Bacaterus / Film Kriminal / Mengenal Profesi Pengacara Lewat 10 Film Bertema Pengacara ini

Mengenal Profesi Pengacara Lewat 10 Film Bertema Pengacara ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Seperti dokter, pengacara sering disebut-sebut sebagai profesi yang bergengsi. Terutama kalau kita melihat mereka yang sudah sukses. Gaya hidupnya, pakaiannya, nggak lupa keterampilannya berbicara. Para pengacara seringkali terlihat karismatik.

Dibalik itu semua, pasti ada suka dan duka yang dialami para pengacara. Namun, kita nggak pernah melihat mereka bekerja karena yang kita lihat cuma tampilan luarnya saja. Kita bisa mulai mengenal profesi pengacara lewat 10 film tentang pengacara.

1. The Lincoln Lawyer [2011]

The Lincoln Lawyer [2011] (Copy)

Diangkat dari novel karya Michael Connelly, The Lincoln Lawyer menceritakan Mickey Haller yang berprofesi sebagai pengacara muda berpenampilan flamboyan. Dia diminta untuk menjadi pengacara seorang anak orang kaya bernama Louis Roulet yang dituduh melakukan kekerasan pada seorang wanita tuna susila.

Mick lalu bekerja sama dengan relasinya, Frank Levin untuk menyelesaikan kasus tersebut. Saat menemukan kejanggalan, relasinya malah tewas dibunuh.

Peran Matthew McConaughey sebagai Mick Haller benar-benar memukau. Walaupun bertema tentang pengacara namun dialog dan istilah-istilah yang digunakan dalam film ini sederhana. Jadi orang awam juga bisa menyimak film ini dengan mudah.

2. Erin Brockovich [2000]

Erin Brockovich [2000] (Copy)

Erin Brockovich adalah seorang ibu tunggal dengan tiga orang anak hasil dari dua pernikahannya yang berakhir dengan perceraian. Dia masuk ke dalam firma hukum untuk menjadi admin namun ikut turun menyelesaikan kasus pro bono mengenai sengketa lahan yang justru membawanya pada kasus pencemaran lingkungan.

Erin nggak punya latar belakang di bidang hukum, tetapi dia sangat ambisius ketika terlibat dalam sebuah kasus. Film Erin Brockovich ini adalah film biografi yang diadaptasi dari kisah nyata.

Bahkan sang tokoh asli menyebut bahwa tingkat akurasi dari biopiknya mencapai angka 98%. Selain dapat melihat bagaimana seorang pengacara memperdalam kasus, film ini juga banyak memberikan pesan positif.

3. Philadelphia [1993]

Philadelphia [1993] (Copy)

Andrew Beckett adalah seorang pengacara di sebuah firma hukum besar di Philadelphia yang punya pasangan sesama jenis, Miguel Alvarez. Dia dijebak agar dikeluarkan karena menderita HIV. Dia berencana menggugat firma tersebut dengan meminta bantuan pada Joe Miller, seorang pengacara terkenal.

Joe yang awalnya enggan kemudian tergugah karena merasa bahwa semua orang berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Philadelphia dirilis di awal tahun 90 waktu HIV sedang marak.

Film ini membuka mata masyarakat tentang profesi pengacara serta kesetaraan atas pemenuhan hak dasar bagi manusia. Nggak heran kalau film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan.

4. A Civil Action [1998]

A Civil Action [1998] (Copy)

Jan Schlichtmann bekerja di sebuah firma hukum kecil di Woburn, Massachusetts. Dia diminta oleh Anne Anderson untuk mengambil langkah hukum terhadap pencemaran lingkungan. Walau sempat menolak, dia akhirnya mengambil kasus tersebut dan ternyata melibatkan dua perusahaan besar.

Air yang terkontaminasi karena kelalaian menyebabkan meninggalnya banyak anak-anak. Jan yang dianggap mengancam nama baik perusahaan-perusahaan tersebut diiming-imingi uang agar menghentikan pekerjaannya.

Jan bersikukuh bahwa mereka harus meminta maaf dan mengganti kerugian masyarakat yang terkena dampak pencemaran lingkungan. Keteguhan Jan nggak selalu berbuah manis, dia bahkan sempat dinyatakan bangkrut.

A Civil Action dibintangi oleh John Travolta, Robert Duvall dan James Gandolfini. Terinspirasi dari buku yang mengambil cerita dari kejadian nyata di tahun 80-an, film ini berhasil memenuhi ekspektasi penonton karena ceritanya yang menarik dan unik. Ada berapa banyak film yang mengangkat isu hukum dan lingkungan sekaligus? Sayang sekali kalau dilewatkan.

5. A Few Good Men [1992]

A Few Good Men [1992] (Copy)

Tom Cruise kembali memerankan karakter seorang Angkatan Laut, hanya saja di film ini menjadi perwira pengacara lulusan Harvard. Berperan sebagai Letnan Daniel Kaffee yang bekerja sama dengan Letnan Joanne Galloway mengungkap kasus pembunuhan di dalam Korps Marinir.

Walaupun sempat menyepelekan kasus tersebut, Kaffee akhirnya tertarik karena menemukan kejanggalan yang membawa mereka pada satu nama penting yaitu Kolonel Nathan R. Jessup.

Film ini berfokus pada proses pengadilan militer yang jarang diangkat ke layar lebar. Sangat menarik bagaimana cara Kafee dan Galloway dalam mempersiapkan persidangan yang begitu detil. Pengadilan militer tentu berbeda dengan pengadilan sipil. Sayang kalau sampai nggak pernah nonton film ini.

6. The Rainmaker [1997]

The Rainmaker [1997] (Copy)

Rudy Baylor adalah seorang mahasiswa sekolah hukum di semester akhir. Dia diminta memberi nasihat hukum untuk lansia yang kemudian menjadi kliennya. Anak mereka yang menderita leukimia ditolak oleh perusahaan asurasi untuk biaya pengobatan.

Rudy melihat masalah ini sebagai kecurangan yang dilakukan perusahaan besar atas rakyat kecil yang tak paham hukum. Sayangnya untuk menangani kasus ini dia harus berhadapan dengan salah satu pengacara kondang di Amerika yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi yang digugatnya.

The Rainmaker diadaptasi dari buku dengan judul yang sama karya John Grisham. Sang penulis sendiri pernah praktik sebagai pengacara sebelum memilih meninggalkan profesinya tersebut untuk menjadi penulis.

Buku yang kemudian dijadikan film ini merupakan salah satu caranya dalam menggugat ketidakadilan dalam sistem hukum yang ada. Apakah mungkin perusahaan besar dengan pengacara kondang dikalahkan rakyat kecil dengan pengacara yang belum berpengalaman? Simak kisahnya di film ini.

7. Primal Fear (1996)

Primal Fear (1996) (Copy)

Seorang pengacara handal bernama Martin Vail turun tangan untuk menangani kasus pembunuhan atas seorang pastur. Pihak yang dituduh sebagai pembunuhnya adalah anak altarnya yang bernama Aaron Stampler.

Berbagai bukti seperti mengarahkan pada kesimpulan bahwa Aaron memang pembunuhnya, namun Vail pantang menyerah dan terus mencari bukti lain untuk memenangkan kasus ini (dia nggak pernah kalah di pengadilan). Setelah diselidiki lebih lanjut ternyata Aaron mempunyai kepribadian ganda.

Primal Fear dibintangi oleh Richard Gere dan Edward Norton. Nama kedua mendapat penghargaan atas acting-nya di film ini yang luar biasa memukau. Hal paling menyita perhatian dari film ini adalah bagaimana dialog antara pengacara dan tersangka yang terasa begitu nyata. Apakah kali ini Martin Vail akan kalah? Temukan jawabannya di film ini.

8. The Judge [2014]

The Judge [2014] (Copy)

Hank Palmer yang berprofesi sebagai pengacara yang tengah mengalami masalah pribadi harus kembali ke kampung halamannya dikarenakan ibunya meninggal. Dia bertemu dengan ayahnya yang nggak punya hubungan baik dengannya dan juga dua adiknya.

Kembali ke tempatnya tumbuh justru membawa dia pada masalah baru yaitu sang ayah yang merupakan salah satu hakim paling disegani diduga telah melakukan pembunuhan berencana.

Alih-alih menunjuk anaknya menjadi pengacara, dia malah menunjuk orang lain. Ketidakmampuan pengacaranya itu akhirnya membuat Hank ditunjuk sebagai pengacara ayahnya dan mendalami kasus tersebut.

The Judge adalah film yang menarik bukan cuma untuk dilihat dari segi hukum namun juga dari sisi emosional karena cukup banyak memberi porsi tentang masalah keluarga. Kekuatan utamanya terletak pada dialog dan acting para pemainnya yang bagus. Film ini memadukan masalah hukum dengan masalah keluarga dalam satu cerita, cukup menarik bukan?

9. Cape Fear [1991]

Cape Fear [1991] (Copy)

Max Cady adalah seorang narapidana yang baru saja menghabiskan masa hukuman selama 14 tahun di penjara. Begitu dia keluar ada satu hal yang dia tuju yaitu membalas dendam pada pengacaranya yang bernama Sam Bowden.

Sam dulu gagal membebaskannya dari hukuman yang dijatuhkan atas tindakannya melakukan kekerasan pada perempuan. Untuk menjauhkan keluarganya dari Cady, Sam harus melakukan tindakan melanggar hukum.

Cape Fear merupakan remake dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1962. Film yang disutradarai Martin Scorsese ini kembali menggunakan De Niro sebagai aktor utamanya. Kemampuan De Niro dalam mendalami peran sebagai psycho layak diacungi jempol.

10. Liar Liar [1997]

Liar Liar [1997] (Copy)

Seorang pengacara membutuhkan keterampilan dalam menggunakan kata-kata. Bukan untuk memanipulasi, namun untuk membuat cara berpikir yang mendengar dibimbing pada sudut pandang tertentu sesuai kehendaknya. Atau dalam istilah derogatorinya adalah berbohong. Itulah yang coba disampaikan pada film rilisan tahun 1997 berjudul Liar Liar.

Fletcher Reede, seorang pengacara ulung yang begitu sukses di ruang sidang harus mendapati bahwa kehidupan pribadi bersama istri dan anaknya hancur. Merasa ditinggalkan karena kelakuannya yang kerap bersilat lidah dia berjanji pada anaknya nggak akan berbohong selama satu hari.

Masalahnya di hari tersebut dia diharuskan untuk mendampingi kliennya di pengadilan. Apakah dia mampu menang tanpa berbohong? Simak keseruannya di film ini ya!

Demikian rekomendasi kalau kamu ingin mengenal profesi pengacara lewat 10 film tentang pengacara. Selain tentang pengacara, ada juga film tentang detektif yang nggak kalah menariknya, lho!

Kalau mau menambahkan film yang recommended lainnya, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar