bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Animasi / Kumpulan Film Anime Terbaik dan Paling Seru Sepanjang Masa

Kumpulan Film Anime Terbaik dan Paling Seru Sepanjang Masa

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 8 April 2021

Selain terkenal dengan film romantisnya yang mengharu-biru, Jepang juga cukup populer dengan berbagai film animasinya. Film animasi atau anime merupakan salah satu produk unggulan dari Industri film di Jepang. Banyak film anime terbaik Jepang yang tidak kalah populer dengan animasi buatan Amerika.

Selain itu, berbagai film anime Jepang juga rutin masuk dalam nominasi film anime terbaik dalam ajang bergengsi Academy Awards alias Oscar. Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa judul film anime terbaik buatan Jepang sepanjang masa. Apa sajakah itu?

Era 2020 - Sekarang

Di tahun 2020 hingga sekarang, Jepang selalu tidak kehabisan ide untuk membuat film anime dengan berkualitas tinggi baik dari segi cerita, detail, hingga hal lainnya. Penasaran? Berikut kami sudah memilihkan film anime Jepang terbaik yang wajib ditonton.

1. Gintama The Final

Gintama The Final
  • Rilis: 8 Januari 2021
  • Genre: Animation, Action, Komedi
  • Sutradara: Chizuru Miyawaki
  • Pengisi Suara: Rie Kugimiya, Daisuke Sakaguchi, Hideaki Sorachi
  • Perusahaan Produksi: Sunrise, Shueisham Aniplex, TV Tokyom Dentsum Bandaim Warner Bros. Japan

Salah satu film anime dengan rating tertinggi di iMDb adalah Gintama The Final. Berdasarkan situs iMDb, filmnya ini mendapatkan rating 9,2/10, nyaris sempurna! Rating tinggi ini bahkan membawa hasil yang memuaskan dalam jumlah pendapatan, yakni sekitar 1,7 miliar yen!

Sesuai dengan namanya, film ini memang sebuah akhir dari cerita Gintama. Karena ini menjadi akhir, maka Gintama The Final pun membawa 34 karakter di dalamnya dengan tagline Bye bye, Gin-san”.  Penasaran dengan ceritanya? Sebaiknya langsung tonton, deh!

2. Fate/Stay Night: Heaven's Feel III. Spring Song

Fate/Stay Night
  • Rilis: 15 Agustus 2020
  • Genre: Animation, Drama, Fantasi, Action
  • Sutradara: Tomonori Sudō
  • Pengisi Suara: Noriaki Sugiyama, Noriko Shitaya, Yuu Asakawa, Mai Kadowaki, Kana Ueda, Ayako Kawasumi
  • Perusahaan Produksi: ufotable

Sukses merilis Fate/Stay night: Heaven’s Feel I, presage of flower, akhirnya pada tahun 2020 muncul film terbaru lagi dengan judul Fate/Stay Night: Heaven's Feel III. Spring Song. Ceritanya masih berhubungan dengan film sebelumnya. Di sini mengambil latar 10 tahun setelah perang Holy Grail.

Alih-alih semua merasa damai, nyatanya kota Fuyuki punya perang lain dan Shirou Emiya harus ikut berperang di sana dengan tujuan mengikuti keinginan terakhir Kiritsugu. Banyak pembunuhan sehingga gambaran kota Fuyuki menjadi kelam dan menyeramkan.

Selain fokus pada perang, Shirou juga memiliki tugas melindungi Sakura. Akhirnya, ia memilih untuk diam di rumah Sakura dan melakukan kerja sama dengan Rin Tohsaka. Akankah Shirou berhasil memenangi perang sekaligus melindungi Sakura di rumahnya? Pasalnya, perang semakin kacau dan tidak terkendali lagi.

3. Made in Abyss Movie 3: Fukaki Tamashii no Reimei

Made in Abyss Movie 3 Fukaki Tamashii no Reimei
  • Rilis: 17 Januari 2020
  • Genre: Animation, Drama, Fantasi, Adventure, Misteri
  • Sutradara: Masayuki Kojima
  • Pengisi Suara: Miyu Tomita, Mariya Ise, Shiori Izawa, Inori Minase, Sayaka Ôhara, Tetsu Inada
  • Perusahaan Produksi: Kinema Citru

Ini bukan film yang ringan, bahkan bisa dibilang ini adalah anime yang menguras tenaga saat menontonnya. Di dalamnya, banyak kisah kekerasan hingga menguras sisi psikologi setiap karakternya. Meski begitu, film ini amat sukses hingga mendulang pendapatan hampir 5 juta dollar di seluruh dunia.

Ceritanya, Riko, Regu dan teman baru mereka bernama Nanachi berhasil sampai di lapisan ke lima di The Abyss, yakni The Sea of Corpses. Namun, saat mereka akan melanjutkan ke lapisan keenam, mereka dihadapi dengan berbagai rintangan. Anehnya lagi, Nanachi berkata pada mereka bahwa semuanya tidak selalu seperti yang dilihat/diharapkan.

Bingung, namun mereka tetap melanjutkan perjalanan ke lapisan keenam dengan penuh misteri dan teka-teki. Akankah mereka berhasil mencapai lapisan terbawah The Abyss? Apa lagi yang harus mereka korbankan demi mencapai tujuan?

4. Violet Evergarden: The Movie

Violet Evergarden The Movie
  • Rilis: 18 September 2020
  • Genre: Animation, Drama, Fantasi
  • Sutradara: Taichi Ishidate
  • Pengisi Suara: Yui Ishikawa, Daisuke Namikawa, Takehito Koyasu, Hidenobu Kiuchi, Haruka Tomatsu, Koki Uchiyama
  • Perusahaan Produksi: Kyoto Animation, Bandai Namco Arts

Meski sempat mengalami penundaan penayangan akibat COVID-19, akhirnya Violet Evergarden: The Movie resmi ditayangkan pada tanggal 18 September 2020 di bioskop Jepang. Nah, bagi yang belum pernah menonton seri animenya, lebih baik tonton dulu karena ceritanya menyambung dengan seri animenya.

Di film ini menceritakan Violet yang masih belum bisa melupakan Gilbert. Gilbert sendiri adalah mantan pekerjanya yang juga bisa menyentuh hati Violet hingga jatuh cinta. Saat sedang dilanda rasa galau, ia bertemu dengan kakaknya bernama Dietfried. Kakaknya itu meminta Violet untuk move on.

Lagi-lagi, Violet menolak dan tetap setia hingga memikirkan Gilbert setiap hari. Hingga akhirnya, Violet mendapatkan telepon dari seorang klien muda. Di saat yang bersamaan, ditemukan sebuah surat misterius tanpa alamat. Surat siapa itu?

5. A Whisker Away

A Whisker Away (Copy)
  • Rilis: 18 Juni 2020
  • Genre: Animation, Adventure, Family, Fantasi, Romansa
  • Sutradara: Junichi Sato
  • Pengisi Suara: Mirai Shida, Natsuki Hanae, Hiraoki Ogi
  • Perusahaan Produksi: Studio Colorido

Film animasi kali ini menceritakan tokoh Miyo Sasaki, seorang gadis SMP yang menyukai teman sekelasnya bernama Kento Henode. Miyo atau yang sering dipanggil dengan Muge ini kerap menghampiri dan mendekati Kento dengan berjuta cara. Namun karena Kento kelewat dingin, kadang kode-kode yang disampaikan oleh Muge tidak bisa direspon balik bikin Muge gemes sendiri.

Tak ingin menyerah dalam usaha mendekati Kento, Muge menemukan sebuah topeng ajaib yang bisa mengubah dirinya menjadi seekor kucing. Menjadi kucing, Muge akhirnya mendekati Kento lagi. Bak disambut bulan, Kento suka sekali dengan wujud Muge yang menjadi kucing.

Muge senang sekali Kento jadi bisa dekat dengannya. Sialnya, harapan Muge untuk menjadi kucing saja malah terwujud dan tidak bisa kembali jadi manusia. Bagaimana Muge mengatasi hal tersebut?

6. Love Me, Love Me Not

Love Me, Love Me Not
  • Rilis: 18 September 2020
  • Genre: Animation, Komedi, Romansa
  • Sutradara: Toshimasa Kuroyanagi
  • Pengisi Suara: Marika Suzuki, Nobunaga Shimazaki, Eiji Akaso, Riko Fukumoto, Minami Hamabe, Megumi Han, Aya Hisakawa,
  • Perusahaan Produksi: A-1 Pictures

Film anime yang satu ini memang bisa digolong sebagai film anime yang sukses. Awal kesuksesannya berkat manga yang ditulis oleh Io Sakisaka pada tahun 2015 s/d 2019. Kemudian, mereka membuat sebuah live-action dengan judul yang sama sehingga film versi live action masuk ke dalam jajaran film Jepang terbaik hingga saat ini.

Selang beberapa bulan, akhirnya Love Me, Love Me Not atau yang disebut dengan “Omoi, Omoware, Furi, Furare” dalam Bahasa Jepang dibuat dalam versi film anime. Ceritanya masih sama seperti manga dan live action, dimana ada dua sahabat yang berbagi keluh kesah terutama soal percintaan. Tapi mereka sangat payah soal asmara!

7. Bishoujo Senshi Sailor Moon Eternal Movie

Bishoujo Senshi Sailor Moon Eternal Movie
  • Rilis: 8 Januari 2020 & 11 Februari 2021
  • Genre: Animation, Fantasi, Romansa
  • Sutradara: Chiaki Kon
  • Pengisi Suara: Kotono Mitsuishi, Misato Fukuen, Shizuka Itô
  • Perusahaan Produksi: Toei Animation, Studio Deen

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Sailor Moon? Ya, cerita Sailor Moon Kembali digarap menjadi sebuah film. Tercatat, ada dua bagian di film Sailor Moon Eternal Movie ini. Pada film bagian pertama dirilis tanggal 8 Januari 2020.

Untuk bagian pertama ini fokus pada cerita solar eclipse yang tiba-tiba muncul di bulan April. Usagi dan Chibiusa bertemu Pegasus bernama Helios. Pegasus itu ternyata mencari dua orang “chosen maidens” untuk menghancurkan seal of the Golden Crystal. Namun, masalah diperparah ketika sebuah grup bernama Dead Moon Circus muncul di Juban dan meneror seluruh dunia.

Cerita berlanjut ke film bagian kedua yang dirilis 11 Februari 2021. Di cerita bagian dua ini, kesepuluh Sailor Guardians berkumpul dan bertempur. Mereka punya kekuatan masing-masing dengan lawan bernama Nehelenia. Ia menyerang musuhnya dengan kekuatan nightmare.

Sedangkan Usagi terjebak dalam mantra Nehelenia. Namun, karena ada dorongan dari Tuxedo Mask akhirnya ia bergabung dengan grup Super Sailor Guardians dan berubah menjadi Eternal Sailor Moon.

8. Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle

Pokémon the Movie Secrets of the Jungle
  • Rilis: 25 Desember 2020
  • Genre: Animation, Action, Adventure, Fantasi, Family
  • Sutradara: Toshimasa Kuroyanagi
  • Pengisi Suara: Rika Matsumoto, Ikue Otani, James Carter Cathcart, Megumi Hayashibara, Ken'yû Horiuchi, Inuko Inuyama
  • Perusahaan Produksi: OLM, Inc.

Meski sempat tertahan perilisannya, namun Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle akhirnya tetap dirilis tepat pada hari natal, yakni 25 Desember 2020 silam. Fyi, film ini adalah film ke-23 dalam Pokemon Universe dan film ketiga dalam serial Alternate Timeline. Bahkan ini juga menjadi film pertama dalam seri Generasi VIII untuk Pokemon.

Meski filmnya tidak menggunakan efek CGI dan tetap mempertahankan gaya unik 2D, namun Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle masih sangat dicintai oleh banyak kalangan. Hal tersebut terbukti dengan Raihan rating yang tinggi di iMDb mencapai 8,4/10. Untuk ceritanya sendiri juga masih orisinil.

Di sini memfokuskan cerita pada anak cowok bernama Koko. Dia hidup dan dibesarkan oleh Pokemon. Karena itu juga, akhirnya Koko punya ikatan dan hubungan yang erat dengan Pokemon. Bahkan, mereka jadi contoh sebuah hubungan yang hebat antara Pokemon dengan manusia.

9. Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna

Digimon Adventure Last Evolution Kizuna
  • Rilis: 21 Februari 2020
  • Genre: Animation, Action, Adventure, Sci-Fic, Thriller
  • Sutradara: Tomohisa Taguchi
  • Pengisi Suara: Natsuki Hanae, Yoshimasa Hosoya, Suzuko Mimori, Suzuko Mimori, Mutsumi Tamura
  • Perusahaan Produksi: Toei Animation

Film ini menjadi penutup kisah Taichi dan kawan-kawannya. Dalam filmnya kali ini, Taichi dan kawan-kawannya sudah dewasa. Mereka mulai disibukkan dengan dunianya masing-masing, ada yang sudah bekerja, sekolah, dan kegiatan lainnya. Karena kesibukan mereka itu membuat hubungannya renggang dengan Digimon.

Hingga suatu hari ada fenomena aneh dimana hubungan antara Digimon, Taichi, dan teman-temannya akan semakin renggang ketika mereka bertambah tua. Tapi yang membuatnya semakin mengkhawatirkan adalah kemunculan musuh yang ada di dunia Digimon. Haruskah mereka kembali ke sana dan menuntaskan misi lagi?

10. High School Fleet the Movie

High School Fleet the Movie
  • Rilis: 18 Januari 2020
  • Genre: Animation, Action, Adventure, Komedi, Drama
  • Sutradara: Yuu Nobuta (Chief), Jun Nakagawa
  • Pengisi Suara: Natsuki Aikawa, Sora Amamiya, Satomi Amano, Momo Asakura, Kana Asumi
  • Perusahaan Produksi: A-1 Pictures

High School Fleet the Movie adalah versi film anime yang dibuat berdasarkan manga dan seri anime. Kesuksesan anime dan manganya ini membuat A-1 Picture berani menggarapnya sebagai film. Dan hasilnya tergolong memuaskan dengan perolehan rating 7,6/10 dari iMDb. Yang membuat film anime ini begitu dicintai adalah bagian ceritanya yang unik.

Ceritanya berfokus pada Akeno Misaki yang mendaftarkan diri di sekolah khusus laut, yaitu Yokosuka Girls Marine High School. Suatu hari, Akeno dan teman-teman sekelasnya ada sebuah misi dan berangkat menggunakan kapal penghancur (destroyer ship).

Namun naas, alih-alih menjalankan misi, justru Akeno dan teman-temannya menghadapi tuduhan pemberontakan. Saat itu juga Akeno pun berperan sebagai pemimpin kru untuk mencari kebenaran atas tuduhan tersebut sembari kabur agar tidak tertangkap.

11. Psycho Pass 3: First Inspector

Psycho Pass 3 First Inspector
  • Rilis: 27 Maret 2020
  • Genre: Animation, Action, Sci-Fic
  • Sutradara: Naoyoshi Shiotani
  • Pengisi Suara: Yūichi Nakamura, Yuuki Kaji, Kenyu Horiuchi, Mamoru Miyano
  • Perusahaan Produksi: Production I.G

Untuk yang suka film anime dengan cerita crime yang kuat maka Psycho Pass 3: First Inspector ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, di sini menceritakan tentang dunia dystopia yang disebut sebagai Sybil System. Di dalam ceritanya memiliki fokus pada karakter Kei Mikhail Ignatov, Arata Shindo, dan para kelompok teroris yang disebut Bifrost.

Bifrost sendiri punya rencana untuk mengambil alih kekuasaan gubernur Tokyo yang bernama Karina Komiya. Sedangkan di cerita kali ini, Psycho Pass 3: First Inspector mengungkap bahwa Kei Mikhail Ignatov terhubung dengan organisasi Bifrost.

12. Shirobako Movie

Shirobako Movie
  • Rilis: 29 Februari 2020
  • Genre: Animation, Komedi, Drama
  • Sutradara: Tsutomu Mizushima
  • Pengisi Suara: Ayane Sakura, Yoshitsugu Matsuoka, Ai Kayano
  • Perusahaan Produksi: P.A.Works

Banyak film anime yang diadaptasi dari manga, salah satunya Shirobako Movie ini. Cerita Shirobako sendiri bisa dibilang sukses semenjak ceritanya dirilis sebagai manga dan anime series pada tahun 2014 silam. Kemudian, kesuksesan berlanjut dengan menghadirkan versi novel di tahun 2015.

Pada akhirnya di tahun 2020 dibuatlah versi filmnya dengan judul yang sama. Cerita di film ini melanjutkan kisah dari animenya. Film dimulai dengan setting 4 tahun kemudian dimana Aoi Miyamori tetap sibuk dengan permasalahan sehari-harinya mengenai pekerjaannya di Musashino Animation.

Seperti biasa, Aoi menghadapi meeting pagi yang diputuskan bahwa ia harus mengurus sebuah pertunjukkan theatrical anime untuk sebuah studio. Sebagai penanggung jawab tidaklah mudah karena Aoi harus menghadapi berbagai masalah hingga akhirnya ia mengalami anxiety. Di saat sulit seperti itu, Aoi juga bertemu dengan Kaede Miyai yang akhirnya bekerja sama dengan Aoi untuk menuntaskan projeknya.

13. Seitokai Yakuindomo Movie 2

Seitokai Yakuindomo Movie 2
  • Rilis: 1 Januari 2021
  • Genre: Animation, School, Shounen, Slice of Life
  • Sutradara: Hiromitsu Kanazawa
  • Pengisi Suara: Yôko Hikasa, Satomi Sato, Sayuri Yahagi
  • Perusahaan Produksi: GoHands

Film anime ini harusnya dirilis pada bulan Juli 2020. Namun karena adanya pandemi korona, akhirnya mereka mengundur tanggal perilisan ke 1 Januari 2021. Untuk ceritanya sendiri masih seputar tentang anak SMA dimana Takatoshi Tsuda direkrut secara paksa untuk menjadi seorang wakil presiden di sekolah barunya.

Tugas dari Takatoshi Tsuda adalah melayani siswa lainnya dan menjadi perwakilan dewan OSIS laki-laki. Karena sifatnya yang polos dan jujur kadang ia digoda oleh teman-temannya serta harus menanggapi lelucon yang cabul. Karena cerita ini agak menyerempet kisah cinta dengan bubuhan lelucon yang cukup dewasa, jadi pastikan kamu cukup umur untuk menontonnya, ya!

1 234
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram