10 Film Terbaik yang Diperankan oleh Toby Jones

Ditulis oleh Gerryaldo

Dulu nama Toby Jones belum setenar sekarang. Ia selalu mendapat peran kecil dan bahkan kadang tidak dianggap. Entah mungkin karena kualitas aktingnya yang belum mumpuni atau karena perawakan Toby yang mini untuk ukuran pria dewasa umumnya, sehingga penampilannya di layar kaca kurang menggugah.

Baca Juga: 20 Film Action Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2023

Namun Toby Jones tidak rendah diri. Ia terus menerima peran apapun dan mengerjakannya dengan baik. Hal ini yang membuat nama Toby Jones semakin lama semakin dikenal banyak orang. Kalian tidak akan mungkin belum pernah melihat nama Toby Jones di beberapa film-film keren di bawah ini!

1. Harry Potter and The Chamber of Secrets

Toby Jones_Harry Potter and The Chamber of Secrets (Copy)

Dalam film karya sutradara Chris Columbus ini, Toby Jones mendapatkan peran untuk mengisi suara salah satu tokoh bernama Dobby. Diceritakan, Dobby merupakan peri rumah yang muncul dan disayangi oleh karakter utama yakni Harry Potter (Daniel Radcliffe), meski awalnya mereka sempat bersitegang.

Hal tersebut terjadi lantaran Dobby selalu mencoba menghentikan Harry Potter untuk kembali ke Hogwarts. Namun penonton akan mengerti alasannya, ia sangat peduli dengan Harry Potter dan merupakan peri baik. Padahal dulunya Dobby selalu diperlakukan secara kasar oleh tuannya sehingga ia memberontak.

2. Infamous

Toby Jones_Infamous (Copy)

Truman Capote (Toby Jones) merupakan seorang penulis yang dikenal atas kecerdasannya dan bakat di bidang fashion sehingga tak hanya masyarakat biasa saja yang mengetahui dirinya, kalangan sastrawan pun mengagumi karya Truman. Satu kali ada kasus pembunuhan brutal yang mencuri perhatian publik.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, ia dan teman baiknya Nelle Harper Lee (Sandra Bullock) melakukan perjalanan panjang dari New York ke kota di bagian barat Amerika untuk bertemu dengan sang pembunuh yang sudah tertangkap. Namuh Truman malah menjalin hubungan dengan sang pembunuh, Perry (Daniel Craig).

3. The Mist

Toby Jones_The Mist (Copy)

Sebuah badai hebat menerjang kota kecil Bridgton, Maine semalam penuh. Ini membuat kota itu menjadi lumpuh. Banyak pohon tumbang dan kerusakan dimana-mana. Hal tersebut membuat banyak penduduk datang ke supermarket lokal untuk membeli persediaan juga alat-alat perbaikan rumah mereka.

Supermarket lokal itu kewalahan karena listrik pun padam. Salah satu staff, Ollie (Toby Jones) pun turut kerepotan. Hal itu diperburuk dengan adanya kabut tebal yang datang secara tiba-tiba. Di dalam kabut itu terdapat monster besar yang siap melahap siapapun, membuat Ollie dan lainnya harus bertahan hidup.

4. Creation

Toby Jones_Creation (Copy)

Dalam film Creation, Toby Jones memerankan tokoh bernama Thomas Henry Huxley, seorang ahli biologi Inggris dan pendukung teori evolusi Charles Darwin. Thomas Huxley memainkan peran penting dalam mempromosikan dan membela ide-ide Darwin. Dia digambarkan sebagai pengagum karya Darwin.

Bukan sebatas pengagum Darwin saja, Thomas Huxley, bersama dengan Joseph Dalton Hooker (Benedict Cumberbatch) memberikan dukungan dan dorongan kepada Darwin saat ia menghadapi tantangan dalam menyelesaikan naskahnya yang sangat ditentang. Singkatnya, Thomas digambarkan sebagai teman yang membantu Darwin selama masa-masa penting dalam perjalanan ilmiahnya.

5. Captain America: The First Avenger

Toby Jones_Captain America: The First Avenger (Copy)

Film karya sutradara Joe Johnston ini menampilkan Toby Jones sebagai salah satu tokoh penting dalam cerita. Ia memerankan Arnim Zola, seorang ilmuwan yang bersekutu dengan Red Skull pada Perang Dunia II. Arnim diceritakan berusaha mengeksploitasi kekuatan Tesseract untuk tujuan jahat mereka. 

Dirinya berkolaborasi dengan Red Skull untuk memanfaatkan energi Tesseract untuk eksperimen ilmiah dan kemajuan teknologi. Captain America (Chris Evans) lantas ditugaskan untuk menyelamatkan kekuatan Tesseract sebelum jatuh ke tangan Hydra, namun melawan mereka bukanlah jadi tugas mudah.

6. The Rite

Toby Jones_The Rite (Copy)

Kali ini Toby Jones berperan sebagai Pastor Matthew dalam film horor The Rite. Ia diceritakan memiliki peran penting sebagai mentor bagi Michael Kovak (Colin O’Donoghue), putra seorang pemilik rumah duka dan pengusaha sukses, Istvan. Michael kecewa dengan pekerjaannya dan berencana untuk tidak masuk seminari.

Samasa pembelajaran, Michael berencana untuk meninggalkan seminari, tetapi setelah menyaksikan sebuah tindakan penuh belas kasih, Pastor Matthew mendorongnya untuk menjadi seorang imam. Sang pastor menyarankannya untuk mengikuti kursus pengusiran setan di Roma lewat bimbingan Pastor Matthew sendiri.

7. The Hunger Games

Toby Jones_The Hunger Games (Copy)

Dalam dunia dystopia, hiduplah seorang gadis bernama Katniss Everdeen (Jenifffer Lawrence). Untuk bertahan hidup, setiap tahunnya remaja dari keluarga miskin seusia Katniss akan diikutsertakan dalam sebuah perang mematikan bernama Hunger Games yang disiarkan di TV. Siapapun yang menang berhak hidup layak.

Acara tahunan itu dipandu oleh Caesar (Stanley Tucci) dan rekannya Claudius Templesmith (Toby Jones) dan didanai besar-besaran oleh Capitol. Mereka berdua yang nantinya memimpin dan memberikan informasi tentang pertandingan dimana Katniss bersama aliasinya bertarung untuk tetap hidup sampai garis akhir.

8. Morgan

Toby Jones_Morgan (Copy)

Setelah sukses memerankan banyak peran di berbagai genre film, kali ini Toby Jones bekerjasama dengan Sutradara Luke Scott dalam film Sci-Fi, Morgan. Ia memerankan tokoh Dr. Simon Ziegler, salah satu ilmuwan yang memimpin proyek L-9 di SynSect. Dr. Simon bertanggung jawab atas pengembangan proyek.

Proyek L-9 sendiri merupakan sebuah makhluk buatan dengan DNA sintetis yang ditanamkan teknologi nano bernama Morgan. Selama pengerjaan proyek itu, Dr. Simon dan Dr. Lui Cheng (Michelle Yeoh) berdiskusi tentang bahayanya Morgan, karena prototipe itu malah menyebabkan kematian 21 peneliti SynSect.

9. Jurassic World: Fallen Kingdom

Toby Jones_Jurassic World: Fallen Kingdom (Copy)

Setelah hancurnya pulau Isla Nublar akibat kesalahan ilmuwan membuat dinosaurus buatan dari rangkaian campuran DNA, pemerintah segera menutup kawasan itu. Namun ada beberapa pihak yang ingin mengambil keuntungan dari kejadian itu. Mereka mengambil beberapa sampel DNA dinosaurus untuk dibuat kembali.

Sedangkan dinosaurus yang tersisa di Isla Nublar akan diambil untuk dijual kembali. Acara lelang itu nantinya akan dipimpin oleh Eversoll (Toby Jones), seorang juru lelang yang menjual dinosaurus hasil tangkapan di pasar gelap. Dia terlibat dalam konspirasi dengan Eli Mills (Rafe Spall), ajudan Sir Benjamin Lockwood.

10. Indiana Jones: The Dial of Destiny

Toby Jones_Indiana Jones: The Dial of Destiny (Copy)

Di tahun 1944, seorang arkeolog sekaligus petualang Amerika, Indiana Jones (Harrison Ford) hendak mengambil sebuah barang langka yang dicuri pihak NAZI dan hendak menggunakannya di museum. Aksinya itu dibantu oleh teman dekatnya, Basil Shaw (Toby Jones) seorang profesor di Oxford University.

Alih-alih mendapat barang yang dicari, Basil malah menemukan barang lainnya yang punya kekuatan super untuk membuka garis waktu. Benda berbentuk jam itu bernama Antikythera. Basil jadi sangat terobsesi padanya dan meminta Jones untuk menjaga jam itu jangan sampai jatuh ke tangan yang salah.

Demikian 10 film terbaik yang dimainkan oleh Toby Jones. Selain film, Toby Jones juga selalu piawai dalam memerankan banyak tokoh di serial Televisi, drama radio dan teater. Berkat hal itu, di Tahun Baru 2021, Toby Jones diangkat sebagai Officer of the Order of the British Empire (OBE) atas jasanya dalam dunia drama.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram