Bacaterus / Film Karakter / 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Russell Crowe

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Russell Crowe

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

“Tidak ada hal yang tidak mungkin.” Pepatah ini sangat tepat disematkan kepada seorang Russell Crowe. Kenapa? Karena dia adalah aktor yang dilahirkan di New Zealand dan mengawali karir akting di Australia, dua industri film yang jauh dari hingar-bingar Hollywood. Mulai dari beberapa serial televisi hingga film layar lebarnya.

Berkat sebuah kesempatan untuk bermain dalam film produksi Hollywood, dia memanfaatkannya semaksimal mungkin hingga namanya kemudian mulai diperhitungkan oleh para sineas Hollywood. Hingga akhirnya berhasil meraih Oscar sebagai Best Actor dan hingga saat ini tetap berada di jajaran atas aktor terbaik Hollywood.

Russell Ira Crowe, dilahirkan di Wellington, New Zealand pada 7 April 1964. Hingga saat ini sudah puluhan film dia bintangi dan sebagian besar memiliki kualitas yang baik yang menampilkan performa aktingnya yang prima.

Untuk pendalaman karakter, dia tidak segan-segan menaikkan berat badan dalam sebuah film untuk kemudian menurunkannya lagi untuk tampil dalam film berikutnya. Itulah totalitas akting yang diacungi jempol juga oleh para rekan aktor lainnya.

Tercatat, dia sudah tiga kali masuk nominasi Oscar dan berhasil memenangi salah satunya. Selain itu, lewat berbagai film lainnya, dia pun mendapat banyak penghargaan dari beberapa festival film dunia sebagai apresiasi atas aktingnya yang memukau.

Untuk itu, kami pilihkan 10 film terbaiknya yang menjadi rekomendasi kami bagi para pembaca yang ingin menyimak dan menikmati performa akting Russell Crowe.

10 Film Terbaik Russell Crowe

1. L.A. Confidential [1997]

L.A. Confidential

Dalam film adaptasi novel karya James Ellroy ini, Crowe berperan sebagai polisi yang beringas dan sering memakai kekerasan terutama bagi para penjahat yang suka menyiksa wanita.

Pada saat casting, dia dan Guy Pearce adalah aktor asal Australia yang baru memulai karir di Hollywood, sehingga salah satu produser film ini sempat meragukan kualitas akting keduanya. Tetapi karena keapikan sutradara Curtis Hanson, Crowe dan Pearce tampil sangat baik dan sesuai dengan harapan. Film inilah yang menjadi pijakan karirnya di Hollywood kelak.

2. The Insider [1999]

The Insider

Film yang mengantarkannya pertama kali masuk nominasi Oscar di kategori Best Actor ini memamerkan sinergi aktingnya bersama aktor watak senior, Al Pacino. Perannya sebagai Jeffrey Wigand, tokoh nyata yang membongkar kebobrokan industri tembakau, sangat berkesan dan meyakinkan.

Banyak pujian yang diberikan padanya oleh para kritikus film yang menganggap aktingnya di film ini sebagai aktor terbaik yang pernah tampil dalm film karya sutradara Michael Mann. Setiap adegan yang menampilkannya seolah hidup dan sangat realistis. Selain Oscar, Crowe juga masuk nominasi Golden Globe di kategori yang sama.

3. Gladiator [2000]

Dalam film karya Ridley Scott yang dianggap sebagai pemicu munculnya kembali film-film sejarah kolosal ini, Crowe berperan sebagai karakter fiktif di era Romawi, yaitu Maximus Decimus Meridius, seorang prajurit tangguh yang ingin menuntut balas kepada raja Roma yang dianggapnya bertanggung jawab terhadap kematian istri dan anaknya.

Aroma balas dendam sangat kental di film ini yang dilengkapi dengan dahsyatnya adegan action perkelahian di arena gladiator. Crowe kali ini berhasil membawa pulang Oscar di kategori Best Actor yang menjawab kualitas aktingnya di arena perfilman Hollywood.

4. A Beautiful Mind [2001]

A Beautiful Mind

Seolah tidak langsung puas, Crowe kembali menunjukkan taji aktingnya lewat film karya sutradara Ron Howard tentang John Nash, peraih Nobel di bidang ekonomi. Di film ini, Crowe menampilkan sosok John Nash dengan akurat, meski infonya kisahnya sendiri tidak akurat.

Di film ini ia mengidap penyakit Schizophrenia-nya dimana dirinya merasa direkrut oleh Departemen Pertahanan USA dan memiliki teman sekamar waktu di asrama, yang ternyata semuanya itu hanya dalam pikirannya saja. Meski gagal meraih Oscar di kategori Best Actor, tetapi Crowe tampil sebagai Best Actor di ajang Golden Globe.

5. Cinderella Man [2005]

Cinderella Man

Setelah sempat istirahat selama dua tahun, Crowe kembali bekerjasama dengan Ron Howard untuk membintangi film tentang dunia tinju di era 1930an saat terjadinya “The Great Depression” di USA. Demi menyelamatkan hidup keluarganya dari kesusahan, James Braddock yang telah pensiun dari dunia tinju terpaksa harus kembali bertinju.

Dalam usia yang sudah tidak muda lagi, dia kembali menapaki karirnya hingga menjadi juara dunia yang tercatat sebagai salah satu peristiwa penting dalam sejarah tinju dunia. Aktingnya di film ini sangat menyentuh bagi penonton dengan segala kerendahan hatinya dan rasa sayangnya kepada keluarganya.

6. 3:10 to Yuma [2007]

310 to Yuma

Aktingnya yang padu bersama Christian Bale dalam film western yang merupakan remake dari film berjudul sama produksi tahun 1957 ini menuai pujian dari berbagai pihak. Baik kritikus film dan moviegoers menganggap film ini sebagai salah satu film western terbaik di era 2000an yang memang sudah sangat jarang diproduksi.

Crowe berperan sebagai seorang kriminal yang hendak dikirimkan kepada pihak berwajib di kota lain yang sepapasan dengan pasangan ayah-anak yang pada akhirnya memburu tokoh kriminal ini hingga akhir. Meskipun sosoknya adalah antagonis, tetapi penonton merasa bahwa dia tetap memiliki sifat yang baik.

7. American Gangster [2007]

American Gangster

Dalam film bertema penyelundupan narkoba ini, Crowe berperan sebagai Detektif Richie Roberts, seorang tokoh nyata, yang menyelidiki dan menangkap bandar narkoba, Frank Lucas, yang menyelundupkan bahan narkoba dari Vietnam melalui pesawat militer USA.

Keuletan, ketelitian dan ketegasan karakternya, mampu ditampilkan dengan baik oleh Crowe yang mampu mengimbangi performa Denzel Washington yang sudah sangat piawai dalam berakting. Meski banyak kontroversi mengenai banyaknya ketidakakuratan cerita, film ini tetaplah menjadi salah satu film terbaik di tahun 2007.

8. The Next Three Days [2010]

The Next Three Days

Dalam film yang merupakan remake dari film produksi Prancis, Anything for Her, Crowe berperan sebagai seorang suami yang berusaha semaksimal mungkin untuk melepaskan istrinya dari jerat hukum hingga membawa kabur dari penjara.

Dia sangat yakin jika istrinya tidak bersalah, tetapi di sisi lain, dia pun menemukan hal-hal yang membuat dirinya ragu. Kebingungan dan kegalauan karakter ini mampu ditampilkan dengan baik olehnya sehingga bisa terasa oleh penonton yang menyimaknya.

9. Les Miserables [2012]

Les Miserables

Meski kita bukanlah penyuka film musical, tetapi begitu menonton film ini akan timbul sedikit pencerahan tentang film bergenre ini. Karena seluruh dialognya ditampilkan dalam nada dan lagu, ibarat menonton sebuah pentas opera, menuntut seluruh pemerannya untuk bisa bernyanyi layaknya penyanyi opera.

Tidak terkecuali Crowe yang berperan sebagai Javert, sipir penjara yang mengincar kesalahan sang tokoh utama, dia pun selalu bernyanyi dalam setiap adegannya yang dilengkapi dengan akting yang sesuai kondisi adegan.

Sulit pastinya, tetapi karena Crowe memiliki basic musik, karena dia pun adalah seorang musisi, semua itu dilakukan olehnya dengan cukup baik dan mampu mengatrol performa pemeran lainnya seperti Hugh Jackman dan Anne Hathaway.

10. The Nice Guys [2016]

The Nice Guys

Setelah beberapa filmnya mengalami sedikit penurunan, kecuali penampilannya di film Man of Steel [2013], Crowe kembali pada jalurnya dalam menampilkan akting yang memikat. Lewat film action-comedy yang memasangkannya dengan Ryan Gosling ini, mereka berdua tampil cukup lucu dan memiliki banyak adegan dan dialog yang memancing tawa.

Keduanya sangat padu dan kemungkinan film ini akan muncul sequel-nya karena dianggap cukup sukses, meski bukan secara finansial. Sangat direkomendasikan bagi moviegoers yang bosan dengan film-film comedy garing dan absurd. Disini kita akan disuguhkan oleh comedy cerdas dari duet Crowe dan Gosling.

Meski usianya sudah tidak muda lagi dan fisiknya sudah mulai tambun, tetapi kualitas aktingnya memang tidak perlu diragukan, meski film-filmnya sendiri kurang sukses belakangan ini.

Sebagai salah satu aktor yang pernah berpredikat Best Actor, tentunya aktingnya selalu ditunggu oleh para penikmat film dan dia pun harus mampu memilih film yang tepat untuk diperaninya. Semoga karir Russell Crowe tetap baik hingga masa pensiunnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *