bacaterus web banner retina

Inilah 10 Film Western Terbaru yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Gerryaldo
• Diperbaharui 12/03/2024

Film western adalah salah satu genre film yang biasanya memiliki setting periode akhir abad ke-19 di benua Amerika. Hal-hal yang identik dengan film-film bergenre ini adalah sosok cowboy dan suku Indian sebagai rivalnya. Elemen-elemen lain yang juga selalu ada dalam film ini antara lain: kuda, adegan adu tembak satu lawan satu, bandit dan sheriff, serta logat atau gaya bicara ala old western Texas.

Meski sempat mengalami penurunan sejak tahun 1970an, dalam rentang masa yang memakan beberapa dekade, industri perfilman pun banyak sekali memproduksi film-film bergenre western. Berikut ini kami pilihkan deretan film western terbaru dan terpopuler yang sayang untuk dilewatkan. Ride on!!

1. Calamity Jane

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Emily Bett Rickards Stephen Amell
Selengkapnya →

Nama Calamity Jane sangat terkenal sepanjang tahun 1850-an sampai awal tahun 1900. Dia merupakan seorang wanita penembak jitu dan penjaga perbatasan. Meski terkenal galak, ia selalu menunjukan belas kasih kepada orang lain yang tertindas. Kisah hidup Calamity Jane pun diangkat ke layar oleh sutradara Terry Miles.

Dalam cerita, Calamity Jane (Emily Bett Rickards) sangat dekat dan berteman dengan seorang pahlawan Amerika, Wild Bill (Stephen Amell). Satu waktu Calamity ditangkap dan masuk penjara akibat tindakannya, hal ini membuat komunikasinya dengan Wild Bill sedikit terbatas. Saat di dalam penjara, Calamity mendengar bahwa Wild Bill terbunuh.

Wild Bill tewas dalam permainan poker yang curang. Hal ini membakar dendam Calamity. Mau tidak mau Calamity memikirkan bagaimana caranya untuk keluar dari penjara.

Namun begitu Calamity berhasil bebas, Sheriff Mason (Tim Rozon) mencoba untuk menahan Calamity dan menangkapnya kembali. Lantas berhasilkah usaha Calamity membalaskan dendam teman baiknya itu?

2. The Night They Came Home

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Charlie N. Townsend Phillip Andre Botello Patrick Durham Tim Abell
Selengkapnya →

The Night They Came Home adalah sebuah film western-thriller Amerika yang dirilis tahun 2024 oleh rumah produksi Lionsgate Home Entertainment. Film ini merupakan karya Paul G. Volk yang bekerjasama dengan para bintang seperti Brian Austin Green, Robert Carradine, hingga Danny Trejo. Film ini menceritakan tentang usaha penangkapan seorang tokoh gangster.

Pada akhir tahun 1800-an, tepatnya di Old West, para penduduk dihebohkan dengan adanya ancaman mengerikan yang berasal dari geng Rufus Buck (Charlie Townsend). Geng tersebut melakukan pemerkosaan dan pembunuhan secara masif selama sebulan penuh. Hal ini jelas membuat kota Old West jadi tidak aman.

Berangkat dari kejadian tersebut, anggota lembaga penegak hukum federal di Amerika Serikat yakni Deputi Heck Thomas (Tim Abell) dan Paden Tolbert (Tommy Wolfe) diperintahkan untuk menangkap geng tersebut dan dibawa ke pengadilan.

Berhasilkah geng Rufus Buck yang sulit dilacak itu ditangkap dan dihukum mati pada akhirnya? Temukan jawabannya dalam film The Night They Came Home ya!

3. Birthright Outlaw

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Sarah Drew Lucas Black Olivia Sanabia Tom Proctor
Selengkapnya →

Film drama western yang rilis pada tahun 2023 ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang sedang berusaha untuk menyelamatkan keluarganya dari masalah besar. FIlm ini dibintangi oleh Lucas Black dan Sarah Drew sebagai tokoh utamanya; sementara naskahnya ditulis oleh Justin Strawland, bekerja sama dengan sutradara Aaron Burns.

Sepasang suami istri yakni Jeremiah (Lucas Black) dan Martha (Sarah Drew) hidup bahagia di wilayah barat. Mereka dikaruniai seorang anak pebig problemrempuan cantik bernama Hope (Olivia Sanabia). Namun ikatan keluarga bahagia itu ditantang oleh sebuah insiden dimana Hope diculik. Jeremiah dan Martha pun segera bertindak.

Sheriff setempat pun turut serta untuk membantu pasutri itu menemukan kembali anaknya. Perjalanan panjang dimulai, investigasi dilakukan, namun tetap nihil; sampai sebuah petunjuk berhasil mereka dapatkan. Mengejutkannya, petunjuk itu bukan saja mengarah pada kemungkinan Hope berada, namun juga rahasia Martha yang selama ini dipendam.

4. Strange Way of Life

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Ethan Hawke Pedro Pascal
Selengkapnya →

Strange Way of Life merupakan sebuah film pendek asal Spanyol Barat yang rilis pada tahun 2023. Film ini disutradarai oleh Pedro Almodóvar yang juga sekaligus menulis naskahnya; menceritakan tentang dua penembak jitu yang bersatu kembali setelah 25 tahun berpisah. Strange Way of Life pertama kali tayang di Festival Film Cannes dan mendapat respon positif.

Silva (Pedro Pascal) dan Jake (Ethan Hawke) merupakan sepasang sahabat yang memadu kasih, namun akhirnya mereka terpisah jauh. Setelah 25 tahun berlalu, Silva mengunjungi Jake yang kini sudah menjadi seorang sheriff. Ia meminta bantuan Jake untuk menangkap kekasih dari iparnya yang tewas dibunuh. Kekasih iparnya tersebut bernama Joe (George Steane) .

Begitu diselidiki, Jake kaget mengetahui bahwa Joe merupakan putra dari Silva. Hal ini membuat Jake menaruh curiga dengan kedatangan Silva kepadanya.

Benar saja, Silva ternyata ingin membantu Joe kabur ke Meksiko dengan memanfaatkan kedekatannya dengan Jake. Meski harus banyak menemui halangan, keinginan Silva pun akhirnya terkabul. Joe lolos dan Jake kini hidup bersama dengan Silva.

5. Buck Alamo or (A Phantasmagorical Ballad)

Tahun Rilis 2023
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Sonny Carl Davis Lorelei Linklater Bruce Dern Lee Eddy
Selengkapnya →

Buck Alamo (A Phantasmagorical Ballad) dirilis tahun 2020 oleh rumah produksi Epstein Productions. Naskah film ini sendiri ditulis oleh Ben Epstein yang juga menyutradarainya. Para penonton akan dibawa ke dalam kisah hidup seorang koboi penyanyi.

Eli Cody (Sonny Carl Davis) merupakan seorang koboi penyanyi di Texas yang dikenal dengan nama Buck Alamo. Banyak orang yang terhibur dengan aksinya di panggung. Sampai satu waktu Buck Alamo menderita penyakit yang dokter pun angkat tangan sehingga Buck Alamo bisa meninggal kapan saja saat ini.

Tidak mau tenggelam dalam kesedihan, Buck Alamo pun memulai perjalanannya untuk meminta ampun terhadap orang-orang yang telah ia sakiti. Ia bersama anjing kesayangannya, Chester, berangkat dan menyusuri kota Texas untuk menjalankan misi itu, serta bertemu kembali dengan sang putri, dan hidup bahagia sebelum ia menutup matanya.

Bagaimana ya rasanya ditangkap dan dipenjara untuk kesalahan yang tidak pernah dilakukan? Pasti merasa dunia tidak adil dan berusaha berdamai dengan hal itu. Fokus utama inilah yang menjadi plot dari film berjudul Far Heaven karya Gary Wheeler yang telah tayang di tahun 2023 dan dibintangi oleh Bailey Chase, Bruce Boxleitner, Martin Kove, dan A. Martinez.

Hunter Braddock (Bailey Chase) merupakan pribadi yang baik, namun meskipun telah bertindak demikian ia tetap saja diburu, ditangkap dan dipenjara selama 2 tahun lamanya untuk kesalahan yang sama sekali tidak ia lakukan. Pada tahun 1887, ia pun dibebaskan dan pindah jauh ke kota Far Heaven untuk memulai hidup barunya bersama kedua anaknya.

Kota Far Heaven sangat damai dan menjadi tempat yang cocok untuk membesarkan anak-anak. Namun tiba-tiba saja, Ayah mertua Hunter diserang oleh kelompok orang yang tak dikenal. Mengganas, Hunter pun harus menghadapi perampok dan korupsi masif yang menghancurkan kota Far Heaven.

Selain untuk membuat kota itu kembali damai, ia melakukannya untuk melindungi orang-orang yang ia cintai.

7. Dead Man's Hand

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Stephen Dorff Jack Kilmer
Selengkapnya →

Pada tahun 2019, sebuah novel grafis berjudul No Rest of the Wicked: Dead Man's Hand karya Kevin Minor dan Matthew Minor rilis di pasaran. Membaca dan tertarik akan novel tersebut, Brian Skiba sang sutradara bekerjasama dengan penulis skenario Skiba dan Corin Nemec untuk membuat kisahnya menjadi sebuah film berjudul Dead Man’s Hand.

Premisnya sendiri menceritakan tentang seorang penembak jitu bernama Reno (Jack Kilmer) yang hendak meninggalkan gaya hidup koboinya karena akan segera menikah. Namun baru saja ia menikah dengan kekasih hatinya, Reno dipaksa untuk membela diri akibat diserang oleh bandit. Ia pun terpaksa membunuh bandit tersebut.

Hal ini membuat repot kehidupan Reno. Pasalnya yang ia bunuh merupakan saudara dari Walikota Bishop (Stephen Dorff) yang terkenal kejam. Mengetahui saudaranya dibunuh oleh Reno, Walikota Bishop pun bertekad untuk membalas kematian saudaranya.

Dalam tindakan pembalasan yang brutal, Bishop dan pasukan pribadinya menyergap Reno. Tanpa Bishop tahu, mesin pembunuh yang ada di dalam diri Reno kini kembali menyala untuk melampiaskan amarahnya.

8. Two Sinners and a Mule

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Cam Gigandet Chantelle Albers Hannah James Cord Newman
Selengkapnya →

Dibintangi oleh Chantelle Albers, Hannah James dan Cam Gigandet, film ini menuai banyak komentar pedas karena akting dan plot yang buruk. Meski begitu, film ini tak salah untuk ditonton terutama bagi kamu penggemar film western. Kisahnya sendiri tentang usaha dua wanita untuk bisa memiliki hidup yang mereka inginkan di sebuah kota kecil.

Adalah Alice (Chantelle Albers) dan Nora (Hannah James). Mereka adalah dua wanita berjiwa bebas yang kedapatan melakukan dosa sehingga diusir dari kota. Sepakat untuk menjalani hidup lebih baik, keduanya pun berniat untuk membuka sebuah restoran kecil-kecilan di kota kecil Virginia.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan seorang pria bernama Elden (Cam Gigandet), yang merupakan pemburu hadiah di banyak kota. Ia terluka dan segera dirawat oleh Alice dan Nora.

Berharap akan mendapat imbalan dari Elden untuk bertahan hidup, Alice dan Nora malah terjerat cinta segitiga dan masalah yang pelik. Mereka jadi terlibat dalam kasus pencarian seorang bandit pembunuh kejam bernama Gila Grimes (Cord Newman) yang tengah dilakukan Elden. Lantas, bagaimanakah akhir kisah Alice dan Nora?

Film asal Amerika yang rilis di tahun 2023 ini disutradarai oleh Anthony Mandler dan dibintangi oleh Letitia Wright, Jamie Bell, Jeffrey Donovan, Brett Gelman, dan Michael K. Williams. Filmnya berkisah tentang seorang prajurit dari gerakan wanita merdeka yang ingin menyelesaikan sebuah misi.

Prajurit wanita itu bernama Moses Washington (Letitia Wright) atau yang dikenal dengan nama Mo. Setelah mengalami perang saudara yang mengerikan, Mo ingin mengklaim tambang emas miliknya yang telah diwariskan oleh sang Ayah.

Untuk menyamarkan identitasnya, Mo merubah dirinya bak lelaki. Hal tersebut dilakukan supaya ketika sampai di perbatasan ia lebih mudah masuk ketimbang menjadi perempuan. Namun ternyata perjalanan Mo jadi tidak mudah karena kereta yang ditumpanginya disergap oleh sekelompok pencuri dan pembunuh.

Tidak tinggal diam, Mo yang merupakan mantan prajurit langsung menahan salah satu pelaku paling berbahaya di kelompok itu dan pergi menyelamatkan yang lain sebelum anggota kelompok tersebut datang menyelamatkan rekannya yang ditawan Mo.

10. Bullets for the Bad

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Crispian Belfrage Lenore Andriel
Selengkapnya →

Seorang pemburu hadiah bernasib sial ketika kehadirannya bertepatan dengan datangnya masalah besar. Sang pemburu (Crispian Belfrage) tengah berjalan untuk mencari keberuntungan di banyak kota. Sayang saat ia masuk ke sebuah kota kecil, nasib buruk menimpanya.

Pemburu itu terjebak dalam pertempuran dua kubu. Antara raja ternak dan beberapa orang lokal yang mengincar harta kekayaannya. Keadaannya tidak menguntungkan bagi sang Pemburu.

Mau tidak mau, Pemburu itu harus istirahat sejenak supaya tidak terlibat dalam perebutan kekuasaan itu. Sampai satu waktu, putri sang raja ternak diculik oleh kubu lain. Ia meminta bantuan sang Pemburu untuk menyelamatkan putrinya dengan cara apa pun yang diperlukan. Kini sang Pemburu tidak hanya mengincar hadiah saja, namun mengincar para pelaku juga.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram