bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Indonesia / Inilah 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Titi Kamal

Inilah 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Titi Kamal

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 Februari 2021

Kurniati Kamalia, atau yang lebih dikenal dengan nama Titi Kamal, adalah model, aktris sinetron, juga aktris film asal Indonesia. Wanita kelahiran 7 Desember 1981 ini identik dengan mahkota alias rambutnya yang tidak pernah berganti, yaitu hitam dan panjang.

Salah satu alasannya tidak pernah mengganti model rambut adalah karena suaminya, Christian Sugiono, menyukai rambut alami Titi. Juga, Titi pernah menjadi duta salah satu merk shampo gitu. Wajar saja, rambutnya hitam, tebal, dan panjang, cantik sekali!

Proyek Titi Kamal dalam dunia hiburan sebenarnya sudah sangat banyak. Tapi, bisa dibilang yang melambungkan namanya adalah film "Mendadak Dangdut". Karakternya sebagai penyanyi rock yang banting setir menjadi penyanyi dangdut, dan lagu yang ia nyanyikan untuk OST. film tersebut yaitu "Jablai", sangatlah ikonik. Bahkan, sampai sekarang istilah jablai masih sering digunakan.

Kebanyakan film yang dimainkan TiKam memang ber-genre drama, romantis, dan komedi. Tapi, wanita cantik ini pernah bermain dalam film horor juga, loh! Penasaran dengan film-film Titi Kamal yang paling seru versi Bacaterus? Berikut list-nya!

1. Makmum

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horor
  • Sutradara: Hadrah Daeng Ratu
  • Produksi: Blue Water Films, Dee Company
  • Pemeran: Titi Kamal, Ali Syakieb, Tissa Biani, Bianca Hello, Adila Fitri, Jajang C. Noer, Arief Didu, Misha Jeter
  • Film yang Berhubungan: "Makmum 2"

Sinopsis & Review Makmum

Pernah menonton film pendek berjudul "Makmum" karya Riza Pahlevi? Ini ada versi panjangnya, bahkan dirilis pada tahun yang sama pula! Bukan sembarang short movie, "Makmum" telah meraih berbagai penghargaan. Makanya, wajar banget kalau film pendek ini langsung dibuat versi long-nya dan bahkan sequel-nya sedang digarap per tahun 2021.

Ini adalah film pertama Titi Kamal dalam film horor, loh! Menceritakan Rini (Titi Kamal) yang menyetujui ajakan Ibu Kinanti (Jajang C. Noer), ibu asramanya dulu, untuk kembali ke asrama tersebut. Bukan sekedar kembali, Rini juga bakal mengelola asrama itu karena Ibu Kinanti sudah sakit-sakitan. Saat itu sedang masa liburan, tapi ada tiga anak yang dilarang pulang karena nilainya jelek, ialah Nurul, Putri, dan Nisa.

Mereka selalu mengeluhkan kalau di asmara ada sesuatu yang mengganggu. Apalagi saat mereka sedang sholat, mereka merasa kalau di belakang ada 'makmum' alias seseorang yang mengikuti mereka saat beribadah. Akan tetapi, itu bukan orang, melainkan makhluk gaib. Dan, tentu saja si makhluk tak kasat mata ini ikut-ikut menghantui Rini, bahkan hingga mengancam keselamatan nyawanya.

2. Mendadak Dangdut

  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Komedi, Musikal
  • Sutradara: Rudi Soedjarwo
  • Produksi: SinemArt Pictures
  • Pemeran: Titi Kamal, Kinaryosih, Dwi Sasono, Sakurta Ginting, Vincent Ryan Rompies, Teuku Rifnu Wikana

Siapa yang suka dangdut? Sering dianggap sebelah mata, padahal dangdut adalah genre musik yang sangat menarik. Mungkin, itu juga yang dipikirkan oleh Petris (Titi Kamal). Petris adalah penyanyi solo ber-genre rock alternatif yang sedang naik daun. Di balik ketenarannya, ternyata ia memiliki sifat yang nggak banget.

Petris egois, pemarah, memandang remeh apapun yang selain ia sukai, dan ia memperlakukan kakak yang sekaligus manager-nya dengan sangat tidak sopan, masa saat haid, kakaknya yang mencuci celananya?! Peran kakaknya, yaitu Yulia, dimainkan oleh Kinaryosih. Plot thickens ketika ada pemeriksaan mobil di jalanan oleh polisi, karena kabarnya akan ada kurir narkoba melalui jalan tersebut.

Tadinya sempat percaya diri, namun ternyata di dalam mobil kakak beradik itu didapatkan sejumlah narkoba yang merupakan milik pacar Yulia. Tapi, sang pacar sempat kabur, sehingga Petris dan Yulia yang ditangkap. Izin ke toilet, Petris dan Yulia pun kabur dari genggaman polisi. Mereka berlari hingga mencapai suatu kampung. Di sana sedang ada panggung yang cukup besar yang dimeriahkan oleh orkes dangdut keliling.

Logikanya, jika bersembunyi maka polisi bisa menemukan mereka. Tapi, jika 'dilemparkan ke publik dengan dibungkus sesuatu', maka itu tidak akan kelihatan, walau ada di depan mata sekalipun. Maka, Yulia pun mencetuskan agar Petris bernyanyi di panggung tersebut. Tentu Petris yang berjiwa ninggi menolak. Tapi, mau tidak mau, ia pun melakukan ide kakaknya. Siapa sangka, Petris malah direkrut jadi penyanyi tetap dengan nama panggung Iis.

3. Insya Allah Sah

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Drama, Komedi
  • Sutradara: Benni Setiawan
  • Produksi: MD Pictures
  • Pemeran: Pandji Pragiwaksono, Titi Kamal, Richard Kyle, Tanta Ginting, Donita, Prilly Latuconsina, Deddy Mizwar

"Insya Allah Sah", dari judulnya mungkin kamu beranggapan ini film religi. Well, tidak sepenuhnya benar, karena ini adalah film drama komedi. Film ini diangkat dari novel dengan judul sama karya Achi TM. Titi Kamal berperan sebagai Silvi. Suatu hari, ia akan mengunjungi Dion (Richard Kyle), tunangannya. Lalu, Silvi terjebak di lift yang tiba-tiba mati. Di dalam lift itu ia tidak sendiri, ada seorang pria dengan dandanan eksentrik bernama Raka.

Raka adalah seseorang lugu, aneh, dan sangat religius. Ternyata, Raka merupakan salah satu karyawan Dion. Karena panik terjebak di lift, Silvi ber-nazar, kalau misalnya ia selamat maka ia akan ber-hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih taat lagi. Setelah mengucapkan janjinya, lift tiba-tiba kembali beroperasi dan Silvi juga Raka bisa keluar.

Sejak hari itu, Raka selalu membayangi Silvi untuk memenuhi nazar-nya. Lalu, bagaimana reaksi Dion jika kekasihnya tiba-tiba hijrah?

4. Rumput Tetangga

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Komedi, Drama, Keluarga
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Produksi: RA Pictures
  • Pemeran: Titi Kamal, Donita, Gading Marten, Tora Sudiro, Raffi Ahmad, Asri Welas, Kirana Larasati

Ada pepatah, rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Karena, memang istilah ini begitu melekat di kehidupan sehari-hari, terutama pada orang dewasa dan yang telah berkeluarga. "Rumput Tetangga" adalah film drama keluarga yang ceritanya relate banget dengan kehidupan banyak orang. Di film ini, TiKam berperan sebagai tokoh utama, yaitu Kirana, seorang ibu rumah tangga.

Dulu, Kirana merupakan siswi paling berprestasi sekaligus populer di sekolahnya. Tapi, karena sekarang ia tidak bekerja dan menjadi IRT full time, ia mengalami krisis kepercayaan diri. Ia merasa kalau ia belum bisa menjadi istri yang ideal untuk suaminya, Ben (Raffi Ahmad), dan juga menjadi ibu yang baik untuk anaknya, Rega dan Windy.

Suatu hari pada acara reuni SMA-nya, ada seorang peramal yang mengatakan kalau impiannya untuk menjadi wanita karir yang sukses bisa terkabul. Esoknya, Silvi terbagun dengan kondisi single, belum menikah dan belum memiliki anak, dan ia memiliki apartemen super wah.

Awalnya ia sangat menikmati hidup sebagai wanita sukses, tapi lama-kelamaan ia kangen juga pada suami dan anak-anaknya. Kira-kira, Silvi bisa kembali ke kehidupan asalnya tidak, ya?

5. Hangout

Judulnya membuat film ini terlihat seperti film yang santai dan ceria, ya? Padahal, "Hangout" merupakan film misteri. Tapi, namanya juga garapan Raditya Dika dan salah satu pemainnya ada Soleh Solihun, pasti ada bumbu komedinya juga.

Kisah "Hangout" dimulai ketika ada undangan misterius dari pria yang misterius pula. Undangan tersebut ditandatangani oleh Tonni P. Sacalu. Ia mengundang 9 orang terkenal (yang kebetulan cukup akrab satu sama lain) untuk hangout di sebuah vila di pulau terpencil.

Dengan embel-embel bisnis menggiurkan, ke-9 orang itu pun berangkat ke pulau antah berantah itu. Kebingungan dan ketakutan, pada malam pertama saja sudah ada masalah di vila tersebut. Bukan cuma masalah sepele, karena salah satu tamu undangan, yaitu Mathias Muchus, mati mendadak setelah makan makanan yang telah disediakan.

Tentu semuanya ingin segera pulang, tapi karena itu pulau terpencil, tidak ada sinyal telepon, dan perahu penjemput mereka sudah dijanjikan untuk baru kembali 5 hari kemudian. Tak hanya Om Mathias, satu per satu tamu undangan pun meninggal akibat hal yang berbeda-beda.

Mereka pun gencar mencari siapa dalang dibalik semua pembunuhan ini. Siapakah si Tonni P. Sacalu ini dan kenapa mereka semua dikumpulkan untuk dibunuh?

6. Ada Apa dengan Cinta?

  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Romansa, Drama
  • Sutradara: Rudi Soedjarwo
  • Produksi: Miles Films, Tanakhir Films, Legacy Pictures
  • Pemeran: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Ladya Cheryl, Sissy Priscillia, Adinia Wirasti, Dennis Adhiswara
  • Film yang Berhubungan: "Ada Apa dengan Cinta? 2"

Ini, sih, sudah pasti semua orang tahu. "Ada Apa dengan Cinta?" adalah cerita yang sangat dikenang. Saking dicintainya, 14 tahun kemudian, cerita ini pun dilanjutkan dalam sequel yang dibalut ciamik. Di kedua film tersebut, Titi Kamal masih berperan sebagai Maura, teman gengnya Cinta, Carmen, Milly, dan Alya. Cerita yang pertama ini berlatarkan masa SMA.

Geng Cinta dkk ini sangat kompak. Namun, saat Cinta mulai jatuh 'cinta', ia sedikit mengabaikan gengnya yang berakhir fatal.

7. Sesuai Aplikasi

*
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Komedi
  • Sutradara: Adink Liwutang
  • Produksi: -
  • Pemeran: Valentino Peter, Lolox, Ernest Prakarsa, Titi Kamal, Dayu Wijanto, Meisya Amira

"Sudah sesuai aplikasi, ya!", itu adalah frasa yang sering kita dengar sebagai pengguna ojek online atau ojol. Dan, memang film ini menceritakan tentang pengendara atau supir dari ojol. Ada dua orang pengemudi ojol bernama Pras dan Duras yang gagal mengantarkan dua pesanan karena barang tersebut hilang. Mereka pun harus menemukan kembali barang yang hilang tersebut.

Dalam kehidupan pribadinya, mereka berdua ternyata mengalami masalah yang cukup pelik. Ibu Pras harus dioperasi jantungnya, tentu itu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Duras juga harus bekerja keras untuk menghidupi ia dan adiknya. Tiba-tiba, ada seorang pencuri profesional yang bernama Sakti. Ia menyamar sebagai pemilik warkop bernama Nasgitel.

Suatu hari, Sakti kehilangan berlian (yang ia curi) dari rentenir bernama Ci Asiu. Sakti pun menyewa duo sejoli Pras dan Duras untuk mengambil kembali berlian itu. Sedang terhimpit masalah ekonomi yang mendesak, apa yang akan dilakukan Pras dan Duras, ya? Titi Kamal bermain sebagai Sofiyah, orang yang tak sengaja membawa berlian tersebut ke rumahnya.

8. Doa yang Mengancam

  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Produksi: -
  • Pemeran: Aming, Titi Kamal, Ramzi, Deddy Sutomo, Nani Widjaja, Jojon, Zaskia Adya Mecca, Cahya Kamila, Cici Tegal

"Doa yang Mengancam" adalah satu-satunya film di mana kamu bisa menonton Aming berakting 'serius', karena biasanya pria kurus itu berakting dalam film komedi yang santai. Aming berperan sebagai Madrim, seorang kuli angkut.

Ia merasa nasibnya sangat tidak adil. Sahabatnya yang bernama Kadir adalah seorang marbot alias penjaga mushola. Kadir mengajak Madrim untuk lebih rajin beribadah.

Tapi, Madrim tidak sabar. Ia merasa percuma sholat karena hidupnya begitu-begitu saja. Lalu, ada masalah perampokan yang terjadi, dan itu mengilhami Madrim untuk 'mengancam' Tuhan. Jika dalam waktu tiga hari doanya tidak dikabulkan, ia akan berpaling untuk memuja setan.

Tepat pada hari ke-3, Madrim tersambar petir. Tapi, ia tidak meninggal, hanya pingsan saja. Saat sadar, Madrim tiba-tiba memiliki kemampuan untuk dapat mengetahui lokasi seseorang hanya dengan melihat fotonya.

Madrim pun diminta bantuan oleh polisi untuk melacak lokasi para buronan. Hal ini diketahui oleh seorang buronan kelas kakap yang kaya raya. Madrim pun diculik dan disekap di apartemennya. Tapi, Madrim diberi gaji untuk mau disekap itu, ia juga diberi pengawalan yang ketat agar tidak kabur.

Walaupun menjadi lebih berkecukupan, ternyata Madrim tidak bahagia karena ia ingin bertemu kembali dengan istrinya, Leha (Titi Kamal), yang kabur akibat kemiskinan.

9. D.O - Drop Out

  • Tahun rilis:
  • Genre: Komedi dewasa
  • Sutradara: Winaldha E. Melalatoa
  • Produksi:
  • Pemeran: Ben Joshua, Titi Kamal, Sarah Sechan, Dimas Aditya, Dwi Sasono, Donna Harun, dr Boyke

"D.O - Drop Out" merupakan film komedi dewasa, anak kecil jangan nonton! Xixi. Di sini, Titi Kamal berperan sebagai Lea, seorang asisten dosen. Ia akan menjadi love interest dari Jemi (Ben Joshua) yang merupakan mahasiswa abadi alias tidak lulus-lulus.

Makanya, ia diancam akan di-D.O alias drop out oleh pihak kampus. Lea pun membantu Jemi untuk bisa lulus dan Jemi membantu Lea agar 'tidak terlalu serius'. Hubungan ini menumbuhkan rasa cinta diantara mereka berdua.

10. Eiffel... I'm in Love

*
  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Drama, Komedi romantis, Remaja
  • Sutradara: Nasri Cheppy
  • Produksi: Soraya Intercine Films
  • Pemeran: Samuel Rizal, Shandy Aulia, Yogi Finanda, Titi Kamal, Didi Petet, Hilda Arifin, Rianti Cartwright, Helmy Yahya

Review Film Eiffel... I'm in Love

Siapa yang belum pernah nonton "Eiffel... I'm in Love"? Kayaknya semua orang sudah menontonnya, karena film ini nge-hits banget pada masanya. Di sini Titi Kamal tidak memainkan peran utama, tapi karakternya cukup penting.

Ia bermain sebagai mantan pacar Adit (Samuel Rizal) sekaligus pacar simpanan Ergi. Yang mana, kedua pria tersebut berhubungan dengan Tita (Shandy Aulia). Ergi adalah pacar Tita dan Adit adalah pria yang 'dijodohkan' dengan Tita. Baca review film-nya lewat link di atas, yuk.

Nah, itu dia 10 film terbaik Titi Kamal versi Bacaterus. Masih ada banyak, kok, proyek film lainnya dari TiKam. Kalau menurut kamu, akting Titi Kamal yang paling greget di film mana?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram