Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik dan Terpopuler yang Diperankan Tom Hanks

10 Film Terbaik dan Terpopuler yang Diperankan Tom Hanks

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika diminta menyebutkan satu aktor Hollywood yang memiliki kualitas akting yang tidak diragukan lagi, maka Tom Hanks adalah jawaban pertamanya. Pria kelahiran California, 9 Juli 1956 ini telah mengoleksi dua Oscar dari kategori Best Actor yang membuktikan kualitas aktingnya yang mumpuni. Hingga saat ini dirinya masih berada di jajaran aktor papan atas Hollywood.

Memulai karir dari serial televisi dan film-film kelas B, pada akhirnya namanya mulai dikenal sejak suksesnya film Splash [1984] yang bergenre comedy. Wajahnya yang unik dan suaranya yang khas, membuat moviegoers mudah mengenalinya.

Empat tahun kemudian, lewat Big [1988], Hanks kembali memenangi hati penonton dengan penampilan comedic-nya yang baik. Tetapi karirnya tidak langsung melejit, butuh waktu beberapa tahun dan beberapa film untuk mengasah bakat aktingnya.

Begitu dirinya mencoba genre drama, namanya langsung diperhitungkan di dunia perfilman dengan menyabet Oscar pertamanya lewat Philadelphia [1993] dan Forrest Gump [1994]. Kemudian karirnya menjulang dan selalu bermain dalam film-film berbujet besar dengan para sutradara ternama.

Ternyata mempertahankan lebih sulit daripada meraih, hal ini dibuktikan oleh Tom Hanks yang hingga kini masih belum meraih Oscar lagi dari beberapa filmnya, meski di situ dia sudah menunjukkan kemampuan akting kelas wahidnya. Berikut ini kami pilihkan sepuluh film terbaik Tom Hanks.

10 Film Terbaik yang Diperankan Tom Hanks

1. Philadelphia [1993]

Philadelphia

Di film yang mengantarkan dirinya meraih Oscar lewat kategori Best Actor ini, Tom Hanks berperan sebagai penderita HIV yang dipecat dari pekerjaannya karena mengidap AIDS dan bagaimana perjuangannya di dalam persidangan menuntut hak-haknya.

Penampilannya sangat meyakinkan dan menyedihkan sebagai pengidap penyakit yang belum diketahui obatnya dan masih menjadi tabu pada masa itu. Hanks sampai menurunkan berat badan sebesar 35 pounds dan menipiskan rambutnya agar sesuai dengan gejala-gejala yang diderita pengidap penyakit ini.

2. Forrest Gump [1994]

forrest gump

Di film arahan Robert Zemeckis ini, Hanks berperan sebagai seseorang yang selalu hadir di beberapa momen bersejarah dunia tanpa keinginannya sendiri, padahal dia hanya bermaksud mendapatkan cinta dari Jenny Curran, kekasih sejatinya.

Dengan penampilan bersahaja dan terlihat natural, Hanks mampu membawakan karakter Forrest Gump dengan sangat baik, sehingga dia diganjar Oscar sebagai Best Actor sekali lagi, yang membuatnya salah satu dari sedikit aktor yang meraih Oscar untuk kategori yang sama dalam dua tahun berturut-turut.

3. Apollo 13 [1995]

apollo 13

Kali ini Tom Hanks berperan sebagai sosok nyata, yaitu Jim Lovell, salah satu astronot yang ikut serta dalam ekspedisi Apollo 13. Ketika pesawat mereka mengalami kerusakan, NASA segera mencari cara untuk mengembalikan mereka ke Bumi. Sinergi aktingnya bersama Kevin Bacon dan Bill Paxton sangat baik, berkat arahan dari sutradara Ron Howard.

4. Saving Private Ryan [1998]

saving private ryan

Bersama sutradara Steven Spielberg, Tom Hanks berperan sebagai Captain Miller yang melakukan pencarian terhadap seorang prajurit untuk dipulangkan ke negaranya di tengah berkecamuknya Perang Dunia 2 di Eropa.

Film yang menampilkan banyak adegan perang yang dianggap mendekati realita dan dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah diproduksi ini, mengantarkan Tom Hanks untuk masuk nominasi Best Actor di Academy Awards.

5. Cast Away [2000]

cast away

Siapa yang tidak terharu dengan adegan ketika sebuah bola volly terjatuh dari rakit dan mengambang menjauh, sehingga membuat karakter satu-satunya dalam film ini menangis? Sekali lagi Tom Hanks dan Robert Zemeckis berkolaborasi dalam film yang menceritakan tentang petugas FedEx yang terdampar di sebuah pulau tanpa penghuni ketika dalam ekspedisi mengirimkan barang.

Adegan di atas hanyalah satu dari sekian banyak adegan yang cukup membuat hati trenyuh, dimana sang karakter harus bertahan hidup sendiri di pulau kecil dengan segala keterbatasannya dan harus menemukan cara untuk kembali ke peradaban.

6. Cloud Atlas [2012]

cloud atlas

Dalam film multi-story dan sedikit membingungkan ini, Tom Hanks memerankan enam karakter berbeda di setting yang berbeda juga. Uniknya, meski dengan balutan make-up yang unik di setiap setingnya, kita tetap akan tahu jika itu adalah Tom Hanks.

Film ini mengeksplorasi teori kasualitas (sebab-akibat) dalam rentang periode yang panjang di kehidupan manusia. Penuh filosofi memang, tetapi sedikitnya kita akan mengerti dan bisa menambah keilmuan dalam pemikiran kita.

7. Captain Phillips [2013]

captain philips

Dalam film docudrama tentang pembajakan kapal di tengah lautan oleh perompak Somalia ini mampu menguras emosi dan pikiran penonton saat menyimaknya.

Tom Hanks yang berperan sebagai tokoh sentral film ini mampu menampilkan akting yang tenang meski dalam situasi genting dan tampil sebagai penyelamat seluruh kru kapal dengan kerelaannya sebagai sandera. Karena berdasarkan peristiwa nyata yang sampai saat ini juga masih seringkali terjadi, maka kisah ini begitu lekat dan realistis dari berbagai segi.

8. Saving Mr. Banks [2013]

saving mr banks

Sekali lagi Tom Hanks berperan sebagai tokoh nyata. Kali ini dirinya dipercaya membawakan peran sebagai Walt Disney, tokoh besar dunia hiburan dengan karya-karya animasinya dan hingga kini masih mewariskan kerajaan hiburan bagi dunia anak. Sangat berat memang untuk berperan sebagai sosok ini, maka dibutuhkan kehandalan akting seorang Tom Hanks untuk tampil maksimal.

Pembawaannya yang tenang dengan cara-cara negosiasi yang menarik hati, tentu sangat menghibur bagi kita sebagai penonton. Dan akhirnya, P.L. Travers mempercayakan cerita karangannya untuk dijadikan film live-action. Pasti pada tahu dengan film Mary Poppins [1964] yang legendaris itu bukan?

9. Bridge of Spies [2015]

bridge of spies

Di film karya Steven Spielberg ini, Tom Hanks bermain pikiran dengan seorang tahanan yang diduga adalah mata-mata Uni Soviet di masa Perang Dingin dalam usahanya melepaskan pilot AS yang ditawan oleh militer Uni Soviet.

Penonton pasti akan dibuat bingung dan mereka-reka apakah yang dipaparkan oleh terduga mata-mata benar atau hanya rekayasa. Dan bagaimana James B. Donovan, karakter yang diperankan oleh Tom Hanks, mengambil keputusan terberatnya yang berhubungan dengan nyawa manusia? Tonton sampai akhir film ini untuk mendapatkan jawabannya.

10. Sully [2016]

sully

Bagaimana caranya menampilkan kisah yang sebenarnya hanya singkat saja dalam durasi nyaris 2 jam? Tentu saja Clint Eastwood memaparkannya dari beberapa sudut pandang, sehingga penonton digiring untuk memfokuskan pikirannya demi menjawab kebenaran dari cerita ini.

Tom Hanks berperan sebagai Chesley Sullenberger, seorang pilot senior yang mendaratkan pesawatnya dengan selamat di atas sungai Hudson. Tetapi justru tindakan ini mendapat gugatan dari pihak National Transportation Safety Board.

Meski menghadapi persidangan yang ketat, pada akhirnya yang benarlah yang menang. Di akhir film, ditampilkan tokoh aslinya beserta para penumpang pada peristiwa ini.

Itulah sepuluh film terbaik yang pernah dibintangi oleh Tom Hanks yang mampu menampilkan kehandalan dirinya dalam berakting. Sebagai aktor papan atas, sudah pasti masih banyak proyek film yang akan dibintanginya di beberapa tahun ke depan, terutama film-film berbujet besar dari para sutradara handal yang sudah menjadi rekannya.

Tidak sampai di situ saja, Hanks pun memiliki Production House sendiri yang telah merilis banyak film sukses dimana dirinya hanya bertindak sebagai produser saja.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *