Bacaterus / Film Barat / 10 Rekomendasi Film Tentang Seniman yang Layak Kamu Tonton

10 Rekomendasi Film Tentang Seniman yang Layak Kamu Tonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Segala hal yang berkaitan dengan seniman selalu menarik untuk diketahui. Mulai dari masa lalu si seniman, proses pencarian jati diri mereka, sampai proses kreatif di balik karya-karya masterpiece mereka.

Kehidupan tentang seniman sendiri bisa kita pelajari lewat film. Ada sejumlah film yang menceritakan bagaimana kehidupan seorang seniman. Beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Sejumlah rekomendasi itu bisa kamu simak dalam ulasan dari Bacaterus ini.

1. Basquiat (1996)

Basquiat

Basquiat merupakan salah satu pelukis legendaris dunia. Dia dikenal sebagai salah satu pencetus genre ekspresionisme dalam dunia seni lukis. Kisah seniman asal Amerika Serikat ini lantas diangkat ke dalam sebuah film yang dirilis pada 1996 lalu.

Film yang disutradarai Julian Schnabel ini mengangkat kisah Basquiat secara lengkap. Mulai dari perjalanan kariernya sebagai pelukis jalanan, pertemuannya dengan Andy Warhol, hingga ketergantungannya terhadap obat-obatan terlarang.

2. Pollock (2000)

Pollock

Selain Basquiat, ada satu pelukis legendaris lainnya yang berasal dari Amerika. Paul Jackson Pollock adalah pelukis yang kami maksud. Seniman yang biasa dipanggil Pollock itu dikenal luas dengan gaya drip style yang dia usung.

Kisah hidup pelukis kelahiran 28 Januari 1912 ini diangkat ke dalam sebuah film pada 2000 silam. Film yang berjudul “Pollock” itu dengan detail menggambarkan perjalanan hidup seorang Pollock. Mulai dari perkenalannya dengan dunia seni lukis, hingga peristiwa kematiannya.

3. Frida (2002)

Frida

Dua tahun setelah Pollock dirilis, muncul satu film tentang seniman yang layak ditonton. Frida adalah film yang kami maksud. Film ini terinspirasi dari perjalanan hidup Frida Kahlo. Seorang pelukis wanita kelahiran Meksiko.

Film besutan Julie Taymor ini dimulai dari kecelakaan Frida Kahlo di kala usianya menginjak 18 tahun. Kecelakaan tersebut membuat Frida tubuhnya tertusuk tiang logam dan menghasilkan bekas luka di tubuhnya. Meski menimbulkan luka di tubuh dan jiwa, peristiwa traumatis tersebut justru menjadi asal mula perkenalan Frida dengan seni lukis.

4. Loving Vincent (2017)

Loving Vincent

Ini adalah film yang mengisahkan seorang Vincent van Gogh. Pelukis terkenal dunia kelahiran Belanda. Film ini secara khusus mengisahkan beberapa karya terbaik van Gogh, serta kisah kematiannya yang misterius.

Tak seperti beberapa film sebelumnya, film satu ini dibuat dalam bentuk animasi. Uniknya, animasi yang diciptakan film ini dibuat dari lukisan berbahan dasar cat minyak. Bila ditotal, ada sebanyak 65 ribu frame lukisan yang dipakai untuk film Loving Vincent ini.

Semua lukisan pada film ini dibuat dengan memakai gaya pelukisan van Gogh. Film besutan Dorota Kobiela ini dirilis di seluruh dunia pada 2017. Khusus untuk Indonesia, film yang diproduksi di Polandia tersebut baru tayang dibioskop setahun setelahnya.

5. Lust for Life (1956)

Lust for Life

Seperti Loving Vincent, film satu ini juga mengisahkan kehidupan Vincent van Gogh. Tak seperti film sebelumnya, film besutan Vincent Minelli ini tidak dibuat dalam format animasi. Naskah film ini sendiri diadaptasi dari novel karangan Irving Sone dengan judul yang sama.

Sosok Vincent van Gogh di film ini diperankan dengan baik oleh Kirk Douglas. Secara keseluruhan, film Lust for Life berhasil menggambarkan perjalanan hidup van Gogh. Mulai dari awal kariernya sebagai pelukis, kesuksesan yang dia raih, hingga momen kematian pelukis asal Belanda itu.

6. The Mill and the Cross (2011)

The Mill and the Cross

The Mill and the Cross adalah film yang tidak mengisahkan kehidupan seorang seniman. Film besutan Lech Wajewski ini justru bercerita tentang sebuah lukisan. Adapun lukisan yang menginspirasi film ini adalah lukisan The Procession to Calvary.

Lukisan The Procession sendiri merupakan karya masterpiece dari Pieter Bruegel. Film ini secara khusus menceritakan lukisan karya Bruegel tersebut. Mulai dari sketsa-sketsa lukisan ini, hingga penjelasan Bruegel mengenai makna di balik lukisan tersebut.

7. My Left Foot (1989)

My Left Foot

My Left Foot adalah film drama biografi yang dirilis 1989 silam. Film besutan Jim Sheridan ini mengisahkan kisah hidup Christy Brown; seorang penulis dan pelukis asal Irlandia. Di film ini, sosok seniman asal Irlandia itu diperankan dengan baik oleh Daniel Day-Lewis.

Christy Brown sendiri merupakan seniman yang menderita cerebral palsy dan hanya bisa berkarya lewat tangan kirinya. Kisah hidupnya yang dramatis itu digambarkan dengan baik dalam film My Left Foot. Meski sempat menimbulkan pro dan kontra, My Left Foot berhasil diterima dengan baik oleh kritikus.

8. Girl with a Pearl Earring (2003)

Girl with a Pearl Earring

Ini adalah film tentang seniman lainnya yang terinspirasi dari sebuah lukisan. Film ini diilhami oleh lukisan karya Johannes Vermeer dengan judul yang sama. Film yang rilis pada 2003 itu dengan apik mengisahkan proses dibalik pembuatan lukisan karya Johannes Vermeer.

Film Girl with a Pearl Earring sendiri dibintangi sejumlah aktor dan aktris. Salah satunya adalah Scarlett Johansson. Di film tersebut, aktris yang akrab disapa Scarjo ini berperan sebagai Griet, sosok yang konon menjadi objek lukisan Girl with a Pearl Earring.

9. Big Eyes (2014)

Big Eyes

Big Eyes merupakan film biografi seniman yang mengandung unsur drama dan criminal di dalamnya. film ini mengisahkan seorang Margaret Ulbrich yang mninggalkan sumainya dan membawa putrinya ke North Beach, San Fransisco.

Di dunia nyata, Margaret Ulbrich dikenal sebagai sosok pelukis wanita. Pelukis kelahiran 15 September 1927 ini dikenal lewat gaya lukisannya yang unik. Dalam tiap lukisannya, dia selalu menggambar mata objek lukisannya dalam bentuk yang besar.

10. Mr. Turner (2014)

Mr. Turner

Seperti film-film sebelumnya, film satu ini juga diangkat dari kisah hidup seorang seniman. Adapun seniman yang diangkat ke dalam film ini adalah Joseph Mallord William Turner. Seniman berkebangsaan Inggris itu merupakan seorang pelukis yang terkenal dengan gaya lanskapnya.

Di film Mr. Turner, kamu tidak akan  mendapatkan kisah hidup William Turner secara lengkap. Mr. Turner sendiri hanya mengangkat kisah hidup William Turner dengan ayahnya. Kisah hidupnya dengan sang ayah sendiri konon berpengaruh besar pada kehidupan pelukis lanskap tersebut.

Tak hanya menceritakan hubungan Turner dengan sang ayah, Mr. Turner juga mengisahkan beberapa perempuan yang sempat berhubungan intim dengan Turner. Pada film Mr. Turner, sosok Turner diperankan dengan apik oleh Timothy Spall.

Segala hal yang berkaitan dengan seniman selalu menarik untuk diketahui. Mulai dari kisah hidup si seniman, pencarian jati diri sang seniman, hingga makna dan proses kreatif di balik karya sang seniman. Semua hal yang berkaitan dengan seniman itu bisa kita ketahui lewat medium apa pun.

Adapun salah satunya adalah lewat film. Ada sejumlah film yang secara khusus mengangkat segala hal tentang seniman. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi kami bermanfaat untukmu, ya. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *