Inilah 8 Film Tentang Bullying Yang Mesti Kamu Tonton

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji

Bullying merupakan suatu tindakan tercela yang sangat merugikan dan merupakan suatu hal yang harus kita hindari. Bullying sendiri adalah tindakan yang menyudutkan atau merendahkan orang lain baik secara fisik maupun non fisik seperti mencemooh dan menghina dengan kata-kata. Dampak dari bullying sendiri sangat sangatlah besar tak hanya dapat melukai fisik, tetapi juga psikis.

Korban bullying biasanya akan mengalami trauma berlebih sehingga ia kerap merasa sedih dan ketakutan ketika bertemu orang baru. Karena dampak dari bullying ini sangatlah fatal, maka tak heran jika bullying sering diangkat menjadi sebuah tema pembicaraan mulai dari pidato hingga amanat di berbagai belahan dunia agar tindakan bullying dapat diminimalisir.

Tak hanya dijadikan topik dalam sebuah pembicaraan, bullying juga banyak diangkat sebagai tema dalam film oleh beberapa produsen film baik lokal maupun luar negeri sebagai alat memotivasi diri secara luas kepada masyarakat agar kita selalu sadar akan dampak dari bullying itu sendiri sehingga kita tidak melakukannya dan juga tidak menjadi korban.

Penasaran kan apa saja sih film bertema bullying yang baik dan recommended untuk ditonton? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. A Girl Like Her

A Girl Like Her (Copy)

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Amy S. Weber
  • Pemeran: Lexi Ainsworth, Hunter King, Jimmy Bennett
  • Perusahaan Produksi: Radish Creative Group, Bottom Line Entertainment, Parkside Pictures

Film tentang bullying yang pertama berjudul “A Girl Like Her” produksi Amerika dengan sutradara Amy S. Weber dan bintang utamanya Lexi Ainsworth yang berperan sebagai Jessica, seorang gadis berusia 16 tahun yang mendapatkan sebuah tindakan tercela berupa bullying.

Jessica mendapatkan bullying dari temannya sendiri bernama Avery Keller karena Jessica tidak memberikan contekan kepada Avery sehingga Avery secara terus menerus mengusik Jessica dengan perilakunya yang kejam hingga suatu hari Jessica depresi dan melakukan percobaan bunuh diri.

Percobaan bunuh diri yang dilakukan Jessica ini terdengar oleh sekolah dan semua berpendapat bahwa Avery lah pelakunya. Namun, Avery membantahnya dengan menyetujui sebuah kesepakatan untuk merekam dan membuat video yang meliput kesehariannya.

2. The Duff

The Duff (Copy)

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Comedy, Romance
  • Sutradara: Ari Sandel
  • Pemeran: Mae Whitman, Bella Thorne, Robbie Amell
  • Perusahaan Produksi: CBS Films, Vast Entertainment, Wonderland Sound and Vision

Berkisah tentang tindakan bully yang dilakukan oleh para pelajar SMA, film “The Duff” juga merupakan tontonan yang baik sebagai motivasi para remaja untuk tidak melakukan hal negatif seperti dalam film.

Film ini menceritakan kehidupan Bianca (Mae Whitman) yang mendapatkan tindakan bully dari teman-teman sekolahnya dengan julukan “The Duff” yang berarti orang tidak terkenal, wanita tidak cantik, atau tidak populer. Bully-an tersebut tak mematahkan mental Bianca, malah memotivasinya untuk bangkit menegakkan hak.

Film yang rilis pada tahun 2015  ini merupakan karya sutradara Ari Sandel yang diangkat dari novel berjudul sama karya Kody Keplinger.

3. Cyberbully

Cyber Bully (Copy)

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Crime, Drama, Mystery
  • Sutradara: Ben Chanan
  • Pemeran: Maisie Williams, Ella Purnell, Wilson Haagens
  • Perusahaan Produksi: Raw TV

Bullying tak hanya bisa dilakukan secara fisik saja, bahkan di era yang serba digital ini, bullying juga dapat dilakukan melalui media sosial atau yang biasa disebut cyber bullying. Seperti kisah dalam film ini, seorang gadis bernama Casey yang mendapatkan pengalaman buruk berupa cyber bullying.

Awalnya Casey tengah melakukan skyping bersama sahabatnya, Megan. Setelah itu, ia mendapati bahwa mantannya yang bernama Nathan membuat sebuah tweet di Twitter yang berisi kejelekan atau keburukan Casey.

Tak terima dengan tindakan yang dilakukan mantannya tersebut, Casey kemudian menghubungi temannya yang bernama Alex, seseorang yang dinilai dapat melakukan hack akun sosial media. Namun sayangnya, bukan Alex yang ia kabari melainkan seorang hacker yang telah meretas akun milik Alex.

Tak berakhir disitu, seseorang yang meretas akun milik Alex melakukan hal yang tak terduga yaitu melakukan cyber bullying terhadap Casey dengan menyebarkan media memalukan tentang Casey.

Film ini merupakan film karya sutradara Ben Chanan yang tayang perdana pada 15 Januari 2015 dan dibintangi oleh Maisie Williams sebagai pemeran utamanya.

4. The Class

The Class (Copy)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Ilmar Raag
  • Pemeran: Vallo Kirs, Pärt Uusberg, Lauri Pedaja
  • Perusahaan Produksi: Amrion, ETV (Eesti Televisioon)

Film “The Class” merupakan salah satu film dari Estonia yang menceritakan tentang kerasnya kehidupan di sekolah yang harus dialami oleh seorang remaja laki-laki bernama Joosep Raak (Part Uusberg). Film ini rilis pada tahun 2007 dan disutradarai oleh Ilmar Raag.

Dikisahkan dalam film Joosep selalu mengalami perlakuan buruk dari teman-teman sebayanya di sekolah. Pelaku pembullyan tersebut dipimpin oleh Anders, seorang remaja yang terkenal dengan kenakalannya. Joosep selalu dilecehkan dan ditindas secara bertubi-tubi dan tak wajar seperti dipukul hingga ditelanjangi.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram