Bacaterus / Film Horror Indonesia / 5 Film Thriller Indonesia Paling Seru dan Menegangkan

5 Film Thriller Indonesia Paling Seru dan Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2019

Coba di sini, siapa yang suka nonton film thriller? Mungkin pasar film thriller, khususnya film thriller Indonesia nggak sebesar film komedi atau drama. Buat kamu yang nggak suka film thriller mungkin bingung kenapa orang-orang ada yang suka film thriller?

Mungkin kamu bertanya-tanya, buat apa buang-buang duit ke bioskop cuma supaya dibikin takut dan deg-degan? Begini, rasanya nonton film thriller itu kurang lebih kayak stalking akun Instagram mantan yang bikin kamu susah move on. Kamu pasti pernah kayak gitu kan? Kamu tahu kalau nggak bakal ketawa atau bergembira, tapi kamu tetap ngotot melakukan.

Memproduksi film thriller punya kerumitan sendiri. Karena itulah film thriller Indonesia nggak sebanyak film thriller luar negeri. Selain karena pasarnya yang nggak sebesar drama, pembuatannya pun rumit luar biasa.

Meski begitu, bukan berarti kita nggak punya atau nggak bisa bikin film thriller. Anak bangsa kita mampu bikin film thriller, meskipun jumlahnya nggak sebanyak film drama atau film komedi. Berikut ini beberapa film thriller Indonesia yang Bacaterus rekomendasikan, barangkali kamu penasaran terus pengin coba nonton.

1. Rumah Dara [2010]

Rumah Dara

Di kancah Internasional, film thriller Indonesia yang satu ini hadir dengan judul Macabre. Dengan begitu, kualitas film ini sudah diakui di dunia perfilman internasional. Rumah Dara menyajikan kengerian yang nyata. Apa yang ada di dalam ceritanya mungkin bisa terjadi kepada siapa saja.

Ini tentang sekelompok orang biasa yang tadinya hanya berniat untuk mengantar kepergian teman mereka ke Bandara. Sebuah kegiatan yang sama sekali nggak aneh. Sampai kemudian mereka bertemu dengan Maia yang mengaku baru saja dirampok. Atas nama simpati, mereka mengajak Maia untuk pulang bersama.

Dari sanalah semuanya berawal, ketika Maia mengajak mereka mampir di rumah keluarganya. Keluarga Maia, bukan keluarga pada umumnya. Keanehan mulai tampak ketika mereka semua bersantap malam bersama. Satu demi satu pingsan, lalu semuanya harus menghadapi sesuatu yang lebih mengerikan daripada kematian.

2. Pengabdi Setan [2017]

Pengabdi Setan

Banyak orang nggak bisa tidur setelah menonton film ini. Perasaan mereka diaduk-aduk selama menonton film ini. Semuanya berkat kepiawaian sutradara Joko Anwar, juga kualitas akting para pemain yang dipilihnya. Film ini adalah film lawas yang melegenda sehingga menarik minat seorang Joko Anwar untuk membuat ulang film ini.

Film ini menjadi menegangkan bukan cuma karena setan yang ada di dalamnya, tetapi juga karena penulisan cerita yang sangat baik. Kamu akan dibawa masuk ke dalam kehidupan keluarga itu, yang mana sang Ibu adalah seorang pengabdi setan. Lalu, anak-anaknya harus menanggung semuanya setelah kepergian sang Ibu.

Kepergian sang Ibu menjadi awal dari sebuah teror mengerikan untuk mereka. Terutama karena keterlibatan sang Ibu ke dalam sekte pengabdi setan dan kemungkinan diambilnya anak bungsu di keluarga itu oleh sekte tersebut. Film ini juga tayang secara Internasional dengan judul Satan’s Slave.

Pengabdi Setan juga masuk dalam daftar film nasional yang sukses go international. Kamu juga bisa mengecek film-film nasional lainnya yang berhasil go international di artikel film Indonesia yang sukses mendunia.

3. Night Bus [2017]

Night Bus

Film thriller Indonesia kali ini mengisahkan tentang perjalanan sebuah bus malam menuju Sampar. Kota yang terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya dan dijaga demikian ketat oleh tentara yang siaga melawan para militan pemberontak.

Semua yang menjadi penumpang, punya tujuan masing-masing. Mereka semua berpikir kalau pada awalnya perjalanan itu cuma akan menjadi perjalanan menuju daerah konflik seperti biasa. Tanpa disadari, ada penyusup yang membawa pesan penting yang harus disampaikan ke Sampar.

Pesan penting yang dibawa penyusup itu bisa mengakhiri konflik yang terjadi, tetapi kehadirannya membahayakan penumpang lainnya. Sebab, dia dicari oleh kedua belah pihak yang bertikai. Ketegangan semakin meningkat ketika semua orang harus menyelamatkan diri masing-masing ditengah hujan peluru.

Kalau kamu ingin merasakan bagaimana jadinya kalau bus yang kamu tumpangi berubah jadi arena pertaruhan hidup dan mati, cobalah untuk menonton film ini. Seperti kamu, penumpang bus di dalam film ini pun nggak tahu kalau menumpang bus itu membuat nyawa mereka terancam.

4. Modus Anomali [2012]

Modus Anomali

Nama Joko Anwar nggak bisa dikesampingkan kalau urusan film thriller Indonesia. Kali ini adalah film berjudul modus Anomali yang rilis tahu 2012. Rio Dewanto yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Nggak cuma di Indonesia, film ini juga rilis secara internasional. Judul rilis internasional untuk film ini adalah Ritual.

Berkisah tentang sebuah keluarga dengan dua orang anak yang sedang berlibur di sebuah kabin di hutan. Kegiatan umum untuk sebuah keluarga yang suka bertamasya. Namun, kegiatan itu dikejutkan dengan kehadiran seorang tamu tak diundang.

Sebelum menyadari apa yang terjadi, laki-laki kepala keluarga itu mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Lalu, ketika dia menemukan beberapa jam alarm di hutan itu, dia harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu dengan keluarganya. Sementara itu, di sana juga ada satu keluarga lain yang mungkin berkaitan dengan keanehan yang sedang dialaminya.

5. Rien Pembunuh Berantai [2008]

Rien Pembunuh Berantai

Dari judul saja sudah kebayang bagaimana ketegangan yang akan dirasakan. Ada kata pembunuh dan berantai dalam satu kalimat. Film thriller Indonesia yang satu ini berkisah tentang Rien, sosok dibalik hal mengerikan itu.Rilis tahun 2008 ketika industri film kita belum seperti hari ini.

Sejak kecil, Rien sukanya main sama teman perempuan sampai dia jadi bahak ejekan teman lelaki. Ejekan itu membuat dia nggak tahan. Suatu ketika dia ‘membunuh’ temannya. Seorang teman tenggelam di sungai dan Rien membiarkannya tenggelam.

Dia juga benci sama Ibunya yang selingkuh waktu Ayahnya pergi bekerja. Kepahitan masa kecil inilah yang membuat Rien dewasa dingin terhadap perempuan. Dia nggak tahan melihat perselingkuhan dan pengkhianatan. Melihat hal-hal seperti itu, keinginan membunuhnya selalu muncul.

Rien nggak peduli siapa yang menjadi korbannya. Entah itu anak-anak, ibu rumah tangga, bahkan teman serumahnya. Masa lalu menjadikan Rien seorang pembunuh yang dingin dan sadis. Pembunuhan demi pembunuhan dilakukan Rien tanpa adanya rasa bersalah sedikitpun. Seolah-olah membunuh adalah sesuatu yang layak dilakukan pada para korbannya.

Kamu mungkin sering membaca kasus pembunuhan berantai di berita kriminal. Kalau kamu ingin menyimak bagaimana kasus itu bisa terjadi, film Rien Pembunuh Berantai bisa jadi salah satu pilihan. Film yang menegangkan karena orang yang sadis dan jahat seringkali nggak terlihat seperti itu.

Di dalam film ini, Rien digambarkan sebagai sosok pemuda yang baik, pendiam dan nggak banyak tingkah. Dia kerja di perusahaan swasta dan disukai banyak orang. Nggak ada yang menyangka kalau dialah yang membunuh teman serumahnya, dan korban-korbannya yang lain.

Dari beberapa film thriller Indonesia yang dibahas di atas, ada yang sudah pernah kamu tonton? Seru nggak? Kamu boleh kasih ulasan singkat atau sudut pandangmu terhadap film itu di kolom komentar ya! Siapa tahu ulasan kamu bikin para pembaca semakin tertarik buat nonton film thriller Indonesia.

Menonton film thriller menghadirkan sensasi tersendiri buat orang-orang yang menyukai ketegangan. Apa yang diceritakan di dalam film itu adalah sesuatu yang mungkin nggak akan kita lihat di kehidupan sehari-hari. Jadi, selain hiburan, menonton film thriller juga bisa jadi menambah wawasan dan pengalaman.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar