Bacaterus / Film Edukasi / Inilah 8 Film Tentang Orang Jenius yang Bikin Melongo!

Inilah 8 Film Tentang Orang Jenius yang Bikin Melongo!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

“Semua orang dilahirkan dengan bakat dan kemampuan yang berbeda-beda”. Tentunya kamu pernah mendengar kalimat itu, kan? Namun, beberapa orang di dunia memiliki bakat yang jauh lebih besar dari sebagian orang.

Jenius merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan kemampuan luar biasa itu. Biasanya, orang jenius dapat melakukan berbagai macam hal yang kebanyakan orang tidak bisa lakukan maupun pikirkan. Tapi, berkah jenius pada diri seseorang juga seringkali diiringi dengan berbagai macam permasalahan.

Orang-orang dengan bakat luar biasa seringkali memiliki masalah kejiwaan, tidak cocok dengan masyarakat, maupun konflik dengan keluarga yang ingin mengembangkan kemampuan mereka. Nah, semua cerita dan masalah tersebut bahkan tertuang dalam 8 film berikut ini. Yuk, baca terus artikelnya sampai akhir!

1. Gifted

Gifted

Gifted merupakan film tentang Mary Adler (Mckenna Grace), seorang gadis cilik yang sangat pintar dalam matematika. Setelah kematian ibunya, Mary tinggal bersama pamannya Frank Adler (Chris Evans). Frank ingin merawat Mary agar tumbuh seperti anak-anak pada umumnya, bukan sebagai seorang jenius matematika.

Namun, saat kemampuannya di bidang matematika diketahui oleh neneknya (Lindsay Duncan), Mary dipaksa untuk berpisah dengan Frank. Dari sini konflik perebutan hak asuh antara Frank dan ibunya pun dimulai. Bagaimana dengan Mary? Siapa akhirnya yang akan mengasuh Mary? Akankah Mary tetap menjadi jenius? Tonton filmnya, ya!

2. Bad Genius

Bad Genius

Bad Genius merupakan film Thailand yang menceritakan tentang Lynn, seorang siswa pindahan yang jenius. Di sekolah barunya ini, Lynn memanfaatkan kepintarannya dengan menjual jawaban pada saat ujian.

Kebiasaannya menjual kunci jawaban pun membawanya pada proyek yang lebih besar. Proyek tersebut membuatnya berusaha membocorkan jawaban dari ujian SAT (Scholastic Aptitude Test).

Proyek yang berharga jutaan baht itu mengharuskan Lynn untuk ikut ujian di Sydney, Australia. Sebelum ujian dimulai di Thailand, dirinya sudah harus memiliki kunci jawaban dan membagikannya pada peserta ujian yang berada di Thailand.

Penasaran bagaimana cara Lynn tidak pernah ketahuan membocorkan kunci jawaban? Atau kamu lebih penasaran, apakah Lynn berhasil pada proyek jutaan baht-nya?

3. A Beautiful Mind

A Beautiful Mind

Mungkin kita sering berharap dianugerahi kepintaran agar bisa seperti orang-orang jenius. Mungkin kamu juga percaya bahwa dengan kepintaran maka hidup akan lebih baik lagi. Tapi di film A Beautiful Mind ini, kamu akan dibawa untuk memahami tentang sisi lain dari kehidupan seorang jenius.

Di dalam film biografi dari John Nash ini kamu akan melihat bagaimana orang-orang jenius juga sebenarnya harus berhadapan dengan berbagai masalah, seperti mental dan kejiwaan.

A Beautiful Mind ini dimulai dengan cerita Nash saat dia menemukan teori matematika yang sangat menarik. Dia juga bekerja di Kementerian Pertahanan AS untuk menghentikan serangan dari Uni Soviet.

Karena keterlibatannya dengan berbagai macam proyek untuk menghentikan Uni Soviet, hal tersebut mengubah Nash menjadi pribadi yang sangat paranoid dan obsesif. Film ini menjelaskan bagaimana seorang jenius bisa menyelesaikan berbagai permasalahan. Bahkan, masalahnya pun bertambah karena ia mengidap penyakit schizophrenia.

Penyakitnya itu membuat Nars berhalusinasi dan menciptakan dunia imajinasinya sendiri selama bertahun-tahun. Masalah mental Nash ini kemudian mengganggu kehidupan rumah tangganya. Namun dengan kejeniusannya, Nash dapat mengontrol imajinasinya itu.

4. The Imitation Game

The Imitation Game

Film yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch ini bercerita tentang seorang jenius matematika bernama Alan Turing. Diangkat dari kisah nyata dengan latar Perang Dunia II, saat itu orang-orang yang bisa menciptakan sesuatu dianggap aneh.

Pada masa perang ini Agen Intelijen Inggris merekrut Turing untuk memecahkan kode-kode dari Nazi, termasuk teka-teki (Enigma) cryptanalis yang dipercaya tidak akan bisa dipecahkan.

Turing beserta timnya berusaha menganalisis Enigma tersebut sambil membuat sebuah mesin untuk menguraikan kode-kodenya. Meski jenius, orang-orang tetap memandang sebelah mata pada Turing karena dirinya merupakan seorang homoseksual dan seorang yang sangat introvert.

5. The Theory of Everything

The Theory of Everything merupakan film yang menceritakan kisah dari fisikawan terkenal sepanjang masa, Stephen Hawking. Film ini juga bercerita tentang kisah cinta dirinya dan Jane Wilde, seorang mahasiswa kesenian saat dirinya kuliah di Universitas Cambridge pada tahun 1960.

Stephen Hawking yang merupakan mahasiswa jurusan kosmologi memiliki otak yang sangat cemerlang. Namun sayangnya, ia divonis menderita penyakit mematikan saat usianya 21 tahun, dengan harapan hidup tinggal 2 tahun.

Meskipun memiliki penyakit tersebut, Stephen Hawking tidak pernah menyurutkan cintanya pada Jane Wilde. Sampai akhirnya, mereka menikah dan memiliki 3 anak. Kehidupannya cukup bahagia, hingga penyakitnya semakin parah kehidupan pernikahannya pun mulai retak. Tapi, dengan memburuknya keadaan Hawking, ia justru semakin terkenal. Ia bahkan disebut sebagai duplikasi dari Albert Einstein.

6. Searching for Bobby Fischer

Searching for Bobby Fischer

Orang jenius biasanya akan dibina dan dibimbing berbeda dengan orang-orang biasa. Hal tersebut membuat mereka tumbuh di lingkungan dan pola pikir yang berbeda juga. Namun, tidak semua orang jenius mau dibentuk seperti itu, seperti tokoh dalam film yang satu ini, Josh Waitzkin.

Josh merupakan seorang anak yang tahu siapa dirinya dan cukup pintar untuk menolak jika ada orang yang berusaha mengubah dirinya.

Dalam film Searching for Bobby Fischer ini kamu akan melihat kejeniusan Josh dalam bermain catur. Ia diajarkan cara bermain catur seperti pemain catur terkenal. Tapi, gaya permainan seperti itu tidak cocok dengannya.

Dia kemudian mencari guru lain yang lebih mengajarkan sportifitas dalam bermain catur. Dari film ini kita akan mengerti perjalanan Josh untuk menjadi pemain catur jenius tanpa menghilangkan standarnya dalam bermain dan juga tidak kehilangan jati dirinya.

7. Little Man Tate

Little Man Tate

Memiliki kemampuan atau bakat yang luar biasa tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun, bayaran untuk memiliki bakat lebih dari orang lain, beberapa orang harus meninggalkan kehidupan normal mereka.

Dalam film Little Man Tate ini kita disajikan dengan sebuah cerita tentang Fred, seorang anak jenius yang menuliskan sebuah opera untuk ulang tahun ibunya. Fred kemudian mendapat kesempatan untuk mengembangkan bakatnya di sekolah khusus anak-anak jenius.

Tapi masalah mulai muncul saat ibunya khawatir Fred akan dimanfaatkan dan kehilangan masa kanak-kanaknya. Buat kamu yang penasaran bagaimana perjuangan seorang anak jenius yang berbeda dengan anak-anak lainnya, wajib banget nonton Little Man Tate ini.

8. Dark Matter

Saat kamu sudah mendedikasikan hidup untuk mencapai keberhasilan di dunia akademik apa yang akan terjadi jika mimpi itu tidak terwujud? Film Dark Matter ini menceritakan kisah nyata yang tidak mengenakkan dari mahasiswa Ph.D jenius yang kemudian dihadapkan pada masalah pelik.

Namanya adalah Liu Xing, ia mengerjakan proyek kosmologi bersama profesor terkenal, Jacob Reiser. Dengan bakat yang dimiliki Liu Xing, dia akhirnya diangkat menjadi anak didik oleh Reiser.

Liu kemudian menciptakan sebuah teori yang bertentangan dengan teori yang dibuat oleh Reiser. Meskipun ditolak, Liu tetap mengerjakan teorinya dan menyelesaikan disertasinya. Namun, semua usahanya tetap ditolak oleh Reiser dan membuat Liu gagal mendapat gelar Ph.D.

Film Dark Matter ini memperlihatkan bagaimana seorang jenius juga dapat menjadi korban dari kegagalan, frustasi, dan tidak cakapnya seorang guru dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Film-film di atas dapat mengubah persepsi kamu tentang orang-orang jenius kan? Jika kepintaran dan bakat seseorang tidak dikembangkan secara baik, bahkan orang jenius pun akan menghadapi berbagai permasalahan seperti orang-orang pada umumnya, atau bahkan lebih parah lagi. Jadi, film mana yang akan kamu tonton?

Oh iya, selain film orang jenius, kami juga sempat membahas soal film bertemakan fashion yang diulas melalui artikel Film Tentang Fashion ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *