Bacaterus / Film Barat / 10 Rekomendasi Film Tentang Kereta Api dari Berbagai Era

10 Rekomendasi Film Tentang Kereta Api dari Berbagai Era

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2019

Motor dan mobil adalah kendaraan yang paling sering mengambil bagian dalam film. Bisa sebagai fokus cerita utama sehingga dibuat film tentang mobil atau film tentang motor. Bisa juga sebagai pelengkap semata untuk mempercantik atau memperkuat cerita film tersebut. Ini karena mobil dan motor bisa dibilang mudah secara teknis, lain cerita dengan kereta api.

Film tentang kereta api punya kendala teknis yang lebih banyak dan lebih rumit dibanding mobil atau motor. Makanya kebanyakan film lebih memilih mobil atau motor. Film tentang kereta api nggak banyak jumlahnya, tetapi ada. Kalau kamu suka kereta api, kamu pasti akan senang menonton 10 film tentang kereta dari berbagai era yang sudah Bacaterus kumpulkan di bawah ini.

1. The Taking of Pelham 123 [2009]

The Taking of Pelham 123

Empat orang bersenjata yang diketuai Bernard Ryder membajak sebuah kereta api bawah tanah. Walter Garber yang bertugas mengatur jalur kereta pada hari itu jadi orang yang berhadapan dengan Ryder. Ryder minta tebusan sebesar $ 10.000.000 yang harus dipenuhi dalam 1 jam. Kalau nggak dipenuhi, nyawa penumpang jadi taruhannya.

Ceritanya sederhana, dengan latar tempat yang sebagian besar fokus di dalam kereta saja. Namun, ketegangan yang disajikan begitu dekat. Film ini memberikan ketegangan tanpa perlu adegan aksi terlalu banyak, hanya proses negosiasi yang alot tetapi bikin penonton betah menonton sampai habis.

2. Unstoppable [2010]

Unstoppable

Unstoppable diangkat dari kisah nyata di Stanton, Pennsylvania. Sebuah kereta melaju tanpa awak dengan membawa 4500 ton bahan peledak. Kecerobohan seorang petugas membuat kereta berjalan tanpa awak dan membahayakan penduduk. Frank Barnes dan Will Coston mencoba melakukan penyelamatan.

Frank akan dipecat karena pengurangan karyawan berusia tua sedang diberlakukan, sedangkan Will sedang mempunyai masalah dengan istrinya. Keduanya dalam keadaan kacau tetapi mereka harus berpacu dengan waktu menghentikan kereta tanpa awak itu. Nggak ada adegan baku hantam, hanya dua orang yang berusaha mencegah malapetaka.

3. The Commuter [2018]

The Commuter

Michael Woolrich adalah seorang pegawai asuransi yang menggunakan kereta sebagai alat transportasi rutin. Kegiatan yang dilakukan nyaris setiap hari itu membuatnya mengenali penumpang-penumpang lain bahkan petugas kereta. Suatu waktu, seorang wanita memberikan tantangan dengan hadiah 100.000 dollar untuk menemukan saksi pembunuhan di kereta tersebut.

Michael baru sadar tantangan itu berbahaya waktu ada seorang penumpang tewas. Keluarganya juga disandera dan Michael terpaksa harus mengikuti ‘permainan’ karena wanita misterius itu mengawasinya. Film ini punya alur cepat, tetapi tegangnya nggak ada dua! Kalau nggak percaya, silakan nonton sendiri, hehe..

4. Murder on the Orient Express [2017]

Murder on the Orient Express

Hercules Poirot, seorang detektif Belgia yang baru tiba di Istanbul mendapat telegram untuk kembali ke London karena ada masalah yang memerlukan kemampuannya. Dalam perjalanan menuju London, Poirot bertemu orang-orang baru dengan Ratchett yang menawarkan uang sebesar $ 20.000 agar dia dilindungi selama di kereta.

Poirot menolak tawarannya. Malam harinya, Ratchett ditemukan tewas dan Poirot tergerak untuk memecahkan kasus ini. Salah satu dari penumpang kereta mewah itu mungkin pelakunya. Selain menegangkan, film ini juga mengajak kita ikut berpikir untuk memecahkan misteri pembunuhan itu.

Nah, kalau kamu suka dengan film detektif sejenis ini, temukan rekomendasi lainnya dalam artikel film detektif terbaik.

5. Last Passenger [2013]

Last Passenger

Lewis Shaler, seorang dokter membawa anaknya Max untuk pergi ke rumah sakit tempatnya bekerja di Tunbridge Wells. Mereka pergi naik kereta dari London dan bertemu dengan dua orang asing yaitu Sarah Barwell dan Jan Klimowski. Jan diusir dari kereta dan harus duduk di antara penghubung gerbong karena merokok dalam kereta.

Mereka nggak tahu kalau perjalanan itu akan berubah jadi pembantaian. Ada seseorang yang berniat untuk membunuh semua orang di dalam kereta. Kebayang nggak betapa menegangkannya situasi di dalam kereta itu? Kalau mau ikut tegang, nonton filmnya ya!

6. 3:10 to Yuma [2007]

3 10 to Yuma

Dan Evans adalah seorang veteran yang tinggal di kota kecil Bisbee, Arizona. Dia punya peternakan namun sebuah proyek kereta harus melintas ke atas tanahnya. Suatu hari, kereta yang bawa uang gaji pekerja pembuat rel dirampok oleh Ben Wade. Dan Evans dan anaknya yang menyaksikan membiarkan peristiwa itu terjadi.

Ben akhirnya ditangkap dan harus dibawa ke Pengadilan Federal di Yuma. Perjalanan pun ditentukan dengan kereta militer, namun anak buah Ben tidak diam saja saat bosnya akan diserahkan ke pengadilan. Kira-kira, Ben berhasil lolos nggak? Simak keseruannya dengan menonton film ini ya!

7. Mission: Impossible [1996]

Mission Impossible

Siapa yang nggak kenal Ethan Hunt? Tokoh yang kerap melakukan hal-hal berbahaya yang nyaris mustahil dilakukan ini mulai menghiasi layar lebar pada tahun 1996. Film pertamanya ini sukses besar sampai-sampai dibuatkan sekuelnya yang sampai saat ini sudah mencapai film kelima. Kalau suka karakter agen rahasia, kamu pasti bakal suka film ini.

Ethan Hunt dijebak dan dituduh membunuh agen lainnya. Demi mengetahui siapa yang menjebaknya, Ethan bertemu dengan Max di sebuah kereta untuk bertransaksi menukar daftar agen samaran CIA yang nggak resmi dengan uang 10 juta dollar. Upaya Ethan ini kemudian membawanya pada pertarungan dengan Max di atas kereta.

8. The Lady Vanishes [1938]

The Lady Vanishes

Pernah dengar nama Alfred Hitchcock? Dia adalah seorang sutradara kenamaan asal Inggris dengan karya mentereng. Salah satunya The Lady Vanishes yang dirilis 1938. Walaupun sudah dibuat ulang, tetapi versi awalnya jauh lebih menarik. Film ini bercerita tentang Iris Henderson yang hendak menuju London setelah liburan di sebuah negara fiktif bernama Bandrika.

Iris akan segera melangsungkan pernikahan, namun perjalanannya lewat kereta harus terhenti karena longsor dan mengharuskan para penumpangnya bermalam. Dia berkenalan dengan seorang wanita bernama Miss Froy bahkan sempat makan malam dengannya. Pagi harinya, Miss Froy menghilang dan Iris terjebak di kereta itu bersama pembunuh.

9. Runaway Train [1985]

Runaway Train

Manny adalah seorang perampok bank sadis. Dia bertemu Buck McGeehy dan mengajaknya kabur dari penjara. Pelarian mereka nggak mudah, mereka harus berenang melewati sungai padahal keadaan sedang musim salju.  Setelah itu mereka melompat ke sebuah kereta.

Manny dan Buck yang merasa pelarian mereka akan berjalan lancar justru harus menghadapi masalah serius. Sang masinis yang mengemudikan kereta terkena serangan jantung. Kereta pun mulai bergerak tanpa adanya pengemudi. Film ini termasuk film lawas, jadi kereta api yang diceritakan juga lawas. Cocok buat yang suka hal-hal klasik.

10. Transsiberian [2008]

Transsiberian

Pasangan suami istri Roy dan Jessie bepergian bersama dengan menggunakan kereta Trans Siberian. Di perjalanan mereka bertemu Carlos dan Abby yang satu kabin dengan mereka. Roy menyambut mereka dengan ramah tetapi Jessie merasa ada yang janggal. Mereka nggak tahu kalau perjalanan itu akan jadi perjalanan yang berbahaya.

Untuk ukuran thriller, film ini terbilang sederhana. Lokasi yang digunakan sederhana, tokoh yang menggerakkan ceritanya pun sederhana. Hanya butuh 5 orang karakter untuk membangun ketegangan di sepanjang cerita. Perasaan mencekam yang ditawarkan film ini punya sensasi yang berbeda dengan film thriller lainnya. Kamu akan paham kalau sudah nonton filmnya.

Demikianlah 10 film tentang kereta api terbaik dari berbagai era. Semuanya punya keseruan yang berbeda dan menampilkan kereta api yang berbeda pula. Ada yang lawas, ada yang modern. Kamu tinggal memilih ingin menyimak cerita dari era yang mana. Kalau punya film tentang kereta lainnya, ada kolom komentar yang bisa digunakan untuk menambahkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar