Bacaterus / Film Tokoh / 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Samuel L. Jackson

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Samuel L. Jackson

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Januari 2019

Samuel L. Jackson adalah aktor yang sangat produktif tetapi jarang mendapat peran utama. Meski begitu, dia hadir di film-film berbujet mahal di mana dirinya bisa menampilkan performa aktingnya dan mengatrol karirnya di dunia perfilman. Dilahirkan di Washington D.C. pada 21 September 1948, dirinya telah berperan di lebih dari 100 judul film.

Jackson memulai karir sejak tahun 1972 dan terus produktif hingga saat ini. Sama seperti aktor lainnya saat merintis karir, Jackson juga membintangi serial TV dan beberapa Film TV. Dia sempat berkubang dalam kecanduan terhadap narkoba dan alkohol sebelum akhirnya bertemu Morgan Freeman yang bertindak sebagai mentornya dan bertemu dengan sutradara Spike Lee yang berhasil mengasah bakat aktingnya.

Daftar film di bawah ini hanyalah segelintir performa terbaiknya dari film-film yang pernah dibintanginya, baik sebagai pemeran utama atau supporting actor. Nanti kita akan melihat, jika dia adalah salah satu aktor watak terbaik saat ini.

10 Film Terbaik Samuel L. Jackson

1. Do the Right Thing [1989]

* sumber: www.vibe.com

Mendapat peran kecil dalam sebuah film yang kini berstatus cult classics, Jackson mampu mencuri perhatian dengan perannya sebagai penyiar radio yang nyentrik, Mister Senor Love Daddy. Dia tidak kalah bersinar dengan para aktor dan komedian yang meramaikan film arahan Spike Lee yang juga berperan sebagai aktor utama.

Film ini mengambil tema tentang pergesekan ras yang terjadi di Brooklyn di tengah musim panas. Roger Ebert menganggap film ini adalah salah satu film terbaik yang pernah diproduksi dan di ajang Academy Awards dinominasikan di dua kategori, yaitu Best Supporting Actor (Danny Aiello) dan Best Original Screenplay (Spike Lee).

2. Pulp Fiction [1994]

Pulp Fiction [1994]

* sumber: www.allmovie.com

Dalam film besutan Quentin Tarantino ini, Jackson berperan sebagai Jules Winnfield, salah seorang pembunuh bayaran. Aktingnya dengan John Travolta sangat padu dan menjadi daya tarik di film yang unik ini. Film ini juga yang mengawali kerjasama panjang antara Jackson dan Tarantino.

Awalnya, karakter yang diperankannya akan tampil dengan rambut giant afro, tetapi atas idenya, penampilan Winnfield diubah sedemikian rupa dengan memakai wig ikal. Walhasil, Jackson dinominasikan di kategori Best Supporting Actor di ajang Academy Awards.

3. Die Hard with a Vengeance [1995]

* sumber: www.allmovie.com

Jackson dipertemukan kembali dengan Bruce Willis dalam film action dengan tempo yang cepat dan beradrenalin tinggi ini. Kali ini, dia menjadi partner tidak diduga bagi John McClane dalam memecahkan teka-teki yang dibuat oleh para teroris di kota New York.

Petualangan mereka berdua di jalanan kota, bahkan hingga ke seluruh sudutnya, mengundang rasa penasaran dan keseruan maksimal bagi para moviegoers saat menyaksikannya. Dalam mengejar teroris, mereka berdua rela tampil lusuh dan terluka demi menyelamatkan warga kota New York dari pemboman yang diancamkan.

4. Jackie Brown [1997]

* sumber: www.allmovie.com

Ordell Robbie adalah seorang pemasok senjata api di pasar gelap. Gayanya yang nyentrik kembali mengingatkan kita dengan karakter yang pernah diperankannya di film Pulp Fiction [1994] yang juga diarahkan oleh Quentin Tarantino. Penampilannya cukup unik, yaitu dengan jenggot kecil yang dilinting dan rambut yang dikepang.

Berhasil menjadi scene stealer dalam setiap adegannya, Jackson dinominasikan di ajang Golden Globe untuk kategori Best Actor. Sekali lagi, kolaborasi Jackson dan Tarantino tidak sia-sia dengan banyaknya pujian kepada film crime thriller ini, bahkan berhasil mengangkat kembali aktor-aktris lawas, seperti Pam Grier dan Robert Forster.

5. The Negotiator [1998]

* sumber: www.allmovie.com

Film karya F. Gary Gray ini menampilkan sebuah thriller yang menegangkan dalam sebuah drama penyanderaan yang dilakukan oleh seorang petugas kepolisian yang merasa dirinya dijebak dalam sebuah kasus pembunuhan partner-nya.

Samuel L. Jackson beradu acting dengan Kevin Spacey di mana karakter mereka berdua adalah petugas negosiator kepolisian yang biasa menangani kasus penyanderaan, percobaan bunuh diri, dan semisalnya yang membutuhkan keahlian negosiasi mereka.

Di kisah film ini, Jackson berusaha mencari keterangan dari atasannya tentang dugaan yang dilayangkan kepadanya, hingga dia menyandera beberapa orang dan beradu negosiasi dan argumen dengan negosiator dari kepolisian wilayah lain. Bayangkan betapa serunya ketika dua ahli negosiasi beradu akal?

6. Unbreakable [2000]

Unbreakable [2000]

* sumber: www.allmovie.com

Beradu akting dengan Bruce Willis kembali tetapi kali ini dalam genre yang berbeda, yaitu psychological thriller yang termasuk ke dalam salah satu film superhero terbaik. Lewat tangan dingin sutradara M. Night Shyamalan dalam salah satu karya terbaiknya ini, Jackson mampu menampilkan akting yang unik, aneh, misterius, dan mencekam sepanjang film.

Karakter Elijah Price ini dibuat oleh Shyamalan dengan bayangan Jackson kelak yang akan memerankannya. Untungnya, dia tidak menolak peran ini. Dan terbukti jika karakter ini dianggap sebagai performa terbaiknya sejauh ini, meski berperan sebagai tokoh antagonis.

Dikabarkan, karakter ini akan kembali hadir di Glass [2019] dengan Jackson akan kembali menghidupkannya di film ketiga dari serial Unbreakable setelah Split [2016] sukses mendobrak pemikiran moviegoers lewat keunikan alur ceritanya, dan tentunya mengembalikan karir bagi Shyamalan sendiri yang sempat terpuruk.

7. The Avengers [2012]

* sumber: www.allmovie.com

Meski bukan tokoh utama, tapi karakter Nick Fury adalah pencetus berkumpulnya para superhero dalam sebuah kelompok untuk melawan kejahatan yang mengancam umat manusia. Karakternya pertama kali muncul di Iron Man [2008], di akhir film yang mengajukan sebuah rencana kepada Tony Stark.

Kemudian, secara sepintas, Nick Fury muncul lagi di Iron Man 2 [2010], Thor [2011], dan Captain America: The First Avenger [2011] dan akhirnya bertempur bersama seluruh superhero ini di film karya Joss Whedon. Rasanya, karakter ini akan selalu melekat pada Jackson dan susah untuk digantikan oleh aktor lain.

Buktinya, Nick Fury tetap selalu muncul di film-film Marvel setelahnya, seperti di Captain America: The Winter Soldier [2014], Avengers: Age of Ultron [2015] dan Avengers: Infinity War [2018]. Kabarnya, Fury juga akan hadir di Captain Marvel [2019] nanti. Hal ini membuktikan jika karakternya sangat penting bagi alur cerita di Marvel Cinematic Universe.

8. Django Unchained [2012]

Django Unchained [2012]

* sumber: www.imdb.com

Dalam film western karya Quentin Tarantino ini, Jackson berperan sebagai Stephen, salah satu anak buah Calvin Candie, tokoh antagonis yang suka menyiksa budak. Perannya memang tidak banyak tetapi cukup penting dalam mempengaruhi alur cerita film. Di ending-nya juga, Stephen diceritakan tewas dibunuh oleh Django.

Jackson memang sangat lekat dengan Tarantino sejak Pulp Fiction [1994] silam, mungkin karena Jackson mampu menerjemahkan karakter unik yang disodorkan Tarantino kepadanya dengan baik, dan hal ini menimbulkan ide-ide baru bersama dan pertemanan dalam berkarya.

9. Kingsman: The Secret Service [2014]

* sumber: www.dailymail.co.uk

Matthew Vaughn adalah sosok sutradara berkelas yang memiliki selera yang tinggi dalam menampilkan adegan-adegan di film-filmnya. Tidak terkecuali untuk film bertema espionage ini yang berhasil meraih Best Film di ajang Empire Award.

Dan Jackson berperan sebagai tokoh antagonis yang nyentrik, yaitu Richmond Valentine, yang tampil dengan gaya angkuh dengan kostum ala rapper ketuaan. Sekali lagi Jackson membuktikan jika dirinya mampu memerankan karakter unik yang mungkin aktor lain tidak akan mampu membawakannya sehebat dia.

10. The Hateful Eight [2015]

* sumber: www.allmovie.com

Kembali berperan untuk film western karya Quentin Tarantino dengan seting minimalis dan mampu menguras emosi dan psikis para penontonnya. Bercerita tentang 8 karakter yang terjebak dalam badai salju dan berlindung di sebuah kabin di tengah hutan. Masing-masing karakter ini memiliki agenda tersendiri ketika di dalam kabin itu.

Jackson berperan sebagai seorang bounty hunter bernama Major Marquis Warren yang secara tidak sengaja berpapasan dengan bounty hunter lainnya yang membawa tawanan dengan harga tinggi, seorang mantan pemimpin pemberontak dan empat orang asing lainnya.

Film ini akan membuat kita berpikir dan menebak maksud di pikiran masing-masing karakternya, dan menduga siapa yang baik dan siapa yang jahat. Tentunya hal ini bukanlah perkara mudah ketika semua tokoh dibuat misterius dan dibuka satu-persatu hingga akhir filmnya.

Itulah 10 film terbaik dari Samuel L. Jackson. Meski seringkali hanya mendapatkan peran pendukung, tetapi dia selalu total dan mampu menghidupkan karakter tersebut, bahkan ada yang menjadi iconic.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *