Bacaterus / Film Barat / 10 Rekomendasi Film yang Mengangkat Tema Seputar Penulis

10 Rekomendasi Film yang Mengangkat Tema Seputar Penulis

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Mengenal sosok seorang penulis tak harus lewat karya-karya yang mereka tulis. Kamu pun juga bisa mengenal sosok mereka lewat media film. Ada sejumlah film yang mengangkat sosok seorang penulis sebagai tema dan tokoh utamanya.

Beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan pada artikel ini. Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja simak rekomendasi Bacaterus di bawah ini.

1. The Happy Prince (2018)

The Happy Prince

Film pertama yang kami rekomendasikan adalah The Happy Prince. Film ini diadaptasi dari salah satu karya Oscar Wilde yang bertajuk The Happy Prince and Other Tales. Karya tersebut konon adalah karya Wilde yang kelak akan dia bacakan kepada anak-anaknya nanti.

Oscar Wilde sendiri merupakan sastrawan legendaris asal Irlandia yang sudah menelurkan banyak karya. Karya-karyanya cukup berpengaruh di Irlandia dan tanah Britania Raya. Bahkan, seorang Morrissey pun menjadikan Wilde sebagai inspiratornya dalam menulis lirik lagu.

2. The End of the Tour (2015)

The End of the Tour

Film yang dirilis pada 2015 silam ini adalah sebuah film yang menceritakan David Foster Wallace. Penulis legendaris asal Amerika yang sudah menelurkan sejumlah karya fiksi dan non fiksi. Pada film ini, sosok penulis kelahiran 21 Februari 1962 itu diperankan dengan apik oleh Jasen Seagel.

Di awal film kamu akan mengira kalau David Foster Wallace adalah seorang penulis yang garang. Ini tak lepas dari penampilannya yang mirip seperti anggota geng motor. Namun, saat film ini menuju usai, kamu akan mendapati sisi lembut dari penulis Amerika Serikat tersebut.

3. Sylvia (2003)

Sylvia

Sylvia merupakan film yang mengangkat kisah penulis wanita legendaris, Sylvia Palth. Sylvia Palth sendiri merupakan penulis wanita kelahiran Inggris yang terkenal lewat sejumlah puisi garapannya. Sosok penyair ini diperankan dengan baik oleh Gwyneth Paltrow.

Film Sylvia mengisahkan kisah hidup Sylvia Palth dengan Ted Hughes yang diperankan oleh Daniel Craig. Ted Hughes merupakan penulis kenamaan Inggris yang juga suami dari Sylvia. Tak hanya mengisahkan hubungannya dengan sang suami, film ini pun juga mengisahkan kematian tragis Sylvia pada 1963 akibat bunuh diri.

4. The Raven (2012)

The Raven

Edgar Allan Poe adalah penyair legendaris asal Amerikat Serikat. Salah satu bukunya yang bertajuk The Raven sempat dibuatkan film dengan judul yang sama. Film yang dirilis pada 2012 itu dibintangi oleh John Cusack yang berperan sebagai Edgar Allan Poe.

Secara keseluruhan, film garapan James Mc Teigue ini berkisah tentang seorang penyair yang menjadi seorang pembunuh berantai. Sang penulis itu konon terinspirasi dari buku The Raven karya Allan Poe. Film ini pun diakhiri dengan kematian Allan Poe yang begitu misterius.

5. Following (1998)

Following

Ini merupakan debut film dari Christopher Nolan; sang sutradara The Dark Night. Tak seperti film tentang penulis lainnya, film ini tidak diangkat dari kisah nyata atau dari karya seorang penulis. Film ini betul-betul karya fiktif garapan Nolan.

Following sendiri berkisah tentang seorang penulis eksentrik bernama Bill. Penulis yang diperankan oleh Jeremy Theobald ini selalu mencari inspirasi menulis dengan menguntit orang-orang tak dikenal. Kebiasannya yang eksentrik itu kelak akan mempertemukannya dengan maling eksentrik yang nantinya bakal jadi tangan kanannya Bill.

6. 2046 (2004)

2046

2046 merupakan film tentang penulis yang digarap oleh sutradara asal Hong Kong, Wong Kar Wai. Film ini konon adalah kelanjutan dari film Days of Being Wild dan In the Mood for Love. Angka 2046 pada film ini memiliki makna yang cukup beragam.

2046 merupakan nomor kamar hotel sejumlah tokoh di film ini. 2046 juga merupakan tahun yang dipakai Chow Mo-wan (tokoh utama pada film ini) untuk dijadikan latar waktu bagi karya fiksi yang dia tulis. 2046 dipilih oleh Mo-wan lantaran tahun itu dianggap sebagai tahun yang sering dipakai sebagai tujuan para time traveller.

7. Eungyo (A Muse) (2012)

Eungyo (A Muse)

Selain 2046, ada satu film tentang penulis lainnya yang digarap oleh sutradara asal benua Asia. Eungyo adalah film yang kami maksud. Film yang bernama lain A Muse ini adalah film yang diadaptasi dari novel Park Bumshin dengan judul yang sama.

Film ini mengisahkan seorang pria berusia 70 tahun yang memiliki seorang asisten berusia 30 tahun. Keduanya digambarkan sebagai dua penulis kenamaan di masa itu. Kehidupan dua penulis ini mengalami perubahan drastis sejak kehadiran siswi 17 tahun di hidup mereka.

Penyajian kisah yang menarik membuat film yang diproduksi di Korea Selatan ini meraih sejumlah penghargaan. Baik dari negara asal mereka maupun dari Amerika. Beberapa penghargaan di antaranya adalah: Best Film pada Bull Film Awards (2012); Best New Actress pada Busan Film Critic Awards 2012); dan Rising Star Asia Award pada New York Asian Film Festival (2013).

8. Factotum (2005)

Factotum

Film yang dirilis pada 2005 ini bercerita tentang kehidupan Hank Chinaski. Chinaski merupakan sosok alter ego dari penulis legendaris Amerika, Charles Bukowski. Pada film ini, Chinaski yang diperankan Matt Dillon digambarkan sebagai sosok yang urakan dan nyentrik.

Film ini diawali dengan kisah Chinaski yang menggelandang dan mencari kerja di Los Angeles. Dia rela melakukan pekerjaan apa pun, selama tidak mengganggu kegiatan menulis yang sudah dia lakoni sejak lama. Film garapan Bent Hamer ini juga menggambarkan beberapa kebiasaan buruk Chinaski. Seperti: berjudi, minum-minuman keras, dan mengencani sejumlah wanita.

9. Midnight in Paris (2011)

Midnight in Paris

Pada Perang Dunia I, kota Paris pernah melahirkan satu generasi yang cukup memengaruhi geliat kota Paris. Generasi yang dinamai the lost generation ini berisikan para penulis dan seniman andal. Seperti: Ernest Hemingway; Gertrude Stein, dan Scott Fitzgerald.

Kisah generasi tersebut diangkat oleh Woody Allen lewat film Midnight in Paris. Banyak aktor dan aktris yang  terlibat pada film ini. Seperti: Corey Stoll yang berperan sebagai Ernest Hemingway dan Tom Hiddleston yang berperan apik sebagai Scott Fitzgerald.

10. Mereka Bilang Saya Monyet (2008)

Mereka Bilang Saya Monyet

Indonesia pun juga punya film yang berkisah soal sosok penulis. Film yang diangkat dari dua cerita pendek karya Djenar Maesa Ayu ini bercerita tentang seorang wanita bernama Adjeng. Adjeng dikisahkan sebagai seorang penulis muda yang memiliki hubungan tak menyenangkan dengan kedua orangtuanya.

Suatu ketika, Adjeng pernah berhenti dari pekerjaannya sebagai penulis. Selepas “pensiun” dari profesinya itu, Adjeng lebih banyak bersenang-senang bersama dengan dua temannya di diskotik. Dua temannya sendiri ternyata memiliki masalah hidup yang tak kalah pelik.

Film yang disutradarai langsung Djenar Maesa Ayu ini berhasil meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Sutradara Terbaik yang diraih Djenaar Maesa Ayu di ajang Festival Film Indonesia 2009.

Itulah beberapa film tentang penulis yang kami rekomendasikan untukmu. Semoga film-film di atas bisa membuatmu lebih mengenal seperti apa sosok seorang penulis. Entah itu dari sisi yang positif maupun sebaliknya. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar