10 Rekomendasi Film Turki Terbaik yang Patut Disaksikan

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Beberapa tahun lalu, pertelevisian Indonesia sempat dihiasi oleh hadirnya serial drama dari Turki. Selain ceritanya yang hampir sama dengan sinetron Tanah Air, tayangan tersebut semakin diminati karena tampilan para pemainnya yang memiliki paras wajah memesona.

Tak hanya serial dramanya saja yang menarik untuk ditonton, industri sinema Turki pun mempunyai sederet film-film yang seru untuk disaksikan. Seiring perkembangan zaman dan budaya, film Turki pun semakin maju dengan menjadi tontonan untuk warganya, orang Eropa dan Hollywood.

Jika kamu membutuhkan referensi baru di daftar tontonanmu, tidak ada salahnya mencoba menonton film-film yang berasal dari negara beribu kota Ankara ini. Untuk memudahkanmu dalam memilih yang terbaik, Bacaterus akan memberikan rangkumannya di bawah ini.

1. Fetih 1453 (2012)

Fetih 1453

* sumber: www.covertr.com

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Drama, History
  • Sutradara: Faruk Aksoy
  • Pemeran: Devrim Evin, Ibrahim Celikkol, Dilek Serbest
  • Perusahaan Produksi: Aksoy Film, Med Yapim, Medyapim

Fetih 1453 bercerita tentang penaklukan Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) yang dilakukan oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih.

Film ini dibintangi oleh sederet aktor Turki, seperti Devrim Evin (Sultan Mehmed II), Ibrahim Celikkol (Ulubatli Hasan, pemimpin pasukan kavaleri Kekaisaran Ottoman), dan Recep Aktug (Constantine XI, Kaisar Bizantium terakhir).

Sultan Mehmed II menjadi penguasa Ottoman selepas ayahnya, Murat II turun tahta dari jabatannya. Ia lalu berencana untuk menguasai Konstantinopel setelah banyak yang gagal menaklukan benteng besar Romawi Timur tersebut.

Pada April tahun 1453, penduduk Konstantinopel sedang merayakan paskah, dan saat itu pulalah Sultan Mehmed II bersama pasukannya bersiap menuju gerbang pertempuran.

2. Mustang (2015)

Mustang

* sumber: www.theguardian.com

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Deniz Gamze Ergüven
  • Pemeran: Günes Sensoy, Doga Zeynep Doguslu, Tugba Sunguroglu
  • Perusahaan Produksi: CG Cinéma, Vistamar Filmproduktion, Uhlandfilm

Ini adalah debut film perdana dari seorang sutradara berkebangsaan Turki-Prancis bernama Deniz Gamze Erguven. Mustang yang dirilis pada tahun 2015 menceritakan kehidupan lima saudara perempuan yatim piatu bernama Lale, Nur, Ece, Selma dan Sonay. Mereka harus tumbuh dan menghadapi tantangan di sebuah lingkungan masyarakat yang konservatif.

Mustang ditayangkan secara perdana dalam sesi Director's Fortnight di ajang Festival Film Cannes 2015, dan langsung memenangkan Europa Cinemas Label Award. Film ini dinominasikan untuk Golden Globe Award ke-88 sebagai Best Foreign Language Film.

Selanjutnya, film yang satu ini memenangkan empat penghargaan dari sembilan nominasi di 41st César Awards untuk kategori Best First Feature Film, Best Original Screenplay, Best Editing dan Best Original Music.

3. The Edge of Heaven (2007)

The Edge of Heaven

* sumber: www.esg.co.in

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Fatih Akin
  • Pemeran: Baki Davrak, Nurgül Yesilçay, Tuncel Kurtiz
  • Perusahaan Produksi:  Anka Film, Beauftragter der Bundesregierung für Angelegenheiten der Kultur und der Medien (BKM), Dorje Film

The Edge of Heaven merupakan sebuah film drama Turki-Jerman yang berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Prix du Scenario di Festival Film Cannes 2007. Film ini ditulis dan digarap oleh seorang sutradara bernama Fatih Akin.

Film ini menceritakan Nejat yang harus mengikuti keinginan ayahnya untuk menikahi seorang perempuan keturunan Turki yang tinggal di Jerman bernama Yeter.

Sang perempuan yang bekerja sebagai pelacur ini memiliki seorang putri yang berada di Turki bernama Ayten. Suatu hari, Yeter meninggal dunia dan berusaha mencari keberadaan Ayten.

Sementara itu, Ayten adalah seorang aktivis politik yang melarikan diri ke Jerman. Kehidupannya di negara tersebut tidak berjalan baik. Ia berhasil ditangkap oleh petugas keamanan dan harus kembali pulang ke tanah kelahirannya di Turki.

4. Winter Sleep (2014)

Winter Sleep

* sumber: waitingforistanbul.wordpress.com

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Nuri Bilge Ceylan
  • Pemeran: Haluk Bilginer, Melisa Sözen, Demet Akbag
  • Perusahaan Produksi: Zeynofilm, Memento Films Production, Bredok Filmproduction

Aydin adalah seorang pria sukses yang mengelola sebuah hotel. Namun, ia sedang mengalami krisis rumah tangga karena selalu berseteru dengan istrinya, Nihal. Saat musim dingin datang, Aydin mulai menyadari jika banyak orang yang tidak menyukai dirinya dan atu persatu masalah pun muncul.

Winter Sleep adalah sebuah film berkualitas dari Turki yang memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes ke-67. Sang sutradara yang menggarap film ini, Nuri Bilge Ceylan, kemudian memenangkan penghargaan untuk kategori Achievement in Directing pada ajang Asia Pacific Screen Awards 2014.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram