20 Film Bertema Alien Terbaik yang Wajib untuk Ditonton!

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Membahas mengenai Alien memang bisa menjadi topik yang menarik. Berbagai teori mengenai keberadaan makhluk yang satu ini memang selalu menjadi perdebatan. Meskipun demikian, cerita tentang alien memang selalu berhasil membuat kita penasaran. Karena banyaknya imajinasi dan spekulasi tentang alien maka tidak heran alien menjadi salah satu tema yang seru untuk dijadikan film.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang penasaran atau memang suka dengan teori-teori mengenai alien maka kali ini Bacaterus akan mereferensikan 20 judul film bertema Alien yang menarik untuk ditonton. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Alien (1979)

Alien (1979)
Tahun Rilis 1979
Genre ,
Sutradara
Pemeran Sigourney Weaver Tom Skerritt John Hurt

Berbicara tentang film Alien, tidak lengkap sepertinya bila kita melewatkan satu judul film ikonik yang diperankan oleh artis kawakan Sigourney Weaver. Film berjudul Alien ini telah dirilis tahun 1979. Alien menceritakan tentang perjuangan awak pesawat kargo luar angkasa bernama Nastromo melawan makhluk asing yang berhasil masuk ke pesawat.

Berawal ketika pesawat Nastromo mendarat di planet asing tempat sinyal transmisi aneh yang mereka terima saat melakukan perjalanan pulang ke Bumi. Tak disangka mereka menemukan bangkai pesawat yang menjadi sarang makhluk luar angkasa di planet itu.

Makhluk tersebut berhasil memasukan sel embrio pada tubuh salah satu awak pesawat dan parahnya lagi sel tersebut bisa berkembang secara cepat dengan bentuk yang mengerikan. Mereka menyebut makhluk luar angkasa yang mengerikan itu dengan 'Xenomorph'.

Mampukah mereka melewati ancaman berbahaya dari makhluk tersebut? Film yang pernah meraih penghargaan untuk nominasi Best Visual Effect di ajang bergengsi Oscar ini memang wajib untuk ditonton.

2. District 9 (2009)

District 9 (2009)
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Neill Blomkamp
  • Pemeran: Sharlto Copley, David James, Jason Cope
  • Perusahaan Produksi: TriStar Pictures, Block / Hanson, WingNut Films

Berjudul District 9, film besutan sutradara Neil Blomkamp ini adalah salah satu film yang bisa membuat penonton terpana dengan visual effect-nya yang keren. Selain menampilkan format dokumenter yang membuatnya unik, film ini juga memiliki jalan cerita yang berbeda dengan kebanyakan film bertema Alien.

Berawal dari sebuah pesawat luar angkasa yang mendarat di atas kota Johannesburg. Jutaan makhluk bernama ‘Prawn’ telah dievakuasi ke dalam satu daerah isolasi yang disebut District 9. Imbas pemindahan makhluk tersebut membuat kecemasan warga, hingga menimbulkan konflik di antara Prawn dan warga sekitar.

MNU, badan yang menangani masalah tersebut, segera mengirim petugas bernama Wikus Van de Merwe untuk melakukan pengusiran makhluk tersebut secara persuasif. Bagi yang ingin melihat secara langsung situasi District 9 serta melihat bagaimana manusia hidup berdampingan dengan alien maka kamu tonton film yang satu ini!

3. Arrival (2016)

Arrival (Copy)
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Produksi: FilmNation Entertainment
  • Sutradara: Dennis Villeneuve
  • Pemain: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker

Louise Banks (Amy Adams) merupakan seorang professor ilmu bahasa yang baru saja kehilangan putrinya. Saat masih dalam masa berkabung, Louis dan seluruh warga dunia dikejutkan oleh datangnya pesawat alien super besar yang mendarat di wilayah Amerika. Cemas kalau alien itu akan menginvasi bumi, pemerintah Amerika mati-matian untuk memulai kontak dengan alien tersebut.

Tanpa penyerangan, alien tersebut tidak bisa membalas kontak yang diberikan oleh pemerintah Amerika. Ini membuat Louise dan beberapa timnya mencoba untuk menterjemahkan apa maksud alien itu datang ke bumi dan apa yang ingin pemerintah Amerika inginkan sehingga komunikasi bisa berjalan baik. Film ini memiliki ending yang tidak terduga. Kalian wajib menontonnya. IMDB sendiri memberi rating 7.9/10.

4. Edge of Tomorrow (2014)

Edge of Tomorrow (Copy)
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Produksi: Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: Doug Liman
  • Pemain: Tom Cruise, Emily Blunt, Bill Paxton

Menjadi seorang prajurit yang harus ikut berperang dalam skala besar secara tiba-tiba membuat Cage (Tom Cruise) kelimpungan. Bukan saja karena dirinya menghindari situasi perang seperti itu, Cage sendiri tidak mahir di dalam medan perang bahkan untuk menggunakan senjata pun Cage masih dianggap sebagai pemula. Kalau sudah seperti ini Cage hanya bisa menunggu maut tiba menjemputnya.

Benar saja, disaat prajurit lain mulai menembak dan menjadi sniper jitu, Cage hanya bisa lari dari kejaran alien yang menginvasi bumi. Ini kenapa Cage ditugaskan menjadi prajurit karena invasi tersebut membuat semua negara bersatu mengirimkan semua pasukan yang dipunya untuk bertempur. Menjadi sasaran empuk, Cage akhirnya meninggal setelah meledakan diri bersama Alien yang menyekapnya.

Namun anehnya, Cage kembali lagi dimasa 1 hari sebelum perang dimulai. Selalu begitu. Setiap ia kehilangan nyawanya, dia akan kembali ke masa 1 hari sebelum perang. Memanfaatkan hal itu, dirinya dibantu seorang prajurit sekaligus sniper ulung wanita bernama Rita (Emily Blunt) merencanakan tak tik untuk mengalahkan para alien dengan belajar dari pengalaman sebelum Cage meninggal dan kembali lagi.

5. T. The Extra-Terrestrial (1982)

T. The Extra-Terrestrial (1982)
  • Tahun Rilis: 1982
  • Genre: Family, Sci-Fi
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Henry Thomas, Drew Barrymore, Peter Coyote
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Amblin Entertainment

Film lawas yang satu ini memang menjadi salah satu film karya sutradara Steven Spielberg yang wajib masuk list. Film ikonik dengan genre drama fantasi ilmiah ini bercerita mengenai persahabatan antara Elliot dan makhluk luar angkasa yang biasa disingkat E.T. atau The Extra-Terrestrial.

E.T. menyampaikan keinginan untuk pulang ke planet asalnya pada Elliot melalui kekuatan telekinesis. Elliot pun dengan senang hati membantunya. Petualangan yang menegangkan dimulai ketika agen dari pemerintah mengetahui keberadaan makhluk luar angkasa tersebut di Bumi, sehingga Elliot dan E.T. harus menjalani karantina.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram