Bacaterus / Film Kriminal / 10 Rekomendasi Film Tentang Pembajakan Paling Menguras Emosi

10 Rekomendasi Film Tentang Pembajakan Paling Menguras Emosi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film yang menegangkan nggak melulu soal teroris, pembunuhan atau perampokan. Film tentang pembajakan juga nggak kalah menegangkan. Apalagi kalau ceritanya digarap dengan baik, kita seolah merasa ada di sana.

Kita ikut menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita juga cemas kalau adegan menunjukkan situasi yang mengancam. Karena itu, film tentang pembajakan bisa jadi pilihan kalau kita lagi punya waktu luang dan ingin mencari hiburan. Berikut ini, ada 10 film tentang pembajakan paling menegangkan yang bisa jadi pilihan. Kalau kamu sedang mencari film tentang pembajakan, simak ulasannya sampai habis yuk!

1. Speed (1994)

Speed (Copy)

Speed adalah salah satu film paling ikonik di era 90-an. Dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock, film ini menyajikan laga dan ketegangan yang seru. Di film ini yang dibajak adalah bus. Uniknya, bus ini dibajak jarak jauh dan busnya terus melajut seperti bus kota pada umumnya.

Jack Traven dan Harry Temple, dua anggota polisi yang baru saja menjinakkan bom pada kabel lift harus menemui masalah saat sang pelaku yaitu Payne yang disangka tewas dalam kejadian justru masih hidup. Dia menempelkan bom di bus kota yang sedang beroperasi dan berniat untuk meledakannya kalau permintaannya nggak dituruti. Jack harus memutar otak untuk menyelamatkan penumpang bus yang dibajak itu.

2. White House Down [2013]

White House Down (Copy)

Pembajakan pesawat atau bus saja sudah cukup menegangkan, apalagi kalau yang dibajak itu Gedung Putih? Pusat pemerintahan Amerika ada di sana, presiden ada di sana, hal-hal penting negara juga ada di sana. Membajak Gedung Putih sama saja dengan membajak satu negara. Itulah yang jadi cerita utama film ini.

Channing Tatum berperan sebagai Agen Kyle. Seseorang yang gagal jadi pengawal presiden. Namun, ketika Gedung Putih dibajak, dia ada di sana. Dia terjebak dalam situasi dimana dia harus melindungi presiden supaya tetap selamat dari para pembajak. Situasi semakin rumit karena selain presiden anaknya juga sedang berada di dalam tempat itu.

3. Non-Stop [2014]

Non-Stop (Copy)

Pembajakan nyaris selalu berkaitan dengan 3 hal; uang, nyawa, dan waktu. Itu beban yang harus ditanggung oleh Bill Marks yang diperankan oleh Liam Neeson. Di film ini dia berperan sebagai US Air Marshal yang hendak pergi ke London. Perjalanan itu berubah menjadi perjalanan mengerikan.

Bill menerima pesan bertubi-tubi dari seseorang yang misterius. Pesan itu bilang, kalau dia nggak mengirim uang $150 juta maka penumpang di pesawat itu akan ada yang mati setiap 20 menit. Film ini mengandung banyak misteri. Tentang kondisi Bill, latar belakangnya, dan tentang pembajak yang misterius itu. Plotnya menarik, karena itu kita harus benar-benar fokus waktu menonton filmnya.

4. Flightplan [2005]

Flightplan (Copy)

Film pembajakan yang ini menegangkan sekaligus mengharukan. Ini tentang seorang Ibu bernama Kyle yang diperankan oleh Jodie Foster yang hendak kembali ke New York bersama putrinya yang berusia 6 tahun, dan peti mati suaminya. Kyle sempat tertidur dan waktu dia bangun, Julia hilang dari sampingnya.

Kyle semakin bingung waktu kapten Rich malah menuduhnya terpengaruh obat tidur karena Julia bahkan nggak ada dalam daftar penumpang. Kyle meyakinkan orang-orang kalau sebelumnya Julia ada bersamanya.

Kyle adalah seorang insinyur aeronautika yang paham isi pesawat. Dia yakin Julia disembunyikan orang jahat di suatu tempat dalam pesawat. Maka, dia ngotot meminta kapten melakukan pencarian menyeluruh. Kyle yang heboh malah dituduh sebagai pembajak yang meminta tebusan $50 juta. Apakah Kyle benar-benar seroang pembajak? Film ini penuh misteri, dan itulah yang membuat film ini menegangkan meski tanpa adegan aksi yang brutal.

5. The Taking of Pelham 123 [2009]

The Taking of Pelham 123 (Copy)

Denzel Washington sebagai Walter Garber, seorang operator kereta bawah tanah. John Travolta sebagai Bernard Ryder, seseorang yang mengajak teman-temannya membajak kereta bawah tanah arah Pelham 123. Dunia nama itu cukup meyakinkan kalau film ini layak ditonton.

Bermodalkan senjata, Ryder dengan mudah membajak kereta bawah tanah dengan menyandera seluruh penumpang. Dia meminta uang $10 juta dalam waktu 1 jam, kalau nggak semua penumpang akan dibantai. Garber nggak punya kuasa apa-apa, dia cuma jadi penghubung Ryder dengan pihak kepolisian yang bernegosiasi dengan alot. Namun, penguasaan Garber tentang jalur kereta jadi sesuatu yang berpengaruh.

6. A Hijacking [2012]

A Hijacking (Copy)

Film ini berasal dari Denmark dan punya judul lain Kapringen. Fokus ceritanya adalah kasus pembajakan oleh para perompak Somalia. Film ini punya alur yang lambat dan jauh dari tembak-tembakan senapan. Meski begitu, film ini tetap mencekam waktu ditonton.

Peter adalah seorang petinggi di perusahaan pelayaran yang pandai bernegosiasi. Masalah muncul ketika kapal kargo perusahaan dibajak oleh perompak Somalia yang meminta tebusan $15 juta. Peter menolak keterlibat pihak lain.

Dia berusaha menutupi dan menyelesaikannya sendiri. Dia bernegosiasi dengan dibantu oleh seorang ahli, sementara awak kapal lain menunggu diselimuti rasa takut dan depresi. Ketegangan dalam film ini dibangun dari rasa nggak berdaya dan kebuntuan akan nasib mereka.

7. Olympuss Has Fallen

Olympuss Has Fallen (Copy)

Inti ceritanya sama dengan film White House Down, tentang pembajakan Gedung Putih. Namun, isi ceritanya berbeda sehingga menyajikan keseruan yang berbeda. Jadi, film ini masih layak buat ditonton bahkan meskipun kamu sudah pernah menonton White House Down.

Ceritanya bermula ketika kunjungan persahabatan dua negara berubah menjadi bencana. Rombongan yang bertamu ke Gedung Putih ternyata telah disusupi dan mereka kemudian berhasil membajak Gedung Putih sekaligus menyandera para petinggi negara.

Mereka juga membantai para petugas yang berusaha melawan. Mike Banning, seorang mantan pengawal presiden menjadi satu-satunya harapan yang masih bertahan di dalam. Apakah dia mampu menyelematkan presiden dan Gedung Putih dari pembajakan itu? Simak langsung ketegangannya dengan menonton filmnya.

8. Captain Phillips [2013]

Captain Phillips (Copy)

Film ini menampilkan Tom Hanks yang menjadi Phillips dan ceritanya diangkat dari kisah nyata. Rasanya dua fakta itu cukup meyakinkan kalau film ini terlalu sayang untuk dilewatkan. Bercerita tentang pembajakan kapal MV Maersk Alabama yang dipimpin Kapten Phillips oleh perompak Somalia.

Phillips harus berjuang melindungi kargo seberat 17.000 ton dan 20 orang awak. Phillips dan beberapa orang awak ditawan oleh para perompak bersenjata. Sementara awak yang lain diminta untuk bersembunyi. Film ini nggak cuma mencekam tetapi juga emosional. Cocok banget buat jadi tontonan akhir pekan.

9. John Q [2002]

John Q (Copy)

Kali ini yang dibajak bukan kapal atau pesawat, tetapi rumah sakit. Denzel Washington berperan sebagai John Q, seorang Ayah yang berusaha menyelamatkan anaknya. Dia merupakan orang yang kurang mampu dan anaknya butuh transpalasi jantung darurat. Karena nggak sanggup bayar John Q menyandera UGD.

Barangkali ini adalah film pembajakan paling emosional. Pelakunya bukan penjahat, dia bahkan nggak minta tebusan ratusan juta dollar. Dia cuma ingin anaknya dioperasi. Banyak masalah sosial yang dipotret dari film ini. Karena itu, siapkan tisu sebelum nonton ya!

10. 15:17 to Paris [2018]

1517 to Paris (Copy)

Ini adalah kisah nyata yang dibukukan oleh Anthony Sandler, kemudian diadaptasi menjadi sebuah film. Mengangkat cerita tentang peristiwa terorisme di Paris tahun 2015 yang waktu itu cukup mengguncang dunia. Sutradaranya? Clint Eastwood, nama yang cukup disegani di dunia perfilman. Menariknya 3 yang memerankan 3 karakter utama adalah tokoh asli yang terlibat peristiwa itu.

Bercerita tentang tiga sahabat asal Amerika yang tengah berlibur keliling Eropa. Di tengah liburan itu, mereka tanpa sengaja menyelamatkan ratusan nyawa penumpang kereta cepat yang dibajak teroris. Mengapa bisa? Memangnya siapa mereka? Separah apa serangannya? Kalau mau tahu jawabannya, kamu harus nonton filmnya. Selain bagus secara film, peristiwa yang diceritakan juga merupakan peristiwa bersejarah untuk dunia.

itulah film-film tentang pembajakan yang bisa jadi pilihan. Tentu saja, selain yang tertulis di atas masih banyak lagi film tentang pembajakan lainnya. Kalau kebetulan film tentang pembajakan favorit kamu belum tertulis, kamu boleh menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Dengan begitu, para pembaca akan mendapat referensi tambahan dari kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *