Bacaterus / Entertainment / Film Asia / 10 Film Terbaik Jackie Chan yang Wajib Anda Tonton

10 Film Terbaik Jackie Chan yang Wajib Anda Tonton

Jika ada seorang aktor yang bisa melakukan semua hal dalam produksi film, atau bisa disebut “one man show”, mungkin yang pertama terlintas ialah Jackie Chan. Dia adalah aktor multi-talenta yang di dalam filmnya selain sebagai aktor dia juga bertindak selaku sutradara, produser, stuntman, dan kadang-kadang menyanyi untuk soundtrack filmnya.

Dilahirkan di Hong Kong pada 7 April 1954, Jackie Chan mengawali karir sebagai stuntman dan peran-peran kecil dalam berbagai film silat produksi Hong Kong, hingga akhirnya dia termasuk dalam salah satu aktor yang berperan di dua film Bruce Lee, yaitu Fist of Fury [1972] dan Enter the Dragon [1973], sebagai stuntman di usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Saat itu dia masih menggunakan nama Chan Yuen Lung. Sempat hendak di dapuk sebagai penerus Bruce Lee lewat film New Fists of Fury [1976], tetapi ternyata karirnya meningkat ketika dia bermain dalam banyak film silat yang lebih menampilkan sisi komedi dibanding drama serius.

Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik Jackie Chan sepanjang karirnya yang dimulai dari film silat komedi hingga film action modern yang membuatnya meraih banyak penghargaan.

10 Film Terbaik Jackie Chan

1. Snake in the Eagle’s Shadow [1978]

snake in the eagle shadow

Film karya sutradara debutan Yuen Woo-ping ini menampilkan Jackie Chan dalam salah satu performa terbaiknya di awal karir perfilmannya. Berperan sebagai Chien Fu, dia adalah petugas kebersihan di padepokan silat dimana kemudian dia mempelajari sendiri jurus-jurus dahsyat yang dia kembangkan dari jurus “Tinju Ular” yang diajarkan oleh seorang kakek tua.

Ternyata ilmunya ini akan membantu menyelamatkan nyawa sang kakek dari pendekar jahat. Film ini dianggap sebagai breakthrough bagi karir Jackie Chan seterusnya, dimana film ini menuai sukses besar dan dianggap berbeda dengan film-film silat sejenis yang diproduksi di masanya.

2. Drunken Master [1978]

drunken master

Film dengan sutradara dan aktor yang sama yang menyukseskan film Snake in the Eagle’s Shadow [1978], bahkan dengan alur cerita yang nyaris sama, hanya mengusung jurus kung fu yang berbeda, ternyata film ini meraih pendapatan dua kali lipat dibandingkan film sebelumnya yang juga dianggap sukses besar.

Jurus-jurus kung fu bergaya komedi yang ditampilkan di film ini, adalah pondasi bagi Jackie Chan dalam meneruskan trend genre yang melambungkan namanya ini.

3. The Young Master [1980]

young master

Film yang seringkali dianggap sebagai film pertama yang disutradarainya ini adalah produksi perdananya bagi Golden Harvest dimana Jackie Chan diberikan keleluasaan dan kreatifitas yang penuh dalam membesut filmnya. Bahkan untuk soundtrack-nya, dia menyumbang salah satu lagu yang dinyanyikannya sendiri.

4. Project A [1983]

project a

Film yang dibintangi oleh trio Jackie Chan, Sammo Hung dan Yuen Biao ini menggabungkan banyak komedi yang lucu dengan pameran adegan berbahaya yang dilakukan sendiri oleh Jackie Chan. Banyak adegan di film ini terinspirasi dari film-film Buster Keaton dan Harold Lloyd.

Salah satu adegan paling berbahaya adalah dimana Jackie Chan bergelantungan di menara jam dan terjatuh melalui kanopi-kanopi hingga akhirnya terjerembab di tanah. Film ini kemudian memunculkan sebuah sequel, Project A Part II [1987], yang juga sukses besar di era banyaknya Jackie Chan membintangi film sequel dari film-film hitsnya, atau di masa keemasannya.

5. Wheels on Meals [1984]

wheels on meals

Trio Jackie Chan , Sammo Hung dan Yuen Biao kembali bersatu kembali dalam film yang tetap mengusung formula yang sama dengan film Project A [1983]. Bedanya, film ini disutradarai bukan oleh Jackie Chan, tetapi oleh Sammo Hung. Adegan humor bercampur adegan berbahaya tetap menjadi bumbu utama film yang mengambil syuting di Barcelona ini.

6. Police Story [1985]

police story

Menurut Jackie Chan sendiri, film ini adalah film action terbaiknya. Police Story kemudian menghasilkan beberapa sequel lagi dikarenakan kesuksesannya yang mendunia. Tidak hanya di Hong Kong dan Asia Timur saja, tetapi juga mampu menembus pasar Hollywood, setelah sebelumnya beberapa film Jackie Chan yang dirilis di Amerika mengalami kegagalan.

Police Story 2 [1988], Police Story 3: Super Cop [1992] bersama Michelle Yeoh, dan Police Story 4: First Strike [1996] yang menghadirkan lagu ciptaan Jackie Chan dan dinyanyikan pula olehnya, adalah beberapa sequel dari kisah petualangan polisi Hong Kong ini.

Setelah beberapa tahun tidak ada sequel baru, kemudian hadir film New Police Story [2004] sebagai reboot serial ini yang lebih menitikberatkan pada sisi drama dan penceritaannya.

Serial ini kemudian dilanjutkan dengan Police Story 2013 [2013] yang merupakan film terpisah dimana Jackie Chan memerankan karakter lain dan tidak melanjutkan karakter di beberapa film Police Story sebelumnya. Kesan suram dan gelap membedakan film terbaru ini dibandingkan film-film sebelumnya yang lebih bernuansa komedi.

7. Dragons Forever [1988]

dragons forever

Film terakhir yang menampilkan “three brothers” ini disutradarai oleh Sammo Hung dan dibantu oleh Corey Yuen. Mereka berperan sebagai para pengacara yang direkrut oleh sebuah perusahaan kimia yang tidak menggunakan etika yang baik dalam berbisnis. Limbah produksi mereka mengganggu habitat perikanan di daerah tersebut.

Tetapi ternyata bukan itu saja kasus yang mereka tangani. Perusahaan kimia itu adalah sebuah kamuflase kerajaan narkoba dan mereka harus meluruskan masalah antara mereka dan perusahaan sebelum melaporkan kepada pihak berwajib. Benny Urquidez, legenda kickboxing, tampil sebagai tangan kanan sang raja narkoba.

8. Armour of God II: Operation Condor [1991]

armour of god

Kesuksesan film Armour of God [1986] yang hampir saja menewaskan Jackie Chan dalam sebuah adegan berbahaya, dilanjutkan oleh sequel-nya yang lebih mendekati gaya Indiana Jones dengan kisah yang bersinggungan dengan Nazi dalam petualangannya di Gurun Sahara. Bujet produksi yang besar menjadikan film ini sebagai sebagai film Hong Kong termahal pada saat itu.

CZ12 atau Chinese Zodiac [2012] merupakan kelanjutan dari serial ini tanpa menampilkan embel-embel Armour of God. Film ini meraih banyak penghargaan, salah satunya dari Guinness World Records sebagai “Most Stunts Performed by Living Actor” dan “Most Credits in One Movie”. Selain itu, di Hong Kong Film Awards meraih Best Action Choreography.

9. Drunken Master II [1994]

drunken masterII

Jackie Chan kembali memerankan karakter pahlawan rakyat Wong Fei-hung, tetapi film ini bukanlah sequel dari film pertamanya dahulu. Kembali memamerkan jurus-jurus Dewa Mabuk, film ini kemudian masuk ke dalam daftar 100 film terbaik sepanjang masa versi majalah Time di tahun 2005.

10. Rush Hour [1998]

rush hour

Inilah film yang memantapkan nama Jackie Chan di peta perfilman Hollywood. Dalam film karya Brett Ratner ini, dia dipasangkan oleh Chris Tucker sebagai pasangan polisi yang memiliki banyak perbedaan dalam sikap dan budaya, dan mereka ditugaskan untuk menangkap penculik anak konsulat China.

Kesuksesan film ini, lebih dari $200 juta di seluruh dunia, tentu saja dilanjutkan dengan sequel-nya, Rush Hour 2 [2001] yang menampilkan Zhang Ziyi dan berhasil meraup keuntungan lebih besar dari film pertamanya. Serial ini ditutup oleh Rush Hour 3 [2007] yang menuai banyak kritikan karena tidak sebanding dengan dua film sebelumnya.

Film Jackie Chan Terbaik Lainnya

Sudah menonton semua film di atas? Tidak usah khawatir, Bacaterus masih punya rekomendasi film Jackie Chan lainnya yang wajib untuk Anda tonton. Berikut daftar lengkapnya:

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment