Bacaterus / Komik / Inilah Daftar Lengkap Genre-Genre Manga dan Penjelasannya

Inilah Daftar Lengkap Genre-Genre Manga dan Penjelasannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Februari 2020

Manga adalah komik atau novel grafis asal Jepang, menggunakan bahasa Jepang, dan sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang. Istilah manga di Jepang digunakan untuk merujuk pada komik dan kartun yang kita kenal secara luas juga. Jika Anda seorang pengamat manga yang antusias, maka Anda akan menyadari kalau setiap manga hadir dalam genre yang berbeda.

Jadi, ketika Anda menemukan teman yang sama menyukai manga, tapi mereka membicarakan komik yang berbeda dengan selera Anda, berarti mereka menyukai genre lain di luar favorit Anda. Jika Anda penasaran dengan semua genre manga yang ada, Bacaterus telah merangkumnya di sini secara garis besar.

Genre Utama

Genre-genre manga berikut adalah kategori luas yang dapat dipersempit lagi nantinya. Ini adalah genre khas yang digunakan untuk mengategorikan media lain seperti film, anime atau buku. Karena genre-genre berikut merupakan tipe dasar narasi, manga dalam kategori ini memiliki kehadiran konstan di industri.

Tapi, mungkin saja dalam satu manga mengusung dua genre yang berbeda, bahkan lebih. Walaupun begitu, akan ada satu genre yang lebih unggul sehingga bisa dilabeli sebagai salah satu dari kategori genre utama di bawah ini.

1. Action

Genre aksi dalam manga menggambarkan tingkat aksi yang intens. Anda akan lebih sering menemukan scene pertempuran daripada percakapan biasa. Jika Anda berjiwa adrenalin, kemungkinan besar Anda akan menyukai genre manga ini. Beberapa manga action diantaranya: Shingeki no Kyoujin (Attack on Titan), Dragon Ball Z, Bleach dan One Piece.

2. Adventure

Genre besar yang selanjutnya adalah adventure. Genre petualangan menceritakan tentang perjalanan dan melakukan petualangan di tempat tertentu, atau berkeliling ke beberapa tempat, bahkan bisa ke dimensi lain juga. Itu semua termasuk genre petualangan.

Karakter dalam manga ini akan menjelajah ke beberapa tempat berbeda, dengan tujuan khusus tentunya, seperti mencari harta karun terpendam, mengalahkan penjahat, menyelamatkan dunia, mencari jati diri dan masih banyak lagi. Manga bergenre petualangan sangatlah luas dan fleksibel, makanya biasanya episode manga ini akan ada cukup banyak.

Terus, ceritanya bisa meluas lagi dengan penambahan genre lainnya. Genre yang sering tumpang tindih dengan petualangan adalah genre aksi yang sudah dibahas sebelumnya. Makanya, akan ada beberapa manga yang sama dengan manga aksi, seperti Wan Piisu alias One Piece, Doragon Booru alias Dragonball, Psyren, I Am A Hero, Cage of Eden, Pluto, Lone Wolf & Cub dan Tower of God.

3. Psychological

Genre psikologis menggambarkan bagaimana pikiran dan jiwa bekerja melalui karakter-karakternya. Genre ini menangani semuanya pada level psikologis, terkadang bahkan filosofis juga. Anda akan sering menemukan permainan pikiran (dan kadang juga pertempuran) di mana penggunaan kecerdasan adalah fokus utama ceritanya.

Manga dengan genre ini akan bermain dengan pikiran Anda dan membuat Anda berpikir keras. Kalau Anda tidak mau pusing, sebaiknya hindari komik-komik seperti Psyren, Oyasumi Punpun, Battle Royale, Mirai Nikki (Future Diary), Liar Game dan Aku no Hana.

4. Drama

* sumber: myanimelist.net

Ingin manga yang mengundang gelombang emosi dan menguras air mata? Semuanya akan Anda dapatkan pada genre drama. Manga dengan genre ini biasanya memiliki cerita yang realistis, yang bisa saja dialami oleh kita, sehingga secara tak langsung melibatkan pembacanya ke dalam cerita.

Tujuan dari manga ini adalah untuk menyentuh hati pembacanya. Baca Anohana: The Flower We Saw That Day, Black Bird, Chronos: DEEP, Variante dan Sekine-kun no Koi (Sekine’s Love) kalau sedang ingin melow.

5. Fantasy

Sailor Moon (semua orang dewasa sekarang pasti pernah membaca komiknya atau menonton anime-nya), Yona of the Dawn (komik yang ceritanya mirip dengan Game of Thrones), Fullmetal Alchemist, Full Moon O Sagashite, Tsubasa: Reservoir Chronicle dan Yugioh.

Semua komik yang disebutkan tadi merupakan contoh dari manga fantasi. Manga fantasi memiliki lingkungan dan suasana yang memesona, indah, bagaikan mimpi. Membuat siapapun terpikat.

Genre fantasi dalam manga, seperti yang bisa Anda tebak, berkaitan dengan dunia fantasi, serta peristiwa dan lokasi yang surealis. Sebagian besar waktu berjalan dengan pengaturannya dunia magis di mana karakter memulai petualangannya.

Terkadang, karakter dikirim ke dunia fantasi dari dunia nyata (seperti manga Doraemon). Sihir seringkali merupakan komponen dari genre manga ini, juga berbagai elemen mistis yang berfungsi sebagai pondasi cerita.

6. Magic

Genre ini mirip dengan genre sebelumnya, yaitu fantasi, tapi magic bisa dikategorikan sebagai gaya sendiri juga, loh. Magic, pada intinya, adalah tentang hal-hal magis seperti mantra dan sihir tentunya. Manga ini juga dapat mencakup hal-hal berbau magis seperti makhluk yang mengabulkan harapan, trik sulap, pakaian penyihir dan sebagainya.

Karena sangat populer, genre ini menjadi mandiri, terpisah dari fantasi. Memang, tidak semua manga fantasi ada sihirnya, sih. Beberapa manga sihir diantaranya adalah Mahoutsukai no Yome, Cardcaptor Sakura (semua orang pasti tahu komik dan anime-nya), Fairy Tail, Gakuen Alice, Mahou Shoujo Madoka★Magica dan masih banyak lagi.

7. Comedy

Komedi adalah genre manga yang sangat populer. Semua orang pasti butuh doping untuk tertawa setiap harinya, dan jika manga adalah sumber kebahagiaan Anda, manga bergenre komedi adalah yang Anda cari-cari selama ini. Tujuan utama dari manga genre komedi adalah untuk membuat Anda tertawa.

Walaupun, memang, semua kembali pada selera humor pribadi masing-masing. Justru ada hal menarik dari komik, seperti momen-momen, dialog, adegan dan kejadian lucu yang justru jadi kurang lucu jika diilustrasikan dengan karakter yang bergerak. Kalau tidak percaya, coba cek komik-komik lucu ini: Onepunch-Man, Beelzebub, Gintama, One Piece dan Sket Dance.

8. Slice of Life

Genre slice of life (sepotong kehidupan) adalah cerita yang digambarkan secara realistis dan diatur dalam domain kehidupan nyata. Tidak ada yang tiba-tiba terjadi, tidak ada plot twist yang maksa, tidak ada ‘yang jahat’ dan ‘yang baik’, semuanya seperti manusia pada umumnya di dunia sungguhan.

Beberapa manga slice of life terbaik sepanjang masa adalah Silver Spoon karya Hiromu Arakawa, Yotsuba&! karya Kiyohiko Azuma dan Chi’s Sweet Home karya Kanata Konami.

9. Horror

Tidak sulit menemukan genre horor dalam manga. Biasanya, jika ada hantu, monster, kengerian, darah, makhluk bertanduk, makhluk bertaring, perasaan seram, semuanya merupakan ciri-ciri manga horor.

Walaupun bukan pemberani, banyak orang yang mengaku ‘penakut’ tetap membaca komik genre ini juga, loh. Karena, memang komik horor itu bikin penasaran banget, bagaimana endingnya. Beberapa komik horor ter-the-best adalah Parasyte, Left Hand of God, Right Hand of the Devil, Seeds of Anxiety dan Magical Girl Apocalypse.

10. Romance

Apalah hidup tanpa bumbu-bumbu cinta, benar tidak? Romansa, cinta dan momen manis. Manga dengan genre ini memiliki adegan romantis dan momen lembut yang menyentuh hati pembacanya. Tak jarang, pembacanya jadi delulu ingin merasakan kisah yang sama dengan karakter utama komik romantis yang mereka baca.

Anda akan sering menemukan manga romansa yang terikat erat dengan subgenre shoujo. Tapi, genre ini juga bekerja sama dengan baik dengan genre lainnya seperti komedi, harem dan drama.

Ini dia manga-manga romantis yang harus Anda baca: Kaichou wa Maid-sama!, Kimi ni Todoke, Zettai Kareshi (Absolute Boyfriend), Tonari no Kaibutsu-kun (My Little Monster), Lovely Complex dan Bokura ga Ita (We Were There).

Subgenre

Subgenre adalah kategori manga yang lebih spesifik. Beberapa dari subgenre cukup unik karena merupakan gabungan dari beberapa genre utama. Contohnya, ada manga yang menggunakan latar sekolah dengan bumbu komedi bahkan horor juga. Berikut adalah sedikit macam subgenre supaya Anda lebih paham lagi.

1. Game

Kategori game menceritakan tentang permainan, tentu saja. Genre ini dapat menampilkan permainan kartu, permainan papan, permainan puzzle, bahkan game online virtual dan video game. Selama menyangkut game apa pun yang dapat dimainkan, manga tersebut masuk dalam kategori ini.

Yu-Gi-Oh! bisa dibilang nenek moyang dari subgenre ini. Beberapa manga game lainnya diantaranya adalah Re:Monster, World Customize Creator, 1/2 Prince dan Ore to Kawazu-san no Isekai Hourouki.

2. Kids

Banyak orang mengatakan bahwa manga, komik dan kartun hanya untuk anak-anak. Faktanya, hanya ada beberapa anime yang bergenre kids. Manga ini ringan, berwawasan luas, sempurna untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah.

Biasanya genre ini bercampur dengan genre utama fantasi dan magic. Contohnya adalah komik Pokemon Adventures, ChocoMimi, Swans in Space, Dragonball dan Cardcaptors Sakura.

Ya, itulah beberapa genre manga yang perlu diketahui. Tidak menutup kemungkinan kalau ke depannya akan muncul genre yang lebih unik lagi dalam dunia manga. Nah, kalau Anda lebih suka baca manga dengan genre apa?

Oh iya, bukan hanya manga saja yang punya genre tersendiri. Pasalnya, anime juga dibagi menjadi beberapa genre. Ingin tahu genre-genre yang ada di anime? Yuk, simak artikel ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *