Bacaterus / Film Olahraga / 11 Film Sepakbola yang Recommended untuk Penggemar Bola

11 Film Sepakbola yang Recommended untuk Penggemar Bola

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2019

Kalau bicara film tentang sepak bola, Shaolin Soccer dan Goal! pasti akan menjadi dua nama teratas yang disebut. Hal ini wajar mengingat kedua film tersebut begitu populer, ikonik, dan berkarakter. Apalagi, untuk para penonton Indonesia.

Lewat Shaolin Soccer, kita bisa melihat bagaimana sepak bola bisa dimainkan dengan gaya a la Shaolin. Sementara itu, kita bisa melihat sepak terjang seorang Santiago Munez kala kita menonton trilogi film Goal!

Selain dua film tersebut, masih ada beberapa film tentang sepakbola lainnya yang layak kamu tonton. Beberapa di antaranya Bacaterus rekomendasikan sebagai berikut.

1. Pele: Birth of a Legend (2016)

Pele Birth of a Legend

Ini adalah film tentang sepakbola yang terhitung baru. Sekitar tiga tahun lalu film ini rilis di seluruh dunia. Sesuai namanya, ini adalah film biografi salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa: Pele. Kisah hidup pemain asli Brasil itu dipaparkan dengan cukup apik di film ini.

Di film ini, kita akan mengetahui sepak terjang Pele dalam mewujudkan impiannya. Mulai dari perjuangannya di kala dia kecil, hingga keberhasilannya dalam merengkuh tiga Piala Dunia bersama dengan Timnas Brazil.

2. The Class of ’92 (2013)

The Class of ’92

Manchester United (MU) memiliki satu generasi pemain yang cukup ikonik: Class of ’92. Ini adalah generasi pemain akademi  MU yang diorbitkan Sir Alex Ferguson. Beberapa pemain ternama dari generasi ini adalah David Beckham; Paul Scholes; dan Ryan Giggs.

Kisah salah satu generasi pemain terbaik MU itu telah dijadikan film pada 2013 lalu. pada film tersebut, kamu bakal mengetahui bagaimana perjalanan para pemain Class of ’92. Dimulai saat mereka memenangi Youth Cup pada 1992, hingga kemenangan mereka di final Liga Champions 1999 di Camp Nou.

3. Will (2011)

Will

Sepakbola menyimpan banyak sejarah gemilang. Salah satunya adalah final Liga Champions 2005 yang mempertemukan Liverpool dan AC Milan. Final yang dimenangi Liverpool itu sangat membekas bagi semua pihak; entah itu pemain Liverpool dan AC Milan; penggemar kedua tim; hingga penikmat sepakbola pada umumnya.

Salah satu momen bersejarah itu lantas diangkat dalam film Will pada 2011 silam. Film ini mengisahkan Will Brennan, penggemar Liverpool yang menjadi saksi momen bersejarah tersebut. Di film ini, Will dikisahkan perjuangan Will yang rela berdesak-desakkan dengan penonton lain, demi menyaksikan perjuangan tim idolanya.

4. The Two Escobars (2010)

The Two Escobars

Selain memiliki sejarah heroik, sepakbola pun juga menyimpan sejumlah sejarah kelam. Salah satunya adalah kisah Andres Escobar pada 1994 silam. Escobar merupakan kapten timnas Kolombia yang mengakhiri hidupnya setelah tak sengaja mencetak gol bunuh diri ke gawang Kolombia.

Kisah kelam Escobar itu lantas menginspirasi Jeff Zimbalist untuk membuat film “The Two Escobars”. Film yang dirilis 2010 ini menggambarkan kisah kelam Andres Escobars yang disandingkan dengan kisah kelam Pablo Escobar; pemimpin kartel narkoba di Kolombia.

5. The Damned United (2009)

The Damned United

Ini adalah film sepakbola yang diangkat dari novel David Pearce dengan judul yang sama. Film ini berkisah tentang kiprah Brian Clough saat melatih Leeds United. Brian Clough sendiri merupakan salah satu pelatih asal Inggris yang legendaris.

Film berdurasi 98 menit ini tak cuma membuatmu tahu seperti apa karier Clough di Leeds United. Film ini juga membuatmu merasakan seperti apa itu kegigihan, keberhasilan, kegagalan, persahabatan, dan cinta.

6. Montevideo, Taste of a Dream (2010)

Montevideo, Taste of a Dream

Uruguay merupakan negara yang pertama kali menjuarai Piala Dunia. Keberhasilan timnas Uruiguay tersebut berhasil digarap secara apik oleh Dragon Bjelogrlic ke dalam sebuah film. Montevideo, Taste of a Dream adalah film garapannya itu.

Di film itu, kamu akan melihat bagaimana beratnya perjuangan para punggawa timnas Uruguay saat itu. Kamu tak akan bosan selama menonton film ini. sebab, film ini mampu mencampuradukkan unsur komedi dan drama dengan cukup apik.

7. First Team: Juventus (2018)

First Team Juventus

Kalau kamu penonton setia Netfilx sekaligus penggemar Juventus, ada satu film sepakbola yang bisa kamu tonton. Film tersebut tak lain adalah First Team: Juventus. Film yang rilis pada Februari 2018 ini akan membuatmu makin cinta kepada Juventus.

Kamu yang bukan fans Juventus pun tetap bisa menonton film ini. Soalnya, film ini bakal membuatmu tahu seperti apa sisi lain klub papan atas Italia tersebut. Mulai dari filosofi tim hingga kisah para pemainnya.

8. Barca Dreams (2015)

Barca Dreams

Kalau film satu ini cocok untuk kalian yang menggemari Barcelona. Film yang dirilis 3 September 2015 silam ini dengan apik menggambarkan sejarah tim asal Spanyol itu. Terutama, dari para pemain andalan mereka.

Kamu bisa melihat deretan pemain legendaris Barcelona. Mulai dari Johan Cruyff; Ronald Koeman; hingga Ronaldinho dan Lionel Messi. Seperti halnya film First Team: Juventus, film besutan Jordi Llompart ini juga bisa kamu simak via Netflix.

9. Green Street Hooligans (2005)

Green Street Hooligans

Film sepakbola tak melulu membahas pemain atau tim sepakbola. Komunitas penggemar sepakbola pun tak luput dijadikan tema film sepakbola. Dan Green Street Hooligans adalah salah satu contohnya. Secara garis besar, film ini menceritakan hooliganisme penggemar sepakbola di Inggris.

Plot film ini dimulai dari Matt Buckner yang dikeluarkan dari Arvard lantaran ketahuan memiliki kokain di kamarnya. Matt yang dikeluarkan dari kampusnya pun kemudian pindah ke Inggris dan bersentuhan dengan sejumlah hooligan di sana.

10. Purely Belter (2000)

Purely Belter

Seperti Green Street Hooligans, film ini juga mengisahkan penggemar sepakbola di Inggris. Adapun kisah yang disajikan pada film ini adalah dua orang Inggris yang menggemari tim sepakbola yang sama: Newcastle United.

Di film ini, dua penggemar Newcastle itu digambarkan rela bekerja keras demi membeli tiket masuk tim kesayangan mereka. Film ini banyak sekali menyajikan dialog dan humor sarkas yang cerdas. Film yang dirilis pada 2000 ini juga dibintangi salah satu legenda Newcastle United: Alan Shearer. Shearer tampil di film tersebut dalam beberapa scene.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar