Bacaterus / Film Spionase / 10 Rekomendasi Film yang Menampilkan Kerennya Aksi CIA

10 Rekomendasi Film yang Menampilkan Kerennya Aksi CIA

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Kalau mendengar nama CIA, kita langsung tahu kalau nama itu melambangkan sesuatu yang keren dan heroik. Kita juga sering membaca atau mendengar tentang aksi-aksi mereka melalui berita. Namun, kalau ingin melihat gambaran yang lebih dalam kita harus nonton film tentang CIA.

Untuk banyak orang CIA seperti superhero yang ada di dunia nyata. Wajar kalau banyak film menyertakan CIA sebagai bagian dari cerita. Kalau kamu tertarik menonton film tentang CIA, mari simak baik-baik artikelnya sampai tuntas. Nah, Bacaterus telah mengumpulkan 10 rekomendasi film yang menampilkan kerennya aksi CIA. Yuk, tonton semua filmnya!

1. The Man from U.N.C.L.E. [2015]

The Man from U.N.C.L.E.

Napoleon Solo (CIA) dan Illya Kuryakin (KGB) harus bekerja sama untuk menggagalkan sebuah organisasi kriminal yang berniat untuk membuat senjata nuklir. Mereka dibantu oleh Gabi, seorang wanita keturunan Italia yang merupakan anak salah satu ahli nuklir.

Kedua agen dari dua negara yang hubungannya nggak harmonis tersebut, mau nggak mau harus bahu-membahu untuk menyelesaikan misi ini. Solo menyamar sebagai seorang pengoleksi barang-barang antik yang mewah sementara Kuryakin dan Gabi menjadi pasangan yang sudah bertunangan.

The Man from U.N.C.L.E yang disutradarai Guy Ritchie memadukan laga, drama serta komedi dalam porsi yang berimbang. Dengan latar musik yang cantik serta setting di tahun 60-an film ini sangat tertata baik dari segi sinematografi sampai akting para pemainnya yang terlihat natural. Film ini cocok buat jadi tontonan akhir pekan.

2. Jack Ryan: Shadow Recruit [2014]

Jack Ryan Shadow Recruit

Jack Ryan direkrut untuk menjadi agen CIA setelah mengalami cedera saat menyelamatkan rekannya ketika bertugas. Dia kemudian dikuliahkan dan bekerja sebagai analisis keuangan. Namun latar belakangnya sebagai anggota CIA nggak boleh diketahui oleh siapapun termasuk kekasihnya Cathy.

Di tengah konflik politik antara Amerika dan Rusia, Jack diberi tugas untuk menganalisis keuangan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan pipa minyak. Dia diberangkatkan ke Rusia untuk melakukan pekerjaannya, namun di sana justru dia mendapat masalah karena pemilik perusahaan yang dia audit adalah seorang kriminal kelas kakap.

Ceritanya nggak terlalu rumit. Karakter Jack Ryan dalam film ini terasa lebih manusiawi dibanding agen-agen CIA di film lainnya tetapi disitulah letak menariknya. Jack Ryan benar-benar terlihat seperti manusia yang bekerja sebagai agen CIA, bukan pahlawan super.

3. Central Intelligence [2016]

Central Intelligence

Calvin Joyner, seorang akuntan dihubungi lewat FB oleh Bob Wierdicht yang merupakan temannya di SMA dulu. Pertemuan pertama mereka setelah sekian lama justru membawa Calvin ke dalam situasi yang berbahaya.

Bob yang dipecat dari CIA saat mengungkap kasus penjualan kode satelit yang dilakukan ‘Black Badger’ saat itu sedang menyelidiki kembali kasus tersebut. Kehidupan sebagai seorang pekerja kantoran Calvin berubah drastis karena dilibatkan Bob untuk membantunya mengungkap kasus yang ingin dia selesaikan.

Kevin Hart dan Dwayne Johnson menjadi tokoh utama di Central Intelligence. Untuk ukuran film tentang agen CIA, Central Intelligence memberi sudut pandang berbeda yaitu dari sisi komedi. Tingkah kocak Hart digabungkan dengan aksi-aksi oleh pria berotot besar menjadi daya tarik tersendiri untuk film ini.

Nah, kalau kamu ngefans dengan The Rock dan ingin menonton film-film lain yang dibintangi oleh mantan atlet gulat tersebut, simak artikel film terbaik The Rock ini, ya!

4. RED [2010]

RED

Bagaimana jadinya jika seorang pensiunan agen CIA diteror di rumahnya sendiri? Frank Moses yang merasa hidupnya terancam bersama kekasihnya, menghubungi teman-temannya sesama pensiunan CIA. Salah satu orang yang mengejar Frank ternyata seorang agen CIA.

Setelah diselidiki ternyata arsip pensiunnya menunjukkan tanda Retired: Extremely Dangerous. Dengan mengandalkan teman-temannya Frank mencoba menyelidiki permasalahan tersebut sendiri walau harus berhadapan dengan resiko bahwa dia diburu.

Bruce Willis yang memerankan Frank Moses kembali mengukuhkan namanya sebagai salah satu aktor yang mempunyai spesialisasi untuk film-film laga. Walaupun dibumbui adegan kejar-kejaran, tembak-menembak dan ledakan, RED juga memberikan bumbu komedi. Selain Bruce Willis, ada pula Morgan Freeman yang jadi jaminan kalau film ini layak untuk ditonton.

5. Salt [2010]

Salt

Film Salt diambil dari nama tokoh utamanya yaitu Evelyn Salt. Dia yang bekerja sebagai agen CIA ditugaskan untuk menginterogasi seorang mata-mata dari Rusia bernama Orlov ternyata mendapat masalah. Orlov menyebut bahwa Salt adalah agen terlatih Rusia yang ditempatkan di Amerika. Alhasil Salt menjadi buruan sementara suaminya diculik Orlov.

Salt dibintangi oleh Angelina Jolie dan Liev Schreiber. Jolie kembali mendapat peran sebagai wanita hebat setelah terakhir memerankan Lara Croft. Tontonan yang menarik mengingat yang menjadi karakter utamanya seorang wanita.

6. Mission: Impossible [1996]

Mission Impossible

Siapa yang nggak kenal Ethan Hunt? Aksi-aksinya yang menegangkan dan mengundang decak kagum selalu menjadi bagian yang paling ditunggu-tunggu. Sebagai film pertama, Mission: Impossible bercerita tentang Ethan yang dikirim ke Praha untuk sebuah tugas. Namun yang ada justru petunjuk-petunjuk yang dia temukan lebih menunjukkan bahwa adanya pengkhianatan.

Di dalam film ini, Ethan adalah seorang agen dari Impossible Mission Force (IMF), sebuah divisi nggak resmi dari CIA. Mereka adalah orang-orang yang diturunkan untuk menyelesaikan misi-misi yang rumit, bahkan nyaris mustahil. Film ini sama serunya dengan film-film James Bond.

7. 2 Guns [2013]

2 Guns

Film ini adalah film aksi-komedi yang dibintangi Mark Wahlberg dan Denzel Washington. Mark pernah tampil di film komedi dengan The Other Guys, Pain & Gain dan Ted. Sementara bagi Denzel ini adalah film komedi keduanya setelah The Preacher’s Wife.

Bercerita tentang Bobby dan Stig yang mengalami masalah setelah bertemu kartel narkoba asal Meksiko, Papi. Ternyata Bobby merupakan seorang agen DEA dan sementara rekannya adalah agen rahasia Angkatan Laut. Keduanya kompak melakukan tindak kriminal walau sebenarnya mereka menyimpan agenda rahasia masing-masing. Di tengah konflik karena perbedaan agenda, mereka pun harus berurusan dengan CIA yang ternyata memburu mereka.

8. The Losers [2010]

The Losers

Sekelompok tim khusus dikirim ke Bolivia untuk sebuah misi rahasia yang berbahaya. Mereka nggak sadar kalau ada yang menyusup ke organisasi CIA dan memastikan tim mereka nggak akan pernah kembali. Untungnya, mereka lolos dari maut dan si penyusup nggak sadar kalau sebenarnya mereka masih hidup. Mereka bertekad untuk balas dendam, tetapi mereka nggak boleh diketahui keberadaannya karena telah dianggap mati.

The Losers dibintangi oleh Jeffrey Dean Morgan, Zoe Saldana, Chris Evans dan Idris Elba. The Losers bisa jadi tontonan yang menarik karena selain menyajikan laga, ada pula unsur komedi di dalamnya. Cocok kalau kamu mau nonton bareng sama teman-teman.

9. The Double [2011]

The Double

Paul Shepherdson yang sudah pensiun dari CIA diberikan tugas lagi untuk menyelidiki pembunuhan terhadap seorang senator yang dilakukan oleh Cassius. Dia ditugaskan bersama seorang agen FBI baru bernama Ben Geary. Paul yang hampir sepanjang karirnya menyelidiki Cassius nggak percaya target yang dianggap sudah mati itu masih bisa melakukan kejahatan.

Richard Gere dan Topher Grace menjadi tokoh utama pada film The Double. Walaupun lebih banyak adegan drama, tapi yang menarik adalah bagaimana kemampuan membunuh dari sang antagonis, Cassius. Buat yang suka misteri dan bermain dalam teka-teki dalam penyelidikan kasus kriminal, The Double bisa jadi pilihan.

10. The Bourne Identity (2002)

The Bourne Identity

Jason Bourne yang ditemukan oleh seorang nelayan asal Italia dalam keadaan amnesia. Di tengah upayanya menemukan jati dirinya dia harus berhadapan dengan konspirasi yang didalangi oleh CIA. Nggak tanggung-tanggung, tiga pembunuh langsung dikirim untuk membunuhnya. Kenapa CIA merasa harus melenyapkan dia?

The Bourne Identity merupakan sekuel pertama dari film yang mengedepankan Jason Bourne sebagai tokoh utamanya. Setelah film pertamanya, sudah ada empat sekuel lanjutan sampai saat ini. Selain menyajikan adegan-adegan laga, kita juga dihibur dengan ketegangan yang dimunculkan di film ini.

Demikian 10 rekomendasi film yang menampilkan kerennya aksi CIA. Kalau kamu punya tambahan, kolom komentar sudah disediakan ya! Kamu juga boleh mengulas film yang pernah kamu tonton di sana. Nggak ada yang jadi merugi karena berbagi, jadi berbagilah teman-teman!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *