bacaterus web banner retina

20 Rekomendasi Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Listiorini
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Selain terkenal dengan film romantisnya yang mengharu-biru, Jepang juga cukup populer dengan berbagai film animasinya. Film animasi atau anime merupakan salah satu produk unggulan dari Industri film di Jepang. Banyak film anime terbaik Jepang yang tidak kalah populer dengan animasi buatan Amerika.

Selain itu, berbagai film anime Jepang juga rutin masuk dalam nominasi film anime terbaik dalam ajang bergengsi Academy Awards alias Oscar. Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa judul film anime terbaik buatan Jepang sepanjang masa. Apa sajakah itu?

1. The First Slam Dunk

kumpulan film anime_The First Slam Dunk_

Seperti yang banyak orang tahu bahwa anime series Slam Dunk pernah populer di masanya. Nah, di tahun 2022 silam, pihak rumah produksi Toei Animation memberikan cerita Slam Dunk terbaru dalam bentuk film, namanya The First Slam Dunk.

Kehadiran film ini ternyata membawa antusiasme para penyuka anime, hingga kepopuleran serta kualitas filmnya ini berhasil meraih Japan Academy Prize for Animation of the Year. Seperti apa kisahnya?

Miyagi Ryouta adalah salah satu anggota tim basket di SMA Shohoku bersama Hanamichi Sakuragi. Ryouta sendiri digambarkan memiliki perawakan yang mungil dan kecil. Meski begitu, Ryouta dianggap memiliki ketangkasan dan kelincahan yang lebih baik dibandingkan anggota tim lainnya.

Berkat kemampuannya itu, akhirnya Ryouta terpilih sebagai point guard dalam timnya. Bahkan, kerennya lagi adalah Ryouta sering mencetak three point untuk membawa kemenangan pada timnya.

Suatu hari, tim basket SMA Shohoku harus melakukan pertandingan final menghadapi tim Sannoh. Tim Sannoh bukan lawan yang bisa diremehkan begitu saja, mereka tangguh dan kuat.

Meski begitu, tim Shohoku tetap menunjukkan kehebatan mereka, terutama Ryouta yang tidak pantang menyerah untuk mengalahkan tim Sannoh. Bahkan, Ryouta berambisi untuk menjadi pemain basket terbaik. Namun sebelum mencapai tujuannya itu ada satu pertanyaan besar di sini, apakah mereka sanggup mengalahkan tim Sannoh?

2. Gintama The Final

kumpulan film anime_Gintama The Final_

Salah satu film anime dengan rating tertinggi di iMDb adalah Gintama The Final. Berdasarkan situs iMDb, filmnya ini mendapatkan rating 9,2/10, nyaris sempurna! Rating tinggi ini bahkan membawa hasil yang memuaskan dalam jumlah pendapatan, yakni sekitar 1,7 miliar yen!

Sesuai dengan namanya, film ini memang sebuah akhir dari cerita Gintama. Karena ini menjadi akhir, maka Gintama The Final pun membawa 34 karakter di dalamnya dengan tagline Bye bye, Gin-san”. Penasaran dengan ceritanya?

Kisah dalam film ini menceritakan petarungan antara Gintoki Sakata dan mentornya, Yoshida Shouyou, yang kini telah bertransformasi menjadi monster bernama Utsuro. Kemunculannya sangat meresahkan, tidak hanya bagi Gintoki tetapi juga bagi seluruh warga distrik Kabuki.

Kekuatan Utsuro terus meningkat dari waktu ke waktu. Tetapi, Gintoki tak menghadapinya sendirian. Dibantu oleh Kagura, Shinpachi, warga Kabuki, Katsura, Takasugi, dan bahkan saingan-saingannya, mereka bersatu melawan kekuatan dahsyat Utsuro.

Dengan dukungan dari orang-orang di sekelilingnya, Gintoki siap mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menghentikan teror Utsuro. Pertanyaannya, mampukah Gintoki dan sekutunya meraih kemenangan?

3. Violet Evergarden: The Movie

Violet Evergarden The Movie

Meski sempat mengalami penundaan penayangan akibat COVID-19, akhirnya Violet Evergarden: The Movie resmi ditayangkan pada tanggal 18 September 2020 di bioskop Jepang. Nah, bagi yang belum pernah menonton seri animenya, lebih baik tonton dulu karena ceritanya menyambung dengan seri animenya.

Film ini dibuka pada masa pasca perang, ada satu karakter utama yang paling disorot, yaitu Violet. Ia memiliki profesi sebagai penulis serta orang yang bertugas menyampaikan surat pada kliennya. Melalui pekerjaannya itu, Violet akhirnya belajar mengenali emosi dan arti cinta, terutama saat mengingat kata-kata terakhir seorang major perang yang sangat menghargai Violet, Mayor Gilbert.

Namun tahun-tahun pun berlalu, kini dunia sudah lebih modern sehingga jasa Violet sebagai penulis surat pun sudah jarang peminatnya. Sayangnya, meski dunia berubah tetapi hal itu tidak berlaku pada Violet. Ia masih punya kenangan dan trauma di masa lalu, khususnya yang berkaitan dengan Mayor Gilbert.

Saat dalam keadaan terpuruk itu, tiba-tiba salah satu teman Gilbert mendatanginya dan mengajaknya untuk menulis surat lagi di pos C.H. Dari sana, Violet menemukan petunjuk tentang Gilbert dan berusaha untuk menemui Gilbert apapun caranya. Apakah akhirnya Violet berhasil bertemu dengan Gilbert?

4. Demon Slayer Movie: Mugen Train

kumpulan film anime_Kimetsu no Yaiba Movie Mugen Train Arc_

Film anime Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen atau yang dikenal juga dengan Demon Slayer The Movie: Mugen Train, berhasil menjadi salah satu film anime terbaik dengan dibuktikan bisa mendapatkan penghasilan sebesar 36,8 miliar yen (458,8 juta Dolar)! Bahkan, cerita di dalam film ini pun sangat diapresiasi oleh MyAnimelist hingga mendapatkan rating 8,6. Sebagus apa ceritanya?

Tanjirou CS telah menyelesaikan pelatihan mereka di Butterfly Mansion dan mereka siap untuk melaksanakan misi selanjutnya di Kereta Mugen. Setelah kejadian misterius yang terjadi di sana, setidaknya lebih dari 40 orang menghilang dalam waktu singkat.

Tanjirou dan Nezuko, bersama Zenitsu dan Inosuke bergabung dengan salah satu pendekar pedang paling kuat di Korps Pembunuh Iblis, Hashira Api Rengoku Kyoujirou. Mereka bersama-sama menghadapi iblis yang ada di atas Kereta Mugen untuk mencegah bertambahnya korban.

Namun, dalam misinya itu justru mereka banyak mengalami kesulitan. Di Kereta Mugen, mereka terperangkap dalam jebakan sihir yang menjerumuskan mereka ke dunia mimpi yang indah membawa kenangan manis dari masa lalu setiap karakternya. Dalam keindahan mimpi ini, iblis Enmu berupaya mengendalikannya melalui tali magis, dengan niat agar mereka terperangkap dalam tidur abadi.

Dengan ancaman iblis yang mengintai, apakah Tanjirou dan teman-temannya dapat mengalahkan ancaman tersebut?

5. Evangelion: 3.0+1.01 Thrice Upon a Time

kumpulan film anime_Evangelion 3.0+1.01 Thrice Upon a Time_

Evangelion: 3.0+1.01 Thrice Upon a Time juga wajib masuk ke dalam salah satu daftar anime terbaik sepanjang masa. Tidak berlebihan disebut terbaik, karena film ini mampu menecetak rating sempurna dari Rotten Tomatoes, yaitu 100%. Sedangkan iMDb memberi rating 8,0, dan MyAnimelist memberi rating 8,6.

Sedangkan untuk ceritanya dimulai dari Shinji, Asuka, dan Rei yang melakukan perjalanan ke distrik Tokyo-3. Di sana mereka menemukan sebuah pemukiman yang aman dari kehancuran bumi. Bahkan, di tempat itulah akhirnya Shinji bisa mulai menyembuhkan rasa trauma masa lalunya akibat perang di cerita sebelumnya.

Di distrik Tokyo-3, Shinji menjalani kehidupannya yang damai, sedikit melupakan peliknya kehidupan sebagai pilot Evangelion. Namun, kedamaian itu mulai terusik ketika Shinji mendengar kabar bahwa Proyek Instrumentalitas kembali dilanjutkan oleh NERV, organisasi yang dibentuk untuk melawan monster yang disebut Angel. Shinji cees sadar bahwa proyek tersebut akan membuat bumi semakin hancur.

Untuk itu, kini Shinji yang sudah merasa damai dan tenang pun kembali bimbang, apakah ia harus kembali ke medan tempur dan menghentikan Proyek Instrumentalitas? Apalagi sekarang konfliknya semakin rumit dimana pihak WILLE (organisasi anti-NERV) pun ikut campur terhadap proyek tersebut sehingga bisa menimbulkan pertempuran antara WILLE dan NERV.

6. Made in Abyss Movie 3: Dawn of the Deep Soul

Made in Abyss Movie 3 Fukaki Tamashii no Reimei

Ini bukan film yang ringan, bahkan bisa dibilang ini adalah anime yang menguras tenaga. Di dalamnya, banyak adegan kekerasan hingga menguras sisi psikologi setiap karakternya. Meski begitu, film ini amat sukses hingga mendulang pendapatan hampir 5 juta dollar di seluruh dunia.

Sebagai catatan, sebelum menonton film ini, kamu sebaiknya menonton seriesnya dulu. Meski ada dua film sebelum film ketiga ini muncul, kedua film tersebut hanya berupa ringkasan dari musim pertama seriesnya dan tidak berkaitan dengan film ketiga. Jadi, Made in Abyss Movie 3: Dawn of the Deep Soul bisa dibilang adalah lanjutan dari seriesnya.

Untuk ceritanya masih berpusat pada karakter Riko, Regu dan teman baru mereka bernama Nanachi. Saat ini mereka sudah berhasil sampai di lapisan ke lima di lubang besar The Abyss, yakni The Sea of Corpses. Namun, saat mereka akan melanjutkan ke lapisan keenam, mereka dihadapi dengan berbagai rintangan, salah satunya adalah Bondrewd.

Bondrewd merupakan sosok dengan topeng yang bertugas memeriksa siapa pun yang akan masuk ke lapisan terdalam Abyss. Tetapi, Bondrewd ini memiliki karakter sosiopat di mana ia tidak ingin siapa pun berhasil menembus lapisan terdalam di Abyss.

Dari sini konflik dimulai, Riko, Regu, dan Nanachi harus siap melawan Bondrewd yang sangat kuat. Meski kuat, namun ia memiliki kelemahan, yaitu Prushka. Prushka adalah anak dari Bondrewd yang nantinya justru akan membantu Riko cees untuk melewati ayahnya sendiri. Lalu, apakah mereka berhasil menaklukan Bondrewd dan memasuki lapisan terdalam Abyss?

7. Fate/Stay Night: Heaven's Feel III. Spring Song

Fate/Stay Night

Sukses merilis Fate/Stay night: Heaven’s Feel I, presage of flower, akhirnya pada tahun 2020 muncul film terbaru lagi dengan judul Fate/Stay Night: Heaven's Feel III. Spring Song. Ceritanya masih berhubungan dengan film sebelumnya. Tetapi, film ini mengambil latar 10 tahun setelah perang Holy Grail.

Setelah masa perang, semua mengira bahwa keadaan sudah damai dan tenang. Namun nyatanya semua itu hanya ilusi belaka, kota Fuyuki justru menghadapi perang lain. Sialnya lagi, Shirou Emiya harus ikut berperang di kota tersebut atas keinginan dari ayah titinya, Kiritsugu.

Perang di kota Fuyuki ternyata sangat kacau, banyak pembunuhan terjadi dimana-mana sehingga membuat Fuyuki terasa sangat kelam dan menyeramkan. Semua orang berusaha untuk melindungi orang-orang tercintanya, begitu pun dengan Shirou Emiya yang berusaha untuk melindungi Sakura, teman yang sudah Shirou anggap sebagai keluarga, dari keganasan perang di kota ini.

Untungnya Emiya tidak sendiri, karena ia juga bekerjasama dengan Rin Tohsaka untuk menghentikan perang. Namun, lama kelamaan Emiya menjadi ragu dan bimbang, akankah dirinya bisa memenangkan perang dan melindungi Sakura?

8. Suzume no Tojimari 

kumpulan film anime_Suzume no Tojimari_

Film ini sempat heboh saat masa penayangannya. Bahkan, saat itu bioskop Indonesia menampilkan Suzume no Tojimari cukup lama karena penonton yang hadir bukan hanya dari kalangan fans anime namun dari para non-fans pun turut menyaksikan film ini di bioskop.

Meski tidak mendapatkan penghargaan, namun kita bisa memastikan bahwa visualisasi Suzume no Tojimari sangat cantik dan memanjakan mata berkat tangan kreatif dari Makoto Shinkai. Lalu bagaimana dengan ceritanya?

Film ini memiliki fokus cerita pada dua karakter utama, yaitu Suzume dan Souta. Suatu hari, keduanya bertemu secara tidak sengaja akibat bencana gempa yang saat itu akan menimpa Tokyo. Sebelum terjadi gempa, Suzume melihat kabut merah yang keluar dari sebuah pintu. Anehnya hanya Suzume yang bisa melihat itu.

Merasa penasaran, Suzume pun menghampiri pintu tersebut. Setelah sampai di dekat pintu tersebut, ia bertemu dengan seorang pemuda bernama Souta. Souta ini pemuda yang agak aneh di mana tugasnya hanya berpetualang mencari pintu yang terbuka, seperti pintu yang dilihat Suzume sekarang ini.

Setelah melihat pintu terbuka itu, Souta langsung menutupnya dan bencana gempa di Tokyo pun mulai mereda. Penasaran dengan keajaiban ini, Suzume akhirnya memutuskan untuk mengikuti Souta. Ia ingin mencari dan menutup pintu yang terbuka.

Setelah berkelana mencari pintu yang terbuka, akhirnya kini Suzume sadar bahwa setiap pintu yang terbuka ada kaitan dengan dirinya. Bahkan, mulai sedikit terungkap bahwa semua pintu terbuka terjadi akibat ulahnya sendiri. Jadi, apakah Suzume yang selama ini menimbulkan bencana di Jepang?

9. Jujutsu Kaisen 0 Movie

kumpulan film anime_Jujutsu Kaisen 0 Movie_

Jujutsu Kaisen atau yang dikenal juga dengan judul lain Gekijouban Jujutsu Kaisen 0 adalah anime adaptasi dari manga shounen fantasy karya Akutami Gege. Anime ini begitu terkenal, bahkan filmnya ini mendapatkan rating cukup tinggi dari MyAnimelist, yiatu 8,4.

Dalam filmnya, anime ini menceritakan karakter bernama Okkotsu Yuuta. Yuuta adalah seorang siswa SMA pendiam dan sering dirundung oleh teman-temannya. Namun, hidupnya berubah ketika Rika Orimoto, teman masa kecilnya, meninggal akibat kecelakaan.

Setelah kejadian itu, Yuuta terkena kutukan yang merupakan perwujudan dari roh Rika. Kutukan ini sangat kuat dan sulit dikendalikan, sehingga menarik perhatian dari penyihir Jujutsu, termasuk Satoru Gojo.

Demi kebaikan Yuuta, Satoru mengajaknya bergabung dengan sekolah Jujutsu, sekolah untuk para pemburu roh kutukan. Di sana, Yuuta diajarkan untuk mengendalikan kutukannya. Pengajaran dan pengarahan Yuuta ini berada di bawah pengawasan Satoru.

Tetapi ternyata, Satoru memiliki niat lain selain sekadar mengajari Yuuta. Ia rupanya ingin mengukur kekuatan Yuuta dan membuatnya harus bertarung dengan penyihir Jujutsu lainnya. Mampukah Yuuta mengatasi rintangan ini?

10. Given Movie

kumpulan film anime_Given Movie_

Perlu diketahui, film ini memiliki tema boys love alias cerita pasangan sesama jenis. Kisah dari film Given Movie memang cukup menarik diikuti, apalagi visualisasinya tampak sangat apik memanjakan mata. Tetapi perlu diingat bahwa film Given Movie hanya boleh ditonton oleh kamu yang sudah berusia di atas 13 tahun, ya. Seperti apa kisahnya?

Di film ini akan lebih fokus pada dua pasangan, yaitu Mafuyu dan Ritsuka, serta Haruki dan Akihiko. Keempatnya masih tergabung dalam band yang sama, yaitu Given. Namun konflik terjadi ketika mereka berempat terlibat dalam perasaan yang rumit.

Dimulai dengan Ritsuka, setelah band Given sukses besar dalam acara Live, kini akhirnya Ritsuka menyadari bahwa ia memiliki perasaan lebih dari sekedar teman terhadap Mafuyu. Untunglah keduanya memiliki perasaan yang sama. Namun untuk mencapai hubungan pun masih begitu sulit.

Di sisi lain, Haruki ternyata diam-diam menyukai Akihiko. Sayangnya, Akihiko masih memiliki kekasih meskipun hubungannya dengan sang kekasih tidak berjalan mulus.

Dari perasaan masing-masing itu, keempat orang ini harus bisa menjaga profesionalitas antara hubungan dengan band dan personal, namun hal itu pun sulit dilakukan. Akhirnya, konflik memanas ketika urusan band dicampuradukkan dengan perasaan cinta mereka sendiri. Apakah pada akhirnya Given harus bubar karena konflik percintaan?

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram