Bacaterus / Film Barat / 6 Judul Film tentang Tersesat di Hutan yang Menegangkan

6 Judul Film tentang Tersesat di Hutan yang Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film survival atau bertahan hidup di alam liar menjadi salah satu tontonan paling seru untuk diikuti. Lewat cerita yang bisa memacu adrenalin hingga memberikan ketegangan, film bergenre tersebut tidak akan pernah bosan untuk ditonton dari menit awal hingga akhir.

Tema cerita bertahan hidup di hutan rimba adalah satu dari sekian film survival yang mesti dimasukan ke dalam daftar tontonan kalian. Dengan segala polemik yang dihadirkan, ditambah nuansa hutan yang mencekam, film bertemakan cerita seperti itu tentunya menawarkan pengalaman menonton yang mendebarkan.

Bagi yang ingin melihat daftar rekomendasi film-filmnya, Bacaterus di bawah ini akan memberikan beberapa pilihannya untuk kalian. Ketika sudah tertarik dengan ulasan filmnya, jangan lupa untuk langsung menontonnya ya.

1. Jungle

Jungle

* sumber: theculturetrip.com

  • Rilis: 2017
  • Genre: Biographical Survival Drama
  • Produksi: Babber Films, Cutting Edge Group, Screen Australia, dan Screen Queensland
  • Sutradara: Greg McLean
  • Pemeran Utama: Daniel Radcliffe, Alex Russell, dan Thomas Kretschmann

Yossi Ghinsberg bersama ketiga temannya melakukan petualangan ke hutan Amazon. Akan tetapi, apa yang direncanakan menjadi musibah saat sebuah kecelakaan menimpa mereka. Yossi kini sendirian dan harus bertahan hidup di liarnya hutan amazon. Tanpa perbekalan yang memadai, dirinya dilanda frustasi karena sudah berminggu-minggu tidak kunjung keluar dari Amazon.

Film ini didasarkan pada kisah nyata perjalanan seorang pemuda Israel, Yossi Ghinsberg, yang pergi ke hutan Amazon pada tahun 1981. Dalam situs aggregator Rotten Tomatoes, Jungle mempunyai peringkat 60% dengan nilai rata-rata 5.7/10.

2. The Revenant

The Revenant

* sumber: www.filmgeekguy.com

  • Rilis: 2015
  • Genre: Epic Western Action-Adventure Period Drama
  • Produksi: Regency Enterprises dan RatPac Entertainment
  • Sutradara: Alejandro G. Inarritu
  • Pemeran Utama: Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Domhnall Gleeson, dan Will Poulter

Berlatar di tahun 1823, Hugh Glass merupakan seorang pemandu jalan yang tengah membawa satu rombongan ke suatu wilayah. Saat sedang berburu bersama anaknya, perkemahan mereka tiba-tiba diserang oleh suku Arikara. Hugh beserta rombongan yang masih hidup kemudian menyelamatkan diri dengan berjalan kaki ke Fort Kiowa.

Beberapa waktu kemudian, Hugh diserang oleh seekor beruang liar di sebuah hutan, dan akibatnya ia terluka sangat parah. Karena adanya serangan tersebut, rombongan yang selamat malah meninggalkan dirinya yang tengah terluka. Hugh yang mempunyai kemampuan bertahan hidup di alam liar lantas bertekad menemui orang yang telah mengkhianatinya untuk balas dendam.

Film ini meraih kesuksesan blockbuster dengan meraup 533 juta dollar di seluruh dunia, dan menerima ulasan positif untuk akting Leonardo DiCaprio, Tom Hardy serta penyutradaraan dan sinematografi dari Alejandor Inarritu. The Revenant memenangkan penghargaan sebagai Film Terbaik di perhelatan Golden Globe Awards dan BAFTA Awards.

Atas perannya di film ini, akhirnya Leonardo DiCaprio berhasil membawa pulang Piala Oscar di ajang Academy Awards ke-88 untuk pertama kalinya. Di perhelatan yang sama, The Revenant juga meraih 12 nominasi, termasuk termasuk Best Picture dan Best Supporting Actor (Tom Hardy), dan memenangkan Sutradara Terbaik (Inarritu), serta Sinematografi Terbaik.

3. Backcountry

Backcountry

  • Rilis: 2014
  • Genre: Nature Survival Horror
  • Produksi: Fella Films
  • Sutradara: Adam MacDonald
  • Pemeran Utama: Missy Peregrym, Jeff Roop, Eric Balfour, dan Nicholas Campbell

Alex dan Jenn diceritakan sebagai pasangan backpacker yang hendak berkemah di area hutan Blackfoot Trail. Keduanya kemudian kehilangan arah jalan dan malah masuk ke bagian hutan yang terdalam hingga akhirnya tersesat.

Tiga hari telah dilalui oleh keduanya tanpa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Mereka terus berjuang untuk bertahan hidup agar tetap terselamatkan. Saat Alex dan Jenn berusaha mencari jalan keluar, keduanya malah bertemu dengan beruang liar yang siap memangsa mereka.

Film ini ditayangkan perdana di Toronto International Film Festival pada 8 September 2014. Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, Backcountry meraih peringkat persetujuan 92%, berdasarkan 49 ulasan, dan mendapatkan nilai rata-rata 6.97 / 10.

4. The Edge

The Edge

  • Rilis: 1997
  • Genre: Survival
  • Produksi: Art Linson Productions
  • Sutradara: Lee Tamahori
  • Pemeran Utama: Anthony Hopkins, Alec Baldwin, Elle Macpherson, dan Harold Perrineau

Sebuah pesawat yang membawa milyader terkenal, Charles Morse, terjatuh di hutan belantara yang ada di wilayah Kanada. Charles bersama seorang fotografer bernama Bob Green dan asistennya, Stephen, menjadi orang yang selamat atas insiden tersebut. Mereka kemudian menyusun rencana agar bisa menyelamatkan diri secepatnya.

Keberadaan ketiganya ternyata telah terdeteksi oleh seekor beruang liar, dan beruang tersebut selalu membuntuti Charles. Bob serta Stephen kemanapun mereka pergi. Saat malam tiba, mereka berusaha untuk mendirikan kemah. Suasana semakin mencekam karena beruang itu hadir menerkam Stephen dan mengancam nyawa yang lainnya.

Film The Edge melakukan pemutaran perdananya di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 6 September 1996. Setelah dirilis, The Edge menerima tinjauan positif dari kritikus. Berdasarkan 50 ulasan yang dikumpulkan oleh situ Rotten Tomatoes, film ini menerima peringkat persetujuan 64% dengan mendapatkan nilai rata – rata 6,38/10.

5. The Blair Witch Project

The Blair Witch Project

  • Rilis: 1999
  • Genre: Supernatural Horror
  • Produksi: Haxan Films
  • Sutradara: Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez
  • Pemeran Utama: Heather Donahue, Michael C. Williams, dan Joshua Leonard

Film ini didasarkan pada sebuah kisah yang konon katanya nyata tentang tiga mahasiswa pembuat film dokumenter bernama Heather Donahue, Michael C. Williams, dan Joshua Leonard.  Ketiganya mendaki Black Hills di Maryland pada tahun 1994 untuk membuat dokumenter urban legend mengenai Blair Witch.

Saat melakukan ekspedisi tersebut, ketiganya tersesat di sebuah hutan dan dinyatakan menghilang tanpa sebab. Setahun kemudian, peralatan rekaman mereka berhasil ditemukan, dan hasil rekaman yang telah mereka buat sebelum ketiganya menghilang secara misterius adalah sajian utama yang bisa disaksikan oleh penonton.

The Blair Witch Project pada akhirnya mampu menginspirasi dalam pembuatan film-film horror lainnya seperti Paranormal Activity dan Cloverfield. Film ini meraup keuntungan hampir 250 juta dollar di seluruh dunia, dan menjadikannya sebagai salah satu film independen paling sukses sepanjang masa.

6. Man In The Wilderness

Man In The Wilderness

  • Rilis: 1971
  • Genre: Revisionist Western
  • Produksi: Limbridge Wilderness Films
  • Sutradara: Richard C. Sarafian
  • Pemeran Utama: Richard Harris, John Huston, Prunella Ransome, dan Percy Herbert

Sama seperti film The Revenant, film ini juga menyajikan sebuah cerita yang didasarkan pada kehidupan seorang pemburu dan penjelajah Amerika Hugh Glass. Perbedaannya, film Man In the Wilderness tidak menamai karakter utamanya dengan sosok penjelajah tersebut, namun dikisahkan sebagai seorang pria bernama Zachary Bass.

Film lawas ini menceritakan tentang Zachary bersama kelompoknya yang tengah melintasi wilayah Northwestern Amerika Serikat selama tahun 1820-an. Saat melakukan ekspedisi itu, Zachary diserang oleh beruang hingga hampir tewas. Kelompoknya meninggalkan dirinya seorang diri, dan memaksa Zachary untuk terus bertahan hidup agar menemui mereka yang mengkhianatinya.

Film yang bertemakan tersesat di hutan hingga harus bertahan hidup di alam liar tentunya menjanjikan suatu tontonan yang seru. Oleh karenanya, deretan film di atas bisa menjadi tontonan yang tepat bagi kalian yang ingin merasakan tegangnya menyelamatkan diri di situasi mencekam antara hidup dan mati.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *