Bacaterus / Film Barat / 10 Film Bertema Arsitektur yang Bisa Membuatmu Terkagum

10 Film Bertema Arsitektur yang Bisa Membuatmu Terkagum

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 November 2019

Menonton film di akhir pekan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika ditemani dengan judul-judul film bertema arsitektur yang akan Bacaterus rekomendasikan buat kamu. Selain bisa menambah pengetahuan kamu tentang dunia arsitektur, film-film ini juga memiliki pesan positif yang dapat memotivasi kamu untuk terus selalu berkarya.

Kali ini Bacaterus telah rangkum 10 film bertema arsitektur yang dapat mengundang kekaguman penonton. Berikut adalah daftar filmnya:

1. The Belly of an Architect 1987

The Belly of an Architect 1987 (Copy)

Film lawas bertema arsitektur ini dirilis tahun 1987. Berkisah mengenai seorang arsitek bernama Stourley Kracklite yang bertugas mengadakan pameran di Roma, Italia yang akan didedikasikan pada seorang arsitek kebangsaan Prancis bernama Etiene-Louis Boullee.

Berlatar kota Eropa yang memukau secara arsitektural. Film ini mengangkat ambisi serta fantasi Kracklite dalam dunia desain dan konstruksi bangunan. Dalam film The Bellly of An Architect penonton pun diajak mengeksplorasi dunia arsitektur dalam sebuah cerita yang lebih kelam.

2. My Architect 2003

My Architect 2003 (Copy)

My Architect dirilis tahun 2003. Film ini adalah sebuah dokumenter biografi dari seorang arsitek ternama Louis Kahn yang meninggal dalam kondisi tragis di stasiun Penn, New York pada tahun 1974.

Nathaniel Kahn, sang sutradara yang sekaligus putra dari arsitektur kenamaan tersebut memulai perjalanan untuk mengulas sepak terjang sang ayah ketika usianya menginjak 36 tahun. Berbekal informasi, Nathaniel pun mulai menemui orang-orang penting yang pernah berhubungan dengan sang ayah di dunia arsitektur yang telah membesarkan nama ayahnya.

Perjalanan Nathaniel dalam menyusuri jejak rekam sang ayah melalui proyek prestisius yang telah dirancangnya memang bisa membuat penonton kagum. Maka tak salah jika film ini menjadi film yang wajib ditonton.

3. Rem Koolhaas : A Kind of Architect 2005

Rem Koolhaas (Copy)

Film dokumenter berjudul ‘A Kind Of Architect’ yang dirilis tahun 2005 adalah film biografi dari seorang arsitek sekaligus jurnalis dan penulis ternama bernama Rem Koolhaas. Film dokumenter tentang perjalanan tokoh paling berpengaruh di dunia ini memang menarik untuk ditonton.

Selain menunjukkan sepak terjang Koolhass dalam dunia arsitektur dengan karya-karyanya yang spektakuler, penonton juga dapat melihat sudut pandang Koolhass dan ide-ide visioner melalui sebuah desain yang dapat membuat penonton jatuh hati.

4. Sketches of Frank Gehry 2005

Sketches of Frank Gehry 2005 (Copy)

Salah satu film dokumenter tentang dunia arsitektur yang menarik lainnya berjudul Sketches of Frank Gehry yang dirilis tahun 2005. Film yang disutradarai oleh Sydney Pollack yang tidak lain adalah sahabat baik sang arsitek terkenal memang telah berhasil menarik para penonton.

Frank Gehry dikenal sebagai salah satu arsitek asal Amerika yang dianggap terbaik sepanjang masa karena karya-karya menakjubkan miliknya. Selain mengangkat kehidupan pribadi sang arsitek, film dokumenter ini juga mengajak penonton untuk lebih mengenal Frank dan karya-karyanya melalui pendapat tokoh-tokoh lain yang berpengaruh.

5. Visual Acoustic 2008

Visual Acoustic 2008 (Copy)

Visual Acoustic adalah film biografi tentang Julius Shulman, seorang fotografer arsitek kenamaan dunia yang telah membawa arsitektur modern ke wajah Amerika. Shulman yang meninggal tahun 2009 lalu diketahui sering terlibat hampir di setiap proyek perkembangan dunia arsitek modern sejak tahun 1980.

Film dokumenter yang dirilis tahun 2008 ini menampilkan masterpiece Shulman dalam dunia fotografi yang menampilkan evolusi arsitektur modern dunia. Melalui film ini penonton bisa melihat tangan dingin Shulman melahirkan karya fotografi yang cukup berpengaruh pada perkembangan dunia arsitektur modern.

6. Citizen Architect : Samuel Mockbee and the Spirit of the Rural Studio 2010

Citizen Architect (Copy)

Satu film lagi tentang dunia arsitektur yang bisa membawa pengaruh positif bagi penonton. Filmnya berjudul Citizen Architecture yang dirilis tahun 2010. Film dokumenter ini mengangkat kehidupan profesor Samuel Mockbee yang terkenal dengan konsep ‘everyone deserves a refugee for the soul’.

Dimana dalam perjalanannya sebagai seorang arsitek, Mockbee telah menginspirasi banyak orang untuk lebih peduli mengenai tanggung jawab profesi arsitek yang ditekuninya. Dalam film ini penonton dapat melihat cara Mockbee menginspirasi komunitas pinggiran Alabama yang terkenal sebagai wilayah miskin di Amerika dengan konsep yang dimilikinya.

7. How Much does Your Building Weigh, Mr Foster? 2010

How Much does Your Building Weigh, Mr Foster (Copy)

Beijing Airport dan Millau Viaduct di Prancis adalah dua dari sekian banyak karya fenomenal dari arsitek terkenal bernama Norman Foster. Film dokumenter yang mengangkat kehidupan Foster dalam menjalani kariernya sebagai seorang arsitek memang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Film ini mampu mengajak penonton untuk mengeksplorasi sudut pandang terhadap sebuah desain. Misi Norman untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik melalui karyanya memang bisa menjadi inspirasi banyak orang. Film yang dirilis tahun 2010 ini menjadi film bertema arsitektur yang bisa menjadi referensi bagi penonton untuk menciptakan sebuah mahakarya.

8. The Architect and the Painter 2011

The Architect and the Painter (Copy)

Film dokumenter yang dirilis tahun 2011 bercerita mengenai pasangan inspiratif bernama Charles dan Ray Eames dalam industri kreatif. Kisah kehidupan suami istri yang satu ini memang bisa menjadi inspirasi bagi sebuah pasangan.

Charles adalah seorang Arsitek sementara istrinya Ray adalah seorang seniman. Mereka kemudian membuka sebuah studio desain. Dengan menggabungkan kreativitas yang dimiliki keduanya, mereka pun berhasil menciptakan sebuah desain dari abad pertengahan yang cukup fenomenal.

Kisah perjalanan pasangan yang satu ini memang bisa meningkatkan semangat kamu dan pasangan kamu untuk terus berkarya. Selain menampilkan cara mereka berkolaborasi untuk sebuah karya, film yang mengangkat kehidupan pribadi pasangan ini pun menarik untuk ditonton.

9. The Infinite Happiness 2015

The Infinite Happiness 2015 (Copy)

The Infinite Happiness mungkin menjadi salah satu film bertema arsitektur yang unik dari segi pengambilan cerita. Film yang menampilkan masterpiece arsitek asal Copenhagen, Jerman bernama Bjarke Ingles ini memang cukup menyenangkan untuk ditonton.

Selain menampilkan detail-detail karya Ingles yang mengesankan. Film yang dirilis tahun 2015 ini menampilkan pula sudut pandang orang yang hidup dan menempati setiap karya yang diciptakan Ingles.

Film The Infinite Happiness akan membawa penonton pada pengalaman yang cukup mengasyikkan. Terlebih ketika penonton dibawa ke sebuah bangunan yang disebut ‘8’. Supaya tidak penasaran mending tonton sendiri film yang satu ini.

10. The Architect 2016

The Architect 2016 (Copy)

Film yang dirilis tahun 2016 ini adalah film tentang arsitek yang cukup menarik untuk ditonton. Berkisah tentang Miles Moss, seorang arsitek arogan dan selalu terobsesi dengan setiap karyanya. Kehidupannya sebagai seorang arsitek memang selalu membawanya pada permasalahan-permasalahan yang biasa dihadapi oleh seorang perancang.

Film drama komedi yang menceritakan interaksi antara arsitek dan kliennya ini memang cukup menghibur bagi penonton. Selain relate dengan kehidupan sehari-hari, perang kepentingan antara klien dan arsitek dalam membangun sebuah rumah pun mampu membuka sudut pandang bagi penonton mengenai ambisi dan kewajiban.

Nah, itulah 10 film bertema arsitektur yang dapat menumbuhkan kekaguman bagi para penonton. Nantikan informasi selanjutnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *