Bacaterus / Film Barat / 9 Film Tentang Filsafat yang Seru dan Tidak Membosankan

9 Film Tentang Filsafat yang Seru dan Tidak Membosankan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 September 2019

Terkadang saat merenung, kita sering memikirkan akan makna hidup kita. Beberapa pertanyaan sering terlintas seperti “apakah yang saya lakukan ini benar?” atau “apa hidup yang saya jalani sudah tepat?”. Pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti ini biasanya sulit terjawab dan membuat hati tidak tenang.

Nah, beberapa rekomendasi film tentang filsafat yang akan Bacaterus bahas ini bisa menjadi sahabat kalian untuk melihat pandangan hidup yang berbeda. Film-film ini mengangkat pemikiran para filsuf yang mungkin memengaruhi cara berpikir kalian. Bagi kalian pencari makna hidup, intip ulasan berikut, ya.

1. Waking Life (2001)

Waking Life

Bagi kalian yang menyukai cerita animasi, kalian bisa belajar banyak dari film ini dengan sudut pandang yang unik. Animasi ini dibuat absurd dan sangat eye catching. Bukan hanya animasinya yang unik, tetapi karakter dan naskah yang cerdas melibatkan dialog tentang ilmu pengetahuan dan pandangan para filsuf.

Film ini menceritakan karakter protagonis yang mengalami mimpi tanpa ujung dan takut akan dirinya yang tidak bisa terbangun ke dunia nyata. Cerita yang sebenarnya kompleks ini dikemas dengan sederhana agar mudah dicerna. Mulai dari mimpi, kenyataan, maupun negara digambarkan sangat abstrak di film ini.

2. The Tree of Life (2011)

The Tree of Life

Dimulai dari cerita Jack kecil yang melihat dunia dengan penuh keindahan dan kasih sayang. Cara pandang ini dia pelajari dari sang Ibu. Lalu saat Jack bertambah tua, dia mulai ‘ditampar’ dengan cara pandang yang berbeda dengan apa yang diajari sang ayah. Pandangan hidup masa kecilnya terus terbawa sampai dia dewasa.

Film ini digarap apik dengan pesan yang disampaikan tanpa menggurui. Bukan hanya tentang seorang manusia yang mencari jalan hidupnya sendiri, melainkan tentang tema eksistensialisme dan pandangan masa kecil yang memunculkan banyak pertanyaan. Uniknya film ini menggunakan visual dan back sound yang menghidupi alur cerita.

3. Donnie Darko (2001)

Donnie Darko

Cerita dimulai dari seorang remaja pria yang kesepian dan merasa terasingkan dari lingkungan sekitarnya. Donnie Darko dibintangi oleh aktor Jake Gyllenhaal sangat menjiwai karakter Darko yang terkesan misterius. Darko melakukan hal-hal yang aneh dan mempunyai dunianya sendiri.

Kalian pecinta sci-fiction juga akan dimanjakkan dengan teori realitas serta alam semesta. Film ini menyuguhkan pandangan hidup seorang remaja pria yang mengalami krisis identitas dan mendambakkan ikatan persahabatan. Kalian harus menonton film ini langsung ya, jangan menonton trailer-nya karena bisa menghancurkan ekspektasi kalian.

4. Fight Club (1999)

Fight Club

Film ini akan membuat kalian mempertanyakan esensi keberadaan kalian karena tema yang diangkat di film ini berbau eksistensialisme. Dibalut dengan iming-iming konsumerisme dan materialisme akan membuat penonton ‘terbangun’ dari kesadarannya. Walau pun terkesan berat, film ini dibalut dengan naratif yang bisa diikuti.

Karena film ini cukup kritis dengan ‘melawan’ pemikiran-pemikiran yang sudah terbentuk di dunia modern, film ini pun menjadi sangat kontroversial. Kalian akan diajak memilih hidup dengan keteraturan atau mencoba hal yang sama sekali tidak teratur. Kalian jangan melihat spoiler yang bertebaran mengenai film ini ya.

5. Spring, Summer, Fall, Winter….and Spring (2003)

Spring, Summer, Fall, Winter….and Spring

Film satu ini berasal dari Korea Selatan. Menceritakan para biksu di kuil yang mengapung di tengah danau. Dari judulnya pun kita bisa membayangkan apa yang akan dibahas di film ini. Film ini menceritakan tentang perjalanan dan siklus kehidupan. Setiap musim di film ini pun menyiratkan makna tidak langsung akan kehidupan.

Film ini mengajarkan kita akan pengalaman tentang cinta, moral, kematian, pengorbanan dan sulitnya menjadi bijaksana. Selain itu, film ini menyuguhkan hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan hubungan manusia dengan alam semesta. Film ini sangat relaxing dan akan membuat kalian melihat dunia dengan pandangan yang berbeda.

6. Nobody (2009)

Nobody

Bagi kalian yang menikmati genre sci-fiction, romance dan drama, film ini cocok untuk kalian telusuri. Dimulai dari seorang pria tua bernama Nemo Nobody yang berusia 118 tahun dengan latar pada tahun 2092. Dia satu-satunya manusia yang bertubuh normal karena pada tahun 2092 rata-rata manusia hidup dengan alat canggih agar hidup abadi.

Alur cerita yang acak dan layaknya puzzle membuat penonton harus pintar-pintar menyambungkan cerita satu ke lainnya. Mr Nobody dapat melihat masa depan dan menebak probabilitas atas pilihan-pilihan yang harus dia pilih. Kalian harus perhatikan simbolisme dalam cerita ini. Film ini mengajarkan kita untuk pintar-pintar dalam memilih keputusan dalam hidup.

7. The Matrix (1999)

The Matrix

Siapa yang tidak tahu dengan film ini? Film cerdas yang memadukan unsur filosofis dan science ini selalu menarik untuk ditelusuri. Film ini akan membuat kalian mempertanyakan realitas yang ada apakah nyata atau hanya bayangan saja. Banyak gagasan yang diangkat di dalam film ini salah satunya konsep kesadaran ganda dari Dubois.

Cerita dimulai saat karakter utama terbangun dan sadar bahwa hidup serta realitasnya dikuasai oleh sistem matrix. Kalian akan disuguhi kehidupan protagonis yang kontradiksi seperti kehidupan pegawai yang harus menuruti peraturan dan pada malam harinya menjadi hacker. Film ini mengajarkan kita untuk mengubah cara kita melihat dunia yang kita hidupi.

8. Memento (2000)

Memento (2000) (Copy)

Kalian yang tertarik dengan tema free will boleh banget menonton film ini. Karya garapan Christoper Nolan ini selalu sukses membuat penonton mikir. Kalian pecinta film thriller dan psikologis pas banget menonton film ini. Nolan akan mengajak para penonton filmnya untuk merasakan kehidupan karakter utama dan merasakan banyak hal.

Film ini menceritakan tentang Leonard yang memiliki daya ingat jangka pendek dalam misi pencarian menemukan pembunuh istrinya. Leonard harus mencatat banyak hal secara detail agar bisa merumuskan sang pelaku. Leonard juga cemas dengan apa-apa yang dia lihat hanya imajinasi. Film yang cukup bikin stres.

9. Cloud Atlas (2012)

Film ini diadaptasi dari novel karya David Mitchell. Film ini memadukkan 6 alur cerita yang saling berhubungan dari masa ke masa. Dimulai dari abad 18-an sampai masa super modern. Film ini mengangkat konsep budhaism tentang reinkarnasi, apa yang kita lakukan di masa lalu juga beresonansi dengan masa depan.

Film ini mengangkat cerita misteri dan romantis secara apik melalui seorang pembunuh yang menjadi pahlawan. Penyampaian pesan di film ini juga classic banget. Mereka berusaha menerjemahkan isi surat dari masa ke masa. Karena banyak plot cerita yang saling bergantung satu sama lain, kalian harus fokus dalam menonton film ini.

Nah, berikut ulasan Bacaterus tentang film bertema filsafat. Film yang bertema filsafat selalu dianggap berat dan sulit untuk dipahami, padahal banyak juga film yang mengangkat tema filsafat yang ramah ditonton, mulai dari membahas hal-hal dasar dan digabungkan dengan science membuat kita paham bahwa dua unsur ini saling bekerja sama.

Karena film bertema filsafat sering mengangkat hal-hal pelik dan kadang sulit untuk kita terima, banyak produser film yang mengakali itu semua dengan memberikan tontonan dengan tema kehidupan kita sehari-hari dan situasi yang terbayangkan oleh kita semua. Jadi, mana film filsafat yang tertarik untuk kamu tonton hari ini?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar