bacaterus web banner retina

10 Kartu Pokémon Termahal yang Pernah Dirilis

Ditulis oleh Sera Serinda A

Bagi kebanyakan orang, Pokemon hanyalah sebuah game atau tontonan semata. Saya sendiri awalnya mengenal Pokemon karena sering menonton seri animasinya saat kecil di televisi. Namun bagi die-hard fans animasi yang dibuat oleh Satoshi Tajiri ini, dunia Pokemon tak terbatas sebagai media hiburan saja.

Selain merchandise, game, dan anime, para penggemar juga akan sangat familiar dengan permainan kartu tukar (Trading Card Game) Pokemon. Tak hanya untuk sekedar dimainkan, kartu-kartu yang dipakai dalam TGC juga bisa dikoleksi. Bahkan, beberapa kartu TGC ini punya nilai sangat fantastis karena sejarah ataupun kelangkaannya.

Nah, berikut ini adalah deretan kartu Pokemon termahal yang pernah dirilis.

1. Pikachu Illustrator

kartu-pokemon-termahal_Pikachu-Illustrator_

Kamu mungkin akan keheranan melihat sebuah kartu permainan yang harganya jutaan dolar, namun hal ini benar-benar terjadi di dunia, yakni pada tahun 2021 saat salah satu kartu Pokemon terjual dengan harga lebih dari 5 juta US dolar atau sekitar 74 miliar rupiah. Kartu yang dimaksud adalah Pikachu Illustrator.

Pokemon Illustrator adalah set kartu yang paling langka karena hanya diberikan sebagai hadiah dari tiga kompetisi ilustrasi yang diselenggarakan CoroCoro pada tahun 1997-1998. Nah, para pemenang dari tiap kompetisi ini mendapatkan satu kartu Pokemon Illustrator. Meski kartu-kartu tersebut dibuat sebanyak 39 lembar, hanya 20 yang disebarkan dan diberikan pada para pemenang.

Kartu Pikachu Illustrator sendiri bak harta karun bagi para kolektor kartu Pokémon karena versi sempurnanya, yang diberi nilai PSA 10, hanya ada satu di dunia.

2. Topsun Charizard Scarce Blue Back

kartu-pokemon-Japanese-Topsun-Charizard_

Kartu Charizard ini beda dari yang lain. Ia tidak memiliki nomor, dan bagian belakangnya pun berwarna biru dengan corak persis seperti kartu remi. Kartu ini dibuat oleh perusahaan Topsun atau Top Seika sebelum Wizards of the Coast. Meski ditetapkan sebagai rilisan tahun 1995, salah satu set yang konon merupakan kartu Pokemon pertama ini resmi didistribusikan dua tahun setelahnya.

Selain usianya sudah hampir 30 tahun; uniknya lagi, dari 31 kartu yang dibuat, kartu Charizard hanya satu-satunya yang mendapatkan grade Gem Mint. Di tahun 2021, kartu ini dilelang dengan harga mencapai 400 ribu US dolar atau 7 juta rupiah.

3. Pikachu No.2 Silver Trophy

kartu-pokemon-termahal_Pikachu-Silver-Trophy_

Selain karena nilai historisnya, kartu Pikachu No.2 Silver Trophy punya harga selangit karena terbatas dari segi jumlah. Kartu ini diberikan pada pemenang kedua turnamen Pokemon pertama di Jepang, yakni turnamen Lizardon Mega Battle. Pemenang pertama sendiri diberikan kartu Gold, sementara pemenang ketiga mendapatkan kartu Bronze.

Dalam kartu ini, terdapat gambar Pikachu yang tengah memegang piala perak. Kartu Pikachu No.2 Silver Trophy juga hanya dicetak sebanyak 14 lembar dan hanya 4 di antaranya yang terkonfirmasi oleh PSA. Salah satu kartu yang punya grade PSA Gem Mint 10, terjual seharga 444.000 US dolar saat dilelang pada bulan September 2023.

4. First Edition Shadowless Holographic Charizard #4

kartu-pokemon-termahal_First-Edition-Shadowless-Charizard-_

Berbeda dengan buku, foto atau gambar biasa, yang ketika salah cetak biasanya dibuang; kesalahan cetak yang terdapat dalam kartu Pokemon ini malah membuat harganya melambung dan diincar oleh para kolektor. Salah satu kartu edisi pertama TGC Pokemon bergambar Charizard yang kondisinya masih sempurna ini terjual dengan harga 420,000 ribu US dolar per Maret 2022.

Memangnya apa yang salah dari kartu ini? Seharusnya Charizard yang tercetak pada kartu memiliki bayangan. Namun, bayangan si Pokemon naga tersebut ternyata tidak ada pada beberapa kartu, alhasil keberadaan kartu-kartu ini jadi terbilang “jarang.”

Kartu-kartu Charizard edisi pertama tahun 1999 ini dicetak dengan total 121 lembar. Dan set kartu ini dinilai punya visual art paling dramatis, sehingga sangat ikonis dalam sejarah dunia Pokemon.

5. Blastoise Pokémon Commissioned Presentation Galaxy Star Hologram

kartu-pokemon-termahal_Pokemon-Blastoise-009_

Pada Januari 2021, kartu Pokémon Blastoise terjual dalam sebuah lelang seharga 360.000 US dolar, menjadikannya salah satu kartu Pokémon paling mahal yang pernah ada. Kartu ini dibuat tahun 1998 oleh Wizards of the Coast untuk menunjukkan kepada Nintendo Jepang mengapa mereka harus merilis TCG dalam bahasa Inggris.

Hanya ada dua kartu yang dibuat, dan kartu ini adalah satu-satunya yang diketahui oleh publik serta punya kondisi yang sangat baik. Sementara kartu yang satunya, tidak ada yang tahu di mana ia berada.

Kehadiran kartu ini pada tahun 2021 langsung mengejutkan publik terutama para penggemar TGC Pokemon karena merupakan salah satu kartu pertama yang dibuat untuk Amerika Utara.

6. Pikachu No. 3 Bronze Trophy

Bronze-Pikachu-No.-3-Trainer-Trophy-card___

Selain kartu silver-nya, kartu Bronze Pikachu No. 3 Trophy juga jadi hadiah super langka dari Permainan Kartu Trading Pokémon. Kartu ini diberikan kepada para pemenang posisi ketiga dalam turnamen yang diadakan pada Juni 1997 di Jepang.

Hanya ada empat kartu ini di dunia. Salah satunya, yang kondisi fisiknya masih utuh, terjual dalam sebuah lelang pada bulan April 2023 dengan harga 300.000 US dolar. Kartu ini dihargai sangat tinggi karena dinilai sebagai kenangan akan turnamen besar di Makuhari Messe Event Hall tersebut.

The Pokémon Company hanya membuat kurang dari 100 kartu khusus Trophy Pikachu ini. Meski satu kartu sudah terjual, masih tidak jelas nasib tiga kartu lainnya apakah akan dijual di masa depan atau tidak. Alhasil, kartu-kartu ini semakin menarik bagi para kolektor.

7. Black Star Tsunekazu Ishihara Signed GX Promo

Black-Star-Ishihara-Signed-GX-Promo-Card__

Pada hari ulang tahunnya yang ke-60, pendiri dan presiden The Pokémon Company, Tsunekazu Ishihara membagikan sebuah kartu Pokemon khusus yang berisikan ilustrasi wajahnya sendiri.

Kartu ini juga ditandatangani oleh Ishihara, sehingga sangat berharga bagi para penggemar Pokemon. Karenanya, pada April 2021, salah satu kartu khusus ini berhasil laku dijual seharga 247.230 dollar. Padahal grading PSA nya hanya 7.

Kartu ini diperkirakan hanya dicetak sebanyak 30 sampai 60 lembar. Selain karena tandatangan sang presiden perusahaan, Black Star Ishihara Signed GX Promo Card dianggap menjadi symbol pengaruh sekaligus warisan Ishihara dalam The Pokémon Company.

8. Kangaskhan Family Event Trophy

Family-Event-Kangaskhan-Trophy-Card-Promo-115-ParentChild-Mega-Battle_

Pada tahu 1998 di Jepang, dilaksanakan sebuah turnamen keluarga TCG Pokemon. Nah, para pemenang dar iturnamen ini, yang terdiri dari pasangan orang tua dan anak, diberikan masing-masing satu kartu trofi Kangaskhan Family Event ini sebagai piagam penghargaan. Sampai saat ini baru dikonfirmasi ada 11 salinan kartu ini dengan tingkatan PSA berbeda.

Pada Oktober 2020, dua salinan kartu dengan grade PSA 10 dihargai masing-masing 150.000 dolar. Lalu hampir dua tahun setelahnya, salah satu salinan kartu grade Gem Mint 10 terjual seharga 175.000 dolar. Perbedaannya cukup jauh, bukan?

Rumah pelelangan PWCC memperkirakan hanya ada 46 salinan kartu ini yang pernah di-grading dan hanya 12 kartu yang mencapai kondisi Gem Mint 10. Grade yang berbeda dari tiap kartu ini menjadikannya salah satu kartu Pokemon terlangka yang pernah dibuat. Diperkirakan kartu-kartu ini juga akan memiliki nilai yang semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

9. Neo Genesis 1st Edition Holo Lugia #9

Pokemon-Neo-Genesis-1st-Edition-Holo-Lugia-9__

Ekspansi Neo Genesis menjadi momen cukup bersejarah dalam dunia TGC Pokemon karena memperkenalkan Pokémon generasi kedua untuk pertama kalinya. Salah satu kartu yang menjadi sorotan dari ekspansi ini adalah Lugia #9 hologram edisi pertama.

Uniknya, pada tahun 2000, ada kesalahan dalam proses pembuatan kartu-kartu tersebut, sehingga jumlah Lugia holografi dalam kondisi sempurna jadi sangat langka. Hanya ada tiga Lugia holografi edisi pertama yang dinilai sebagai BGS Pristine, yang membuatnya sangat diminati oleh para kolektor.

Meskipun ada 41 kartu Lugia yang dinilai sebagai Gem Mint 10 oleh PSA, hanya tiga yang berhasil meraih grade BGS 10 Pristine. Pada tahun 2021, salah satu kartu dengan peringkat BGS 10 Pristine tersebut terjual dengan harga lebih dari 144.000 US dolar, naik dari harga sebelumnya yaitu 129.000 US dolar pada tahun 2020.

10. Toshiyuki Yamaguchi No. 2 Trainer

Toshiyuki-Yamaguchi-No.-2-Trainer__

Kartu Pokémon ini dibuat sebagai hadiah untuk pemenang kedua turnamen Secret Super Battle-Best di Jepang pada bulan Agustus 2000 silam, yakni Toshiyuki Yamaguchi. Turnamen ini merupakan acara terakhir dalam seri World Summer Challenge, dan untuk memenangkannya, para peserta harus berkompetisi ketat dalam delapan turnamen kualifikasinya.

Hanya tiga kartu yang pernah dibuat, dan yang membuat kartu ini istimewa adalah adanya foto Yamaguchi sendiri di dalamnya yang tengah dikelilingi oleh para Pokemon populer seperti Pikachu, Chansey, Growlithe, dan Doduo.

Tidak ada yang tahu keberadaan kartu ini selama lebih dari 20 tahun hingga salah satu kartu muncul di sebuah lelang pada bulan Juli 2023. Kartu ini terjual dengan harga 137.500 dollar.

Itu dia beberapa kartu TGC Pokemon yang punya harga paling fantastis setelah melalui pelelangan ataupun dijual langsung. Bagi kolektor dan penggemar Pokemon, kartu-kartu ini tentu punya nilai sejarah yang tidak tertandingi, sehingga sudah sewajarnya dihargai sangat tinggi.

Kategori:
Tag:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram