Bacaterus / Film Barat / 10 Film Tentang Memasak Yang Merupakan Tontonan Inspiratif

10 Film Tentang Memasak Yang Merupakan Tontonan Inspiratif

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2019

Dunia kuliner sejatinya memang menggoda, dan akan sangat memikat hati jika kita bisa melihat proses dibalik terciptanya sebuah makanan enak. Melihat seni memasak dengan mengolah aneka bumbu kedalam sebuah masakan, adalah suatu hal yang menyenangkan untuk dilihat. Momen seperti itu menjadi pengalaman yang langka untuk disaksikan.

Menikmati dunia kuliner tentu banyak caranya. Salah satu yang paling hemat adalah dengan menonton film bertemakan memasak. Dengan cara seperti itu, kita bisa lebih intim melihat kehidupan dapur dari para juru masak.  Terlebih lagi, kita bisa menyaksikan perjuangan dari mereka sehingga bisa menjadi chef yang hebat.

Untuk menjawab rasa penasaran akan hal itu, Bacaterus sudah memilih 10 film pilihan bertemakan dunia kuliner. Semoga kamu bisa menonton film-filmnnya dan dapat menjadi tontonan inspiratif untuk membuat kegiatan memasak lebih kreatif.

1. Chef (2014)

Chef

* sumber: www.latimes.com

Seorang chef bernama Carl Casper tidak pernah menyangka bahwa kehidupannya akan berubah drastis. Dari seorang kepala juru masak di restoran terkenal, ia kini harus beralih profesi berjualan makanan di sebuah foodtruck. Seringnya berkonflik dengan pemilik restoran tempat ia bekerja, membuatnya tidak berkembang dalam menciptakan kreasi makanan.

Hal itu pun diperparah ketika ia juga berselisih dengan seorang food blogger. Mengundurkan diri dari restoran tersebut adalah pilihannya. Sang koki ini pun mencoba untuk membangun kembali reputasi dirinya sebagai seorang chef. Kini ia bersama dengan temannya dan anaknya juga melakukan road trip dengan menjual makanan di atas foodtruck.

2. The Hundred – Foot Journey (2014)

The Hundred - Foot Journey

* sumber: blog.ted.com

Mengambil konsep drama komedi, film yang satu ini menceritakan tentang persaingan dari dua restoran yang berbeda. Satu restoran cukup terkenal menyajikan makanan Prancis, sedangkan satunya lagi menghidangkan makanan khas dari India. Cerita menjadi semakin menarik, sebab kedua tempat makan tersebut letaknya saling berseberangan.

Dengan menggabungkan dua unsur budaya yang berbeda, tentunya banyak sekali referensi makanan dari negara tersebut. Film ini mampu memberikan aspek dunia kuliner yang memanjakan mata. Lewat sajian khas dari masing-masing restoran tersebut, kita bisa melihat kehidupan para koki dari dua dapur berbeda.

Film ini akan sangat cocok untuk yang tertarik dengan masakan kari khas India dan sajian Eropa ala Prancis. Jangan sampai lewatkan film yang satu ini ya!

3. Burnt (2015)

Burnt

Siapa yang bisa meragukan kepiawaian akting dari Bradley Cooper. Aktor ini cukup sukses setiap kali memerankan karakter dalam film-filmnya. Di film Burnt ini, ia menjadi seorang chef berbakat bernama Adam Jones. Namun akibat ulahnya sendiri berteman dengan narkoba, karir yang seharusnya cemerlang tiba-tiba hancur. Ia merasa depresi dan berusaha bangkit dari keterpurukan.

Setelah mengalami masa-masa sulit tersebut, Adam ingin memperbaiki karirnya yang berantakan. Ia kembali mencoba menjadi seorang chef lagi. Lepas dari bayang-barang kelakuan buruknya, Adam kemudian berencana membuka restoran. Dalam prosesnya untuk itu, ia mengalami banyak konflik. Berseteru dengan teman lamanya, dan berhadapan dengan sikap perfeksionis yang dimilikinya.

Adam yang cukup teliti dan pemarah ketika berada di dapur, mengingatkan akan sosok Chef Gordon Ramsay. Film ini mengajarkan bahwa kerja keras itu perlu untuk mencapai sebuah mimpi, lalu terus bangkit dari keterpurukan ketika merasa kalah.

4. Chocolat (2000)

Chocolat

Hidup dalam sebuah desa di Prancis memberikan inspirasi baru untuk Vianne Roche dan anaknya. Mereka membuka sebuah toko cokelat di sekitaran tempat tinggalnya. Toko yang mereka buat tersebut diberi nama “La Chocolaterie Maya”. Namun siapa yang menyangka, dengan kehadiran tokonya itu situasi masyarakat desanya pun berubah.

Aroma lembut dan rasa cokelat yang manis ternyata membawa suasana yang hangat dalam desanya.  Walaupun harus sempat mendapatkan penolakan, ia dan anaknya tetap berjuang agar toko cokelatnya tersebut dapat diterima oleh semua warga desanya.

Menghadirkan proses pembuatan cokelat, film ini memberikan daya tarik kepada siapa saja yang menyukai olahan manis tersebut. Film ini secara tidak langsung memberikan pengetahuan dalam mengolah cokelat dengan baik. Salah satu film dengan tema yang inspiratif.

5. Julie & Julia (2009)

Julie & Julia

Berkonsepkan dua latar waktu yang berbeda, film ini menghadirkan Amy Adams sebagai Julie Powell dan Meryl Streep berperan menjadi Julia Child. Hidup dalam kurun waktu yang terpisah, mereka memiliki hobi yang sama yaitu memasak. Julia yang berada di tahun 1949, mengikuti kelas memasak makanan Prancis. Kemudian ia pun menulis sebuah buku yang berisi resep masakannya tersebut.

Di tahun 2002, Julie yang membaca buku dari Julia Child termotivasi untuk membuat masakan. Ia pun sangat terobsesi dan mencoba untuk memasak semua resep yang ada dalam buku tersebut. Julie pun mulai menuliskan semua resep masakannya ke dalam sebuah blog pribadi miliknya. Film ini banyak menampilkan adegan memasak dan tentunya sangat seru untuk ditonton.

6. No Reservations (2007)

No Reservations

Kate adalah seorang koki yang bekerja di sebuah restoran terkenal di kota tempat tinggalnya. Saat adiknya meninggal, ia harus merawat anak dari saudaranya yang bernama Zoe. Berhubung Kate belum menikah dan masih single, ia pun memutuskan untuk cuti sementara. Ia menjaga Zoe untuk beberapa waktu sebelum kembali menjadi seorang chef lagi.

Konflik ala film komedi romantis pun muncul dengan hadirnya Nick. Ia merupakan seorang koki masakan Italia yang menggantikan kekosongan restoran selama Kate cuti. Merasa posisinya akan digantikan, persaingan pun terjadi antara Nick dengan Kate. Walaupun mengusung cerita romantis, unsur-unsur memasak dengan segala problematikanya masih tetap ada dalam film ini.

7. Mostly Martha (2001)

Mostly Martha

Film yang satu ini berasal dari Jerman dan mengusung cerita yang hangat. Selain Menggambarkan aktivitas memasak di sebuah dapur restoran, film ini juga dibumbui dengan  drama keluarga dan percintaan. Martha adalah tokoh utama dalam karakter ini. Ia bekerja di sebuah restoran di Jerman sebagai seorang chef. Namun ia memiliki watak yang keras kepala dan tidak menerima segala kritik.

Walaupun berwatak seperti itu, Martha adalah seorang koki yang cerdas. Ia mampu meramu bahan masakan yang seadanya menjadi sebuah makanan yang enak. Ia memiliki seorang keponakan yang sama keras kepalanya dengan dirinya. Konflik keluarga pun sering terjadi antara mereka berdua. Kedatangan Marion sebagai seorang asisten chef yang baru, berhasil merubah keadaan tersebut.

Masih penasaran dengan kelanjutan cerita antara Marion, Martha dan keponakannya. Jangan sampai lupa untuk menonton film ini ya!

8. The Ramen Girl (2008)

The Ramen Girl

Film ini menceritakan seorang perempuan Amerika bernama Abby yang pergi ke Jepang. Di negara sakura tersebut ia berniat untuk bertemu dengan pacarnya. Niatnya untuk memberikan kejutan kepada pujaan hatinya tidak berjalan baik. Ethan sang pacar malah sibuk mengurusi pekerjaannya, dan pergi ke kota Osaka untuk terus bekerja. ia pun merasa sedih karena telah ditinggalkan oleh Ethan.

Di tengah kesedihannya, ia menemukan sebuah toko ramen. Sang pemilik toko pun merasa iba terhadap kondisi Abby. Ia memberikan secara gratis semangkok ramen buatannya. Ketika mencoba mie tersebut, Abby merasa tertarik akan rasanya. Ia pun memutuskan untuk melakukan sesuatu yang bisa dikenang ketika pulang ke Amerika, yaitu belajar memasak mie ramen Jepang.

9. Little Italy (2018)

Little Italy

Dibintangi oleh pemeran Anakin Skywalker, Hayden Christenen, film ini mengambil tema masakan pizza sebagai objek ceritanya. Little Italy sederhananya adalah sebuah film drama dengan cerita komedi romantis pada umumnya. Nikki (Emma) dan Leo (Hayden) memiliki keluarga yang sama-sama mempunyai restoran pizza. Kedua keluarga tersebut saling bersaing satu sama lain.

Nikki dan Leo mewarisi keahlian dalam membuat pizza. Dengan resep rahasia dari keluarganya masing-masing, mereka memasak beragam bumbu untuk menciptakan pizza paling enak. Konflik yang terjadi antara kedua keluarga ini memanas. Mereka pun akhirnya membuat sebuah kompetisi pizza. Yang kalah dalam kompetisi tersebut harus meninggalkan tempat tinggalnya dari Little Italy.

10. Today’s Special (2009)

Today’s Special

Samir adalah seorang pemuda keturunan India yang bekerja sebagai asisten koki. Ia merencanakan untuk bisa pergi ke Prancis. Di negara tersebut, Samir ingin menggapai mimpinya menjadi chef yang jago masak. Namun ketika akan berangkat, kabar buruk datang menghampirinya. Ayahnya  meninggal terkena serangan jantung.

Pupus sudah harapan Samir untuk pergi ke Prancis. Namun, keberuntungan masih menghampiri dirinya. Ayahnya memiliki sebuah restoran India di Kota Newyork, dan Samir harus meneruskan bisnis kuliner keluarganya tersebut. Walaupun punya darah India, ia sebenarnya tidak bisa memasak makanan khas dari negara asal keluarganya.

Tantangan untuk menjadi seorang chef yang handal pun dimulai saat itu. Samir mau tidak mau harus berpikir kreatif agar ia bisa memasak masakan India. Bagaimanakah nasib Samir selanjutnya? Langsung saja ditonton film seru yang satu ini.

Demikianlah kesepuluh film rekomendasi pilihan dari Bacaterus. Jika kamu merasa masih ada lagi film-film bertemakan memasak yang seru lainnya. Jangan sungkan untuk memberikan saran di kolom komentar ya. Semoga ulasan tersebut bermanfaat, dan bisa memberikan motivasi inspiratif untuk kamu memasak di dapur ya.

Jangan lupa untuk turut membaca artikel film agen rahasia terbaik berikut ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar