Bacaterus / Film Barat / 10 Film tentang Kapal Selam yang Sangat Menegangkan

10 Film tentang Kapal Selam yang Sangat Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai upaya menjaga kedaulatan wilayahnya, sebuah negara wajib memiliki alat tempur yang terbaik. Bukan hanya untuk digunakan di daratan dan udara saja, kawasan lautan pun menjadi teritori yang harus diperhatikan.

Kehadiran kapal selam dan armada lautan lainnya menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Kapal selam berfungsi selaku garda terdepan demi keamanan negara di dasar samudera biru. Cerita epik tentang kapal selam memang tidak lepas dari dunia militer.

Sebagai salah satu alat termpur dan pengawasan, ia telah menjadi saksi dari sejarah panjang peperangan yang terjadi di dunia ini. untuk menggambarkan fungsi kehebatannya, para sineas film mampu mengisahkannya lewat sebuah layar sinema yang dramatis. Film berkonsep armada laut tersebut pun kini menjadi tontonan yang menarik.

Untuk menyegarkan referensi daftar film yang kamu suka, Bacaterus kali ini akan memberikan rangkuman film seru dan menegangkan tentang kapal selam. Jika kamu tertarik, jangan lewatkan pembahasannya di bawah ini ya. Selamat membaca!

1. Hunter Killer (2018)

Hunter Killer (2018)

Kapal selam milik Amerika Serikat telah ditemukan tenggelam di dasar lautan yang berbatasan dengan Rusia. Kapten Joe Glass mengetahui jika ada kejanggalan dalam peristiwa tersebut, ia kemudian berusaha mencari fakta dengan memimpin sebuah regu investigasi. Sementara itu di tempat lain, empat anggota elit Navy Seals USA sedang melakukan penyelidikan di Pangkalan Angkatan Laut milik Rusia.

Hasil penyelidikan membeberkan fakta yang mengejutkan. Menteri Pertahanan Rusia, Laksamana Dimitri Durov, telah melakukan kudeta dengan menyandera presidennya sendiri. Kondisi seperti itu ternyata akan memunculkan perang yang mengancam dunia. Kapten Joe Glass lalu bekerja sama dengan armada kapal selam Rusia, mereka berusaha untuk mencegah terjadinya peperangan akibat aksi kudeta tersebut.

2. Phantom (2013)

Phantom (2013)

Dmitry Zubov adalah kapten kapal selam nuklir dari Uni Soviet. Dirinya memimpin komando kapal tersebut untuk melakukan sebuah misi rahasia. Dalam pelayaran itu, ikut juga seorang agen KGB bernama Bruni beserta anak buahnya.

Sejak awal pertemuannya, Zubov merasa curiga dengan kehadiran Bruni di kapalnya. Benar saja, agen kGB tersebut melakukan sabotase atas kendali dari kapal yang ia nahkodai.

Bruni berencana meluncurkan serangan nuklir kepada armada angkatan laut Amerika Serikat. Ia dan anak buahnya kemudian menyandera Zubov beserta awak kapal lainnya. Namun Zubov tidak tinggal diam, ia serta rekannya, Alex Kozlov, melakukan serangan balik untuk mengambil kendali kapal. Kini, keselamatan dunia akan ancaman perang nuklir ada di tangan Zubov, sang veteran angkatan laut Uni Soviet. 

3. K-19: The Widowmaker (2002)

K-19 The Widowmaker (2002)

Dua aktor kawakan Hollywood beradu akting dalam film ini. Harrison Ford berperan menjadi Kapten Alexi Vostrikov, dan Liam Neeson sebagai Kapten Mikhail Polenin. Pada saat perang dingin berlangsung, Alexi mengambil alih komando kapal selam nuklir Uni Soviet K-19.

Ia bertugas untuk melakukan pengawasan di dasar lautan wilayahnya. Namun sebuah masalah terjadi ketika reaktor nuklirnya mengalami gangguan.

Alexi dan Polenin menyadari jika kerusakan tersebut dapat memicu bencana nuklir dahsyat. Bukan hanya ribuan nyawa manusia yang menjadi korbannya, namun perang dingin yang sedang terjadi akan terus memanas dan tidak dapat dihentikan lagi.

Berada dalam situasi yang genting, mampukah keduanya untuk mencegah tragedi itu terjadi? Jangan sampai melewatkan film menegangkan yang satu ini ya. 

4. Kursk (2018)

Kursk (2018)

Film ini mengambil latar belakang kisah nyata tentang tragedi meledaknya kapal selam Kursk pada tahun 2000. Paus besi milik Rusia tersebut tenggelam ke dasar laut Barents usai terjadi ledakan hebat dalam kapalnya. 118 awak kapal dinyatakan tewas, namun 23 orang lainnya berhasil selamat dari kecelakaan.

Mereka yang selamat kemudian terombang-ambing dilautan sembari berharap menunggu bantuan. Pemerintah Rusia pada awalnya menolak bantuan dari pemerintah asing dalam proses evakuasi korban yang selamat.

Akan tetapi setelah lima hari tanpa hasil yang memuaskan, mereka akhirnya menurunkan egonya untuk menyetujui rencana bantuan dari Pemerintah Inggirs dan Norwegia. Dalam film ini, sang aktor Colin Firth berperan sebagai Komandan Angkatan laut Inggris yang bernama David Russell. 

5. The Hunt for Red October (1990)

The Hunt for Red October (1990)

Jack Ryan adalah seorang agen CIA yang sedang bertugas di Kota London. Ia mendapatkan sebuah laporan tentang keberadaan kapal selam terbaru buatan Uni Soviet. Armada laut tersebut dinamakan Red October, dan diyakini lebih canggih daripada milik Amerika.

Dalam laporannya, Red October memiliki sistem mesin yang sangat sunyi sehingga bisa memasuki wilayah Amerika tanpa terdeteksi sedikit pun. Setelah mengamati laporan itu, sekejap saja ia langsung pergi ke Amerika dari tempatnya bekerja.

Jack mengkhawatirkan jika Red October akan meluncurkan senjata nuklir tanpa diketahui sedikit pun. Sebagai bentuk antisipasi akan ancaman tersebut, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirimkan kapal selam perang USS Dallas untuk melakukan perburuan mencari kapal selam Red October milik Uni Soviet. 

6. Crimson Tide (1995)

Crimson Tide (1995)

Kapal selam perang USS Alabama milik Amerika Serikat dinahkodai dalam komando Kapten Frank Ramsey. Ia bersama wakilnya, Letnan Ron Hunter tengah berpatroli di lautan. Situasi yang aman kemudian berubah mencekam, sang kapten mendapatkan instruksi untuk meluncurkan misil ke pembangkit nuklir milik Rusia.

Namun perintah tersebut terdengar sama-samar, kapal mereka terkena serangan dari pihak Rusia. Dalam ketidakjelasan perintah yang diberikan, keduanya mulai bersitegang. Ron yang berpikir tenang dan analitik menentang atasannya saat akan meluncurkan rudal nuklir.

Ia bersikukuh untuk mendapatkan perintah yang jelas terlebih dahulu. Sementara itu, sang kapten yang berwatak keras tetap pada pendiriannya. Lalu bagaimanakah kelanjutan perseteruan mereka ini? Tonton langsung film ini ya. 

7. U-571 (2000)

U-571 (2000)

Kapal selam U571 milik jerman yang memiliki mesin enkripsi canggih tenggelam saat perang dunia berlangsung. Mengetahu hal itu, pihak sekutu mengirimkan armada Angkatan laut Amerika Serikat yang dipimpin oleh Letnan Andrew Tyler.

Ia bersama anak buahnya mempunyai misi untuk mengambil mesin itu. Mereka akan membawanya ke markas utama di Inggris untuk mempelajari enkripsi tersebut. Saat berada di kapal salam U571, tiba-tiba pasukan Jerman datang menyerang mereka.

Rencana awal untuk mengambil mesin tersebut kini terhalang. Andrew dan anak buahnya harus berperang di lautan dan sebisa mungkin harus menyingkirkan armada Angkatan Laut Jerman. Di dalam kapal selam yang rusak, mereka bertahan hidup sembari mengamankan mesin enskripsi agar tidak diambil oleh pihak lawan. 

8. In Enemy Hands (2004)

In Enemy Hands (2004)

Pada tahun 1943, Letnan Sullivan bersama Travers dan anak buahnya melakukan sebuah misi menggunakan kapal selam Swordfish. Mereka bertugas memusnahkan kapal-kapal selam milik Jerman yang telah menghancurkan armada laut milik sekutu.

Sementara itu, paus besi U-429 dari Jerman yang dinahkodai oleh Kapten Jonas Herdt tengah beroperasi kembali mengincar armada perang dari sekutu. Sullivan yang melihat keberadaan dari U-429 melancarkan serangan pertamanya.

Namun itu tidak berhasil, pihak Jerman lalu membombardir Swordfish dengan rudal nuklirnya. Akibat serangan itu, Swordfish mengalami kerusakan parah, dan menewaskan beberapa kru kapal tersebut.  Atas perintah dari Kapten Jonas, Letnan Sullivan, Travers dan keenam awak kapalnya kemudian menjadi tahanan perang.

Bagaimanakah nasib mereka setelah menjadi tahanan perang? Lalu seperti apakah reaksi pihak sekutu mendengar tim terbaiknya telah disergap oleh Jerman? Jangan sampai melewatkan keseruan film yang satu ini.

9. Black Sea (2014)

Black Sea (2014)

Seorang kapten kapal bernama Robinson memimpin sebuah ekspedisi menemukan bangkai kapal selam milik Nazi di Laut Hitam. Di dalam kapal tersebut, diyakini terdapat batangan emas yang berharga jutaan dollar.

Bersama dengan timnya yang berasal dari Inggris dan Rusia, mereka mulai menyelami luasnya lautan hitam. Hingga pada akhirnya, kapal selam Nazi yang mereka cari berhasil ditemukan juga. Mereka akhirnya menemukan harta karun tersebut.

Walaupun rencana mereka berhasil dilakukan, emas yang didapatkan malah menjadi pemicu konflik. Merasa tidak adil dalam pembagian keuntungan, tim Robinson yang dari Inggris berseteru dengan timnya asal Rusia. Dalam kondisi genting di dasar lautan, ia kini harus berhadapan dengan keserakahan manusia yang akan mengancam keselamatan semua tim. 

10. Down Periscope (1996)

Down Periscope (1996)

Film yang satu ini menawarkan unsur komedi sehingga kamu bisa rileks dalam menontonnya. Down Periscope sendiri menceritakan tentang pertandingan antara kapal selam dengan tenaga solar melawan kapal selam nuklir.

Pasukan yang berada dalam kapal selam solar memiliki kepribadian unik dan aneh. Sementara lawannya adalah kebalikannya, mereka mempunyai orang-orang pintar dan serius. Tom Dodge yang merupakan kapten kapal selam solar mempunyai misi untuk menghancurkan armada perang di Pelabuhan Norfolk.

Dirinya sangat ingin sekali berpindah menjadi kapten kapal nuklir. Maka untuk mendapatkan jabatan itu, ia harus menuntaskan misinya tersebut. Tom kemudian mengumpulkan pasukan-pasukan uniknya itu, mereka lalu mengarungi lautan dan mulai melakukan penyerangan. 

Setelah membaca pembahasan di atas, apakah kamu sudah mulai tertarik dengan cerita-ceritanya? Jika kamu mulai penasaran akan keseruan film bertemakan kapal selam, jangan ragu untuk menontonnya ya.

Apabila kamu memang menyukai film militer dengan bumbu-bumbu konflik perang di lautan, maka apa yang Bacaterus rangkum barusan dapat menjadi pilihan yang cocok untukmu. Selamat menonton ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *