Bacaterus / Film Barat / 10 Film Western Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

10 Film Western Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Film western adalah salah satu genre film yang biasanya memiliki setting periode akhir abad ke-19 di benua Amerika. Hal-hal yang identik dengan film-film bergenre ini adalah sosok cowboy dan suku Indian sebagai rivalnya. Elemen-elemen yang selalu ada dalam film western ini, antara lain: kuda, adegan adu tembak satu lawan satu, bandit dan sheriff, serta logat atau gaya bicara ala old western Texas.

Genre western mulai populer di perfilman Hollywood sejak era 1930an dengan aktor John Wayne sebagai icon cowboy pada masa itu. Memasuki era 1950an, semakin banyak film western yang diproduksi dengan Gary Cooper sebagai bintangnya. Sutradara yang terkenal dalam membesut film-film bergenre ini adalah John Ford dengan deretan film terbaiknya, seperti Stagecoach (1939) hingga The Searchers (1956).

Dalam rentang masa yang memakan beberapa dekade, perfilman Hollywood banyak sekali memproduksi film-film bergenre western ini, meski sempat mengalami penurunan sejak tahun 1970an. Berikut ini kami pilihkan sepuluh film western produksi Hollywood terbaik dan terpopuler. Ride on!!

10 Film Western Terbaik dan Terpopuler

1. Butch Cassidy and the Sundance Kid [1969]

Butch Cassidy and the Sundance Kid film western terbaik

 

Film dengan duet bintang Paul Newman dan Robert Redford ini adalah salah satu film western terbaik di luar masa kejayaan genrenya. Mengangkat kisah nyata perampokan yang dilakukan oleh pasangan bandit ini, sutradara George Roy Hill mampu mengarahkan penonton untuk lebih simpatik terhadap sosok duet bandit dibandingkan sang penegak hukumnya.

Dalam ajang Academy Awards, film ini berhasil meraih 4 Oscar, yaitu: Best Screenplay, Best Cinematography, Best Original Score dan Best Song untuk lagu “Raindrops Keep Fallin’ on My Head” yang dimunculkan saat adegan akhir yang begitu dramatis dan penuh kesan tragedi.

2. Blazing Saddles [1974]

Blazing Saddles

Film western tidak hanya mengumbar adegan action tembak-tembakan saja, tetapi juga bisa masuk ke genre comedy, seperti yang ditampilkan di film karya Mel Brooks ini. Yang uniknya, comedy yang ditampilkan cenderung satir dan banyak mengangkat referensi dari berbagai macam sumber, antara lain Perang Dunia 2 dan tema rasis.

Contohnya adalah hadirnya seorang sheriff berkulit hitam yang memimpin kota berisi warga kulit putih. Banyak kelucuan yang dihadirkan, sehingga film ini masuk juga dalam jajaran film comedy terbaik menurut American Film Institute.

3. Dances with Wolves [1990]

Dances with Wolves

Bisa dibilang, film debut sutradara Kevin Costner ini adalah pemicu munculnya film-film western di era 1990an setelah sempat menghilang di era 1980an. Perseteruan antara cowboy dan Indian ditampilkan secara seimbang disini, dengan tokoh cowboy yang tadinya memburu Indian tetapi malah membela mereka setelah diselamatkan nyawanya oleh suku asli Amerika tersebut.

Film western terbaik ini meraih banyak penghargaan dari beberapa festival film dunia, salah satunya adalah raihan 7 Oscar dari Academy Awards.

4. Unforgiven [1992]

unforgiven

Film yang sudah menjadi klasik ini adalah salah satu film terbaik karya Clint Eastwood yang didedikasikannya untuk dua sineas sekaligus mentornya, Don Siegel dan Sergio Leone. Film ini mengangkat sisi gelap kehidupan seorang bandit yang menjadi buronan yang akan melakukan satu aksi lagi sebelum akhirnya pensiun dan berniat untuk bertani.

Nuansa dramanya sangat kental tetapi memiliki adegan action khas western terbaik yang pernah ditampilkan di layar lebar. Raihan 4 Oscar, Best Picture, Best Director, Best Supporting Actor untuk Gene Hackman dan Best Film Editing,  membuktikan baiknya kualitas film ini.

5. Tombstone [1993]

Tombstone

Film yang menampilkan banyak tokoh bandit dan sheriff western legendaris, seperti Wyatt Earp, William Brocius, Johnny Ringo dan Doc Holliday ini banyak menampilkan adegan action khas western yang sangat menarik.

Dua peristiwa nyata pertempuran antara sheriff dan bandit di daerah Tombstone, Arizona pada tahun 1880an menjadi background cerita film yang dibintangi oleh Kurt Russell dan Val Kilmer. Meski diakui sebagai salah satu film western terbaik, tetapi sayangnya tidak ada penghargaan yang berhasil diraih oleh film karya sutradara George P. Cosmatos ini.

6. Open Range [2003]

Open Range

Jika dahulu Kevin Costner mengawali era film western di tahun 1990an, maka kali ini dia kembali mengawali lagi era film western di tahun 2000an lewat film arahannya yang membuatnya beradu akting dengan Robert Duvall.

Meski tidak sesukses Dances with Wolves, tetapi film ini tampil cukup prima dengan banyaknya pujian dari kritikus film. Jalan cerita memang sedikit agak lambat, tetapi menjelang akhir, aroma western ala cowboy mulai terasa lewat banyaknya adegan tembak-tembakan yang cukup dahsyat.

7. 3:10 to Yuma [2007]

3 10 to Yuma

Sutradara James Mangold membuat film remake dari film western berjudul sama yang pernah diproduksi di tahun 1957 lalu yang merupakan adaptasi dari cerita pendek karya Elmore Leonard.

Russell Crowe dan Christian Bale tampil cukup baik sebagai bandit dan penegak hukum yang menjadi sosok sentral dari cerita film ini. Sisi drama yang ditampilkan cukup mengena tentang hubungan ayah-anak ditengah tugasnya yang berbahaya dalam mengantarkan sang bandit untuk diadili di kota.

8. True Grit [2010]

True Grit

Satu lagi sebuah film remake dari film western berjudul sama produksi tahun 1969 yang juga merupakan adaptasi dari novel karya Charles Portis terbitan 1968. Joel dan Ethan Coen bertindak selaku sutradara dengan bintang Jeff Bridges, Matt Damon, Josh Brolin dan Hailee Steinfeld yang mencuri perhatian sebagai aktris muda potensial.

Aroma balas dendam untuk memburu pembunuh sang ayah, membawa Mattie Ross menyewa seorang U.S. Marshall yang eksentrik. Petualangan mereka banyak menemui halangan dan rintangan yang sangat seru untuk disimak.

9. Django Unchained [2012]

Django Unchained

Film karya Quentin Tarantino yang unik ini adalah film western terbaik dan terlaris yang pernah diproduksi Hollywood, terutama di era modern.

Mengambil inspirasi dan merupakan sebuah tribute bagi sosok Django yang pernah populer di era 1960an dahulu, film dengan bintang Jamie Foxx, Leonardo DiCaprio dan Christoph Waltz ini menampilkan banyak adegan action yang mencengangkan dan terkesan sadis dengan banyak darah dimana-mana.

Banyak meraih penghargaan dari beberapa festival film dunia terutama untuk Christoph Waltz sebagai Best Supporting Actor dan Quentin Tarantino untuk naskah filmnya.

10. The Hateful Eight [2015]

The Hateful Eight

Seperti belum puas dengan suksesnya Django Unchained, Quentin Tarantino kembali mengangkat film dengan tema western. Bedanya kali ini, kisahnya dalam skala yang kecil tetapi penuh dengan misteri. Tradisi menebak-nebak siapa dalang masalah dalam sebuah film action-drama seperti ini memang menyimpan keasyikan tersendiri.

Samuel L.Jackson dan Kurt Russell memang menampilkan akting yang unik tetapi Jennifer Jason Leigh yang mendapat banyak pujian berkat performanya di film ini yang sangat total. Dikemas dalam gaya western era 1930an dan detil dalam segala aspek, membuat film ini mengingatkan kita akan era kejayaan film-film cowboy. Dan yang patut dicatat adalah iringan musik dari sang maestro, Ennio Morricone, yang berhasil meraih Oscar di kategori Best Original Score.

11. Dollars Trilogy [1964 – 1966]

Dollars Trilogy

Kali ini kami akan merekomendasikan film arahan Sergio Leone, ia tidak pernah gagal dalam memproduksi film western dengan kualitas baik. Hal tersebut juga dibuktikan dengan kepopuleran film triloginya yang disebut sebagai Dollars Trilogy. Dalam serinya, Dollars Trilogy berhasil menelurkan tiga film, A Fistfull of Dollars (1964), For a Few Dollars More (1965), dan The Good The Bad The Ugly (1966).

A fistfull of Dollars sebagai film pembuka pada Dollar Trilogy ini berkisah seorang koboi yang memanfaatkan dua kelompok geng demi keuntungannya sendiri, yakni mendapatkan emas. Caranya cukup terbilang cerdik, cerdas dan licik. Tapi, tentunya banyak aksi menegangkan di mana ada sebuah kelompok yang harus dibantai habis-habisan demi merebut emasnya itu.

Masih dengan film bertemakan koboi, kali ini di film For a Few Dollars More menceritakan seorang koboi yang cerdik dengan misi menangkap penjahat bersama koboi lainnya. Kedua koboi ini sama-sama cerdik, mereka akan mendapatkan imbalan 10.000 dollar saat berhasil menangkap penjahat. Tentunya tidak mudah, karena mereka harus melalui berbagai macam rintangan.

Terakhir, The Good The Bad The Ugly yang masih saja menceritakan koboi yang ingin mendapatkan keuntungan. Kali ini ia bekerjasama dengan Tuco dan Blondie. Dua temannya ini ternyata punya tujuan yang sama, yakni menemukan emas yang tersembunyi di padang pasir.

Itulah sepuluh film western terbaik yang berhasil meraup pendapatan box-office yang besar juga kualitas yang baik. Semoga untuk ke depannya, film bergenre ini selalu ada meski tidak banyak dan terus menghiasi dunia perfilman dalam tiap dekadenya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

6 Responses

  1. referensi film yang bagus, terutama untuk film2 yang belum pernah saya tonton

  2. Dollars Trilogy gak ada gan?

    1. 10 film di atas adalah versi Bacaterus. Silakan berbagi bersama kami 10 film terbaik menurut Anda di kolom komentar. Terima kasih. 🙂

  3. the good the bad the ugly. dengan lagunya yg legendaris pula

    1. Terima kasih atas rekomendasinya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *