20 Film Zombie Terseram yang Bakal Membuat Kamu Ngeri

Ditulis oleh Linda

Banyak film zombie lucu yang justru membuat kita tertawa ketika menontonnya. Namun, tak sedikit juga film zombie yang lebih “serius” dan dipenuhi dengan adegan-adegan yang bikin kita malas makan daging. Ya, zombie memang dikenal sebagai mahluk yang bisa memangsa manusia, terutama di bagian otaknya. Jadi, sebaiknya pastikan Anda tidak menonton film zombie sambil makan, ya!

Kali ini, Bacaterus akan memberikan daftar film zombie terseram yang pasti bikin Anda tegang sekaligus kaget saat menontonnya. Bagaimana tidak, banyak adegan kejar-kejaran dengan zombie dan kemunculan zombie tiba-tiba yang menjadi jumpscare dalam film yang akan kami bahas berikut ini.

YouTube video

1. Night of the Living Dead

Night of the Living Dead

* sumber: bloody-disgusting.com

  • Tahun Rilis: 1968
  • Genre: Horror
  • Produksi: Image Ten
  • Sutradara: George A. Romero
  • Pemeran: Duane Jones, Judith O'Dea, Karl Hardman

Mengawali daftar film zombie terseram ada sebuah film zombie klasik yang masih hitam-putih, yaitu film Night of the Living Dead. Film yang rilis pada tahun 1968 ini merupakan salah satu film zombie paling seram, apalagi didukung dengan efek hitam-putih yang menjadikan wajah zombie-zombienya semakin pucat.

Night of the Living Dead menceritakan kisah Barbra (Judith O’Dea) dan Johnny (Russell Streiner) yang dikagetkan dengan kehadiran sosok pria pucat yang berjalan sempoyongan saat mereka mengunjungi makam ayahnya. Mereka lari dan bersembunyi dalam sebuah rumah pertanian. Namun, zombie-zombie tersebut justru mengepung rumah itu.

Aktor dalam film ini mampu menggambarkan betapa panik dan depresinya mereka menghadapi pasukan zombie di luar rumah. Emosi penonton pun jadi terbawa dan membayangkan kengerian mereka jika berada dalam situasi yang sama.

2. 28 Days Later

28 Days Later

* sumber: www.ussfeed.com

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama, Horror, Sci-Fi
  • Produksi: DNA Films, UK Film Council
  • Sutradara: Danny Boyle
  • Pemeran: Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston

Virus yang mengubah manusia menjadi zombie menyebar di seluruh dunia, tak terkecuali London. Jim (Cillian Murphy) yang baru tersadar dari koma mendapati rumah sakit tempatnya dirawat kosong dan tidak ada siapapun. Di luar sana, sebagian masyarakat London sudah berubah menjadi zombie yang memburu manusia yang masih selamat.

Masih dalam kondisi bingung, Jim mendapat serangan dari zombie. Beruntung Jim selamat dan ditolong oleh Selena (Naomi Harris) dan Mark (Noah Huntley). Mereka bertiga melakukan perjalanan untuk menuju rumah orang tua Jim yang diyakini masih bebas dari wabah zombie. Sayangnya, perjalanan mereka tak mudah karena harus menghadapi zombie-zombie brutal. Belum lagi Mark juga sempat tergigit oleh salah satu zombie.

3. Train To Busan

Train To Busan

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Horror, Thriller
  • Produksi: Next Entertainment World, RedPeter Film
  • Sutradara: Yeon Sang-ho
  • Pemeran: Gong Yoo, Ma Dong-seok, Jung Yu-mi, Choi Woo-shik

Selama ini jajaran film zombie terseram didominasi oleh film-film produksi negara barat. Namun, kehadiran Train To Busan membuktikan bahwa perindustrian film di Asia, khususnya Korea Selatan, bisa juga menghasilkan film zombie berkualitas yang menakutkan.

Seok-woo berencana pergi ke Busan bersama putrinya, Su-an, dengan naik KTX (kereta cepat di Korea). Naas, salah satu penumpang terinfeksi virus aneh yang mengubahnya menjadi zombie. Satu persatu penumpang mulai terjangkit virus ini. Belum lagi setiap stasiun juga sudah dipenuhi zombie. Bagaimana Seok-woo berhasil membawa putrinya sampai ke Busan, tempat yang bebas dari infeksi virus zombie?

4. Braindead

2. Braindead [1992] Penyuka film gore pasti sangat menikmati film Braindead. Ini merupakan karya “sinting” dari Peter Jackson, sutradara yang juga menggarap trilogi The Lord of the Rings. Banyak adegan menjijikkan yang bisa bikin Anda tak nafsu makan ketika menonton film ini. Diceritakan bahwa Lionel, seorang pemuda culun, hidup bersama ibu yang otoriter. Ketika Lionel naksir dengan seorang cewek, si ibu mengikuti Lionel dan pacarnya secara diam-diam. Saat mereka berkencan di kebun binatang, si ibu digigit oleh seekor monyet yang terinfeksi virus misterius. Tingkah si ibu jadi aneh dan perlahan menjadi zombie. Namun, Lionel tetap merawat ibunya di rumah. Banyak adegan gore terjadi ketika paman Lionel memutuskan untuk mengadakan pesta di rumah Lionel. Si ibu yang sudah menjadi zombie ini menularkan virusnya dengan cara yang tidak lazim sekaligus bisa membuat Anda jijik.

* sumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 1992
  • Genre: Comedy, Horror
  • Produksi: WingNut Films, Avalon Studios Limited, The New Zealand Film Commission
  • Sutradara: Peter Jackson
  • Pemeran: Timothy Balme, Diana Peñalver, Elizabeth Moody

Penyuka film gore pasti sangat menikmati film Braindead. Ini merupakan karya “sinting” dari Peter Jackson, sutradara yang juga menggarap trilogi The Lord of the Rings. Banyak adegan menjijikkan yang bisa bikin Anda tak nafsu makan ketika menonton film ini.

Diceritakan bahwa Lionel, seorang pemuda culun, hidup bersama ibu yang otoriter. Ketika Lionel naksir dengan seorang cewek, si ibu mengikuti Lionel dan pacarnya secara diam-diam. Saat mereka berkencan di kebun binatang, si ibu digigit oleh seekor monyet yang terinfeksi virus misterius. Tingkah si ibu jadi aneh dan perlahan menjadi zombie. Namun, Lionel tetap merawat ibunya di rumah.

Banyak adegan gore terjadi ketika paman Lionel memutuskan untuk mengadakan pesta di rumah Lionel. Si ibu yang sudah menjadi zombie ini menularkan virusnya dengan cara yang tidak lazim sekaligus bisa membuat Anda jijik.

5. Rec

REC

* sumber: bloody-disgusting.com

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Adventure, Family
  • Produksi: Filmax International, Magnet Releasing
  • Sutradara: Jaume Balagueró, Paco Plaza
  • Pemeran: Manuela Velasco, Ferran Terraza, Jorge-Yamam Serrano

Rec adalah film zombie terseram dengan konsep dokumenter. Ketegangan yang dihadirkan dalam film ini bersifat sangat natural, sehingga lebih mampu membuat orang merasa tegang dan ngeri.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram