20 Film tentang Kapal Selam yang Wajib untuk Ditonton

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Sebagai upaya menjaga kedaulatan wilayahnya, sebuah negara wajib memiliki alat tempur yang terbaik. Bukan hanya untuk digunakan di daratan dan udara saja, kawasan lautan pun menjadi teritori yang harus diperhatikan.

Kehadiran kapal selam dan armada lautan lainnya menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Kapal selam berfungsi selaku garda terdepan demi keamanan negara di dasar samudera biru. Cerita epik tentang kapal selam memang tidak lepas dari dunia militer.

Sebagai salah satu alat termpur dan pengawasan, ia telah menjadi saksi dari sejarah panjang peperangan yang terjadi di dunia ini. untuk menggambarkan fungsi kehebatannya, para sineas film mampu mengisahkannya lewat sebuah layar sinema yang dramatis. Film berkonsep armada laut tersebut pun kini menjadi tontonan yang menarik.

Untuk menyegarkan referensi daftar film yang kamu suka, Bacaterus kali ini akan memberikan rangkuman film seru dan menegangkan tentang kapal selam. Jika kamu tertarik, jangan lewatkan pembahasannya di bawah ini ya. Selamat membaca!

1. Das Boot (1981)

Das Boot (Copy)
*Source: Fanart.tv
  • Tahun Rilis: 1981
  • Genre: Action, War
  • Sutradara: Wolfgang Petersen
  • Pemeran: Jurgen Prochnow, Herbert Gronemeyer, Kalus Wennemann
  • Perusahaan Produksi: Bavaria Film

Kapal selama Jerman U-96 dibawah komando kapten (Jurgen Prochnow) diminta untuk berpatroli di laut Atlantik selama perang dunia kedua berlangsung. Selama berpatroli, keadaan di laut cenderung aman malah terlalu aman untuk U-96, hal ini membuat banyak kru dan anggota lainnya merasa bosan karena harus terus berlama-lama di dalam kapal selam.

Setelah berminggu-minggu menunggu akhirnya U-96 menghadapi musuh dan bersiap unutk mengejar namun kru khawatir pengejaran itu akan membutuhkan waktu lama lagi. Keadaan itu tidak bisa dilakukan mengingat mereka sudah kehabisan makanan dan persedian lainnya. Naas, saat mereka akan kembali, kapal selam tersebut dikejar oleh kapal perang Inggris; ketika akan melawan, kapal U-96 tidak merespon naik malah tenggelam kedasar laut. Seluruh kru segera memperbaiki kapal selama sebelum oksigen menipis.

2. The Hunt for Red October (1990)

The Hunt for Red October (1990)
  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemeran: Sean Connery, Alec Baldwin, Scott Glenn
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Mace Neufeld Productions, Nina Saxon Film Design

Sinopsis & Review The Hunt for Red October

Jack Ryan adalah seorang agen CIA yang sedang bertugas di Kota London. Ia mendapatkan sebuah laporan tentang keberadaan kapal selam terbaru buatan Uni Soviet. Armada laut tersebut dinamakan Red October, dan diyakini lebih canggih daripada milik Amerika.

Dalam laporannya, Red October memiliki sistem mesin yang sangat sunyi sehingga bisa memasuki wilayah Amerika tanpa terdeteksi sedikit pun. Setelah mengamati laporan itu, sekejap saja ia langsung pergi ke Amerika dari tempatnya bekerja.

Jack mengkhawatirkan jika Red October akan meluncurkan senjata nuklir tanpa diketahui sedikit pun. Sebagai bentuk antisipasi akan ancaman tersebut, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirimkan kapal selam perang USS Dallas untuk melakukan perburuan mencari kapal selam Red October milik Uni Soviet. 

3. The Enemy Below (1957)

The Enemy Below (Copy)
  • Tahun Rilis: 1957
  • Genre: Drama, War
  • Sutradara: Dick Powell
  • Pemeran: Robert Mitchum, Curt Jurgens
  • Perusahaan Produksi: 20th Century Fox

Kapal tempur Amerika, USS Haynes dibawah komando kapten Murell berhasil mendeteksi dan menemukan posisi dari kapal selam perang Jerman, U-Boat, di wilayah lautan Atlantik Selatan. USS Haynes segera mengikuti pergerakan kapal selam Jerman tersebut secara hati-hati supaya mereka tidak curiga dan malah melarikan diri dengan cara menyelam lebih dalam supaya tidak kembali terdeteksi.

Kapal selam Jerman dibawah komando kapren Von Stolberg (Curt Jurgens) ternyata mengetahui taktik perang kapal USS Haynes. Mereka juga ingin menyerang USS Haynes sehingga baik USS Haynes dan kapal selam Jerman saling mengikuti dan bersiap perang sewaktu-waktu. Namun semakin giat mereka menyerang, USS Haynes mengerti bahwa U-Boat Jerman tidak sepadan dengan mereka, hingga akhirnya ada saling respek meski sesama musuh. Bagaimana akhir dari pertempuran Atlantik tersebut?

4. The Bedford Incident (1965)

The Bedford Incident (Copy)
  • Tahun Rilis: 1965
  • Genre: War, Action
  • Sutradara: James B. Harris
  • Pemeran: Richard Widmark, Sidney Poitier, James MacArthur
  • Perusahaan Produksi: Bedford Productions Ltd.

Ben Munceford merupakan seorang reporter yang mendapatkan tugas untuk menulis tentang profil Kapten Eric Finlander (Richard Widmark), seorang pria anti komunis. Ben menjadi salah satu penumpang yang ikut masuk ke dalam kapal USS Bedford (DLG-113) bersama dengan kru lainnya dan seorang tenaga medis bernama Chester Potter (Martin Balsam).

Saat berlayar di laut Artik, USS Bedford mendeteksi pergerakan dari kapal perang Soviet yang memiliki tugas yang sama dengan USS Bedford; patroli. Namun entah ada masalah apa, Kapten Eric mempermainkan kapal selam Soviet tersebut sehingga membuat kru lainnya kelelahan dengan aksi sang Kapten. Insiden pun terjadi, akibat kesalahpahaman, kapal USS Bedford menembakan torpedo kepada kapal selam Soviet.

5. Crimson Tide (1995)

Crimson Tide (1995)
  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Sutradara: Tony Scott
  • Pemeran: Gene Hackman, Denzel Washington, Matt Craven
  • Perusahaan Produksi: Hollywood Pictures, Don Simpson/Jerry Bruckheimer Films

Kapal selam perang USS Alabama milik Amerika Serikat dinahkodai dalam komando Kapten Frank Ramsey. Ia bersama wakilnya, Letnan Ron Hunter tengah berpatroli di lautan. Situasi yang aman kemudian berubah mencekam, sang kapten mendapatkan instruksi untuk meluncurkan misil ke pembangkit nuklir milik Rusia.

Namun perintah tersebut terdengar sama-samar, kapal mereka terkena serangan dari pihak Rusia. Dalam ketidakjelasan perintah yang diberikan, keduanya mulai bersitegang. Ron yang berpikir tenang dan analitik menentang atasannya saat akan meluncurkan rudal nuklir.

Ia bersikukuh untuk mendapatkan perintah yang jelas terlebih dahulu. Sementara itu, sang kapten yang berwatak keras tetap pada pendiriannya. Lalu bagaimanakah kelanjutan perseteruan mereka ini? Tonton langsung film ini ya. 

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram