Bacaterus / Film Adaptasi Buku / 10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Serial Televisi

10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Serial Televisi

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Televisi sudah menjadi salah satu media hiburan sejak abad ke-20 hingga kini, meski saat ini agak sedikit tergeser dengan kehadiran internet. Banyak acara yang menjadi favorit pemirsanya dan meninggalkan kesan bahkan melekat dalam ingatan mereka. Salah satunya adalah serial televisi.

Beriringan dengan kejayaan perfilman layar lebar, serial televisi menjadi salah satu pendukung bagi keberhasilan perfilman Hollywood. Banyak bintang film terkenal memulai karirnya dari serial televisi. Tidak hanya aktor dan aktrisnya saja yang diangkat oleh dunia film, tetapi juga serialnya dicoba diangkat ke layar lebar.

Ada yang tetap mengusung elemen-elemen dari serialnya, tetapi ada juga yang muncul dengan perspektif yang baru. Kehadiran adaptasi serial televisi ini pastinya banyak ditunggu oleh para penonton, terutama fans setia dari serialnya. Meski begitu, banyak adaptasi serial televisi ini yang gagal dalam penampilannya di layar bioskop.

Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik yang merupakan adaptasi serial televisi yang pernah jaya di layar kaca dan juga semakin berjaya di layar lebar.

10 Film Terbaik Yang Diadaptasi Dari Serial Televisi

1. The Untouchables [1987]

The Untouchables

Berdasarkan memoir autobiografi Eliott Ness yang diterbitkan pada tahun 1957, hadir sebuah serial yang ditayangkan di ABC selama empat musim dari tahun 1959-1963 yang membuat aktor utamanya, Robert Stack, meraih Emmy Award pada tahun 1960. Versi layar lebarnya diakui sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat.

Disutradarai oleh Brian De Palma dan dibintangi oleh beberapa aktor top Hollywood seperti Kevin Costner, Robert De Niro dan Sean Connery yang berhasil meraih Oscar sebagai Best Supporting Actor, film ini menuai banyak pujian dan berhasil melebihi kesuksesan serialnya dengan tetap mempertahankan banyak elemen yang disuguhkan oleh versi layar kacanya.

2. The Addams Family [1991]

The Addams Family

Diadaptasi dari serial televisi yang pernah diputar selama 2 musim di ABC di tahun 1964-1966, film ini hadir dengan semangat yang sama. Bahkan beberapa karakternya nyaris sama persis dengan karakter yang ada di serial televisinya yang berdasarkan serial kartun di majalah The New Yorker.

Hampir keseluruhan elemen yang pernah ditampilkan di serial televisinya kembali dihadirkan, tentunya dengan penggunaan special-effects yang lebih baik. Film ini menuai pujian dari publik dan para pemerannya menjadi lebih terkenal setelah kesuksesan film yang kemudian memiliki sequel berjudul Addams Family Values [1993]

3. The Fugitive [1993]

The Fugitive

Salah satu serial terbaik yang pernah diputar di ABC ini kemudian sukses juga begitu diangkat ke layar lebar. Serialnya sendiri berlangsung selama 4 musim dari tahun 1963-1967 dan pernah meraih Emmy Award pada tahun 1966.

Tidak ada karakter yang diubah untuk versi filmnya, yang diperankan oleh Harrison Ford dan Tommy Lee Jones. Nama yang terakhir berhasil meraih Oscar dari kategori Best Supporting Actor. Maka untuk sequel-nya, U.S. Marshals [1998], karakter Sam Gerard-lah yang menjadi tokoh sentral film.

4. Maverick [1994]

Maverick

ABC selalu saja menayangkan serial-serial yang banyak digemari oleh publik, salah satunya adalah Maverick yang menceritakan petualangan sepasang saudara Bret Maverick dan Bart Maverick dalam menjelajahi Amerika pada era Old West di area Mississippi. Mereka ahli dalam permainan kartu yang menjadi mata pencaharian mereka, selain menipu dan mencopet.

Tayang selama 5 musim dari tahun  1957-1962, James Garner yang berperan sebagai Bret mengundurkan diri pada akhir musim kedua dan diganti oleh karakter lain di musim ketiga yang kemudian diganti lagi di musim keempat.

Dalam versi layar lebarnya, James Garner hadir kembali, tetapi tidak sebagai Bret Maverick yang diperankan dengan baik oleh Mel Gibson, tetapi sebagai Zane Cooper, Marshall yang memburu Bret. Ditambah pemanis pada seorang Jodie Foster, film ini terasa lengkap, seru, lucu dan banyak hal menarik lainnya yang tidak kalah dari aksi-aksi yang ditampilkan pada serial televisinya.

5. Mission: Impossible [1996]

Mission Impossible

Serial spionase ini merupakan salah satu serial televisi terbaik yang pernah ditayangkan di CBS selama 7 musim dari tahun 1966-1973. Aroma perang dingin memenuhi setiap episodenya, dan yang unik adalah pesan yang disampaikan lewat berbagai macam alat akan meledak setelah pesan tersebut tersampaikan.

Versi layar lebarnya sendiri menampilkan karakter baru yang sama sekali tidak ada di dalam serialnya yang diperankan oleh Tom Cruise.

Kesuksesan film ini kemudian dilanjutkan lewat beberapa sequel, yaitu Mission: Impossible II (2000), Mission: Impossible III (2006), Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011) dan Mission: Impossible – Rogue Nation (2015), dimana di setiap edisinya memiliki adegan yang sangat berbahaya, dan hebatnya lagi, kualitas filmnya selalu meningkat dari film sebelumnya.

6. Traffic [2000]

Traffic

Kali ini Hollywood mengadaptasi sebuah serial, tepatnya miniseri enam episode yang pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Inggris Channel 4 di tahun 1989. Jika di dalam serialnya, kisah perdagangan ilegal narkoba ini melibatkan pihak Pakistan, Jerman dan Inggris, dalam filmnya yang memakai metode yang sama, melibatkan pihak USA dan Mexico.

Keunikan serial dan filmnya ini yaitu menggunakan narasi yang tidak teratur dan berpindah-pindah antara satu kisah ke kisah lainnya yang seolah-olah tidak memiliki keterkaitan, tetapi pada akhirnya terdapat benang merah cerita antara ketiga kisah ini, meski tipis.

7. Get Smart [2008]

Get Smart

Serial yang pernah ditayangkan di NBC selama 4 musim dan CBS untuk 1 musim pada tahun 1965-1970 ini merupakan komedi satir tentang dunia spionase dan agen rahasianya yang diciptakan dan diperani oleh Mel Brooks. Banyak istilah yang muncul di film ini kemudian menjadi populer dan dipakai oleh masyarakat pada masa itu.

Versi filmnya sendiri diperankan oleh pasangan Steve Carell dan Anne Hathaway yang tetap mengusung banyak elemen menarik dari serialnya. Pasangan ini tampil sangat bersinergi dan membantu mengalirnya kisah dan alur film dengan lancar.

8. Star Trek [2009]

Star Trek

Untuk serial yang satu ini akan sedikit panjang pembahasannya. Serial orisinilnya sendiri ditayangkan oleh NBC pada tahun 1966-1969 selama 3 musim. Dari serial ini muncul beberapa karakter yang terkenal dan menjadi legendaris, seperti Captain James T. Kirk, Science Officer Spock dan Medical Officer Leonard McCoy.

Meski pada penayangannya tidak mendapat sambutan yang baik, tapi beberapa tahun kemudian serial ini menjadi populer kembali dan menyandang status sebagai cult classic dengan beberapa serial lanjutan, film layar lebar, buku, video games dan mainan anak.

Film adaptasi pertamanya adalah Star Trek: The Motion Picture [1979], lalu dilanjutkan dengan Star Trek II: The Wrath of Khan [1982], Star Trek III: The Search for Spock [1984], Star Trek IV: The Voyage Home [1986], Star Trek V: The Final Frontier [1989] dan Star Trek VI: The Undiscovered Country [1991].

Sementara itu, di tahun 1987-1994 hadir serial Star Trek: the Next Generation yang juga muncul di layar lebar lewat Star Trek Generations [1994], Star Trek: First Contact [1996], Star Trek: Insurrection [1998] dan Star Trek: Nemesis [2002].

Di tahun 1993-1999 hadir serial Star Trek: Deep Space Nine, yang mengambil setting di stasiun angkasa, tidak seperti dua serial sebelumnya yang berada di dalam pesawat. Lalu hadir serial Star Trek: Voyager pada tahun 1995-2001, yang kemudian diikuti oleh serial Star Trek: Enterprise pada tahun 2001-2005 yang merupakan prequel dari serial orisinilnya.

Versi reboot-nya dimulai lewat film Star Trek [2009] dengan dua sequel-nya, Star Trek Into Darkness [2013] dan Star Trek Beyond [2016] yang memiliki kualitas yang lebih baik dari pendahulunya.

9. The A-Team [2010]

The A-Team

Serial kebanggaan NBC ini ditayangkan di tahun 1983-1987 dan menjadi populer sejak saat itu, termasuk di Indonesia ketika ditayangakan di stasiun televisi milik pemerintah. Keempat karakternya memiliki porsi tampil yang seimbang, sehingga semuanya menjadi dikenal dan digandrungi oleh publik. Hannibal, Faceman, B.A. dan Murdock memiliki keahlian yang berbeda yang digunakan dalam setiap misi yang mereka emban.

Versi filmnya bisa dibilang sangat presisi dengan serialnya dan memiliki cerita yang cukup baik. Dengan aktor seperti Liam Neeson dan Bradley Cooper, film ini berhasil menjadi box-office pada saat penayangannya di bioskop.

10. 21 Jump Street [2012]

21 Jump Street

Yang tidak boleh ketinggalan adalah serial yang mengangkat nama Johnny Depp sebagai idola remaja saat itu yang ditayangkan di Fox Network dari tahun 1987-1991. Menggabungkan comedy dengan action yang seru, serial ini menjadi sangat populer pada masanya.

Versi filmnya sendiri tidak kalah apik. Diperankan oleh Channing Tatum dan Jonah Hill, banyak sekali adegan action yang lucu dan juga pesan moral tentang arti persahabatan. Karena kesuksesannya, muncul sequel 22 Jump Street [2014] yang tetap mengusung formula yang sama dengan film pertamanya. Masih ada kemungkinan film ini akan memiliki sequel lagi.

Film Adaptasi Terbaik Lainnya

Sudah menonton semua film di atas? Tenang saja, bacaterus masih memiliki beberapa rekomendasi film terbaik lainnya yang juga diadaptasi dari serial televisi. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya:

11. IT (2017)

IT

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa film tentang badut mengerikan, IT, sebenarnya berasal dari sebuah serial TV. Sutradara Tommy Lee Wallace membuat miniseri bertema horror ini berdasarkan adaptasi dari novel Stephen King. Serial TV tersebut ditayangkan pada tahun 1990 dan sempat juga ditayangkan di stasiun TV Indonesia.

Pada tahun 2017, miniseri ini dihadirkan dalam layar lebar dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang sekelompok anak yang sering menjadi korban bully oleh anak-anak lain di wilayahnya. Tiba-tiba sekelompok anak ini harus bekerja sama untuk menghadapi Pennywise, badut jahat yang menyebabkan hilangnya anak-anak di wilayah tempat tinggal mereka.

12. Scooby Doo The Movie (2002)

Scooby Doo The Movie

Film yang satu ini pasti sudah familiar serial TV-nya, terutama bagi anak-anak era tahun 90-an. Scooby Doo adalah serial kartun yang ditayangkan di stasiun TV CBS mulai tahun 1969. Sangat menarik bila setelah 30 tahunan kemudian film ini diangkat menjadi sebuah film layar lebar.

Di tahun 2002, film live-action Scooby Doo dibuat oleh sutradara Raja Gosnell. Filmnya masih menceritakan tentang petualangan Scooby Doo, si anjing pintar yang bisa berbicara, dengan 4 kawan manusianya. Beberapa kelucuan juga disajikan di dalam film ini. Meskipun ada yang berpendapat bahwa serial kartunnya jauh lebih baik dari film layar lebarnya.

13. Charlie’s Angels (2000)

Charlie's Angels

Masih ingat dengan film yang menceritakan tentang 3 gadis cantik yang jago berantem dan melawan musuh-musuh jahat? Ya, film Charlie’s Angels terbilang sangat sukses saat diangkat ke layar lebar pada tahun 2000. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa film ini merupakan adaptasi dari serial TV yang sempat booming di tahun 70-an?

Charlie’s Angels dulunya adalah sebuah serial TV yang ditayangkan di stasiun TV ABC. Bahkan, serial TV Charlie’s Angels tayang hingga 5 seasons.

Setelah 20 tahun berlalu, Charlie’s Angels dibuat menjadi film layar lebar dan dibintangi oleh aktris-aktris cantik, Lucy Liu, Cameron Diaz, dan Drew Barrymore. Bahkan, saking suksesnya film layar lebar Charlie’s Angels memiliki sekuel yang tayang pada tahun 2003, yakni Charlie’s Angels: Full Throttle.

14. Goosebumps (2015)

Goosebumps

Anak-anak yang lahir di tahun 80-90 pasti familiar dengan novel-novel Goosebumps karya R.L. Stine. Ternyata di tahun 1995, novel-novel R.L. Stine tersebut difilmkan menjadi serial TV yang sangat sukses. Ya, Goosebumps sempat tayang di stasiun televisi Amerika, Fox Kids, pada tahun 1995-1998. Bahkan, beberapa serial TV Goosebumps juga sempat ditayangkan di stasiun TV Indonesia.

20 tahun sejak serial televisinya tayang, Goosebumps diangkat menjadi film layar lebar yang disutradari Rob Letterman. Film layar lebar Goosebumps ini sempat menarik perhatian publik, terutama pecinta novel-novel R.L. Stine. Menariknya, di film ini kita juga bisa melihat live-action dari beberapa monster-monster ciptaan R.L. Stine yang selalu ditampilkan di dalam novelnya.

15. Teenage Mutant Ninja Turtles (1990, 2014, dan 2016)

Teenage Mutant Ninja Turtles

Dari ketiga film Teenage Mutant Ninja Turtles yang tayang di bioskop, film yang rilis di tahun 2014 adalah yang paling sukses. Mungkin karena film tersebut dibintangi oleh aktris cantik nan seksi, Megan Fox. Terlepas dari kesuksesan ketiga film layar lebar tersebut, ternyata Teenage Mutant Ninja Turtles adalah serial TV yang tayang perdana tahun 1987 di CBS.

Film yang menceritakan tentang 4 kura-kura ninja penggemar pizza ini memang memiliki jalan cerita yang menarik. Bagaimana tidak, 4 kura-kura ninja yang merupakan mutant ini menjadi jagoan dalam menumpas kejahatan. Tidak seperti superhero kebanyakan, kura-kura ninja ini sering bertingkah konyol sehingga mengocok perut kita.

Sebenarnya masih banyak film layar lebar yang merupakan adaptasi dari serial televisi populer, tetapi kualitaslah yang berbicara. Perfilman Hollywood tentunya akan selalu mengadaptasi serial populer untuk diangkat ke dalam film, terutama jika mereka sedang kekeringan ide dari buku dan novel, atau jika film franchise mereka sudah mulai kehilangan popularitas.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Harusnya dilihat juga dari dari aspek box office menurut aku Ateam termasuk bomb box office di imdb juga cuma 6,5 kalo versi aku menurut aku shaun the sheep the movie layak jadi contoh adaptasi tv ke film karena jika melihat serialnya lucu dan seru sedangkan adaptasi filmnya tak hanya lucu dan seru namun juga bikin terharu dan juga masuk nominasi oscar ya meskipun aku juga kadang tidak sepaham dengan oscar

    1. Terima kasih sudah berbagi opininya, Agus! 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *