Bacaterus / Film Romantis / 8 Film Tentang LDR yang Bakal Membuatmu Terbawa Perasaan

8 Film Tentang LDR yang Bakal Membuatmu Terbawa Perasaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2019

Long Distance Relationship (LDR) merupakan jenis hubungan yang dijalin secara jarak jauh misalnya antar kota atau antar negara. LDR ini identik dengan hubungan pacaran, padahal LDR dapat diartikan juga sebagai hubungan jarak jauh dengan keluarga atau sahabat.

Hubungan yang dijalin secara jarak jauh atau LDR merupakan sebuah keputusan yang tak mudah sehingga tak semua orang mampu berperan dalam hubungan jarak jauh ini. Hubungan jarak jauh atau LDR adalah suatu hubungan yang harus dijaga secara serius karena jika tidak, maka hubungan tersebut dapat hancur akibat kesalahpahaman dan hal lainnya.

LDR memerlukan beberapa hal untuk memperkuat pondasi hubungannya seperti kejujuran, kepercayaan, dan juga setia terhadap pasangan. Di dunia ini terdapat banyak sekali kisah LDR yang penuh perjuangan untuk melewati berbagai rintangan yang ada di dalamnya. Tak melulu berakhir bahagia, para pejuang LDR kerap kali gagal dan berakhir menyedihkan.

Kisah kasih tentang LDR atau hubungan jarak jauh ini menjadi hal yang sangat menarik untuk diangkat menjadi sebuah kisah yang dikemas melalui film. Banyak produsen film di berbagai belahan dunia mengangkat tema LDR dan berhasil meraih kesuksesan. Di bawah ini Bacaterus akan mengulas deretan film tentang LDR terbaik yang wajib kamu tonton, simak baik-baik, ya!

1. Space Between Us [2017]

Space Between Us

Film tentang LDR yang pertama berjudul “The Space Between Us” yang memiliki kisah LDR unik karena tak hanya berbeda kota atau negara, kisah dalam film ini bercerita tentang LDR beda planet antara Gardner Elliot (Asa Butterfield) yang hidup di Mars dan Tulsa (Britt Roberson) yang tinggal di Bumi.

Gardner adalah manusia yang lahir di Mars untuk pertama kalinya. Ia hidup selama 16 tahun si Mars dan kemudian menjalin sebuah hubungan dengan Tulsa melalui dunia maya. Keduanya berhubungan sangat dekat meskipun terhalang jarak yang sangat jauh.

Hingga suatu hari, Gardner pergi ke bumi dan kedua sejoli ini bertemu setelah sekian lama melakukan komunikasi hanya lewat dunia maya. Film ini merupakan film produksi Amerika yang disutradarai oleh Peter Chelsom dan rilis pada tahun 2017.

2. Going The Distance [2010]

Going The Distance

“Going The Distance” merupakan salah satu film bergenre komedi romantis yang mengangkat LDR sebagai temanya. Dikisahkan seorang wanita bernama Erin Langford (Drew Barrymore) secara tak sengaja bertemu dengan Garrett (Justin Long) di sebuah bar dan akhirnya melakukan pendekatan.

Keduanya memiliki perasaan yang sama yaitu cinta satu sama lain. Akan tetapi Erin harus kembali pulang ke San Fransisco hingga menyebabkan hubungan mereka banyak diterpa masalah dan rintangan serta berakhir renggang.

Tak berakhir sampai disitu, karena rasa cinta yang kuat si antara keduanya menyebabkan kedua pasangan ini tak bisa untuk saling melupakan. Film ini mengajarkan kita untuk selalu berjuang dan mempertahankan hubungan meski terhalang oleh jarak.

3. Dear John [2010]

Dear John

Bagi kamu para pejuang LDR, film “Dear John” ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton karena film ini akan membuatmu tertegun dan berpikir betapa besarnya rintangan yang harus dihadapi oleh seorang pejuang LDR. Film ini merupakan film yang dapat membuatmu menangis berkat alurnya yang super keren.

Film yang disutradarai oleh Lasse Hallstrom ini bercerita tentang seorang sersan bernama John Tyree (Channing Tatum) yang bertemu seorang gadis cantik bernama Savannah (Amanda Sayfried) saat tengah berlibur. Keduanya saling jatuh cinta dalam waktu yang singkat.

John kemudian kembali bertugas meninggalkan Savannah dan hanya berkabar melalui surat. Bertahun-tahun menunggu, hingga tibalah sebuah momen menyedihkan dimana John tak kunjung menerima balasan surat dari Savannah. Suatu hari John mendapat kabar bahwa Savannah akan bertunangan dengan pria lain.

Hal tersebut tentu saja membuat John kecewa hingga membakar seluruh surat pemberian Savannah. Tak berakhir di situ, kedua orang yang saling mencintai ini kemudian dipertemukan kembali di tahun-tahun berikutnya dalam sebuah pelukan hangat.

4. Like Crazy [2011]

Like Crazy

Selanjutnya ada film “Like Crazy” yang memberikan gambaran tentang sulitnya bertahan dalam masalah-masalah yang menimpa para pejuang LDR beda negara. Film ini mengisahkan sebuah pertemuan dua sejoli dalam kegiatan pertukaran pelajar antara Jacob, seorang pria asal Amerika dengan Anna, gadis cantik asal Inggris.

Keduanya saling jatuh cinta dan saling menyayangi hingga suatu hari Anna dideportasi dari Amerika sehingga ia terpaksa melakukan hubungan jarak jauh dengan Jacob yang tinggal di Amerika. Karena terpisah oleh jarak, hubungan kedua sejoli ini berangsur-angsur mengalami banyak masalah dan pertengkaran.

Hal tersebut membuat keduanya lebih memilih berpisah dan memulai kembali hidup yang baru. Namun sayang, rasa cinta antara keduanya tak lekas hilang hingga suatu hari mereka kembali bersatu dan bernostalgia bersama.

Film “Like Crazy” ini merupakan film bergenre romantis asal Amerika yang rilis pada tahun 2011 dengan sutradara Drake Doremus. Film ini menggandeng Anton Yelchin dan Felicity Jones sebagai bintang utamanya yang terlihat cocok dan mendalami peran.

5. Ziarah [2016]

Ziarah

“Ziarah” adalah salah satu film karya anak bangsa tang berhasil meraih beberapa penghargaan salah satunya adalah Best Screenplay dan Spesial Jury Award dalam ajang bergengsi ASEAN International Film Festival (AIFFA) pada tahun 2017.

Film ini menceritakan kehidupan LDR antara perempuan bernama Sri dengan suaminya yang bernama Purnomo pada masa agresi militer II. Setelah perang selesai, Purnomo tak kunjung pulang dan tak meninggalkan sepucuk kabar untuk Sri sehingga Sri terpaksa hidup dan menua sendirian.

Bertahun-tahun berlalu teman-teman Sri meninggal dan dimakamkan bersebelahan dengan makam para suami mereka. Begitu pula dengan Mbah Sri yang berharap dapat dimakamkan di samping pemakaman suaminya saat meninggal nanti meskipun ia tak tahu dimana makam suaminya berada.

Tak tinggal diam, Mbah Sri berkelana ke berbagai tempat mencari jejak-jejak suaminya yang hilang tanpa kabar. Perjuangan Mbah Sri ini berakhir dengan rasa pasrah dan tawakal. Film ini merupakan film LDR yang sangat romantis sekaligus menyedihkan sehingga dapat mengundang air mata.

6. Before Sunset [2004]

Before Sunset

Bagi kamu yang sedang berjuang dalam penantian, film “Before Sunset” menjadi film yang wajib kamu tonton! Film produksi Amerika pada tahun 2004 ini merupakan film bergenre romantis yang disutradarai oleh Richard Linklater.

Film ini berkisah tentang pertemuan singkat antara Jesse Wallace, seorang turis asal Amerika dengan seorang gadis Prancis bernama Celine. Pertemuan tersebut menumbuhkan benih-benih cinta di antara keduanya.

Hubungan mereka berakhir dengan LDR tanpa kabar selama 9 tahun. Keduanya kemudian dipertemukan kembali dengan perasaan yang masih menyala di dalam hatinya meski Jesse telah menikah dan memiliki anak. Keduanya bertemu dan saling menceritakan kenangan-kenangan indah yang pernah mereka lalui.

7. Atonement [2007]

Atonement

Next, ada film “Atonement” yang mana film ini bercerita tentang hubungan LDR yang memilukan. Pasalnya, dikisahkan dalam film seorang pria bernama Robbie mencintai seorang gadis bernama Cecillia. Namun adik dari Cecillia yang bernama Briony yang juga menyukai Robbie merasa cemburu dan marah.

Akibatnya, Briony mencoba menjauhkan Robbie dengan Cecillia melalui berbagai hal hingga suatu hari Robbie resmi ditangkap polisi dan dipenjara. Hal tersebut membuat hubungan Robbie dengan Cecillia semakin jauh dengan kondisi Robbie yang terpuruk di balik jeruji besi.

8. The Lake House [2006]

Memiliki kisah cinta LDR yang unik, film “The Lake House” juga menjadi film bertema LDR yang wajib kamu tonton! Film ini bercerita tentang hubungan jarak jauh antara Kate dan Alex yang terpisahkan oleh waktu. Kisah LDR di film ini dikemas dalam bentuk unik berupa perbedaan dimensi waktu.

Kate hidup dalam masa depan, sementara Alex hidup pada masa lalu. Hubungan mereka berjalan baik meski hanya melalui surat yang mereka tulis dengan rutin. Perjuangan cinta berbeda dimensi waktu ini berakhir dengan momen bahagia dimana mereka dapat bertemu secara tak terduga dalam dimensi waktu yang sama.

Itu dia beberapa rekomendasi film tentang LDR terbaik yang wajib kamu tonton terutama kamu para pejuang LDR agar kamu semakin tabah dan kuat menjalani hubungan yang tak mudah ini! Bagi kamu para pejuang LDR semoga perjuangan serta kerja kerasmu dalam mempertahankan hubungan ini berakhir bahagia sesuai dengan harapan, ya!

Semoga informasi mengenai “Film Tentang LDR” sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan dan pengetahuan serta menjadi referensi bagi kamu yang tengah kebingungan mencari film tentang percintaan jarak jauh atau LDR, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar