai dengan keinginan, Soo In dengan tegas menolaknya, meskipun itu berarti ia kehilangan kesempatan untuk menghasilkan uang.

Ketua Kim rupanya tidak menyangka ia akan ditolak oleh Soo In. Ia berharap pengetahuan Soo In bisa dimanfaatkan untuk memperkuat tim yang telah jadi itu. Namun, mau tak mau ia terkesan dengan ketegasan Soo In dalam mempertahankan mimpinya.

Cita-citanya menjadi pemain bisbol tidak mau terusik. Penasaran dengan kegigihan pemain wanita ini, ia pun melihat video permainan Soo In. Berkat inilah ia mengubah kontraknya. Secara resmi, Soo In dikontrak sebagai pemain bisbal wanita di tim itu.

Itulah daftar pemain Baseball Girl dengan ulasan karakternya masing-masing. Kisah para pemeran tersebut akan kamu saksikan dalam penayangan filmnya. Keseruan Baseball Girl tidak hanya tercipta dari narasinya yang menarik, akting para pemainnya pun tidak bisa dikesampingkan. Apalagi Lee Joo Young tampil menawan.

Karena perannya ini, sekali lagi ia membuktikan diri sebagai aktris dengan kemampuan akting luar biasa. Nah, penasaran seperti apa serunya film ini? Kamu bisa saksikan langsung filmnya.  

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram