bacaterus web banner retina

Intip Yuk 10 Karakter Penting di Dragon Ball Berikut Ini

Dragon Ball pertama kali dipublikasikan tahun 1984 dalam bentuk manga. Sejak peluncurannya, karakter ciptaan Akira Toriyama ini menjadi populer dan dinilai sebagai salah satu anime manga terbaik di dunia. Manga Dragon Ball telah diadaptasi menjadi beberapa versi anime, yakni Dragon Ball Z, Dragon Ball Super, Dragon Ball dan Dragon Ball GT.

Plot cerita berfokus pada petualangan Son Goku dan kawan-kawannya mencari tujuh Bola Naga. Bola Naga itu bukan bola biasa. Apabila ketujuh bola itu dikumpulkan, maka ia akan mengabulkan apapun keinginan orang yang berhasil mengumpulkannya

Dragon Ball punya banyak karakter yang dibagi menjadi karakter utama, karakter pendukung dan musuhnya. Siapa saja mereka? Ini dia informasinya.

1. Son Goku

karakter-dragon-ball-1_

Goku adalah karakter utama dari saga Dragon Ball. Saat pertama kali diperkenalkan, Goku adalah anak laki-laki yang digambarkan sangat kuat, baik hati, berjiwa kompetitif dan mendedikasikan hidupnya demi menjaga bumi dari ancaman kejahatan.

Meskipun Goku digambarkan sebagai sosok manusia, namun ia sejatinya adalah ras prajurit alien Saiyan yang bernama asli Kakarrot.

Berkali-kali Goku membuktikan diri sebagai pahlawan yang dibutuhkan oleh bumi. Ia berhasil mengalahkan musuhnya seperti Frieza, Buu dan Brolly. Yang menarik dari Goku adalah penampilannya yang sederhana.

Goku memang terlahir kuat, namun ia selalu ingin meningkatkan kekuatan Super Saiyan-Hood dan menggali kekuatan baru agar bisa mengalahkan musuh yang ingin menaklukannya.

2. Bulma

karakter-dragon-ball-2_

Bulma adalah karakter asli di Dragon Ball. Ia muncul sebagai remaja yang menggunakan radar naga, perangkat buatan yang dia ciptakan untuk mendeteksi sinyal energi yang dipancarkan oleh Bola Naga.

Bulma pertama kali bertemu dengan Goku karena dituntun oleh sinyal yang dipancarkan oleh Bola Naga bintang empat yang dimiliki Goku. Karena ingin memiliki Bola Naga milik Goku, Bulma kemudian memintanya menjadi pengawalnya.

Bulma banyak membantu Goku dengan memberikan dukungan teknis dalam menghadapi musuh-musuhnya. Sudah banyak inovasi dan piranti yang diciptakan Bulma untuk Goku, di antaranya adalah mesin waktu yang dapat membawa Trunk, putranya dari masa depan, dan microband yang mampu membuat Goku menyusut.

3. Krillin

karakter-dragon-ball-3_

Krillin adalah karakter yang tidak boleh dilewatkan dalam daftar karakter Dragon Ball. Meskipun ia pernah dikalahkan oleh Goku di Dragon Ball Z, namun karakter berkepala plontos ini adalah teman lama Goku sekaligus gurunya.

Krillin selalu ada untuk Goku dan siap membantunya dalam pertarungan meskipun tidak jarang ia babak belur diserang musuh-musuh Goku yang lebih hebat. Karakter yang satu ini memang dikenal sebagai ahli bela diri, tapi ia punya catatan kekalahan yang berderet panjang.

Salah satu kekalahan yang paling berkesan adalah saat melawan Frieza. Krillin kalah dan mati dalam pertarungan itu. Kekalahan itu adalah hal yang tidak pernah ia perkiraan. Namun, kematiannya tidak sia-sia sebab ia bisa memicu transformasi Super Saiyan awal bagi Goku.

4. Piccolo

karakter-dragon-ball-4_

Karakter Piccolo diciptakan sebagai salah satu musuh yang tangguh bagi Goku. Ia adalah keturunan Raja Piccolo yang dulu pernah dikalahkan oleh Goku. Piccolo perlahan berubah dari musuh bebuyutan yang dendam pada Goku menjadi sekutu yang enggan menjadi teman langsung.

Piccolo adalah satu-satunya karakter Non-Saiyan yang bisa mengikuti orang-orang seperti Goku dan Vegeta. Ia adalah seorang Namek, bangsa berkulit hijau yang mempunya empat jari. Itulah kenapa ia bergaul dengan baik dengan sesama Namekians, yakni si kembar Kami dan Nail.

Di dalam Dragon Ball Z, Piccolo melakukan banyak hal. Ia melatih anak Goku, Gohan, namun ia mengorbankan dirinya demi melindungi Gohan pada pertarungan melawan Nappa. Ia kemudian berlatih di bawah arahan Tuan Kaio di alam baka sebelum ia dihidupkan kembali oleh Dragon Ball bangsa Namek.

5. Son Gohan

karakter-dragon-ball-5_

Gohan adalah putra sulung Goku bersama Chichi, dan ia adalah putra terkuat mereka. Ia pertama kali muncul saat berusia empat tahun. Ia diculik oleh saudara Goku, Raditz, dan disekap dalam sebuah pod di luar angkasa. Namun, Gohan murka dan amarahnya meledakan pod sampai Raditz terpental dan jatuh sendiri.

Setelah ia kembali, Piccolo mengasuhnya dan mengajarkan ilmu bela diri karena ia menyadari bahwa Gohan mempunyai potensi luar biasa yang dimilikinya. Ia perlahan berkembang menjadi karakter yang paling kuat dalam seri Dragon Ball. Namun, potensi ini tidak sepenuhnya digali sebab Gohan lebih suka bertarung hanya saat benar-benar dibutuhkan.

Namun, Gohan pernah terlibat dalam pertarungan besar dan paling bersejarah dalam franchise Dragon Ball. Ia berhadapan dengan Frieza dan berhasil mengalahkan Cell.

6. Vegeta

karakter-dragon-ball-6_

Vegeta adalah pangeran terakhir dari bangsa Saiyan. Ia juga generasi k-4 dari garis keturunan Kerajaan Saiyan. Ia dikutuk untuk selalu menjadi yang kedua. Ia pertama kali muncul dan berhasil menaklukan sebuah planet dengan rekannya, Nappa.

Vegeta dan Raditz melakukan perjalanan ke bumi untuk mencari Bola Naga dan ia bertemu dengan Goku yang baru dihidupkan kembali. Namun, Vegeta kewalahan dan kabur untuk memulihkan diri ke Planet Namek.

Saat berada di Namek, Vegeta melanjutkan pertarungan dan membunuh banyak anak buah Frieza. Ia kemudian dipaksa bekerja sama dengan Gohan, Goku, Piccolo, dan Krillin agar dapat mengalahkan Frieza. Setelah Frieza kalah, Vegeta tinggal di bumi dan berpacaran dengan Bulma. Bersama dengan Bulma, Vegeta memiliki seorang putra bernama Trunk.

Kemudian dalam seri lainnya, Vegeta dan Bulma mempunyai seorang putri yang dinamainya Bra. Namun, berbeda dengan saudaranya, meskipun Bra adalah setengah Saiyan, ia tidak menaruh minat untuk bertarung.

7. Master Roshi

karakter-dragon-ball-7_

Master Roshi atau yang dikenal sebagai Kakek Kura-kura adalah karakter yang punya kekuatan luar biasa dalam Dragon Ball. Ia adalah pelatih Goku dan Krillin ketika mereka kecil. Tanpa dirinya, Goku tidak akan bisa menguasai jurus Kamehameha.

Kemunculan karakter yang satu ini menambah unsur komedi dalam kisah Dragon Ball. Hal ini disebabkan karena Master Roshi tidak bisa lagi mengimbangi kekuatan para Z Warrior, sampai akhirnya ia memutuskan untuk pensiun bertarung.

Namun, di seri Dragon Ball Super Super, Master Roshi ditampilkan dalam karakter yang berbeda. Dalam arc Golden Saga, Si Kakek Kura-kura ini adalah salah satu karakter kuat yang ikut bertarung melawan pasukan Frieza.

8. Frieza

karakter-dragon-ball-8_

Karakter villain yang satu ini mungkin tidak selalu ada di seluruh seri, tapi ia adalah villain yang paling kuat dan tindakan kejahatan Frieza tidak tertandingi. Frieza dan keluarganya memerintah kerajaan luar angkasa dengan tangan besi.

Sudah banyak kejahatan yang dilakukannya. Sebelum bertemu Goku, Frieza telah memusnahkan jutaan orang di banyak planet. Ia juga yang bertanggung jawab atas kehancuran planet Vegeta, rumah bangsa Saiyan.

Ia memperbudak dan menyiksa bangsa Namek demi mendapatkan Bola Naga agar ia mendapatkan keabadian. Ia juga membunuh Krillin dan memusnahkan planet Namek demi membunuh Goku.

Frieza dan pasukannya mengenakan baju perang standar yang mempunyai pelindung di bagian bahu, sarung tangan dan sepatu bot yang seragam. Ia juga juga mengenakan pelindung rok dan pelindung selangkangan.

9. Kaisar Pilaf

karakter-dragon-ball-9_

Karakter villain yang satu ini digambarkan sebagai mahluk mungil berwarna biru yang nakal dan kejam. Ia adalah pimpinan Geng Pilaf yang bermimpi menguasai dunia. Demi mewujudkan mimpinya, ia mencari Bola Naga ke seluruh dunia.

Kaisar Pilaf punya dua antek, yakni Shu, seekor anjir humanoid yang berpakaian ninja, dan Mai, seorang wanita yang lihai menggunakan senjata dan teknologi.

Sebelumnya Kaisar Pilaf berhasil mengumpulkan Bola Naga, namun permohonan sang Kaisar gagal terkabul sebab Goku dan kawan-kawannya mendorong Oolong untuk mendahului mengucapkan permohonannya sebelum Kaisar Pilaf sempat melakukannya. Karena insiden itu, Geng Pilaf memusuhi Goku di sepanjang seri.

Sang Kaisar harus mengumpulkan lagi Bola-Bola Naga yang berceceran ke seluruh penjuru dunia untuk membebaskan Raja Piccolo. Ia bahkan menyusup ke pesta ulang tahun Bulma demi mendapatkan Bola Naga.

10. King Piccolo

karakter-dragon-ball-10_

Raja Agung Iblis Piccolo adalah musuh terberat Goku. Ia muncul sebagai Namekian yang seharusnya menjadi pelindung Bumi. Ia dipenjara dan disegel dengan jurus mematikan Gelombang Penahan Jahat. Namun, Kasar Pilaf membebaskan King Piccolo.

Sejak saat itu, ia mengejar siapa saja yang dinilainya punya kekuatan yang bisa membahayakannya, termasuk Master Roshi dan Chiaotzu.

King Piccolo menggunakan Bola Baga untuk kembali menjadi muda sebelum ia menghancurkan Shenron dan membuatnya tidak berkutik. Ia kemudian mengambil alih istana Raja Dunia dan meminta Raja sebelumnya mengumumkan bahwa ia adalah penggantinya.

Nah, itulah 10 karakter penting dalam Dragon Ball. Karakter yang diciptakan oleh Akira Toriyama ini tidak melulu berwujud manusia kuat atau mempunyai kekuatan supranatural. Beberapa karakter dibuat menyerupai binatang, mahluk asing, dan dewa-dewa. Latar tempatnya pun mencakup alam baka, luar angkasa dan bumi.

Karakter-karakter ini mempunyai satu tujuan: memanggil naga yang dapat mengabulkan semua permohonan lewat perantara tujuh bola naga. Namun, keinginan setiap karakternya berbeda-beda. Yang pasti Goku harus berjuang agar Bola Naga tidak jatuh ke tangan penjahat yang ingin menguasai dunia dan melanggengkan kejahatannya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram