Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Naomi Watts

10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Naomi Watts

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2018

Aktris cantik berkewarganegaraan Inggris ini dilahirkan di Kent pada 28 September 1968. Naomi Watts memulai karir di dunia televisi dengan tampil di beberapa iklan produk. Karir filmnya dimulai dengan berperan dalam film drama produksi Australia, For Love Alone [1986]. Kemudian dia melanjutkan karirnya di negara itu dengan membintangi beberapa serial TV dan berteman dengan Nicole Kidman.

Bersama Nicole Kidman, Naomi Watts berkeinginan untuk hijrah ke Hollywood, meski dia tetap harus pulang-pergi ke Australia untuk membintangi beberapa film di sana. Selama meniti karir di Hollywood, Watts harus bekerja ekstra keras untuk bisa menembus ketatnya industri perfilman Hollywood.

Sempat jatuh miskin di mana Watts menunggak sewa apartemen dan kehilangan asuransi kesehatannya, pada akhirnya karirnya menemui titik terang dan tidak pernah redup setelah itu. Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik dari Naomi Watts.

10 Film Terbaik Naomi Watts

1. Mulholland Drive [2001]

* sumber: www.allmovie.com

Film thriller karya David Lynch ini adalah pendobrak karir perfilman Watts yang sudah hampir menyerah pada saat itu. Ketika menerima kontrak untuk berperan dalam film ini, yang sebenarnya diproduksi sebagai serial TV, Watts sekali lagi merasa tidak memiliki keberuntungan ketika di tengah produksi, stasiun TV yang hendak menayangkan serial ini membatalkannya.

Tetapi berkat kejeniusan David Lynch yang tetap melakukan syuting hingga berhasil menyelesaikan ending filmnya setelah setahun lebih tertunda, film ini pun dirilis ke layar lebar dan pertama kali tayang di Cannes Film Festival yang disambut meriah oleh moviegoers yang menontonnya pada saat itu.

Naomi Watts pun berhasil mencuri perhatian penikmat film di seluruh dunia berkat aktingnya yang brilian, meski banyak menuai kontroversi karena tema lesbian yang ditampilkan. Sinergi aktingnya dengan Laura Harring sangat padu dan tetap meninggalkan memori dalam benak penonton yang pastinya masih sulit untuk mengerti maksud film ini yang penuh misteri.

2. The Ring [2002]

* sumber: www.allmovie.com

Film horor menegangkan yang membuka keran banjirnya remake horror Jepang ke Hollywood ini adalah film box-office pertama bagi Naomi Watts yang disutradarai oleh Gore Verbinski. Nuansa mencekam film aslinya berhasil ditransfer dengan baik dan didukung oleh akting memukau dari Watts sendiri.

Performa Naomi Watts banyak dipuji oleh kritikus film juga oleh moviegoers tentunya. Aktingnya yang natural membuktikan jika dirinya memiliki talenta untuk menjadi seorang bintang dan aktris yang handal suatu saat kelak, karena banyak yang meragukan dirinya mampu mengulangi kualitas aktingnya di film Mulholland Drive [2001].

3. 21 Grams [2003]

21 Grams [2003]

* sumber: www.allmovie.com

Film drama karya Alejandro Gonzalez Inarritu ini mampu memaksimalkan potensi akting yang dimiliki oleh Naomi Watts yang dipadukan dengan aktor kaliber Oscar, Sean Penn. Perannya sebagai seorang wanita yang kehilangan suaminya karena tewas dibunuh membuat dirinya frustrasi dan kembali menggunakan narkoba dan alkohol sebagai pelariannya.

Mayoritas kritikus film memuji performanya di film ini yang juga mengantarkannya masuk nominasi Oscar di kategori Best Actress. Hal ini tidak pernah dia duga sebelumnya, karena dia menganggap jika dirinya baru saja memulai karir filmnya dan belum layak untuk mendapatkan kesempatan ini.

4. King Kong [2005]

* sumber: www.allmovie.com

Dengan rentetan kesuksesan yang sedang digapainya, Naomi Watts kemudian meneruskan tren positifnya dengan menjadi tokoh utama dalam film remake King Kong yang kali ini disutradarai oleh Peter Jackson yang baru saja sukses dengan trilogy The Lord of the Rings.

Watts berperan sebagai Ann Darrow yang ikut dalam produksi film yang ternyata hanyalah kamuflase untuk menangkap seekor gorila raksasa yang berjuluk King Kong. Rupanya, sang gorila jatuh hati dan menyukai Ann Darrow. Di tengah hutan belantara itu, King Kong menjaga Ann dengan sepenuh hati.

Wajahnya yang klasik sangat mendukung untuk film yang berseting di era 1930an. Kecantikannya terpancar nyaris sempurna dan tidak hanya mampu memikat King Kong saja, bahkan kita pun dibuat terpikat oleh senyuman manis di wajahnya. Film ini menuai sukses besar dan mengatrol nama Watts ke jajaran aktris papan atas Hollywood.

5. The Painted Veil [2006]

* sumber: www.allmovie.com

Di film drama adaptasi ketiga kalinya dari novel karya W. Somerset Maugham ini, Naomi Watts berperan sebagai seorang istri yang tidak setia kepada suaminya yang sedang berjuang mengatasi wabah penyakit di China. Kehidupan sosialita 1930an yang ditampilkan oleh Watts membuat kehidupan rumah tangga mereka hambar tanpa cinta.

Performanya seringkali dibandingkan dengan pemeran aslinya di tahun 1934 silam yaitu Greta Garbo. Tetapi banyak kritikus justru menilai jika Watts mampu mengembangkan karakter Kitty Garstin ini menjadi sosok yang lebih menyedihkan dan lebih masuk ke dalam sisi spiritual karakter itu sendiri.

6. Eastern Promises [2007]

Eastern Promises [2007]

* sumber: www.allmovie.com

Naomi Watts kemudian tampil dalam film crime thriller garapan David Cronenberg bersama Viggo Mortensen yang pertama kali tayang di Toronto International Film Festival dan menuai banyak pujian. Performanya sebagai Anna yang berusaha mencari petunjuk untuk membuka kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh mafia Rusia, mengundang decak kagum penonton.

Film dengan tingkat kekerasan yang tinggi ini melambungkan kembali nama Viggo Mortensen setelah sebelumnya sukses dengan trilogy The Lord of the Rings. Kekuatan aktingnya sangat padu dengan Naomi Watts meski dalam kapasitas dialog yang sangat minim dan lebih banyak menggunakan bahasa tubuh serta mimik wajah yang emosional.

7. Mother and Child [2009]

* sumber: www.allmovie.com

Setelah sempat vakum sementara dari dunia film setelah melahirkan dua anaknya, Watts kembali berakting dalam drama keluarga karya Rodrigo Garcia ini. Di film ini, Watts berperan sebagai Elizabeth, seorang pengacara yang tidak tahu siapa ibu kandungnya. Hal ini membuatnya menjadi orang yang keras hati.

Aktingnya bersama Annette Bening, Kerry Washington, dan Samuel L. Jackson ini membuatnya sekali lagi menuai pujian dan penghargaan. Banyak kritikus menilai aktingnya cukup baik di mana dia tidak takut jika tidak mendapat simpati penonton. Dan hasilnya dia masuk sebagai nominasi Best Actress di Australian Film Institute Award dan Independent Spirit Award di kategori Best Supporting Female.

8. The Impossible [2012]

* sumber: www.alphabetcityblog.com

Kisah menegangkan tentang tsunami yang meluluhlantakkan Asia Tenggara terutama Thailand dan Aceh ini menampilkan Watts sebagai Maria Bennett yang merupakan kisah nyata tentang perjuangan Maria Belon dalam menyelamatkan hidupnya dari musibah itu dan mengumpulkan kembali keluarganya yang terpisah karena bencana alam itu.

Sekali lagi aktingnya mampu memukau juri Oscar untuk memasukkannya sebagai salah satu nominator di kategori Best Actress. Begitu juga di Golden Globe Award dan Screen Actor Guild Award. Kritikus film banyak menganggap akting Watts sangat emosional dan natural sehingga kita bisa ikut merasakan apa yang diderita oleh karakter yang dibawakannya itu.

9. Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance) [2014]

Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance) [2014]

* sumber: www.allmovie.com

Film yang membuat Watts kembali bekerjasama dengan sutradara Alejandro Gonzalez Inarittu dan aktor Edward Norton ini adalah sebuah film yang sukses secara kualitas dan meraih banyak penghargaan terutama dari Academy Award yang berhasil menjadi Best Picture.

Watts berperan sebagai lawan main Edward Norton dalam pentas Broadway yang merupakan proyek terbaru dari sutradara yang diragukan kualitasnya. Adu dialog antara dirinya dan Norton pada adegan latihan maupun di luar latihan sangat padu dan menunjukkan peperangan argumen antara dua sejoli dalam batas profesional mereka sebagai pekerja seni.

10. St. Vincent [2014]

* sumber: www.allmovie.com

Untuk perannya dalam comedy drama yang dibintangi juga oleh Bill Murray dan Melissa McCarthy ini, Watts banyak menghabiskan waktu dengan wanita-wanita Rusia di West Village Spa selama enam minggu, sehingga aksen Rusia yang dibawakannya bisa diucapkan dengan cukup baik.

Suara kritikus film terpecah dua dalam menilai penampilan Watts di film karya sutradara Theodore Melfi ini. Sebagian menyayangkan dirinya ambil bagian dalam film ini dan memilih peran sebagai wanita malam. Sedangkan sebagian lagi menghargai usahanya untuk menghidupkan karakter tersebut dan menganggap perannya di sini sebagai salah satu performa terbaiknya.

Meski usianya kini sudah menginjak 50 tahun, tetapi kecantikan Naomi Watts tidak berkurang. Dengan tingkat kedewasaannya, akting yang ditampilkan pun lebih matang dan berisi. Beberapa tahun terakhir, Watts lebih sering terlibat dalam produksi film indie yang dirilis dalam skala kecil di bioskop-bioskop Amerika. Namun, meski tampil lebih low profile, kapasitasnya sebagai aktris papan atas tetap terjaga dengan baik.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment