bacaterus web banner retina

10 Film Bergenre Fantasi Terbaik yang Mirip Harry Potter

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 22 Maret 2021

Kisah petualangan Harry Potter memang jadi fenomena tersendiri di dunia film, bahkan semua seri filmnya terbilang sukses di pasaran. Film ini juga disukai oleh semua kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak yang punya imajinasi luas.

Tapi bukan cuma film “Harry Potter” saja yang mengangkat genre fantasi dan bercerita tentang sihir. Kalau kamu suka dengan Harry Potter, ada 10 film lain yang patut untuk kamu tonton, tentunya dengan cerita yang berbeda dan tak kalah menarik. Penasaran? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

1. Fantastic Beasts and Where to Find Them

Fantastic Beasts and Where to Find ThemSumber: sea.ign.com

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Produksi: Heyday Films, Warner Bros
  • Sutradara: David Yates
  • Pemeran: Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler, Alison Sudol

Film “Fantastic Beasts” merupakan spin-off sekaligus prekuel dari kisah Harry Potter. Karena masih satu universe, tentu saja “Fantastic Beasts” memiliki kemiripan dengan film Harry Potter yang ber-setting dunia sihir.

“Fantastic Beasts” bercerita tentang Newt Scamander (Eddie Redmayne), penyihir sekaligus ahli zoologi yang selalu membawa koper berisikan hewan-hewan ajaib. Saat tiba di New York, kopernya tertukar dengan koper milik seorang muggle bernama Jacob Kowalski (Dan Fogler).  Masalahnya, Jacob tak sengaja melepaskan beberapa hewan ajaib dari koper Newt.

Di saat yang bersamaan, New York sedang mengalami banyak kekacauan. Dibantu dengan Tina (Katherine Waterston) yang merupakan seorang Auror dari Magical Congress of the United States (MACUSA), Newt dan Jacob berlomba-lomba dengan waktu untuk mengumpulkan hewan-hewan yang terlepas dari koper.

2. The Chronicles of Narnia Series

The Chronicles of Narnia SeriesSumber: empireonline.com

  • Tahun Rilis: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005), Prince Caspian (2008), The Voyage of the Dawn Treader (2010)
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Walden Media
  • Sutradara: Andrew Adamson, Michael Apted
  • Pemeran: Georgie Henley, Skandar Keynes, William Moseley, Anna Popplewell

Seri film “The Chronicles of Narnia” berkisah tentang empat bersaudara Pevensie yang berpetualang di negeri Narnia. Semua bermula ketika Lucy Pevensie (George Henley) masuk ke sebuah lemari dan mendadak terdampar di negeri Narnia.

Ia pun mengajak saudara-saudaranya yang lain untuk ikut masuk ke negeri fantasi tersebut. Tapi ternyata mereka harus menghadapi banyak masalah ketika berada di Narnia, mulai dari membebaskan singa bernama Aslan hingga melawan penyihir putih yang jahat.

Di sekuelnya, keempat bersaudara ini kembali ke Narnia dengan petualangan yang berbeda. Di film kedua, mereka harus membantu Pangeran Caspian untuk merebut tahta dari King Miraz yang jahat. Sedangkan di film ketiga, Lucy kembali ke Narnia bersama Edmund dan sepupunya, Eustace, untuk menyelamatkan 7 orang bangsawan Narnia yang menghilang.

3. Percy Jackson Series

Percy Jackson SeriesSumber: syfy.com

  • Tahun Rilis: Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief (2010), Percy Jackson: Sea of Monsters (2013)
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Produksi: Fox 2000 Pictures, Sunswept Entertainment
  • Sutradara: Chris Columbus, Thor Freudenthal
  • Pemeran: Logan Lerman, Brandon T. Jackson, Alexandra Daddario, Jake Abel

Film fantasi yang satu ini menceritakan petualangan Percy Jackson, seorang demigod (setengah dewa) yang merupakan putra dari Poseideon. Di film pertama, Percy yang baru mengetahui identitas dirinya ini dituduh mencuri petir milik Zeus. Karena nyawanya dalam bahaya, ia harus pergi ke sebuah tempat perkemahan khusus demigod.

Di sanalah Percy dilatih mengembangkan kemampuannya sebagai seorang demigod. Di sisi lain, Percy juga harus mencari pencuri petir yang sesungguhnya untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

Di film kedua, Percy Jackson dkk kembali mendapatkan ancaman. Pohon Thalia yang selama ini melindungi markas demigod rupanya telah diracun sehingga terjadi kekacauan. Pada akhirnya Percy dan sahabat-sahabatnya diutus mencari Golden Fleece yang bisa menyembuhkan apapun dan dipercaya dapat memulihkan pohon Thalia.

4. The Spiderwick Chronicles

The Spiderwick ChroniclesSumber: imdb.com

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Produksi: Paramount Pictures, Nickelodeon Movies, The Kennedy/Marshall Company
  • Sutradara: Mark Waters
  • Pemeran: Freddie Highmore, Sarah Bolger, David Strathairn

Kisah dalam "The Spiderwick Chronicles" dimulai ketika Jared (Freddie Highmore) dan keluarganya pindah ke sebuah rumah tua di tengah hutan yang merupakan warisan dari kakek buyut mereka, Arthur Spiderwick. Di rumah ini, Jared menemukan sebuah buku tua milik Arthur yang berisi tentang pengetahuan dunia magis.

Jared kemudian membaca buku tersebut dan mengabaikan suara misterius yang melarangnya. Sejak saat itu, berbagai kejadian aneh mulai terjadi. Puncaknya ketika Jared membawa buku tersebut keluar rumah dan diserang oleh goblin. Jared lalu bertemu dengan Thimbletack, makhluk kecil yang tahu banyak tentang buku tua milik Arthur.

Jared akhirnya tahu kalau buku tersebut diincar oleh si ogre jahat bernama Mulgarath yang ingin menyempurnakan kekuatannya. Jared pun berusaha mencari cara agar buku tersebut tidak jatuh ke tangan Mulgarath. Di sisi lain, Jared juga juga harus menyelamatkan diri dari teror Mulgarath dan para goblin jahat.

5. The Golden Compass

The Golden CompassSumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Produksi: New Line Cinema, Ingenious Film Partners, Scholastic Productions
  • Sutradara: Chris Weitz
  • Pemeran: Dakota Blue Richards

FIlm ini mengambil latar belakang sebuah dunia fantasi di mana setiap orang memiliki daemon, manifestasi jiwa yang berbentuk hewan. Kisah “The Golden Compass” sendiri berfokus pada seorang gadis yatim piatu bernama Lyra Belacqua (Dakota Blue Richards) yang memiliki daemon bernama Pantalaimon atau Pan.

Ia diasuh oleh pamannya, Lord Asriel, dan disekolahkan di Jordan College. Konflik dimulai ketika mendadak banyak kasus anak hilang yang diduga didalangi oleh Gobbler, pihak jahat yang ingin memisahkan anak-anak dari daemon-nya. Tragisnya, sahabat Lyra ikut diculik dan Lyra pun berniat untuk menyelamatkannya.

Lyra lalu bertemu dengan Marisa Coulter (Nicole Kidman) yang mengajaknya pergi ke utara. Lyra kemudian dibekali Alethiometer (kompas emas besar) oleh pimpinan sekolahnya dan pergi bersama Coulter. Tapi akhirnya Lyra sadar kalau Coulter ternyata punya rencana busuk sehingga ia berusaha melarikan diri dan mulai mengalami petualangan yang mendebarkan.

Baca juga: Inilah Urutan Menonton Film Harry Potter yang Benar

6. A Monster Calls

A Monster CallsSumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Adventure, Drama, Family
  • Produksi: Participant, River Road Entertainment
  • Sutradara: J.A. Bayona
  • Pemeran: Lewis MacDougall, Sigourney Weaver, Felicity Jones

Kisah film ini berfokus pada tokoh anak laki-laki bernama Conor (Lewis MacDougall). Di usianya yang masih 13 tahun, Conor sudah memiliki beban hidup yang sangat berat. Ia berkali-kali bermimpi buruk tentang dunia yang amblas dan ibunya yang terperosok ke dalam tanah.

Di kehidupan nyata, Conor ternyata hidup bersama seorang ibu yang sakit parah dan hanya bisa terbaring di tempat tidur. Masalah Conor semakin berat karena ia menjadi korban bully di sekolahnya. Cerita “A Monster Call” dimulai ketika Conor didatangi monster pohon tua setiap pukul 00.07 dini hari.

Monster tersebut lalu menceritakan 3 buah kisah. Sebagai gantinya, Connor harus menceritakan kisah ke-4 untuk menggenapinya. Ternyata kisah-kisah dari monster pohon ini memiliki pesan tersirat yang mengajarkan Connor tentang kehidupan, termasuk bagaimana menghadapi masalah berat yang sedang ia hadapi.

7. Bridge to Terabithia

Bridge to TerabithiaSumber: hbo.com

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama, Family, Fantasy
  • Produksi: Walden Media, Hal Lieberman Company, Lauren Levine Productions Inc.
  • Sutradara: Gabor Csupo
  • Pemeran: Josh Hutcherson, AnnaSophia Robb, Zooey Deschanel

Film fiksi fantasi yang satu ini seolah ingin menggambarkan bagaimana anak-anak berpetualangan dalam dunia imajinasi mereka. Film ini bercerita tentang Jess Aarons (Josh Hutcherson), anak laki-laki 12 tahun yang tak punya teman dan selalu jadi korban bully di sekolahnya.

Kehidupan Jess mulai berubah ketika ia berteman dengan gadis tomboy bernama Leslie Burke (AnnaSophia Robb). Leslie sebenarnya punya nasib serupa seperti Jess, yaitu sering di-bully oleh temannya. Singkat cerita, keduanya pun bersahabat dekat dan selalu bermain di hutan setiap pulang sekolah.

Di sanalah mereka sama-sama menciptakan Terabithia, sebuah dunia imajinasi yang magis dan indah.  Akan tetapi, Jess harus menghadapi sebuah tragedi yang sangat menyedihkan. Namun di saat ia benar-benar terpukul, ia akhirnya bertekad untuk terus menjalani hidup sesuai yang Leslie ajarkan kepadanya.

8. The Sorcerer's Apprentice

The Sorcerer's ApprenticeSumber: empireonline.com

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action, Adventure, Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Jerry Bruckheimer Films, Saturn Films
  • Sutradara: Jon Turteltaub
  • Pemeran: Nicolas Cage, Jay Baruchel, Alfred Molina

Film ini bercerita tentang penyihir, dimulai dengan kisah penyihir agung bernama Merlin yang memiliki 3 murid bernama Balthazar Blake (Nicolas Cage), Maxim Horvath (Alfred Molina), serta Veronica (Monica Belluci). Akan tetapi, Maxim berkhianat dan memilih bekerja sama dengan Morgana, penyihir jahat yang sangat kuat.

Morgana lalu berhasil mengalahkan Merlin, sedangkan Balthazar dan Veronica kewalahan melawannya. Sampai pada akhirnya Balthazar berhasil mengurung Morgana di sebuah boneka. Sebelum tewas, Merlin sempat memberitahu Balthazar bahwa nantinya akan ada seorang anak yang mewarisi kekuatan Merlin dan bisa mengalahkan Morgana.

Balthazar pun mencari anak tersebut selama ratusan tahun, sampai akhirnya ia bertemu dengan Dave (Jay Baruchel) yang memiliki tanda-tanda Merlin. Di waktu yang sama, Horvath kembali muncul dan mulai membuat kekacauan demi membebaskan Morgana.

Balthazar tak punya banyak waktu dan berusaha mengajari Dave tentang ilmu sihir. Walau tidak mudah, Dave terus berusaha dan berlomba-lomba dengan waktu untuk mengalahkan Horvath dan Morgana yang semakin tak terkendali.

9. Pan's Labyrinth

Pan's LabyrinthSumber: empireonline.com

  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Drama, Fantasy, War
  • Produksi: Estudios Picasso, Tequila Gang, Esperanto Filmoj
  • Sutradara: Guillermo del Toro
  • Pemeran: Ivana Baquero, Ariadna Gil, Sergi López

Film bergenre fantasi berikutnya yang patut ditonton adalah “Pan’s Labyrinth” yang sukses membawa pulang sejumlah piala Oscar. Film ini dibuka dengan kisah gadis cilik berumur 10 tahun bernama Ofelia (Ivana Baquero) yang bepergian bersama ibunya yang sedang hamil.

Ia dan ibunya rupanya sedang pergi pindah untuk tinggal bersama Kapten Vidal, ayah tiri Ofelia yang terkenal keras dan kejam. Di tempat barunya, Ofelia bertemu dengan sosok yang dipercaya sebagai peri. Peri ini kemudian menuntun Ofelia menuju sebuah labirin hingga akhirnya bertemu dengan makhluk aneh bernama Faun.

Faun yakin bahwa Ofelia adalah reinkarnasi dari Putri Moanna yang tinggal di dunia bawah tanah. Faun lalu memberikan sebuah buku yang berisi 3 buah ujian. Ofelia harus menyelesaikan semua ujian untuk mendapatkan keabadian dan kembali ke dunia asalnya.

10. The Lord of the Rings

The Lord of the RingsSumber: screenrant.com

  • Tahun Rilis: The Fellowship of the Ring (2001), The Two Towers (2002), The Return of the King (2003)
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Produksi: New Line Cinema, WingNut Films, The Saul Zaentz Company
  • Sutradara: Peter Jackson
  • Pemeran: Elijah Wood, Sean Astin, Viggo Mortensen, Ian McKellen, Orlando Bloom

Trilogi “The Lord of the Rings” yang bergenre fantasi ini juga cocok dinikmati oleh para penggemar Harry Potter. Film ini mengisahkan tentang perjalanan Frodo Baggins (Elijah Wood) menuju Mount Doom untuk menghancurkan sebuah cincin yang memiliki kekuatan gelap milik Sauron.

Frodo tidak sendiri dan ditemani oleh beberapa teman yang terdiri dari bangsa hobbit, peri, penyihir, kurcaci, dan dari bangsa manusia. Akan tetapi, perjalanan Frodo tidak pernah mulus dan menghadapi banyak sekali rintangan. Mulai dari menghadapi serangan penyihir jahat, terpisah dari rombongan, hingga bertarung melawan orc.

Tak hanya itu, nyawa Frodo dan semua teman-temannya juga terancam karena Sauron terus mengincar cincin yang dibawa Frodo. Kekuatan gelap pun semakin lama semakin besar, dan Sauron akan melakukan berbagai cara untuk merebut cincinnya kembali.

Itulah 10 film yang mirip dengan kisah Harry Potter. Film bergenre fantasi memang selalu menarik perhatian banyak orang, terutama anak-anak yang selalu punya imajinasi tak terbatas. Kalau kamu punya rekomendasi lain tentang film-film serupa, jangan pernah ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram