Bacaterus / Film Artis Hollywood / Inilah 10 Film Laga Van Damme Terbaik yang Legendaris

Inilah 10 Film Laga Van Damme Terbaik yang Legendaris

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Jean-Claude Van Damme. Nama ini seolah menjadi jaminan mutu bagi para penggemar film aksi 90-an. Aktor kelahiran Belgia ini memang selalu mampu menampilkan laga yang memukau dengan kemampuan naturalnya sebagai seorang martial artist.

Wajar, karena Van Damme menguasai beberapa ilmu bela diri yaitu karate, kickboxing, muay thai, juga taekwondo. Bagi para milenial, aksinya bisa disaksikan dalam film Expendables 2. Van Damme juga merupakan pengisi suara karakter Master Croc dalam film animasi Kung Fu Panda 2.

Sama dengan aktor laga lain seperti Chuck Norris dan Steven Seagel, Van Damme juga termasuk dalam daftar aktor film action legendaris. Penasaran dengan film-filmnya? Ini dia 10 film terbaiknya.

1. Bloodsport (1988)

Bloodsport (1988)

Pada masanya, film ini adalah salah satu film action terbaik yang wajib tonton. Selain karena Bloodsport merupakan film yang melejitkan nama sang aktor, kita juga akan diperkenalkan pada akting dari aktor asal Tiongkok, Bolo Yeung yang menjadi lawan utama Van Damme bernama Chong Li. Kemudian, dialog singkat itu demam dimana-mana, ‘you are next!’.

Kisahnya adalah tentang seorang tentara bernama Frank Dux yang memilih ‘kabur’ dari kedinasannya dan memutuskan untuk memasuki sebuah turnamen bela diri underground. Frank melakukan hal tersebut sebagai penghargaannya terhadap sang guru yang telah menurunkan ilmu kepadanya. Konon, ceritanya adalah diangkat dari kisah nyata, tapi belum diakui kebenarannya.

2. Kickboxer (1989)

Kickboxer (1989)

Menyebut nama Van Damme, tidak akan terlepas dari dua film ini, yaitu Bloodsport dan Kickboxer. Apalagi keduanya memiliki alur cerita yang mirip, dimana sang aktor berperan sebagai seorang martial artist yang bermaksud menapaki pertandingan bela diri, dan ia melakukannya dengan motif tertentu. Dan film ini sedikit memiliki kemiripan dengan Karate Kid.

Ceritanya mengisahkan tentang Kurt Sloane, seorang atlit kickboxer yang memutuskan untuk menjadi petarung agar bisa membalaskan dendam sang kakak yang menjadi lumpuh akibat bertarung dengan seorang atlit yang tidak mengenal belas kasihan. Sama seperti Karate Kid, Kurt harus melalui metoda latihan yang tidak biasa demi mencapai tujuannya.

3. JCVD (2008)

JCVD (2008)

Jean-Calude van Damme adalah seorang aktor yang kurang beruntung. Agennya tidak dapat menemukan job yang baik untuknya, bahkan keluarganya juga dalam masalah. Hubungannya dengan sang anak berada dalam status child custody, malahan putrinya tersebut tidak mau mengakuinya sebagai seorang ayah. Hingga akhirnya, dia terjebak dalam sebuah kasus perampokan bank.

Cerita singkat di atas bukan kisah Van Damme yang sesungguhnya, itu adalah filmnya yang bertitel JCVD, hanya saja sang aktor menggunakan nama aslinya dalam film bergenre drama kriminal ini. Uniknya, dalam JCVD kita tidak akan melihat aksi sang The Muscles From Brussels sebagai seorang jagoan, tapi hanya seorang pria biasa yang terperosok dalam situasi buruk.

4. Sudden Death (1995)

Sudden Death (1995)

Sayang, film Van Damme yang satu ini kurang sukses di box office. Meskipun hanya meraup keuntungan 20.5 juta USD dari biaya produksinya yang mencapai 35 juta, di Australia, Filipina, Jerman dan Inggris Raya, Sudden Death berhasil meraup keuntungan total 64 juta USD di seluruh dunia. Meski Dihujani kritik negatif, harus diakui bahwa film ini merupakan salah satu film JCVD terbaik.

Agak berbeda dari film-filmnya yang lain dimana Van Damme sering berperan sebagai seorang dengan latar belakang tentara, dalam Sudden Death, ia memerankan seorang pemadam kebakaran bernama Darren Francis Thomas McCord yang mengetahui rencana sekelompok teroris dan berusaha untuk menggagalkannya.

5. Double Impact (1991)

Double Impact (1991)

Kita melihat banyak film laga ‘kembaran’ dimana sang jagoan kita ternyata, ya, memiliki saudara kembar, versi dirinya dari dunia lain seperti Jet Li dalam The One, atau Will Smith yang bertemu versi muda dari dirinya dalam Gemini Man.

Mungkin satu hal yang menarik dari film tentang ‘kembaran’ seperti ini adalah, bagaimana sang aktor memerankan dua kepribadian. Dan Van Damme melakukannya dalam film Double Impact.

Dia memerankan dua karakter yang berbeda, yaitu anak kembar Chad dan Alex Wagner yang memiliki misi balas dendam akan kematian orangtua mereka. Dalam film ini, JCVD berhasil membangun chemistry Chad dan Alex. Juga, dia kembali berkolaborasi dengan Bolo Yeung.

6. Hard Target (1993)

Hard Target (1993)

Kali ini JCVD memerankan seorang pelayar –yang jagon tentu saja- bernama Chance Bourdreux yang membantu seorang gadis bernama Natasha Binder untuk menemukan ayahnya. Keduanya kemudian mengetahui bahwa ayah dari Natasha telah tewas di tangan dua orang businessman eksentrik yang memiliki hobi mengerikan.

Film ini terinspirasi dari sebuah film klasik tahun 1932 yang diadaptasi dari cerpen terbitan 1924 berjudul The Most Dangerous Game. Yang membuat film ini memiliki nafas action yang cukup baik adalah karena di nahkodai oleh sutradara Hong Kong kawakan John Woo, yang juga terkenal dengan film-film laganya.

7. Universal Soldier (1992)

Universal Soldier (1992)

Jika sekarang kita mengenal karakter seperti Wolverine dan Deadpool yang merupakan hasil rekayasa genetika, begitu juga Captain America sebagai seorang super soldier, Van Damme juga telah memerankan karakter seperti itu di tahun 1992, lewat film Universal Soldier. Meskipun dihujani kritik, film ini sukses besar dengan meraup keuntungan 80 juta USD.

Kisahnya sendiri adalah tentang seorang prajurit Perang Vietnam Amerika Serikat bernama Luc Deveraux yang sebenarnya telah tewas pada tahun 1969, namun dibangkitkan kembali lewat sebuah proyek rahasia militer bernama Universal Soldier. Dalam film ini, JCVD beradu akting bersama aktor laga legendaris lainnya, yaitu Dolph Lundgren.

8. Time Cop (1994)

Time Cop (1994)

Sepertinya seorang aktor laga tidak sahih jika tidak berperan dalam film laga science fiction dengan tema futuristik. Sama seperti rekannya; Arnold Schwarzenegger dalam Total Recall, Sylvester Stallone dalam Judge Dredd, Van Damme memerankan seorang polisi masa dalam dalam film Time Cop. Ada yang mengatakan bahwa film ini memiliki kemiripan dengan Minority Report.

Van Damme berakting sebagai Max Walker, seorang polisi penjelajah waktu yang bekerja untuk Time Enforcement Commission. Dimana tugasnya adalah menangkap para kriminal yang melakukan aksinya lewat penjelajahan waktu. Lantas, aksi laga dalam film ini mulai menjadi emosional ketika Max berpikir untuk menghentikan pembunuhan terhadap istrinya 10 tahun yang lalu.

9. Lionheart (1990)

Lionheart (1990)

Sepertinya, pada masanya, film tentang turnamen bela diri adalah salah satu aksi yang disukai oleh apra penonton. Sebut saja Karate Kid dan Best of the Best, juga berpengaruh pada anime di masa itu seperti Dragon Ball contohnya. Dan Van Damme kembali membintangi film dengan tema pertarungan bela diri dalam Lionheart.

Singkat saja, kisahnya menceritakan seorang tentara Legiun Asing bernama Lyon Gaultier yang datang ke Los Angeles untuk bergabung dalam sebuah turnamen bela diri undergorund demi menyelamatkan kondisi finansial keluarga saudaranya. Ini adalah film kedua JCVD berakting bersama Michel Qissi, sahabat dekatnya yang dikenal sebagai Tong Po dalam film Kickboxer.

10. Expendables 2

Expendables 2

Ya, ini bukan film dengan nama Jean-Claude van Damme sebagai pemeran utama. Tapi yang membuat film garapan Sylvester Stallone menarik adalah, seluruh aktor laga baik dari masa Rambo hingga era milenium tampil di sini. Dan salah satunya adalah JCVD. Biasa tampil sebagai jagoan utama, dalam Expendbles 2 ia berperan sebagai penjahat.

Bagi para penggemar film aksi terutama fans Van Damme, Expendables menjadi menarik karena dia beradu aksi dengan Stallone. Selain itu, dia juga ditantang oleh Jason Statham, jagoan kita dari masa kini, meskipun hanya sebentar saja.

Sekali lagi, ini bukan film solo Van Damme, tapi melihat dia bergabung bersama para aktor laga kawakan lain, Expendables 2 tetap masuk daftar wajib tonton.

Itulah film-film terbaik Van Damme yang bisa kamu saksikan untuk menambah referensi film action kamu. Selain film-film tersebut, masih banyak film yang dibintangi oleh aktor kelahiran Brussels, Belgia ini. Contohnya, Universal Soldier yang memiliki dua sequel. Atau juga Legionnaire dimana Van Damme kembali berperan sebagai tentara Legiun Asing milik Perancis.

Salah satu aksi Van Damme yang memorable adalah, kemampuan berlatih bela diri dengan posisi split-nya tersebut. Tenang, kamu bisa melihat gaya khasnya ini dalam beberapa film. Kalau kamu punya pengalaman dengan film keren dari Van Damme lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *