Bacaterus / Film Horror / 10 Film Zombie Terseram yang Akan Membuat Anda Ngeri

10 Film Zombie Terseram yang Akan Membuat Anda Ngeri

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 September 2019

Banyak film zombie lucu yang justru membuat kita tertawa ketika menontonnya. Namun, tak sedikit juga film zombie yang lebih “serius” dan dipenuhi dengan adegan-adegan yang bikin kita malas makan daging. Ya, zombie memang dikenal sebagai mahluk yang bisa memangsa manusia, terutama di bagian otaknya. Jadi, sebaiknya pastikan Anda tidak menonton film zombie sambil makan, ya!

Kali ini, Bacaterus akan memberikan daftar film zombie terseram yang pasti bikin Anda tegang sekaligus kaget saat menontonnya. Bagaimana tidak, banyak adegan kejar-kejaran dengan zombie dan kemunculan zombie tiba-tiba yang menjadi jumpscare dalam film yang akan kami bahas berikut ini.

1. Night of the Living Dead [1968]

Night of the Living Dead Film Zombie Terseram

Mengawali daftar film zombie terseram ada sebuah film zombie klasik yang masih hitam-putih, yaitu film Night of the Living Dead. Film yang rilis pada tahun 1968 ini merupakan salah satu film zombie paling seram, apalagi didukung dengan efek hitam-putih yang menjadikan wajah zombie-zombienya semakin pucat.

Night of the Living Dead menceritakan kisah Barbra (Judith O’Dea) dan Johnny (Russell Streiner) yang dikagetkan dengan kehadiran sosok pria pucat yang berjalan sempoyongan saat mereka mengunjungi makam ayahnya. Mereka lari dan bersembunyi dalam sebuah rumah pertanian. Namun, zombie-zombie tersebut justru mengepung rumah itu.

Aktor dalam film ini mampu menggambarkan betapa panik dan depresinya mereka menghadapi pasukan zombie di luar rumah. Emosi penonton pun jadi terbawa dan membayangkan kengerian mereka jika berada dalam situasi yang sama.

2. Braindead [1992]

Braindead

Penyuka film gore pasti sangat menikmati film Braindead. Ini merupakan karya “sinting” dari Peter Jackson, sutradara yang juga menggarap trilogi The Lord of the Rings. Banyak adegan menjijikkan yang bisa bikin Anda tak nafsu makan ketika menonton film ini.

Diceritakan bahwa Lionel, seorang pemuda culun, hidup bersama ibu yang otoriter. Ketika Lionel naksir dengan seorang cewek, si ibu mengikuti Lionel dan pacarnya secara diam-diam. Saat mereka berkencan di kebun binatang, si ibu digigit oleh seekor monyet yang terinfeksi virus misterius. Tingkah si ibu jadi aneh dan perlahan menjadi zombie. Namun, Lionel tetap merawat ibunya di rumah.

Banyak adegan gore terjadi ketika paman Lionel memutuskan untuk mengadakan pesta di rumah Lionel. Si ibu yang sudah menjadi zombie ini menularkan virusnya dengan cara yang tidak lazim sekaligus bisa membuat Anda jijik.

3. Rec [2007]

Rec

Rec adalah film zombie terseram dengan konsep dokumenter. Ketegangan yang dihadirkan dalam film ini bersifat sangat natural, sehingga lebih mampu membuat orang merasa tegang dan ngeri.

Sinopsis film ini berfokus pada reporter dan kameramennya yang hendak meliput kegiatan pemadam kebakaran yang hendak menyelamatkan wanita tua dalam sebuah gedung apartemen.

Saat berada di gedung apartemen yang gelap, tim pemadam kebakaran sekaligus reporter ini mendapat kejutan dari mahluk yang terinfeksi sebuah virus. Mahluk ini sangat agresif dan ganas sehingga membuat film ini jadi sangat mencekam.

4. 28 Weeks Later [2007]

28 Weeks Later

Jika Anda mencari film zombie terseram tanpa unsur komedi dan menyajikan ketegangan tiada akhir maka 28 Weeks Later adalah film yang tepat untuk Anda.

Di awal film terdapat sepasang suami istri, Don dan Alice yang memberikan makanan seadanya kepada pengungsi yang berlindung di rumahnya. Mereka yang mengungsi adalah sebagian kecil warga kota London yang selamat dari wabah mengerikan. Namun, tiba-tiba rumah tersebut diserang oleh manusia yang terjangkit wabah tersebut. Tak ada yang selamat kecuali Don.

Pasukan NATO yang dipimpin Amerika Serikat masuk ke wilayah tersebut 28 minggu kemudian. Don yang di camp karantina menyelinap keluar untuk mencari tahu keadaan Alice, istrinya.

Saat mengetahui Alice masih hidup tapi terjangkit wabah tersebut, Don tetap mencium Alice. Virus tersebut menular ke Don melalui air liur Alice. Seketika Don terjangkit wabah tersebut dan berubah menjadi mahluk mengerikan yang selalu haus darah.

5. Train To Busan [2016]

Train To Busan

Selama ini jajaran film zombie terseram didominasi oleh film-film produksi negara barat. Namun, kehadiran Train To Busan membuktikan bahwa perindustrian film di Asia, khususnya Korea Selatan, bisa juga menghasilkan film zombie berkualitas yang menakutkan.

Seok-woo berencana pergi ke Busan bersama putrinya, Su-an, dengan naik KTX (kereta cepat di Korea). Naas, salah satu penumpang terinfeksi virus aneh yang mengubahnya menjadi zombie. Satu persatu penumpang mulai terjangkit virus ini. Belum lagi setiap stasiun juga sudah dipenuhi zombie. Bagaimana Seok-woo berhasil membawa putrinya sampai ke Busan, tempat yang bebas dari infeksi virus zombie?

6. Night of the Creeps [1986]

Night of the Creeps

Di zaman modern seperti ini para filmmaker bisa membuat tampilan zombie seseram mungkin. Namun, film Night of the Creeps yang dirilis pada tahun 1986 menampilkan zombie yang masih oldschool sehingga tampilannya pun tidak terlalu seram.

Yang membuat film ini menarik, sang sutradara berhasil memadukan sci-fi dan horror. Ya, cerita dari film ini berfokus pada parasit dari mahluk luar angkasa yang menyerang manusia dengan memakan otaknya. Alhasil, manusia yang terjangkit parasit ini menjadi zombie.

Banyak unsur gore di dalam film ini. Adegan pemain menembak kepala zombie, lalu kepalanya pecah dan mengeluarkan banyak lintah menjadi salah satu scene mengerikan dalam film ini.

7. Dead Snow [2009]

Dead Snow

Membayangkan bertemu dengan tentara Nazi saja sudah seram, pasti tidak terbayang jika Anda bertemu tentara Nazi yang sudah berwujud zombie. Hal tersebut dialami oleh sekelompok mahasiswa dalam film Dead Snow.

Maksud hati ingin berlibur di sebuah pegunungan es, ternyata mereka diteror oleh sekelompok zombie yang menggunakan pakaian tentara Nazi. Satu persatu dari mereka dibantai oleh para zombie, ada yang kepalanya dipenggal dengan sadis sampai ada pula yang isi perutnya dikeluarkan oleh para zombie tersebut.

Dead Snow juga merupakan film zombie terseram yang jauh dari genre komedi. Anda akan dihadapkan dengan sekelompok zombie yang kejamnya dua kali lipat karena mereka dulunya adalah tentara Nazi.

8. Dawn of the Dead [2008]

Dawn of the Dead

Siapa bilang tidak ada film zombie modern yang menawarkan ketegangan? Dawn of the Dead dirilis tahun 2008 dan menjadi salah satu film zombie modern yang cukup menegangkan.

Film ini mengisahkan beberapa orang dari profesi berbeda yang selamat dari infeksi virus yang mengubah orang menjadi zombie. Orang-orang yang selamat ini mengungsi dalam sebuah pusat perbelanjaan yang sudah ditutup. Namun, para zombie di luar sana masih berusaha masuk dan menyerang mereka. Berhasilkah mereka semua selamat dari serangan zombie-zombie itu?

9. Land of the Dead [2005]

Land of the Dead

Tahun setelah kiamat zombie ternyata masih banyak manusia yang bisa survive dari wabah tersebut. Zombie-zombie tetap dibiarkan hidup dalam wilayah yang dibentengi dengan sungai dan pagar listrik agar zombie tidak masuk ke kota.

Akan tetapi, ada zombie yang paling cerdik di antara zombie-zombie lainnya, yaitu Big Daddy. Ia memimpin zombie lain untuk berjalan melintasi sungai menuju ke kota. Di sana mereka melakukan penyerangan kepada manusia. Masih adakah jalan untuk selamat dari wabah zombie ini untuk manusia yang masih hidup di kota?

10. World War Z [2013]

World War Z

Meskipun film ini sudah dirilis sejak tahun 2013, tetapi film yang dibintangi Brad Pitt ini masih memiliki tempat di hati para penggemar film zombie. Tidak banyak adegan gore yang terdapat dalam film ini, tapi alur ceritanya memang cukup membuat kita ngeri sekaligus tegang.

Gerry Lane (Brad Pitt) mendapat tugas dari PBB untuk menyelidiki penyebab wabah mengerikan yang membuat orang-orang berubah menjadi zombie. Perjalanan Lane dimulai dan bukan sekali dua kali ia bertemu zombie ganas yang menggigit manusia untuk mengubahnya menjadi zombie.

Film zombie terseram ini memiliki beberapa adegan yang menegangkan. Salah satu scene yang masih terbayang di benak penonton adalah ketika para zombie berusaha memanjat dan menggapai sebuah helikopter yang sedang terbang.

Semua film zombie terseram ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan film zombie yang mengerikan sekaligus menjijikkan. Sebagian besar film dalam daftar ini minim unsur komedi, sehingga Anda akan merasakan suasana tegang ketika menonton film zombie.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *