7 Karakter dalam Anime Modest Heroes: Ponoc Short Films Theatre

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Modest Heroes: Ponoc Short Film Theatre merupakan sebuah film karya pertama dari Studio Ponoc. Awalnya film ini akan memiliki empat cerita pendek, tapi salah satu sutradaranya meninggal dunia, sehingga hanya terdapat tiga cerita saja.

Tiga cerita film pendek tersebut terdiri dari Kanini & Kanino, Samurai Egg dan Toumei Ningen, dan masing-masing memiliki cerita yang unik dan visual yang berbeda. Dari segi cerita dan visualnya sendiri sekilas terlihat mirip dengan cerita dan visual khas Studio Ghibli.

Hal tersebut sangat wajar, mengingat tiga sutradara yang menangani film ini merupakan orang-orang yang pernah bekerja untuk animasi Studio Ghibli.

Film ini perdana ditayangkan pada Agustus 2018 di bioskop Jepang. Kemudian kembali ditayangkan secara global di Netflix pada September 2019 (kecuali Jepang dan Amerika Utara).

Nah, kali ini bacaterus akan mengulas karakter yang muncul di film Modest Heroes: Ponoc Short Films Theatre. Dari tiga cerita film pendek tersebut ada tujuh karakter yang muncul di film ini dan berikut ini ulasannya.

Baca juga: 10 Film Anime Terbaik yang Dibuat oleh Studio Ghibli

1. Kanini - Kanini & Kanino (Kimura Fumino)

Kanini - Kanini & Kanino (Kimura Fumino)

Kanini adalah karakter utama yang ada di cerita pendek Kanini & Kanino, dengan pengisi suaranya adalah Kimura Fumino. Kanini ini digambarkan sebagai anak laki-laki dari keluarga kepiting yang tinggal di dasar sungai.

Melihat tubuhnya yang kecil, saya langsung teringat dengan karakter Ariety dari Studio Ghibli. Tapi karakter Kanini ini menurut saya tidak terlalu mengalami banyak perkembangan yang signifikan.

Ditambah lagi dialog yang diucapkan hanya tiga kata saja sepanjang film. Sedikit perkembangan karakternya hanya pada saat dia dan adiknya Kanino terpisahkan dari ayahnya.

Kanini yang biasanya selalu dilindungi ayahnya, berubah menjadi pelindung adiknya saat mereka hanya berdua. Sisanya Kanini ini digambarkan sebagai karakter seorang kakak yang menyayangi adik dan juga keluarganya.

2. Kanino - Kanini & Kanino (Suzuki Rio)

Kanino - Kanini & Kanino (Suzuki Rio)

Kanino adalah karakter utama kedua di cerita film pendek bagian Kanini & Kanino. Pengisi suara dari Kanino ini adalah Suzuki Rio dan sama seperti Kanino dia pun hanya mengucapkan tiga kata yang terdiri dari ‘Kanini, Tata, dan Kaka’ yang merupakan sebutan anggota keluarga mereka.

Jika Kanini adalah anak laki-laki, sedangkan Kanino adalah anak gadis. Secara fisik dan mental, Kanino ini memang lebih rapuh dibandingkan Kanini. Perkembangan karakter Kanino ini terlihat sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan Kanino.

Dia yang awalnya mudah menangis, jadi sosok yang sedikit pemberani. Dia digambarkan sedikit lebih cermat dibandingkan Kanini, bahkan dialah yang menemukan salah satu benda milik ayahnya yang menghilang.

3. Tata – Kanini & Kanino (Sakaguchi Kentarou)

3. Tata – Kanini & Kanino (Sakaguchi Kentarou)

Tata adalah karakter terakhir dari seri cerita pendek Kanini & Kanino, dengan pengisi suaranya adalah Sakaguchi Kentarou. Tata ini digambarkan sebagai sosok ayah dari Kanini dan Kanino dan sosok suami bagi Kaka.

Dari awal sampai akhir cerita, Tata ini digambarkan sebagai sosok ayah yang penyayang dan sangat peduli terhadap keluarganya.

Dia ini karakter yang sangat sabar ketika mendidik anaknya, sementara istrinya pergi untuk melahirkan. Dan karakter Tata ini adalah satu-satunya karakter yang tidak ada perkembangan karakter sama sekali.

4. Mama – Samurai Egg (Ono Machiko)

Mama – Samurai Egg (Ono Machiko)

Karakter Mamanya Shun di cerita pendek Samurai Egg ini tidak disebutkan namanya. Dengan pengisi suara yang membawakan karakter Mama ini adalah Ono Machiko.

Mamanya Shun ini terlihat sebagai sosok ibu yang sangat menyayangi anaknya, Shun. Selain itu, dia digambarkan sebagai ibu yang siap siaga, terutama jika alergi anaknya itu kambuh.

Meski terkadang terlihat santai, adakalanya dia terlihat tegas pada anaknya. Sebagai seorang ibu, Mama Shun ini terlihat sekali dia berusaha membagi waktu antara pekerjaannya tapi yang utama tetap mendahulukan anaknya.

Demi kebaikan anaknya yang memiliki alergi, dia tumbuh menjadi sosok ibu yang sangat selektif, terutama dalam hal makanan.

Alih-alih menyerah dengan anaknya yang memiliki alergi yang cukup berbahaya, dia tumbuh menjadi sosok ibu yang suportif dan selalu mengupayakan berbagai cara demi kesembuhan anaknya.

5. Shun – Samurai Egg (Shinohara Souta)

Shun – Samurai Egg (Shinohara Souta)

Shun, karakter menggemaskan di seri Samurai Egg dengan pengisi suaranya Shinohara Souta. Shun ini digambarkan sebagai anak yang cukup energik, apalagi kalau sudah berurusan dengan olahraga. Dia akan sangat semangat, terutama baseball yang merupakan olahraga kesukaannya.

Meski memiliki alergi yang cukup berbahaya, Shun ini merupakan anak yang optimis. Diakhir cerita terlihat kalau Shun ini tumbuh menjadi anak yang kuat dan tangguh, terlepas dari keadaannya yang bisa dibilang malang.

Shun juga merupakan karakter yang ekspresif, dia bisa mengolah emosi dengan cukup baik. Dia tumbuh menjadi sosok yang optimis, memiliki tekad yang besar untuk sembuh dan tak akan menyerah dengan keadaannya. Secara keseluruhan, Shun ini karakter yang menyenangkan ketika ditonton.

6. Invisible Man – Toumei Ningen (Odagiri Joe)

Invisible Man – Toumei Ningen (Odagiri Joe)

Invisible Man dalam cerita Toumei Ningen ini suaranya dibawakan oleh Odagiri Joe. Sampai akhir cerita, karakter dia tidak disebutkan namanya siapa.

Pada awal cerita, dia digambarkan sebagai sosok yang ingin ‘diakui’ keberadaannya. Tapi eksistensinya tampak tak terlihat oleh orang lain. Sehingga dia terlihat kesepian, sosok pemurung dan putus asa dengan keadaan tersebut.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram