Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik dan Paling Memukau dari Ewan McGregor

10 Film Terbaik dan Paling Memukau dari Ewan McGregor

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ewan McGregor adalah seorang aktor dari Skotlandia yang banyak dikenal karena berperan dalam berbagai genre film, antara lain drama indie, fiksi ilmiah kolosal, dan musical. Oleh karena itu, talenta aktingnya sangat terasah dan membuat dirinya populer baik di perfilman Inggris maupun di Hollywood.

Dilahirkan di Pertshire, Scotland pada 31 Maret 1971, McGregor mengawali karirnya dari film dan serial TV hingga akhirnya dia mendapat peran dalam film layar lebar. Akting perdananya adalah sebagai figuran di film Being Human [1994] dengan komedian Robin Williams sebagai aktor utamanya.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk menunjukkan kemampuan aktingnya. Di film berikutnya, Shallow Grave [1994], performa akting McGregor langsung menuai pujian. Untuk itu, berikut ini kami pilihkan 10 film terbaiknya.

10 Film Terbaik Ewan McGregor

1. Shallow Grave [1994]

Shallow Grave [1994]

* sumber: www.allmovie.com

Film debut sutradara Danny Boyle ini bergenre crime thriller yang juga menjadi kali pertama McGregor mendapat peran utama. Kesempatan ini tidak disia-siakan olehnya. Dengan memaksimalkan bakat aktingnya, McGregor tampil apik dan langsung menyedot perhatian para kritikus film. Satu nominasi Best British Actor di ajang Empire Award menjadi buktinya.

Kisahnya sendiri cukup menegangkan di mana tiga orang sahabat, salah satunya adalah Alex Law, seorang jurnalis yang diperankan oleh McGregor, membutuhkan seorang lagi untuk mengontrak sebuah flat bersama mereka. Tidak berapa lama, teman baru ini ditemukan tewas dan ternyata dia meninggalkan banyak uang.

Darimanakah uang ini? Apakah uang ini milik Hugo, teman baru mereka? Semua pertanyaan itu coba dijawab dengan alur kisah menarik, hingga pada akhirnya menyebabkan mereka celaka. Kekuatan akting dan keunikan kisah menjadikan film ini layak untuk ditonton, meski bukan produksi Hollywood.

2. Trainspotting [1996]

* sumber: www.allmovie.com

Lewat kolaborasi keduanya dengan sutradara Danny Boyle, Ewan McGregor berhasil menembus blantika perfilman dunia lewat sebuah drama tentang ketergantungan narkoba di sebuah daerah di Inggris. Kisahnya diangkat dari novel karya Irvine Welsh.

Kecanduan narkoba serta efek buruknya dan kemiskinan menjadi fokus film ini yang mampu ditampilkan dengan baik dan dinamis oleh Danny Boyle. Bahkan untuk mendalami karakternya, Ewan McGregor mendatangi pusat rehabilitasi di Glasgow, di mana dia banyak berdialog dengan mantan pecandu dan diajarkan cara memasak dan menggunakan obat terlarang tersebut.

Kesuksesan film ini membuat nama Danny Boyle dan Ewan McGregor populer dan langsung menjadi komoditi panas perfilman dunia, terutama Hollywood. Tetapi kesuksesan ini tidak langsung membuat film ini mendapat jalan untuk memproduksi film lanjutannya, sesuai dengan kronologi novelnya. Butuh waktu 21 tahun untuk akhirnya kisah film ini berlanjut.

T2 Trainspotting [2017] adalah sebuah sequel yang banyak ditunggu oleh moviegoers. Meski hanya dirilis terbatas, nyatanya film ini sedikit bisa mengimbangi kesuksesan film pertamanya dalam hal kualitas, meski pendapatan yang diraih masih jauh di bawahnya.

3. Black Hawk Down [2001]

* sumber: www.allmovie.com

Jalan di Hollywood mulai ditapaki olehnya lewat film perang karya Ridley Scott ini bersama para aktor muda lainnya. Perannya sebagai John Grimes, seorang specialist di tim Rangers, menjadi salah satu patriot yang turut bertempur dalam sebuah misi penyergapan di Mogadishu, Somalia.

Meski harus berbagi durasi akting dengan para aktor lain, performanya dalam setiap adegan mampu mencuri perhatian, apalagi dia adalah wajah baru di perfilman Hollywood. Bersama dengan aktor lainnya, McGregor juga ikut serta dalam pelatihan militer dari satuan Marinir dan Rangers sebelum syuting film dimulai.

4. Moulin Rouge! [2001]

Moulin Rouge! [2001]

* sumber: www.allmovie.com

Pionir film musical di era millennium ini mempertemukan Ewan McGregor dengan Nicole Kidman dalam sebuah balutan kisah romantis penuh dengan tari dan lagu. Christian adalah seorang penyair yang jatuh cinta kepada Satine, bintang dari acara musik yang singgah di kotanya.

Lika-liku petualangan cinta mereka sangat indah untuk dinikmati. Tetapi bagi yang tidak menyukai drama musical, mungkin akan sedikit antipati, meski mereka tetap harus mengakui kualitas film karya Baz Luhrmann ini yang meraih dua Oscar, salah satunya adalah Best Costume Design.

5. Big Fish [2003]

* sumber: www.allmovie.com

Dalam film drama tentang hubungan ayah dan anak ini, Ewan McGregor berperan sebagai Edward Bloom di masa mudanya, di  mana kisah-kisah seperti penuh fantasi tetapi dianggap nyata olehnya di saat masa tuanya. Kisah cintanya dengan sang istri digarap dengan nuansa fantasi yang romantis.

Dalam salah satu adegan di mana Bloom muda bertemu dengan Sandra, calon istrinya saat itu, dia melewati waktu yang seakan-akan berhenti untuk menuju kepada kekasihnya. Adegan ini adalah salah satu adegan terindah yang pernah ada di dalam film. Coba saksikan kembali dan rasakan keindahannya.

6. Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith [2005]

Star Wars Episode III – Revenge of the Sith [2005]

* sumber: www.allmovie.com

Siapa lagi aktor asal Britania Raya yang mampu menggantikan peran Sir Alec Guinness sebagai Obi-Wan Kenobi di masa mudanya dalam kisah epic Star Wars selain Ewan McGregor? Kharisma dan ketenangan yang terpancar dalam dirinyalah yang membuatnya mendapat peran besar dalam saga outerspace ini.

Di ketiga film prequel dari Star Wars ini, yaitu The Phantom Menace [1999], Attack of the Clones [2002], dan Revenge of the Sith [2005], performa McGregor cukup baik dan stabil menjaga alur kisah film. Dan perannya ini pun disambut dengan baik oleh para fans setia Star Wars.

7. The Ghost Writer [2010]

The Ghost Writer [2010]

* sumber: www.allmovie.com

Di film karya Roman Polanski ini, Ewan McGregor berperan sebagai seorang penulis yang ditugaskan untuk menyusun sebuah biografi dari seorang politikus yang sedang menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris. Untuk memulai tulisannya, dia mengumpulkan semua data dan informasi sebanyak-banyaknya.

Dan ternyata, dia menemukan sebuah informasi yang valid tentang kebusukan sang Perdana Menteri ini yang image-nya sangat baik di mata masyarakat. Hatinya gundah, karena sebagai seorang jurnalis, dia harus menginformasikan semua kebenaran yang diketahuinya, meski itu akan mengancam jiwanya.

Akting Ewan McGregor di film ini bisa dibilang santai dan menyenangkan di awal hingga pertengahan film. Tetapi kemudian dia mampu menampilkan rasa gelisah dan khawatir yang believable, hingga di penghujung film kita akan terkesima dengan apa yang terjadi padanya.

Di ajang European Film Awards, Ewan McGregor berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actor atas performa apiknya di film drama thriller ini. Tidak sampai di situ saja, para kritikus film pun memuji penampilan McGregor yang sanggup mengemban tugasnya sebagai sentral cerita film ini.

8. Beginners [2010]

Beginners [2010]

* sumber: www.allmovie.com

Dalam film psychological drama dengan bumbu comedy ini, Ewan McGregor berperan sebagai seorang illustrator yang terkejut dengan berita yang dinyatakan oleh ayahnya, yaitu bahwa dirinya menderita kanker dan juga dirinya memiliki kekasih baru pada diri seorang pemuda.

Ketika ayahnya mulai menderita sakit yang parah, Oliver merawatnya yang memberikan jalan kepadanya untuk bertemu kekasih hatinya yang memiliki permasalahan sendiri akan sosok seorang ayah. Perbedaan antara mereka harus segera ditanggulangi demi keutuhan cinta.

Pesan moral film ini cukup menyentuh hati, apalagi yang memiliki masalah antara ayah dan anak. Ditampilkan dalam metode interconnected flashbacks, cerita yang disuguhkan menjadi semakin menarik. Performa Christopher Plummer sebagai sang ayah menuai banyak pujian dan penghargaan.

9. Perfect Sense [2011]

Perfect Sense [2011]

* sumber: www.allmovie.com

Di film medical drama yang romantis ini, Ewan McGregor dan Eva Green harus berusaha menemukan obat dari wabah penyakit yang melanda dunia. Meski tidak ditampilkan secara global, nuansa akhir dunia cukup terasa meski fokus cerita hanya kepada dua karakter ini.

Dalam pencarian obat penyembuh tersebut, mereka menemukan cinta. Kisah romantis pun mulai hadir. Meski film ini terkesan berat dari segi penceritaan dan visualisasinya, McGregor dan Green cukup padu menampilkan sinergi mereka dalam berakting.

10. The Impossible [2012]

* sumber: www.allmovie.com

Bencana tsunami yang melanda Aceh dan Thailand di tahun 2004 masih menyisakan banyak cerita untuk diungkapkan. Salah satunya adalah film karya J.A. Bayona yang menampilkan Ewan McGregor dan Naomi Watts dalam perjuangan mereka menyelamatkan diri dan keluarganya dari bencana ini.

Ketika tsunami melanda, keluarga Henry dan Maria yang sedang berlibur terpisah. Demi keutuhan keluarga, mereka bersama ketiga putranya berusaha sekuat tenaga untuk selamat, hidup, dan mencari informasi tentang keberadaan anggota keluarga lainnya.

Penampilan Ewan McGregor memang tidak sebanyak Naomi Watts, tetapi dia mampu menampilkan akting menawan dalam setiap adegannya. Dan adegan keharuan di akhir film adalah puncak dari semua kelelahan dalam pencarian di tengah bencana tersebut.

Di usianya saat ini, Ewan McGregor masih mampu tampil dalam banyak produksi film ke depannya. Meski seringkali bermain dalam film yang kurang baik secara kualitas, performa aktingnya selalu total. Maka, Kerajaan Inggris pun memberikan gelar kepadanya, yaitu Officer of the Order of the British Empire (OBE) karena kontribusinya dalam drama dan kemanusiaan.

Aktingnya yang mumpuni juga dia tampilkan dalam beberapa pentas teater, maka tidak heran ketika dia berperan dalam film drama, kekuatan aktingnya semakin terlihat. Kita tunggu saja gebrakan apalagi yang akan dihadirkan McGregor dalam film-film berikutnya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *