Bacaterus / Film Barat / 10 Film Terbaik Tentang Motor dari Berbagai Generasi

10 Film Terbaik Tentang Motor dari Berbagai Generasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Tontonan yang menyenangkan tentang motor, nggak cuma lewat acara balapan. Ada juga film tentang motor yang nggak kalah seru karena di dalamnya nggak cuma soal spesifikasi mesin atau adu kecepatan. Film tentang motor mengandung cerita yang lebih dalam daripada soal menang atau kalah.

Ada adegan aksi, drama, hingga romantis yang bisa kita nikmati melalui film tentang motor. Kalau kamu butuh rekomendasi, artikel ini akan memberikan 10 film tentang motor dari berbagai generasi. Nggak cuma film-film yang modern, Bacaterus juga akan merekomendasikan film-film lawas yang masih menarik buat ditonton hari ini.

1. Road to Paloma [2014]

Road to Paloma

Robert Wolf membalaskan dendam pada pemerkosa ibunya. Nggak tanggung-tanggung dia membunuh pemerkosa tersebut sampai menjadikan dia buruan polisi dan agen federal. Dia pun melarikan diri menggunakan motornya ke bagian barat Amerika. Dalam pelariannya, Wolf bertemu Cash.

Cash adalah seorang pengendara motor yang bermasalah. Pertemuan keduanya dengan nasib yang sama membuat keduanya menjalani perjalanan seru yang memperlihatkan bagaimana mereka bersenang-senang dan mencari uang untuk bertahan hidup. Kalau kamu suka film petualangan, film ini cocok buat kamu.

2. Wild Hogs [2007]

Wild Hogs

Bobby Davies adalah seorang suami yang takut istri. Doug Madsen merasa terlalu sibuk sebagai dokter gigi sampai merasa gagal jadi ayah. Woody Stevens, seorang pengusaha yang bangkrut sampai ditinggal istri. Dudley Frank, seorang programmer yang lugu. Perbedaan karakter empat orang itu disatukan oleh satu hobi yang sama yaitu motor gede.

Merasa telah menemui titik jenuh, mereka berencana untuk melakukan perjalanan dengan motornya. Mereka tampil meyakinkan dengan jaket kulit dan motor gede. Uniknya mereka nggak bawa ponsel dan nggak punya tujuan. Sayangnya perjalanan yang direncanakan akan menyenangkan harus terganggu karena mereka harus berurusan dengan sebuah geng motor bernama Del Fuegos.

3. Hells Angels on Wheels [1967]

Hells Angels on Wheels

Pernah dengar Hell’s Angels? Sebuah geng motor gede dari Amerika yang terkenal karena kegarangannya. Berawal dari perkumpulan pilot tempur Amerika di Perang Dunia kedua, Hell’s Angels kemudian jadi geng motor tertua yang ada di dunia. Hells Angels on Wheels menceritakan tentang Poet yang motornya dirusak oleh anggota Hell’s Angels.

Poet menantang anggota geng yang merusak motornya. Biasanya seluruh anggota geng akan bersatu untuk menghajar orang yang berani berurusan dengan mereka. Kali ini sang ketua, Buddy malah memberikan ganti rugi dan mengajak Poet bergabung untuk berkendara sebagai apresiasi atas keberaniannya. Poet semakin akrab dengan geng sampai  jatuh hati pada kekasih Buddy.

4. The Wild One [1953]

The Wild One

Salah satu film motor paling ikonik di tahun 50-an adalah The Wild One. Karakteristik Johnny Stabler yang diperankan Marlon Brando kabarnya mengubah kultur pop di negeri Paman Sam. Selain itu, film ini juga disebut-sebut sebagai salah satu pionir film-film geng motor yang melawan hukum. Film klasik ini terlalu sayang untuk dilewatkan.

Johnny Stabler merupakan ketua geng motor bernama Black Rebel Motorcycle Club. Geng itu punya reputasi selalu membuat masalah ke manapun mereka pergi. Bahkan mereka sampai mengintervensi dan merampok balap motor. Kalau mau tahu kekacauan apa saja yang mereka buat, nonton film legendaris ini, ya!

5. The Motorcycle Diaries [2004]

The Motorcycle Diaries

Siapa yang nggak tahu Che Guevarra? Seorang pemberontak yang jadi tokoh kunci revolusi di Kuba. The Motorcycle Diaries menceritakan masa muda Che yang sedikit banyak mempengaruhi karakter dan pemikirannya. Ini tentang perjalanan dan pengalaman yang didapatkan.

Che saat itu sedang menyelesaikan program studinya sebagai mahasiswa kedokteran spesialis Lepra punya teman bernama Alberto Galardo, seorang ahli biokimia asal Argentina. Mereka ingin berkendara sejauh 8000 km menyusuri daerah Amerika Selatan selama 4 bulan. Dari perjalanan itulah mereka mendapat banyak pengalaman dan pelajaran.

6. The Place Beyond The Pines (2012)

The Place Beyond The Pines

Luke adalah pengendara motor di tong setan. Dia punya hubungan singkat dengan seorang wanita bernama Romina, yang kemudian melahirkan anak lelaki dari hubungan tersebut. Dia terlambat mengetahui hal itu karena sempat pergi selama setahun tanpa mengabari Romina. Sayangnya Romina sudah mempunyai lelaki lain.

Naluri seorang ayah yang ingin membahagiakan dan memberikan hidup yang layak pada anaknya membuat Luke nekad merampok bank. Avery Cross diberi tugas untuk menangani kasus itu. Avery yang digambarkan sebagai pahlawan ternyata nggak sepenuhnya suci. Pertemuannya dengan Luke serta keberadaannya di tempat yang buruk meruntuhkan kompas moralnya.

7. 12 O’Clock Boys [2013]

12 O'Clock Boys

Film 12 O’Clock Boys adalah film dokumenter tentang sekelompok geng motor dari Baltimore. Berbeda dengan citra geng motor yang terbentuk di masyarakat, geng yang menamakan diri mereka 12 O’Clock Boys bukan geng motor yang jahat.

Mereka berkeliaran di jalan tanpa helm dan melakukan trik berbahaya. Polisi setempat yang merespons keresahan warga nggak sanggup menciduk geng ini karena mereka terlalu luwes dengan kendaraannya. Polisi setempat nggak punya keterampilan seperti mereka di atas motor.

Pug adalah seorang remaja yang tergila-gila akan aksi 12 O’Clock Boys. Dia nggak menghiraukan pendapat masyarakat mengenai geng tersebut. Dia ingin jadi anggota mereka. Walaupun ibunya nggak setuju, dia tetap berlatih dan membersihkan motornya dengan harapan suatu hari mimpinya terwujud.

8. Hell Ride [2008]

Hell Ride

Kebanyakan geng motor di Amerika dikenal dengan kebrutalannya dan bisnis barang-barang terlarang. Bahkan geng satu dengan lainnya pun saling menghabisi. Biker Pistolero adalah seorang pemimpin geng motor bernama The Victors. Tahun 1976, kekasihnya yang bernama Cherokee dibunuh oleh The Deuce dan Billy Wings yang merupakan anggota rival The Victors, The Sixers.

Pembunuhan itu kemudian diketahui karena motif bisnis, Cherokee menyembunyikan obat-obatan terlarang dan uang. Beberapa tahun kemudian The Deuce kembali menemui Billy untuk membentuk kembali The Sixers dan menyingkirkan The Victors yang memegang wilayah di Los Angeles.

9. One Week [2008]

One Week

Ben Tyler, seorang guru bahasa Inggris di sekolah dasar di Toronto didiagnosis kanker stadium akhir. Saat perjalanannya ke rumah dia bertemu dengan seseorang yang menjual motor tua. Dia membelinya padahal sang kekasih, Samantha Pierce membenci motor. Dia kembali ke sebuah kedai yang memberi hadiah, alih-alih dapat hadiah dia justru dapat pesan untuk pergi ke barat.

Ben memberitahu Samantha tentang penyakitnya dan ingin berkendara dengan motornya sebelum dia menjalani pengobatan. Dia pergi berkendara, melihat hal-hal baru, orang-orang baru dan mendengar cerita baru yang membuat dia melakukan kilas balik atas hidupnya, tanpa terkecuali hubungannya dengan Samantha.

10. Quadrophenia [1979]

Quadrophenia

Quadrophenia adalah film yang menceritakan kerusuhan di Brighton di dekade 60-an antara mods dan rockers. Judulnya sendiri diambil dari album The Who yang juga mengangkat cerita yang sama. Film ini memutret kultur di masa lalu dengan cara yang menarik. Film yang terlalu asyik untuk dilewatkan.

Tommy, seorang anak muda yang bekerja sebagai kurir begitu tergila-gila akan skuter dan pakaian-pakaian rapi seperti jas dan celana bahan yang dikenal dengan mods. Kelompok tersebut punya rival yaitu rockers, para pengendara sepeda motor Amerika dengan jaket kulit. Perbedaan kedua kelompok itu juga bisa dilihat dari musik yang mereka dengarkan.

Itulah 10 film tentang motor dari berbagai generasi. Setiap film punya sisi menarik masing-masing, karena setiap film tentu memotret generasi pada saat rilisnya. Menonton film lama bukan cuma membuka mata tetapi juga menambah wawasan kita. Kalau seandainya kamu punya film lain, kamu bisa menambahkan di kolom komentar ya, teman-teman. Simak juga artikel film tentang balapan kalau kamu turut menyukai aksi kebut-kebutan di jalan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar