Bacaterus / Film Artis Hollywood / 20 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Samuel L. Jackson

20 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Samuel L. Jackson

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samuel L. Jackson adalah aktor yang sangat produktif tetapi jarang mendapat peran utama. Meski begitu, dia hadir di film-film berbujet mahal di mana dirinya bisa menampilkan performa aktingnya dan mengatrol karirnya di dunia perfilman. Dilahirkan di Washington D.C. pada 21 September 1948, dirinya telah berperan di lebih dari 100 judul film.

Jackson memulai karir sejak tahun 1972 dan terus produktif hingga saat ini. Sama seperti aktor lainnya saat merintis karir, Jackson juga membintangi serial TV dan beberapa Film TV. Dia sempat berkubang dalam kecanduan terhadap narkoba dan alkohol sebelum akhirnya bertemu Morgan Freeman yang bertindak sebagai mentornya dan bertemu dengan sutradara Spike Lee yang berhasil mengasah bakat aktingnya.

Daftar film di bawah ini hanyalah segelintir performa terbaiknya dari film-film yang pernah dibintanginya, baik sebagai pemeran utama atau supporting actor. Nanti kita akan melihat, jika dia adalah salah satu aktor watak terbaik saat ini.

1. Pulp Fiction

Pulp Fiction

* sumber: thefilmramble.movie.blog

  • Rilis: 1994
  • Genre: Crime, Comedy
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman
  • Perusahaan Produksi: A Band Apart, Jersey Films

Dalam film besutan Quentin Tarantino ini, Jackson berperan sebagai Jules Winnfield, salah seorang pembunuh bayaran. Aktingnya dengan John Travolta sangat padu dan menjadi daya tarik di film yang unik ini. Film ini juga yang mengawali kerjasama panjang antara Jackson dan Tarantino.

Awalnya, karakter yang diperankannya akan tampil dengan rambut giant afro, tetapi atas idenya, penampilan Winnfield diubah sedemikian rupa dengan memakai wig ikal. Walhasil, Jackson dinominasikan di kategori Best Supporting Actor di ajang Academy Awards.

2. Jackie Brown

Jackie Brown 1997

* sumber: threerowsback.com

  • Rilis: 1997
  • Genre: Crime, Drama
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: Pam Grier, Samuel L. Jackson, Robert Forster
  • Perusahaan Produksi: A Band Apart, Mighty Mighty Afrodite Productions

Ordell Robbie adalah seorang pemasok senjata api di pasar gelap. Gayanya yang nyentrik kembali mengingatkan kita dengan karakter yang pernah diperankannya di film Pulp Fiction [1994] yang juga diarahkan oleh Quentin Tarantino. Penampilannya cukup unik, yaitu dengan jenggot kecil yang dilinting dan rambut yang dikepang.

Berhasil menjadi scene stealer dalam setiap adegannya, Jackson dinominasikan di ajang Golden Globe untuk kategori Best Actor. Sekali lagi, kolaborasi Jackson dan Tarantino tidak sia-sia dengan banyaknya pujian kepada film crime thriller ini, bahkan berhasil mengangkat kembali aktor-aktris lawas, seperti Pam Grier dan Robert Forster.

3. A Time to Kill

A Time to Kill

* sumber: www.thoughtco.com

  • Rilis: 1996
  • Genre: Crime, Drama, Thriller
  • Sutradara: Joel Schumacher
  • Pemeran: Matthew McConaughey, Sandra Bullock, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: Regency Enterprises

Hati ayah mana yang tidak hancur ketika putri kecilnya yang masih berusia 10 tahun diperkosa, dilukai, dan hampir mati digantung? Carl Lee Hailey (Samuel L. Jackson) sangat hancur mendapati putrinya dalam kondisi seperti itu. Keinginannya hanya satu, membalas dendam pada dua pelakunya.

Hari pembalasan tiba, Carl membawa senapan M16 dan memberondong dua pelaku yang sedang digiring polisi ke ruang tahanan secara membabi buta. Dua pelaku itu tewas. Setidaknya 20 peluru menembus tubuh mereka hingga tercabik-cabik.

Meskipun berhasil membalas dendam, Carl harus mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum. Carl divonis hukuman mati. Saat itu, Carl meminta seorang pengacara muda bernama Jake (Matthew McConaughey) untuk membelanya di pengadilan. Jake harus memutar otak untuk membela kliennya. Apalagi mereka tinggal di kota yang masih menganut paham rasisme terhadap orang kulit hitam seperti Carl.

4. Against the Wall (TV Movie)

Against the Wall

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 1994
  • Genre: Action, Drama, History
  • Sutradara: John Frankenheimer
  • Pemeran: Kyle MacLachlan, Samuel L. Jackson, Clarence Williams III
  • Perusahaan Produksi: HBO Pictures

Film ini diangkat dari kisah nyata, yakni kerusuhan di Penjara Attica pada tahun 1971. Diawali dengan Michael Smith (Kyle MacLachlan), pekerja di lembaga permasyarakatan, yang terkejut ketika melihat perlakuan rekan-rekan seprofesinya kepada narapidana di sana.

Akibat diperlakukan semena-mena oleh sipir penjara, para tahanan menyusun strategi pemberontakan. Michael dan penjaga tahanan lainnya disandera oleh para narapidana.

Samuel L. Jackson berperan sebagai Jamaal, salah satu tahanan yang selalu memperjuangkan hak-hak tahanan.

5. Django Unchained

Django Unchained

  • Rilis: 2012
  • Genre: Western
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: Jamie Foxx, Christoph Waltz, Leonardo DiCaprio, Kerry Washington, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: A Band Apart, Columbia Pictures

Dalam film western karya Quentin Tarantino ini, Jackson berperan sebagai Stephen, salah satu anak buah Calvin Candie, tokoh antagonis yang suka menyiksa budak. Perannya memang tidak banyak tetapi cukup penting dalam mempengaruhi alur cerita film. Di ending-nya juga, Stephen diceritakan tewas dibunuh oleh Django.

Jackson memang sangat lekat dengan Tarantino sejak Pulp Fiction [1994] silam, mungkin karena Jackson mampu menerjemahkan karakter unik yang disodorkan Tarantino kepadanya dengan baik, dan hal ini menimbulkan ide-ide baru bersama dan pertemanan dalam berkarya.

6. The Avengers & Film MCU Lainnya

The Avengers

Meski bukan tokoh utama, tapi karakter Nick Fury adalah pencetus berkumpulnya para superhero dalam sebuah kelompok untuk melawan kejahatan yang mengancam umat manusia. Karakternya pertama kali muncul di Iron Man [2008], di akhir film yang mengajukan sebuah rencana kepada Tony Stark.

Kemudian, secara sepintas, Nick Fury muncul lagi di Iron Man 2 [2010], Thor [2011], dan Captain America: The First Avenger [2011] dan akhirnya bertempur bersama seluruh superhero ini di film karya Joss Whedon. Rasanya, karakter ini akan selalu melekat pada Jackson dan susah untuk digantikan oleh aktor lain.

Buktinya, Nick Fury tetap selalu muncul di film-film Marvel setelahnya, seperti di Captain America: The Winter Soldier [2014], Avengers: Age of Ultron [2015] dan Avengers: Infinity War [2018]. Kabarnya, Fury juga akan hadir di Captain Marvel [2019] nanti. Hal ini membuktikan jika karakternya sangat penting bagi alur cerita di Marvel Cinematic Universe.

7. The Incredibles

The Incredibles

* sumber: donnahup.com

  • Rilis: 2004
  • Genre: Animation, Action, Adventure
  • Sutradara: Brad Bird
  • Pengisi Suara: Craig T. Nelson, Samuel L. Jackson, Holly Hunter
  • Perusahaan Produksi: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Boleh dibilang “The Incredibles” adalah salah satu film animasi yang sukses pada masanya. Film hasil kerjasama antara Walt Disney dan Pixar ini turut mengusung Samuel L. Jackson sebagai salah satu pengisi suara karakternya. Meskipun karakter yang didubbing Jackson bukan karakter inti di film ini, tapi kehadiran Jackson sebagai cast membuat film ini jadi semakin dinanti.

Film animasi ini mengisahkan dua orang suami istri, Bob / Mr. Incredible (Craig T. Nelson) dan Helen / Elastigirl (Holly Hunter), yang memiliki kekuatan super. Rutinitas mereka setiap hari adalah membasmi kejahatan dan melakukan misi penyelamatan. Setelah 15 tahun terbiasa dengan rutinitas seperti itu, tiba saatnya bagi mereka untuk pensiun dan menjalani hidup sebagai orang biasa.

Setelah pensiun, Bob dan Helen tinggal di rumah yang letaknya di pinggir kota bersama tiga orang anaknya. Uniknya, ketiga anak Bob dan Helen juga memiliki kekuatan super.

Ketika menjalani hidup yang tenang sebagai manusia biasa, Bob menerima pesan untuk menjalankan misi rahasia. Kali ini, ia harus melibatkan seluruh anggota keluarganya untuk menyelesaikan misi menyelamatkan dirinya sendiri dan seluruh dunia.

8. Do the Right Thing

Do the Right Thing

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 1989
  • Genre: Drama, Comedy
  • Sutradara: Spike Lee
  • Pemeran: Danny Aiello, Ossie Davis, Ruby Dee
  • Perusahaan Produksi: 40 Acres and a Mule Filmworks

Mendapat peran kecil dalam sebuah film yang kini berstatus cult classics, Jackson mampu mencuri perhatian dengan perannya sebagai penyiar radio yang nyentrik, Mister Senor Love Daddy. Dia tidak kalah bersinar dengan para aktor dan komedian yang meramaikan film arahan Spike Lee yang juga berperan sebagai aktor utama.

Film ini mengambil tema tentang pergesekan ras yang terjadi di Brooklyn di tengah musim panas. Roger Ebert menganggap film ini adalah salah satu film terbaik yang pernah diproduksi dan di ajang Academy Awards dinominasikan di dua kategori, yaitu Best Supporting Actor (Danny Aiello) dan Best Original Screenplay (Spike Lee).

9. The Hateful Eight

The Hateful Eight

* sumber: time.com

  • Rilis: 2015
  • Genre: Thriller
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: Samuel L. Jackson, Kurt Russell, Jennifer Jason Leigh
  • Perusahaan Produksi: Shiny Penny, FilmColony

Kembali berperan untuk film western karya Quentin Tarantino dengan seting minimalis dan mampu menguras emosi dan psikis para penontonnya. Bercerita tentang 8 karakter yang terjebak dalam badai salju dan berlindung di sebuah kabin di tengah hutan. Masing-masing karakter ini memiliki agenda tersendiri ketika di dalam kabin itu.

Jackson berperan sebagai seorang bounty hunter bernama Major Marquis Warren yang secara tidak sengaja berpapasan dengan bounty hunter lainnya yang membawa tawanan dengan harga tinggi, seorang mantan pemimpin pemberontak dan empat orang asing lainnya.

Film ini akan membuat kita berpikir dan menebak maksud di pikiran masing-masing karakternya, dan menduga siapa yang baik dan siapa yang jahat. Tentunya hal ini bukanlah perkara mudah ketika semua tokoh dibuat misterius dan dibuka satu-persatu hingga akhir filmnya.

10. Kingsman: The Secret Service

Kingsman The Secret Service

* sumber: www.20thcenturystudios.com

  • Rilis: 2014
  • Genre: Action, Comedy
  • Sutradara: Matthew Vaughn
  • Pemeran: Colin Firth, Samuel L. Jackson, Mark Strong
  • Perusahaan Produksi: Marv Films, Cloudy Productions, TSG Entertainment

Matthew Vaughn adalah sosok sutradara berkelas yang memiliki selera yang tinggi dalam menampilkan adegan-adegan di film-filmnya. Tidak terkecuali untuk film bertema espionage ini yang berhasil meraih Best Film di ajang Empire Award.

Dan Jackson berperan sebagai tokoh antagonis yang nyentrik, yaitu Richmond Valentine, yang tampil dengan gaya angkuh dengan kostum ala rapper ketuaan. Sekali lagi Jackson membuktikan jika dirinya mampu memerankan karakter unik yang mungkin aktor lain tidak akan mampu membawakannya sehebat dia.

11. Fresh

Fresh

* sumber: news.amomedia.com

  • Rilis: 1994
  • Genre: Crime, Drama, Thriller
  • Sutradara: Boaz Yakin
  • Pemeran: Sean Nelson, Giancarlo Esposito, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: Lumière Pictures, Miramax

Lahir di keluarga miskin membuat Michael alis Fresh (Sean Nelson) harus mencari tambahan uang dengan menghalalkan berbagai cara. Fresh yang masih berusia 12 tahun nekat menjadi pengedar narkoba bagi gangster.

Selama menjadi kurir narkoba, tak jarang Fresh menerima kekerasan. Bahkan, dirinya juga harus menyaksikan sendiri kematian orang terdekatnya. Ia menyadari bahwa dirinya semakin bertentangan dengan bosnya sendiri. Fresh merencanakan sebuah ide brilian untuk melepaskan dirinya dan saudari perempuannya yang junkies dari jeratan narkoba dan bisnis kelam di dalamnya.

12. Die Hard with a Vengeance

Die Hard with a Vengeance

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 1995
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: John McTiernan
  • PemeranBruce Willis, Jeremy Irons, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: Cinergi Pictures

Jackson dipertemukan kembali dengan Bruce Willis dalam film action dengan tempo yang cepat dan beradrenalin tinggi ini. Kali ini, dia menjadi partner tidak diduga bagi John McClane dalam memecahkan teka-teki yang dibuat oleh para teroris di kota New York.

Petualangan mereka berdua di jalanan kota, bahkan hingga ke seluruh sudutnya, mengundang rasa penasaran dan keseruan maksimal bagi para moviegoers saat menyaksikannya. Dalam mengejar teroris, mereka berdua rela tampil lusuh dan terluka demi menyelamatkan warga kota New York dari pengeboman yang diancamkan.

13. Eve’s Bayou

Eve's Bayou

* sumber: www.amazon.com

  • Rilis: 1997
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Kasi Lemmons
  • Pemeran: Samuel L. Jackson, Jurnee Smollett, Meagan Good
  • Perusahaan Produksi: ChubbCo Film, Addis-Wechsler

Masalah dan intrik keluarga dalam film “Eve’s Bayou” ini benar-benar pelik dan memusingkan. Mungkin butuh waktu dan konsentrasi penuh bagi para penonton untuk bisa mengikuti alur cerita film ini. Ceritanya sebenarnya sangat sederhana, tapi ada banyak hal-hal tak terduga yang bisa membuat penonton kaget dan tak habis pikir.

Eve yang masih berusia 10 tahun (Jurnee Smollett) mempunyai dua orang saudara, adik laki-laki bernama Poe (Jake Smollett) dan kakak perempuan bernama Cylinder (Meagan Good). Ayah Eve, Louis (Samuel L. Jackson) adalah seorang dokter yang dihormati di tempat tinggalnya. Hubungan Louis dan ibu Eve, Roz (Lynn Whitfield), terlihat baik-baik saja.

Suatu malam, tanpa sengaja Eve melihat ayahnya berhubungan intim dengan perempuan lain, Matty Mereaux (Lisa Nicole Carson), yang merupakan kerabat keluarganya. Ketika mengadu kepada Cylinder, sang kakak berusaha menepis dan meyakinkan bahwa adiknya hanya salah menafsirkan sebuah momen.

Apa yang Eve lihat saat itu ternyata sangat mempengaruhi kehidupannya. Bahkan, bukan cuma dirinya sendiri yang akhirnya terkena imbas dari memori masa lalunya itu, seluruh keluarganya pun juga. Satu persatu ‘rahasia’ setiap anggota keluarga mulai terkuat seiring bertambahnya usia Eve.

14. The Negotiator

The Negotiator

* sumber: deep-focus.com

  • Rilis: 1998
  • Genre: Drama, Crime
  • Sutradara: F. Gary Gray
  • Pemeran: Samuel L. Jackson, Kevin Spacey, David Morse
  • Perusahaan Produksi: Regency Enterprises, Mandeville Films

Film karya F. Gary Gray ini menampilkan sebuah thriller yang menegangkan dalam sebuah drama penyanderaan yang dilakukan oleh seorang petugas kepolisian yang merasa dirinya dijebak dalam sebuah kasus pembunuhan partner-nya.

Samuel L. Jackson beradu acting dengan Kevin Spacey di mana karakter mereka berdua adalah petugas negosiator kepolisian yang biasa menangani kasus penyanderaan, percobaan bunuh diri, dan semisalnya yang membutuhkan keahlian negosiasi mereka.

Di kisah film ini, Jackson berusaha mencari keterangan dari atasannya tentang dugaan yang dilayangkan kepadanya, hingga dia menyandera beberapa orang dan beradu negosiasi dan argumen dengan negosiator dari kepolisian wilayah lain. Bayangkan betapa serunya ketika dua ahli negosiasi beradu akal?

15. Unbreakable

Unbreakable

* sumber: www.amazon.com

  • Rilis: 2000
  • Genre: Thriller, Mystery
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran: Bruce Willis, Samuel L. Jackson, Robin Wright Penn
  • Perusahaan Produksi: Touchstone Pictures, Blinding Edge Pictures

Beradu akting dengan Bruce Willis kembali tetapi kali ini dalam genre yang berbeda, yaitu psychological thriller yang termasuk ke dalam salah satu film superhero terbaik. Lewat tangan dingin sutradara M. Night Shyamalan dalam salah satu karya terbaiknya ini, Jackson mampu menampilkan akting yang unik, aneh, misterius, dan mencekam sepanjang film.

Karakter Elijah Price ini dibuat oleh Shyamalan dengan bayangan Jackson kelak yang akan memerankannya. Untungnya, dia tidak menolak peran ini. Dan terbukti jika karakter ini dianggap sebagai performa terbaiknya sejauh ini, meski berperan sebagai tokoh antagonis.

Dikabarkan, karakter ini akan kembali hadir di Glass [2019] dengan Jackson akan kembali menghidupkannya di film ketiga dari serial Unbreakable setelah Split [2016] sukses mendobrak pemikiran moviegoers lewat keunikan alur ceritanya, dan tentunya mengembalikan karir bagi Shyamalan sendiri yang sempat terpuruk.

16. Coach Carter

Coach Carter

* sumber: wordpresscom51004.wordpress.com

  • Rilis: 2005
  • Genre: Biography, Drama, Sport
  • Sutradara: Thomas Carter
  • Pemeran: Samuel L. Jackson, Rick Gonzalez, Robert Ri’chard
  • Perusahaan Produksi: MTV Films, Tollin/Robbins Productions

Kalau kamu sedang mencari film motivasi yang bagus, salah satu film yang pernah dibintangi oleh Samuel L. Jackson ini mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Ken Carter (Samuel L. Jackson) awalnya hanya menjadi pemilik toko perlengkapan olahraga. Namun, ia mendapat panggilan untuk menjadi pelatih tim basket di sekolah lamanya. Carter pun menyanggupi panggilan tersebut.

Kenyataannya menjadi pelatih tim basket tidaklah mudah. Apalagi anak-anak tim basket tersebut memiliki karakter pembangkang dan kasar. Ken Carter harus memulai pendekatan dengan cara yang berbeda untuk bisa melatih anak-anak tersebut.

Lambat laun Carter mulai diterima di tim basket tersebut. Semangatnya sebagai pelatih membuat tim tersebut kembali intens menjalani latihan untuk bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan.

17. The Banker

The Banker

* sumber: www.vantage.id

  • Rilis: 2020
  • Genre: Biography, Drama
  • Sutradara: George Nolfi
  • Pemeran: Anthony Mackie, Samuel L. Jackson, Nicholas Hoult
  • Perusahaan Produksi: Romulus Entertainment, Iam21 Entertainment, Mad Hatter, Hyphenate Films

Dalam “The Banker”, Samuel L. Jackson akan melakukan sedikit tipu muslihat. Ya, diceritakan bahwa Joe Morris (Samuel L. Jackson) dan Bernard Garrett (Anthony Mackie) adalah pebisnis. Mereka memiliki sebuah rencana berani untuk menolak rasisme yang terjadi pada tahun 1960-an.

Morris dan Garrett memoles seorang pekerjanya yang berkulit putih, Matt (Nicholas Hoult), dengan dandanan mirip orang kaya agar mendapat hak-hak istimewa yang selama ini sulit didapatkan oleh orang-orang kulit hitam. Rencana ini dilakukan agar bisnis perumahan dan perbankan milik mereka semakin berkembang.

Uniknya, di sini Morris dan Garrett yang merupakan orang kaya yang sebenarnya harus rela menyamar menjadi sopir dan pesuruh Matt.

18. 1408

1408

  • Rilis: 2007
  • Genre: Fantasy, Horror, Mystery
  • Sutradara: Mikael Håfström
  • Pemeran: John Cusack, Samuel L. Jackson, Mary McCormack
  • Perusahaan Produksi: di Bonaventura Pictures

Seorang penulis novel ber-genre supranatural, Mike Enslin (John Cusack), hendak mencari inspirasi. Ia merasa tertantang dengan sebuah mitos mengenai kamar 1408 di sebuah hotel. Konon, kamar tersebut sangat angker dan bisa membuat tamu yang nekat menginap di sana mengalami kejadian-kejadian buruk sampai dengan bunuh diri.

Setibanya di hotel, Mike diperingatkan oleh manajer hotel, Gerald Olin (Samuel L. Jackson), untuk tidak coba-coba menginap di kamar 1408. Olin bahkan menawarkan Mike untuk upgrade kamar gratis di kamar lainnya. Olin memperingatkan bahwa selama 95 tahun terakhir tak ada satu orangpun yang bertahan di dalam kamar itu lebih dari 1 jam. Ada 56 kasus kematian yang terjadi di kamar itu.

Mike tetap bersikukuh menempati kamar 1408 sehingga Olin pun menyerah membujuknya. Benar saja, setelah menempati kamar 1408 satu persatu kejadian supranatural di luar nalar terjadi. Bahkan, kamar itu membuat Mike tidak bisa membedakan sesuatu yang nyata atau halusinasi.

19. Kong: Skull Island

Kong Skull Island

* sumber: collider.com

  • Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: Jordan Vogt-Roberts
  • Pemeran: Tom Hiddleston, Samuel L. Jackson, Brie Larson
  • Perusahaan Produksi: Legendary Pictures, Tencent Pictures

Tercatat ada sejumlah film yang mengusung tokoh King Kong. “Kong: Skull Island” boleh dibilang sebagai salah satu film King Kong yang masih fresh. Para pemainnya pun berasal dari aktor dan aktris yang juga berperan dalam film Marvel Cinematic Universe, seperti Tom Hiddleston (Loki), Brie Larson (Captain Marvel), dan Samuel L. Jackson (Nick Fury).

Film dibuka dengan rencana Bill Randa (John Goodman) yang hendak melakukan ekspedisi untuk menemukan potensi di sebuah pulau yang letaknya di kawasan Pasifik. Untuk menjalankan misinya, Randa mengajak kelompok tentara yang dipimpin oleh Preston Packard (Samuel L. Jackson). Bersama dengan mereka, ada juga mantan tentara – James Conrad (Tom Hiddleston) – dan wartawan sekaligus fotografer – Mason Weaver (Brie Larson).

Setibanya di pulau, mereka semua disambut oleh hal yang mengejutkan. Sesosok makhluk raksasa bernama Kong marah dan merusak helikopter rombongan tersebut.

20. Changing Lanes

Changing Lanes

* sumber: www.pluggedin.com

  • Rilis: 2002
  • Genre: Drama, Thriller
  • Sutradara: Roger Michell
  • Pemeran: Ben Affleck, Samuel L. Jackson, Kim Staunton
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Scott Rudin Productions

Bermula dari Gavin Banek (Ben Affleck), pengacara muda yang ceroboh, mengendarai mobil secara terburu-buru sehingga menyerempet mobil Doyle Gipson (Samuel L. Jackson). Alih-alih meminta ganti rugi, Gipson yang ban mobilnya kempes pasca menabrak pembatas jalan hanya ingin Banek memberinya tumpangan.

Ya, Gipson juga sedang dalam keadaan terburu-buru. Pria tersebut harus menghadiri sidang perceraiannya. Kehadiran Gipson di sana untuk membatalkan perceraian. Ia masih ingin mempertahankan perkawinannya dengan sang istri. Terlebih lagi Gipson tidak bisa dipisahkan dengan kedua anaknya.

Banek bersikukuh tidak ingin memberi tumpangan. Ia hanya meninggalkan cek sebagai ganti rugi. Namun, mengingat Banek adalah seorang yang ceroboh, secara tak sengaja ia meninggalkan file berisi rahasia perusahaan.

Gipson yang tidak mendapat tumpangan ke pengadilan akhirnya terlambat 20 menit. Ia harus menerima keputusan yang sudah dibuat oleh hakim, yakni perceraian dengan istrinya. Merasa kecewa dan dendam, Gipson akhirnya menyalahkan Banek. Ia pun melancarkan teror kepada Banek.

Di sisi lain, Banek pun mendendam kepada Gipson karena dirinya berada dalam masalah besar saat kehilangan file pentingnya. Banek juga turut melancarkan aksi balas dendam.

Itulah 20 film terbaik dari Samuel L. Jackson. Meski seringkali hanya mendapatkan peran pendukung, tetapi dia selalu total dan mampu menghidupkan karakter tersebut, bahkan ada yang menjadi iconic.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *