Bacaterus / Film Olahraga / 10 Rekomendasi Film Bertemakan Basket yang Asik Ditonton

10 Rekomendasi Film Bertemakan Basket yang Asik Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Film dengan konsep cerita olahraga memang sudah tidak asing lagi. Jika Eropa menjual sepak bola sebagai daya tarik dalam ceritanya, maka lain halnya dengan Amerika. Sebagai olahraga nasional, bola basket menjadi lambang supremasi dari negara adidaya ini. Tak heran jika beberapa film yang mengangkat tema basket muncul di industri Hollywood.

Untuk menyegarkan industri perfilman, konsep cerita film basket dikemas secara menarik. Banyak juga kisah inspiratif dari seorang pelatih basket diangkat ke layar lebar. Bahkan ada pula yang memadukannya dengan genre aksi maupun drama komedi. Semua itu dilakukan hanya untuk membuat film ini laris manis di pasaran.

Supaya tidak menjadi penasaran, kali ini Bacaterus akan mengulas sejumlah film tentang basket. Dengan memilih 10 film terbaik, semoga bisa menjadi jawaban untuk kamu yang ingin mencari referensi film-film bertemakan basket. Selamat membaca!

1. Glory Road (2006)

Glory Road

* sumber: eng111jh.wordpress.com

Negara Amerika pernah mengalami masa-masa kelam, termasuk isu rasial yang menggerogoti sendi kehidupan sosial warganya. Di beberapa lapisan masyarakat, warga berkulit hitam tidak boleh memiliki peran sentral. Begitu juga dalam olahraga basket, beberapa klub basket tidak mencantumkan pemain berkulit hitam untuk turut serta dalam sebuah pertandingan.

Berkaca dari situ, film yang satu ini mencoba untuk menggambarkan keadaan tersebut. Glory Roads diangkat pada kisah nyata di Amerika periode 60an. Film ini menceritakan seorang pelatih basket bernama Don Haskins. Ia melatih sebuah klub bernama Texas Western College. Pelatih ini begitu spesial, ia merekrut semua pemain berbakat ke dalam timnya, termasuk orang-orang kulit hitam.

2. Hurricane Season (2009)

Hurricane Season

* sumber: www.rtvfilm.net

Mengadaptasi kisah nyata ke dalam sebuah film tentu memberikan kedekatan emosional. Terlebih lagi jika yang diangkat berkisah sebuah tragedi. Film ini mencoba untuk menceritakan sebuah kota yang hancur akibat terjangan badai Katrina di New Orleans. Akibat musibah tersebut, aktivitas masyarakat menjadi lesu, semangat memudar dan suasana duka menghiasi sudut-sudut kota.

Ketika mental masyarakat yang masih berkabung akibat badai Katrina, Allen Collins mencoba menghidupkan gairah kehidupan di kota tempat tinggalnya. Ia membentuk tim basket dan melatih salah satu klub basket SMA yang ada di New Orleans. Dengan semangat yang gigih, ia mulai mengumpulkan pemain berbakat yang ingin masuk ke dalam timnya.

Sebagai bentuk motivasi untuk membangun mental masyarakat di kotanya, ia bersama timnya mengikuti sebuah kompetisi basket. Dengan perasaan kesedihan dan semangat juang yang sama, mereka memenangkan kejuaraan basket tingkat nasional. Collins bersama timnya berhasil membuat masyarakat kota New Orleans lepas dari kesedihan akibat hentaman badai Katrina.

3. Space Jam (1996)

Space Jam

* sumber: fringearts.com

Ruang imajinasi film memang tidak terbatas, salah satunya terbukti dari film yang satu ini. Space Jam mencoba menggabungkan dunia animasi dengan realitas. Hasilnya, film ini memberikan tontonan yang menarik dan menghibur. Space Jam menceritakan tentang sekawanan karakter kartun dari Looney Tunes yang harus menyeberang pergi ke dunia manusia.

Bukan tanpa alasan, mereka ingin menemui sang mega bintang NBA Michael Jordan untuk hal tertentu. Dunia Looney Tunes sedang mengalami gangguan akibat adanya sekelompok alien jahat. Agar dunianya tidak diganggu, mereka menantang para alien untuk bertanding basket. Maka dari itu, Bugs Bunny dan kawan-kawan meminta bantuan dari legenda basket Amerika tersebut.

Mereka dan Michael Jordan pun membentuk sebuah tim basket untuk melawan para alien. Dengan kekonyolan karakter animasi tersebut, apakah Michael Jordan bisa beradaptasi dengan mereka? Apakah mereka bisa memenangkan pertandingannya? Tonton saja langsung film ini ya!

4. Thunderstruck (2012)

Thunderstruck

* sumber: shakefire.com

Brian adalah seorang remaja yang gemar bermain basket. Namun sialnya dia payah dalam memainkan olahraga tersebut. Ia mengidolakan pemain basket bernama Kevin Durant dan berharap kemampuan skill basketnya seperti dia.

Suatu waktu, sang ayah mengajaknya untuk menonton idolanya itu bertanding. Di tengah pertandingan, ada sebuah games hiburan dan Brian ikut di dalamnya.

Seusai bermain game tersebut, ia bertemu dengan idolanya, dan Kevin pun memberikan hadiah bola basket kepada Brian. Setelah pertemuannya itu, keajaiban muncul dalam hidup Brian. Saat bermain basket, tiba-tiba kemampuannya berubah seperti Kevin Durant. Ia pun menjadi jago dan masuk ke dalam tim basket di sekolahnya.

Sementara di sisi lain, Kevin Durant malah kehilangan kemampuannya dalam bermain basket. Ia pun selalu tampil jelek ketika bertanding. Lalu apakah yang akan terjadi selanjutnya? Bagaimana mereka berdua menjalani kehidupannya setelah bertukar kemampuan tersebut? Jangan lewatkan film yang satu ini.

5. Coach Carter (2005)

Coach Carter

* sumber: www.empireonline.com

Dibintangi oleh aktor Samuel L. Jackson, film ini digarap dengan mengambil kisah nyata dari seorang pelatih basket SMA. Ken Carter adalah seorang mantan atlet basket, setelah pensiun ia memiliki toko perlengkapan olahraga. Suatu saat, Carter menerima pekerjaan untuk menjadi seorang pelatih basket di almamaternya, SMA Richmond.

Melihat anggota pemain tim basketnya tidak kompak, ia mulai menerapkan latihan yang keras dan disiplin kepada mereka. Carter ingin membentuk tim basketnya dengan karakter yang kuat dan tangguh. Sebagai seorang pelatih tingkat sekolah, ia pun selalu memperhatikan nilai akademis dari setiap anak didiknya.

Ia mewajibkan kepada murid-muridnya untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam setiap mata pelajaran. Dengan ketegasan dan kedisiplinannya itu, tim basket yang ia bentuk kembali tangguh dan menciptakan prestasi yang membanggakan. Film ini cukup inspiratif karena mempertontokan sikap kepemimpinan yang tegas dan bijaksana dari Ken Carter.

6. Like Mike (2002)

Like Mike

* sumber: www.tvguide.com

Calvin Cambridge adalah seorang anak yang tumbuh dan berkembang di sebuah panti asuhan. Suatu ketika, ia menemukan sepasang sepatu basket yang tidak terpakai. Dalam sepatu itu, ia melihat ada tulisan MJ. Ia pun menyakini bahwa itu milik Michael Jordan. Sontak saja ia pun merasa senang, dan tidak menyangka bahwa sepatunya itu akan merubah hidupnya.

Benar saja, ketika menggunakan sepatu itu, ia memiliki kemampuan bermain basket yang luar biasa. Dengan mimpinya yang ingin bermain di NBA, ia menantang dirinya untuk terjun masuk ke dalam liga basket tersebut.

Petualangannya pun dimulai di mana Los Angeles Knights merekrutnya sebagai pemain basket termuda. Dengan sepatu yang ia kenakan, Calvin pun bersiap untuk mengarungi dunia NBA.

7. Uncle Drew (2018)

Unlce Drew

* sumber: variety.com

Film komedi ini diperankan langsung oleh mantan pemain NBA. Namun yang membedakannya adalah, mereka harus tampil dan menjalani karakter sebagai orang yang sudah berumur. Bintang NBA yang tampil dalam film ini di antaranya adalah Shaquille O’Neal, Kyrie lrving, Reggie Miller, Chris Webber dan masih banyak lagi. Film ini lucu untuk ditonton karena unsur komedinya cukup kental.

Segara keseluruhan, film ini menceritakan sekelompok orang tua yang masih aktif bermain basket. Di usianya yang senja, mereka berkeinginan untuk mengikuti sebuah kompetisi bola basket jalanan. Usia tidak mematahkan semangat dari sekumpulan orang tua ini. Mereka ingin menciptakan prestasi walaupun sudah tidak muda lagi.

8. Above The Rim (1994)

Above The Rim

* sumber: shadowsportsguy.com

Kyle Watson adalah seorang pemain basket yang berbakat. Seperti remaja lainnya, ia berkeinginan menjadi atlet basket profesional. Namun, urusan yang kompleks dalam hidupnya membuat pilihan-pilihan sulit datang menghampirinya. Ia harus memutuskan mengambil beasiswa untuk berkuliah atau tetap fokus bermain basket. Kyle juga memiliki seorang teman pengedar narkoba.

Konflik berkembang semakin rumit. Pria yang tidak ia sukai malah menjadi pelatih tim basketnya. Pria tersebut menjalin hubungan asmara dengan ibunya. Hal itu yang membuat Kyle kurang menyukai pelatih barunya tersebut. Bukan hanya itu saja, ternyata temannya yang seorang pengedar narkoba itu merupakan adik dari pelatihnya.

Penasaran kan dengan alur film ini? Biar semakin seru dan asik untuk diikuti jalan ceritanya, jangan sampai kelewatan untuk nonton film ini.

9. The Basketball Diaries (1995)

The Basketball Diaries

* sumber: alchetron.com

Diperankan oleh aktor tampan Leonardo Di Caprio, film yang satu ini diadaptasi dari kehidupan jalanan seorang pria bernama Jim Carrol. Film ini menceritakan sosok Jim yang merupakan seorang atlet basket di sekolahnya. Akibat pergaulannya yang tidak terjaga, ia justru terjun jauh menjadi seorang pecandu narkoba. Mimpinya menjadi pemain basket profesional pun seketika sirna.

Tak hanya ia seorang, bahkan anggota tim basketnya pun sama-sama menggunakan narkoba. Ketika pelatih basketnya mengetahui kelakuan pemainnya, ia pun langsung mengeluarkan Jim dan kawan kawannya dari tim basket. Ia kini menjadi anak jalanan dan menjalani kehidupan tanpa arah. Apakah Jim mampu keluar dari dunia kelamnya? Jangan sampai lupa nonton film seru ini.

10. Hoosiers (1986)

Hoosiers

* sumber: www.sikids.com

Norman Dale, seorang pelatih basket memiliki masa lalu yang kurang baik. Ia terlibat dalam pengaturan skor sebuah pertandingan basket. Untuk mengembalikan nama baiknya, ia menerima tawaran melatih sebuah tim basket SMA di Kota Indiana. Datang di saat yang tepat, Norman membentuk timnya itu dengan mengajari teknik dasar bermain basket kepada pemainnya.

Walaupun sering diremehkan lawan saat bertanding, ia yakin bahwa tim yang ia bentuk memiliki potensi yang hebat. Dengan pengalaman yang ia miliki, Norman pun melatih dengan cara ketat kepada timnya. Norman dan tim basketnya mengikut sebuah kompetensi basket bergengsi, bernama Indiana State Championship.

Setelah melatih anak didiknya dengan keras dan disiplin, mampukah Norman beserta timnya menjuarai kejuaraan basket tersebut? Film keren yang satu ini jangan sampai dilewatkan!

Demikianlah rekomendasi film tentang basket ini. Beberapa film yang sudah dibahas mengandung cerita yang sangat inspiratif, seperti menceritakan perjuangan yang tak kenal lelah dan berdedikasi tinggi. Oleh karena itu, nilai moral yang dikandungnya sangat baik sebagai motivasi hidup. Semoga kamu sudah menyiapkan waktu untuk menonton film-filmnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *