Bacaterus / Entertainment / Film India / 10 Film Bollywood Terbaik yang Diperankan Akhsay Kumar

10 Film Bollywood Terbaik yang Diperankan Akhsay Kumar

Aktor tampan yang sekilas mirip dengan kiper Juventus Gianluigi Buffon ini adalah salah satu selebritis papan atas di perfilman Bollywood. Akshay Kumar lebih produktif jika dibandingkan dengan aktor seangkatannya ataupun para aktor pendatang baru. Dalam setahun, dia bisa berperan dalam 5-7 film. Sehingga dari awal karir di tahun 1990an sampai sekarang sudah lebih dari 100 film dia bintangi.

Dilahirkan di Punjab pada 9 September 1967, Akshay Kumar yang terlahir dengan nama Rajiv Hari Om Bhatia ini mengawali karir lewat film-film action baru kemudian filmography-nya lebih banyak diisi dengan deretan film comedy dan beberapa film drama. Akshay Kumar juga adalah aktor yang paling sering berperan sebagai polisi, terutama dengan jabatan inspektur.

Meski film-film yang dibintanginya tidak semuanya memiliki kualitas yang baik, terutama di awal-awal karirnya, memasuki tahun 2000an semakin banyak film-film berkualitas yang dia turut berperan di dalamnya, sehingga saat ini namanya kembali mulai diperhitungkan dalam setiap ajang penghargaan film di India. Sedikit banyak dia bisa bersaing dengan nama besar Shah Rukh Khan dan Aamir Khan.

Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik dari 124 film yang pernah dibintanginya. Sebuah angka yang fantastis bagi seorang aktor yang baru menginjak usia 50 tahun dalam hampir tiga dekade berkiprah di dunia film.

1. Khiladi [1992]

khiladi

Film arahan Abbas Mustan ini adalah “Super Hit” pertama bagi Akshay Kumar yang dengan cepat mengatrol karirnya di perfilman Bollywood. Sebuah suspense thriller dengan bumbu comedy, Akshay Kumar berperan sebagai Raj Malhotra yang melakukan sebuah taruhan yang ternyata bisa mengancam nyawa dirinya dan para sahabatnya.

Karena film ini dianggap sukses, maka dirilislah beberapa film lagi dengan judul “Khiladi” yang diperankan oleh Akshay Kumar, yaitu Main Khiladi Tu Anari (1994], Sabse Bada Khiladi [1995], Khiladiyon Ka Khiladi [1996], Mr. and Mrs. Khiladi [1997], International Khiladi [1999], Khiladi 420 [2000] dan Khiladi 786 [2012]. Sayangnya, semua sequel ini tidak bisa menyamai performa film pertamanya.

2. Hera Pheri [2000]

hera pheri

Film yang dianggap sebagai salah satu film comedy India terbaik ini merupakan film comeback bagi Akshay Kumar setelah di beberapa film sebelumnya banyak menuai kritikan dan gagal dalam meraih pendapatan yang besar, sehingga dia pun memilih untuk istirahat sejenak untuk kemudian meluruskan kembali jalan karirnya.

Bersama Paresh Rawal dan Sunil Shetty, film ini menuai banyak pujian karena performa akting dari mereka bertiga yang sangat bersinergi, lagu-lagu yang hits dan memorable, dan jalan cerita yang sangat menarik. Film ini kemudian menelurkan sebuah sequel yaitu Phir Hera Pheri [2006] karena kesuksesannya.

3. Aankhen [2002]

aankhen

Film yang dibintangi oleh Akshay Kumar ini memasangkan dia dengan aktor legendaris Amitabh Bachchan dalam sebuah kisah perampokan bank karena alasan balas dendam. Akshay Kumar berperan sebagai salah satu pelaku pencurian bank yang ternyata tidak bisa melihat, alias buta. Bersama tiga rekannya, mereka melakukan misi atas dasar permintaan dari Vijay Singh Rajput yang diperankan oleh Amitabh Bachchan.

Di ajang Filmfare Awards, film yang menuai cukup banyak kontroversi karena pertikaian antara sutradara dan produser yang mengakibatkan tampilan nama sang sutradara diubah di dalam film dan home video-nya ini berhasil masuk nominasi di dua kategori. Karena kesuksesannya, film ini kemudian dibuatkan versi PC game sebagai sarana promosi.

4. Khakee [2004]

khakee

Film action thriller beroktan tinggi karya Rajkumar Santoshi ini banyak menuai pujian, terutama karena adegan-adegan action yang spektakuler dan mendebarkan, juga karena pemilihan lokasi yang baik dan kerja keras kameramen dalam menemukan inovasi pergerakan kamera yang dinamis.

Meski Amitabh Bachchan yang dianggap sebagai roh film ini, tetapi peran Akshay Kumar juga tidak bisa dipinggirkan begitu saja. Perannya sebagai Inspektur Senior Shekhar Verma, seorang polisi yang korup, juga dianggap sebagai salah satu peran terbaiknya setelah di beberapa film sebelumnya performanya menurun jauh saat tenggelam dalam film-film comedy yang tidak lucu.

5. OMG: Oh My God! [2012]

OMG oh my god

Film satire-comedy ini dibintangi Akshay Kumar bersama partner setianya, Paresh Rawal. Ceritanya diadaptasi dari pentas teater berjudul Kanji Virudh Kanji dan film Australia berjudul The Man Who Sued God. Akshay Kumar berperan ganda sebagai Krishna Vasudev Yadav, seorang agen real estate, dan sebagai Lord Krishna, dewa yang digugat oleh manusia.

Tema yang diangkat di film karya Umesh Shukla ini memang sedikit sensitif, karena menyinggung salah satu agama terbesar di India, yaitu Hindu. Tetapi semua itu mampu diramu dalam bungkus komedi satir yang lucu, dicampur dengan fantasi dan dongeng yang ditampilkan dalam bentuk modern.

6. Special 26 [2013]

special 26

Salah satu film terbaik di tahun 2013 ini menampilkan Akshay Kumar dalam sebuah crime thriller yang kisahnya terinspirasi dari pencurian Opera House di tahun 1987 dimana sebuah satuan kepolisian yang bernama Central Bureau of Investigation melakukan penyergapan terhadap para pelaku kriminal di Mumbai.

Film ini kemudian menuai banyak pujian dan juga sukses secara komersial menjadi salah satu film terlaris di tahun 2013, meski ada beberapa kritikus yang menganggap jika film ini seharusnya bisa tampil lebih baik lagi, terutama karena pesan moral, cerita yang bagus dan penampilan Akshay Kumar yang memikat, bisa menjadi faktor lebih yang bisa digali lebih dalam lagi.

7. Holiday: A Soldier Is Never Off Duty [2014]

holiday

Film action thriller karya A.R. Murugadoss yang merupakan remake dari filmnya sendiri, Thuppakki [2012], yang diproduksi oleh perfilman Tamil, menampilkan Akshay Kumar dalam salah satu performa terbaiknya. Kumar berpasangan dengan Sonakshi Sinha yang juga menampilkan Govinda sebagai special appearance.

Seringkali dianggap sebagai salah satu film thriller terbaik yang pernah diproduksi oleh Bollywood, film ini juga sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di tahun 2014. Karir Kumar pun memasuki babak baru, dimana setelah kesuksesan film ini, dia pun mulai lebih selektif dalam memilih peran dan memaksimalkan kemampuan akting yang dia punya di atas nilai komersil yang dia dapat.

8. Baby [2015]

baby

Penampilan Akshay Kumar dipuji sekali lagi dalam sebuah action thriller berbau spionase karya Neeraj Pandey ini. Film yang juga dibintangi oleh aktor-aktor senior seperti Danny Denzongpa dan Anupam Kher sukses secara komersil dan menjadi film box-office di tahun 2015. Tetapi sayangnya, karena menampilkan penggambaran negatif tentang Islam dan kaum muslim, film ini dilarang diputar di Pakistan.

9. Airlift [2016]

airlift

Film ini adalah sebuah drama sejarah tentang kejadian evakuasi warna India di Kuwait pada Perang Teluk saat Saddam Hussein dan pasukannya menginvasi Kuwait. Akshay Kumar berperan sebagai Ranjit Katyal, seorang businessmen asal Kuwait yang melakukan evakuasi tersebut dengan segala kekuatan yang dia punya.

Promosi film ini sangat baik yang kemudian mengatrol kesuksesan secara komersil di tangga box-office. Maskapai penerbangan Air India yang melakukan banyak penyelamatan pada saat perang berlangsung digandeng sebagai media promosi film. Film karya Raja Krishna Menon ini juga sukses dalam pemutarannya di beberapa festival film di India dan dunia.

10. Toilet – Ek Prem Katha [2017]

toilet

Film satire-comedy tentang program pemerintah untuk memperbaiki kesehatan masyarakat dengan mensosialisasikan pengadaan toilet di daerah-daerah pedesaan ini adalah sebuah bukti kematangan seorang Akshay Kumar dalam dunia film. Selain performa aktingnya menuai pujian, dia juga bertindak selaku produser di film ini bersama sineas Neeraj Pandey.

Selain sukses secara komersil, film karya Shree Narayan Singh ini menuai pujian dari segala pihak. Banyak pesan moral dan fakta yang ada di masyarakat ditampilkan dengan balutan komedi yang cukup lucu dan pastinya menohok banyak pihak, terutama para koruptor yang biasa bermain dalam program-program pemerintah.

Dengan kematangan akting dan kedewasaan pribadi dalam hidupnya saat ini, Akshay Kumar mulai kembali diperhitungkan sebagai salah satu aktor papan atas Bollywood setelah naik-turun karirnya dalam dunia film. Selektif memilih peran dalam film adalah langkah tepat untuknya daripada mementingkan produktifitas tanpa kualitas yang berarti.

Yang unik dari seorang Akshay Kumar ini adalah dia sudah 11 kali masuk nominasi di Filmfare Awards, baik sebagai Best Actor atau nominasi lainnya, dan berhasil meraih dua penghargaan sebagai Best Villain dalam Ajnabee [2001] dan Best Comedian dalam Garam Masala [2005], tetapi film-film yang membawanya masuk nominasi tidak memiliki kualitas yang baik jika dibandingkan 10 film di atas. Itu membuktikan, jika Akshay Kumar bisa total berperan meski dalam film buruk sekalipun.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment