Bacaterus / Film Barat / 10 Film Bertema Pesawat dengan Jalan Cerita Menegangkan

10 Film Bertema Pesawat dengan Jalan Cerita Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Sebuah cerita dalam film yang kita tonton memang bisa terinspirasi dari hal apapun, tidak terkecuali dari kisah-kisah seputar perjalanan di pesawat atau dunia penerbangan. Banyak film-film yang bercerita mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang mengambil setting tempat di atas pesawat. Biasanya film-film ini dibuat dalam genre-genre thriller, action, atau bahkan science fiction.

Dari sekian banyak film yang mengangkat cerita mengenai pesawat dan dunia penerbangan, berikut 10 film tentang pesawat terbaik dengan jalan ceritanya yang menegangkan yang bisa menjadi referensi tontonan anda. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Final Destination (2000)

Final Destination (2000)

Final Destination adalah film franchise bergenre horror yang memiliki sekuel hingga lima film. Setiap sekuel menceritkan mengenai orang-orang yang selamat dari suatu kecelakaan maut dan berusaha menghindari takdir kematian mereka. Pada sekuel pertamanya, dikisahkan orang-orang tersebut selamat dari tragedi kecelakaan pesawat.

Sekuel pertama Final Destination ini disutradarai oleh James Wong dan dibintangi oleh aktor dan aktris muda seperti devon Sawa, Ari Larter, Ken Smith, dan Tony Tood. Dalam film ini, anda bisa menyaksikan adegan yang cukup menyeramkan ketika sebuah pesawat yang baru lepas landas kemudian meledak di udara. Di situs IMDB, film ini memiliki rating 6,7.

2. Air Force One (1997)

Air Force One (1997)

Setiap kepala negara pasti memiliki pesawat khusus untuk melakukan berbagai perjalanan kenegaraan. Di USA, pesawat resmi kepresidenan tersebut bernama Air Force One. Pesawat kepresidenan Amerika inilah yang menjadi inspirasi sebuah film berjudul Air Force One yang disutradarai oleh Wolfgang Petersen dan dibintangi Harrison Fold.

Film bergenre action thriller ini mengisahkan tentang pesawat yang diklaim memiliki pengamanan terbaik itu disusupi teroris yang berusaha membunuh sang presiden. Dalam film ini, anda bisa melihat aksi yang menegangkan ketika sang presiden yang merupakan veteran militer mencoba melawan para teroris. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 6,5.

3. Non-Stop (2014)

Non-Stop (2014)

Non-Stop merupakan film bergenre action thriller yang dibintangi oleh aktor yang sudah dikenal dengan kemampuannya dalam berbagai film action, Liam Neeson. Dalam film yang disutradarai oleh Jaume Collet-Serra ini, Liam Neeson juga beradu akting dengan Julianne Moore.

Selain aksi menegangkan, film ini juga dibumbui dengan teka-teki dan misteri yang menarik untuk diikuti. Film Non-Stop bercerita mengenai seorang polisi udara yang terlibat dalam sebuah terror misterius saat ia berada dalam sebuah pesawat.

Teror tersebut mengancam keselamatan seluruh penumpang pesawat serta nama baik dirinya sebagai marshall udara. Ia harus berpacu dengan waktu untuk mencari siapa pelaku teror tersebut. Film ini mendapat rating 6,9 dari IMDb.

4. Sully (2016)

Sully (2016)

Sully atau Sully: Miracle in The Hudson merupakan sebuah film bergenre drama biografi yang diangkat dari kisah nyata seorang pilot bernama Chesley Sullenberger. Film ini disutradarai oleh Clint Eastwood dan dibintangi oleh aktor senior Tom Hanks yang memerankan peran sang pilot Sullenberger. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,4.

Film ini menceritakan tentang peristiwa nyata yang dialami oleh pilot Sullenberger ketika ia harus mendaratkan pesawat secara darurat di atas sungai Hudson ketika mesin pesawatnya mengalami kerusakan. Meski dianggap sebagai pahlawan, namun ia tetap harus mengikuti proses penyelidikan yang berpotensi menghancurkan karinya.

5. Amelia (2009)

Amelia (2009)

Film Amelia juga menjadi salah satu film mengangkat biografi seorang pilot. Film yang disutradarai oleh Mira Nair dan dibintangi Hilary Swank ini terinspirasi dari kisah nyata seorang pilot wanita pertama di Amerika, Amelia Earhart. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 5,8.

Cerita pada film Amelia berfokus pada kehidupan Amelia Earhart sebagai pilot perempuan pertama yang berhasil terbang melintasi Samudera atlantik. Hingga akhirnya terjadi  peristiwa  pada tahun 1937 dimana ia menghilang di Samudera Pasifik ketika hendak memecahkan rekor dunia selanjutnya.

6. Flight (2012)

Flight (2012)

Selain sully dan Amelia, film lain yang mengangkat cerita tentang profesi seorang pilot adalah Flight. Flight dibintangi oleh aktor kawakan Denzel Washington. Film yang mengangkat genre drama ini disutradarai oleh salah satu peraih piala Oscar kategori Best Director, Robert Zemeckis. Di situs IMDb, film ini memeroleh rating sebesar 7,3.

Film ini menceritakan mengenai kehidupan William Whip Whittaker, seorang pilot hebat yang cukup disegani sekaligus juga seorang pecandu alkohol dan narkoba. Berkat kehebatannya, William berhasil mendaratkan pesawat yang mengalami kerusakan dengan selamat. Dalam film ini, anda akan disuguhkan adegan live-action penyelamatan pesawat yang menegangkan.

7. Red Eye (2005)

Red Eye (2005)

Red Eye merupakan sebuah film bergenre psikologi thriller yang mengambil setting di sebuah penerbangan pesawat dari Dallas menuju Miami. Red Eye sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk penerbangan malam.

Film ini disutradarai oleh Wes Craven dan dibintangi oleh Rachel McAdam dan Cillian Murphy. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 6,4. Film ini bercerita mengenai seorang manager hotel yang bertemu dengan seorang pria saat penerbangannya.

Tak diduga, ternyata pria tersebut adalah seorang pembunuh yang sudah mengincarnya sedari awal. Selama penerbangan di atas pesawat, si pembunuh terus mengancamnya agar ia mau mengikuti apa yang diinginkannya.

8. Snakes on a Plane (2006)

Snakes on a Plane (2006)

Snakes on a Plane merupakan sebuah film bergenre action thriller yang dibintangi oleh Samuel L Jackson dan disutradarai oleh David R Ellis. Meskipun bergenre action thriller, film ini juga dibumbui dengan komedi-komedi khas Samuel L Jackson yang bisa membuat anda tertawa di tengah suasana dan ketegangan yang terjadi. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 5,4.

Cerita pada Snakes on a Plane bermula ketika sekawanan ular berbisa muncul dan meneror orang-orang yang sedang berada dalam penerbangan pesawat Pasific Air 121. Suasana semakin kacau ketika ular-ular tersebut membuat kedua pilot pesawat terbunuh. Dengan berbagai cara, para penumpang pesawat bekerja sama untuk menyelamatkan pesawat dan diri mereka.

9. Top Gun (1986)

Top Gun (1986)

Film Top Gun merupakan sebuah film legendaris yang dirilis tahun 1986. Di tahun 2020, film ini bahkan memproduksi sekuel keduanya. Top Gun merupakan film yang bergenre action drama dan disutradarai oleh Tony Scott. Pemeran utama dalam film ini adalah aktor Tom Cruise yang berperan sebagai Maverick, seorang pilot pesawat tempur.

Maverick merupakan pilot hebat yang lebih mengandalkan insting dibanding aturan ketika menerbangkan pesawat. Dalam film ini, anda akan melihat bagaimana perjuangan Maverick di akademi penerbangan Top Gun sekaligus juga adegan-adegan menegangkan dari pertempuran pesawat jet di angkasa. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 6,9.

10. Flightplan (2005)

Flightplan (2005)

Flightplan merupakan sebuah film drama thriller yang mengambil setting di sebuah pesawat. Film ini disutradarai oleh Robert Schewntke dan dibintangi oleh Jodie Foster dan Peter Sarsgaard. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 6,3.

Film Flightplan berkisah mengenai seorang ibu yang menaiki penerbangan dari Berlin menuju Amerika setelah kematian sang suami. Setelah pesawat lepas landas, ia panik karena sang anak tiba-tiba menghilang. Namun rupanya para awak pesawat dan penumpang yang lain mengaku tidak pernah melihat ibu tersebut membawa anaknya saat menaiki pesawat.

Itulah beberapa film yang mengangkat cerita mengenai pesawat dan dunia penerbangan. Manakah diantaranya yang menjadi favorit anda? Atau anda memiliki rekomendasi film lain seputar pesawat dan dunia penerbangan? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *