bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Her Private Life, Drama untuk Para Fangirl

Review & Sinopsis Her Private Life, Drama untuk Para Fangirl

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 7 Mei 2021

Her Private Life merupakan drama komedi romantis yang tayang pada tahun 2019 dan menjadi perbincangan hangat oleh penikmat  K-Pop dan K-Drama terutama oleh international fans. Drama yang didaptasi dari web novel berjudul “Noona Fan Dot Com” mengajak penonton untuk menilik kehidupan seorang fangirl yang merangkap juga sebagai karyawan.

Lalu apakah drama Her Private Life ini layak dimasukan dalam watch-list? Jika kalian penasaran, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Sinopsis

Sinopsis her private life (Copy)
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Romance, Comedy
  • Produksi: tvN
  • Sutradara: Hong Jong Chan
  • Pemeran: Park Min Young, Kim Jae Wook
  • Jumlah episode: 16

Her Private Life menggambarkan tentang kehidupan Sung Deok Mi, seorang kurator seni yang juga secret fangirl. Deok Mi sangat menyukai K-Pop boyband bernama White Ocean terutama pada salah satu membernya yaitu Cha Si An (One).

Dan ketika ia tidak sedang sibuk dengan pekerjaannya di galeri seni, ia akan sibuk mengikuti sekaligus mengabadikan foto-foto Cha SI An saat sedang fansign, live performance di acara musik, konser hingga saat Cha Shi An sedang di bandara. Karena Deok Mi bukanlah fans biasa ia juga seorang fansite master dibalik fan page “Cha Shi An is My Life”

Sinopsis her private life2 (Copy)

Dibalik fangirling lifestyle-nya Deok Mi juga seorang wanita karir profesional yang ingin posisi karirnya untuk meningkat. Sehingga, ia berkerja keras untuk mendapatkan posisi sebagai Art Director di galeri tempatnya bekerja.

Suatu hari Deok Mi melakukan perjalanan bisnis ke Shanghai untuk mengikuti pelelangan karya seni untuk koleksi galeri tempatnya bekerja. Disana, ia melihat lukisan dari pelukis favorit bias-nya Cha Si An dilelang. Sehingga, ia mengikuti lelang untuk lukisan tersebut dan berharap bisa memberikan lukisan itu untuk hadiah ulang tahun Si An.

Namun apesnya, ia kalah dengan pria yang ada disebelahnya yang kebetulan adalah orang Korea. Lalu, Deok Mi mencoba bernegosiasi dengan pria itu untuk membeli lukisan tersebut namun usaha Deok Mi gagal.

Sesampainya ia di Korea, boss Deok Mi dan suaminya terlibat dalam kasus korupsi. Sehingga posisi Art Director di galeri-nya otomatis kosong. Deok Mi berpikir ini kesempatannya untuk dipromosikan sebagai Art Director baru. Namun, kebahagiaanya sirna saat ia menemukan fakta bahwa gallery-nya justru merekrut director baru.

Lalu saat Deok Mi kembali bekerja, ia kaget ternyata director barunya adalah Ryan Gold (Kim Jae Wook) seorang pengkritisi seni yang dulunya bekerja di New York yang juga pria yang pernah ia temui di Shanghai.

Fangirl Culture

Fangirl Culture

Salah satu yang membuat drama Her Private Life begitu populer oleh international fans adalah mereka mengangkat tema fangirling. Banyak fangirl yang dapat relate dengan beberapa kisah yang tersaji disini, salah satunya adalah ketika Deok Mi harus merahasiakan jati dirinya sebagai fans K-Pop Idol.

Hal ini dikarenakan banyak stereotype negative yang melekat pada fans K-Pop, seperti oppa worshiper, delusional, fanatic and so on, sehingga banyak fans K-Pop yang menyembunyikan kesukaannya pada hal-hal berbau K-Pop.

Selain itu, drama Her Private Life juga menunjukan apa arti menjadi seorang fans bagi fangirl. Disini ketika Deok Mi sedang down karena pekerjaanya, mood Deok Mi akan naik ketika ia berinteraksi dengan komunitas fandom-nya, saat ia dan temannya menelusuri tempat-tempat yang pernah di singgahi idol-nya hingga menyalurkan kekreatifitasannya saat mengedit foto-foto Cha Si An.

Lalu mereka juga menggambarkan beberapa fangirl struggle, seperti kebingungan apakah harus mengeluarkan uang untuk membeli merchandise limited edition atau bagaimana kesulitan mereka saat harus berebut untuk dapat membeli tiket konser dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga mencakup beberapa toxic fan culture seperti sasaengs atau stalker yang mengganggu privasi sang idola. Dan juga possessive fans yang pada drama digambarkan sebuah adegan ketika idol-nya dirumorkan berkencan dengan seseorang dan para fans ini langsung menyerang pihak perempuannya dan menuduhnya yang tidak-tidak.

“The Perfect Boyfriend” Ryan Gold

“The Perfect Boyfriend” Ryan Gold

Karakter Ryan Gold disini juga menjadi topik hangat selama penanyangan drama ini. Diawal episode Ryan Gold merupakan pribadi yang arogan, dingin, serius dan keras kepala. Namun, seiring berjalannya cerita, penonton dapat mengerti mengapa ia memilki sikap seperti itu di awal dan dapat melihat sisi lain dari Ryan Gold.

Saat Deok Mi dan Ryan mulai bekerjasama di galeri, penilaian mereka untuk satu sama lain memang tidak baik. Namun, semakin lama mereka bekerjasama dan menghadapi beberapa masalah bersama keduanya mulai saling suka hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menjalin hubungan.

Dan dari sini penonton dapat melihat sisi manis dari boyfriend Ryan. Ia disini mencoba memahami hobinya sebagai fangirl yang hampir selalu mengikuti schedule Cha Si An dan mengkoleksi merchandise serta foto-foto Cha Si An hingga memenuhi rumahnya, yang biasanya dipandang aneh oleh kebanyakan orang.

Ryan menerima Deok Mi apa adanya.Ia tidak pernah sekalipun meminta Deok Mi untuk berubah bahkan ia juga men-support kegiatan Deok Mi sebagai fangirl.

Selain mengerti hobinya sebagai fangirl, Ryan juga tidak akan ragu untuk meminta maaf jika ia berbuat salah dan menyakiti Deok Mi. Dan Ryan juga menghargai pendapat-pendapat Deok Mi.

Healthy Relationship

Healthy Relationship

Satu hal lain yang saya suka dari kisah Her Private Life adalah mereka menunjukan bagaimana healty relationship dalam drama romantic comedy. Disini diperlihatkan bagaimana Deok Mi dan Ryan mencoba menyelesaikan permasalahan dalam hubungan mereka secara dewasa.

Kedua pasangan ini mencoba untuk saling menerima, memahami dan menjadi support system untuk satu sama lain. Jika ada permasalahan mereka tidak membiarkannya berlarut-larut dan segera diselesaikan dengan berkomunikasi dengan baik. Dan jika mereka merasa salah, keduanya tidak akan segan-segan untuk minta maaf.

Konklusi

Konklusi

Secara keseluruhan kisah yang disajikan oleh drama ini sangat ringan, manis dan fluffy. Kemudian chemistry dari Pak Min Yong dan Kim Jae Wook sangat sangat baik. Jika kalian menontonnya saya yakin kalian akan dapat merasakan chemistry dari keduanya, karena saat melakukan adegan romantis dan manis, semuanya terlihat sangat natural.

Jika kalian menyukai drama rom-com, kemungkinan besar kalian pernah melihat performa akting dari Park Min Young, karena ia beberapa kali berperan dalam drama komedi romantic populer. Dan dalam setiap drama yang ia perani, Park Min Young selalu dapat membangun chemistry yang baik dengan para lawan mainnya.

Sedangkan untuk Kim Jae Wook, Her Private Life merupakan drama komedi romantis pertamanya dimana ia menjadi pemeran utama. Dan sebelum bermain di drama ini, ia bahkan ia pernah berperan sebagai crazy villain yang benar benar kejam and he did extremely well. Dan saya terkejut disini ia dapat memerankan Ryan Gold “the sweet perfect boyfriend” dengan sangat baik.

Konklusi 2 (Copy)

Namun dalam segi plot, sejujurnya saya merasa fangirl culture yang diangkat dalam drama Her Private Life hanya mencakup permukaannya saja. Jika saja pembahasaan tentang fangirl diperlihatkan lebih dalam, maka pesan yang ditampilkan melalui drama ini akan menjadi lebih kuat. Dan sayangnya, dipertengahan drama ini kehidupan Deok Mi sebagai fangirl juga kurang ditonjolkan.

Lalu, beberapa masalah tentang hubungan mereka are too cliché. Jika saja relationship problem yang diangkat dalam drama ini merupakan permasalahan umum yang biasanya dialami oleh pasangan seumur mereka, mungkin penonton akan lebih relate dengan kisah mereka.

Selain itu, twist di 2 episode terakhir menurut saya pribadi tidak begitu memberikan value pada keseluruhan cerita, sehingga terkesan mereka berusaha untuk untuk memenuhi slot 16 episode. Maka dari itu, menurut saya Her Private Life akan lebih baik jika diakhiri di episode 14. Jika mereka tetap ingin 16 episode mungkin akan lebih baik jika mereka lebih men-highlight kisah Deok Mi sebagai fangirl.

Sehingga, untuk penilaian saya memberi skor 7/10 untuk drama ini. Secara keseluruhan Her Private Life cukup menghibur, meskipun untuk preferensi saya ada beberapa bagian menurut saya terlalu klise dan cringy. Namun, chemistry dari Park Min Young dan Kim Jae Wook membuat saya betah untuk menonton drama ini.

Dan menurut saya Her Private Life merupakan drama yang tidak bisa dilewatkan bagi kalian yang benar-benar menyukai drama komedi romantis dengan plot yang ringan.

Jadi, bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menonton drama Her Private Live? Dan bagi yang pernah menonton apa pendapat kalian tentang drama ini? Share pendapat kalian di kolom komentar ya!

Her Private Life
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram