bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Barat / 20 Film Bertema Alien Terbaik yang Wajib untuk Ditonton!

20 Film Bertema Alien Terbaik yang Wajib untuk Ditonton!

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 24 Februari 2021

Membahas mengenai Alien memang bisa menjadi topik yang menarik. Berbagai teori mengenai keberadaan makhluk yang satu ini memang selalu menjadi perdebatan. Meskipun demikian, cerita tentang alien memang selalu berhasil membuat kita penasaran. Karena banyaknya imajinasi dan spekulasi tentang alien maka tidak heran alien menjadi salah satu tema yang seru untuk dijadikan film.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang penasaran atau memang suka dengan teori-teori mengenai alien maka kali ini Bacaterus akan mereferensikan 20 judul film bertema Alien yang menarik untuk ditonton. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Alien (1979)

Alien (1979)

  • Tahun Rilis: 1979
  • Genre: Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Ridley Scott
  • Pemeran: Sigourney Weaver, Tom Skerritt, John Hurt
  • Perusahaan Produksi: Brandywine Productions

Berbicara tentang film Alien, tidak lengkap sepertinya bila kita melewatkan satu judul film ikonik yang diperankan oleh artis kawakan Sigourney Weaver. Film berjudul Alien ini telah dirilis tahun 1979. Alien menceritakan tentang perjuangan awak pesawat kargo luar angkasa bernama Nastromo melawan makhluk asing yang berhasil masuk ke pesawat.

Berawal ketika pesawat Nastromo mendarat di planet asing tempat sinyal transmisi aneh yang mereka terima saat melakukan perjalanan pulang ke Bumi. Tak disangka mereka menemukan bangkai pesawat yang menjadi sarang makhluk luar angkasa di planet itu.

Makhluk tersebut berhasil memasukan sel embrio pada tubuh salah satu awak pesawat dan parahnya lagi sel tersebut bisa berkembang secara cepat dengan bentuk yang mengerikan. Mereka menyebut makhluk luar angkasa yang mengerikan itu dengan 'Xenomorph'.

Mampukah mereka melewati ancaman berbahaya dari makhluk tersebut? Film yang pernah meraih penghargaan untuk nominasi Best Visual Effect di ajang bergengsi Oscar ini memang wajib untuk ditonton.

2. District 9 (2009)

District 9 (2009)

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Neill Blomkamp
  • Pemeran: Sharlto Copley, David James, Jason Cope
  • Perusahaan Produksi: TriStar Pictures, Block / Hanson, WingNut Films

Berjudul District 9, film besutan sutradara Neil Blomkamp ini adalah salah satu film yang bisa membuat penonton terpana dengan visual effect-nya yang keren. Selain menampilkan format dokumenter yang membuatnya unik, film ini juga memiliki jalan cerita yang berbeda dengan kebanyakan film bertema Alien.

Berawal dari sebuah pesawat luar angkasa yang mendarat di atas kota Johannesburg. Jutaan makhluk bernama ‘Prawn’ telah dievakuasi ke dalam satu daerah isolasi yang disebut District 9. Imbas pemindahan makhluk tersebut membuat kecemasan warga, hingga menimbulkan konflik di antara Prawn dan warga sekitar.

MNU, badan yang menangani masalah tersebut, segera mengirim petugas bernama Wikus Van de Merwe untuk melakukan pengusiran makhluk tersebut secara persuasif. Bagi yang ingin melihat secara langsung situasi District 9 serta melihat bagaimana manusia hidup berdampingan dengan alien maka kamu tonton film yang satu ini!

3. Arrival (2016)

Arrival (Copy)

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Produksi: FilmNation Entertainment
  • Sutradara: Dennis Villeneuve
  • Pemain: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker

Louise Banks (Amy Adams) merupakan seorang professor ilmu bahasa yang baru saja kehilangan putrinya. Saat masih dalam masa berkabung, Louis dan seluruh warga dunia dikejutkan oleh datangnya pesawat alien super besar yang mendarat di wilayah Amerika. Cemas kalau alien itu akan menginvasi bumi, pemerintah Amerika mati-matian untuk memulai kontak dengan alien tersebut.

Tanpa penyerangan, alien tersebut tidak bisa membalas kontak yang diberikan oleh pemerintah Amerika. Ini membuat Louise dan beberapa timnya mencoba untuk menterjemahkan apa maksud alien itu datang ke bumi dan apa yang ingin pemerintah Amerika inginkan sehingga komunikasi bisa berjalan baik. Film ini memiliki ending yang tidak terduga. Kalian wajib menontonnya. IMDB sendiri memberi rating 7.9/10.

4. Edge of Tomorrow (2014)

Edge of Tomorrow (Copy)

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Produksi: Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: Doug Liman
  • Pemain: Tom Cruise, Emily Blunt, Bill Paxton

Menjadi seorang prajurit yang harus ikut berperang dalam skala besar secara tiba-tiba membuat Cage (Tom Cruise) kelimpungan. Bukan saja karena dirinya menghindari situasi perang seperti itu, Cage sendiri tidak mahir di dalam medan perang bahkan untuk menggunakan senjata pun Cage masih dianggap sebagai pemula. Kalau sudah seperti ini Cage hanya bisa menunggu maut tiba menjemputnya.

Benar saja, disaat prajurit lain mulai menembak dan menjadi sniper jitu, Cage hanya bisa lari dari kejaran alien yang menginvasi bumi. Ini kenapa Cage ditugaskan menjadi prajurit karena invasi tersebut membuat semua negara bersatu mengirimkan semua pasukan yang dipunya untuk bertempur. Menjadi sasaran empuk, Cage akhirnya meninggal setelah meledakan diri bersama Alien yang menyekapnya.

Namun anehnya, Cage kembali lagi dimasa 1 hari sebelum perang dimulai. Selalu begitu. Setiap ia kehilangan nyawanya, dia akan kembali ke masa 1 hari sebelum perang. Memanfaatkan hal itu, dirinya dibantu seorang prajurit sekaligus sniper ulung wanita bernama Rita (Emily Blunt) merencanakan tak tik untuk mengalahkan para alien dengan belajar dari pengalaman sebelum Cage meninggal dan kembali lagi.

5. T. The Extra-Terrestrial (1982)

T. The Extra-Terrestrial (1982)

  • Tahun Rilis: 1982
  • Genre: Family, Sci-Fi
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Henry Thomas, Drew Barrymore, Peter Coyote
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Amblin Entertainment

Film lawas yang satu ini memang menjadi salah satu film karya sutradara Steven Spielberg yang wajib masuk list. Film ikonik dengan genre drama fantasi ilmiah ini bercerita mengenai persahabatan antara Elliot dan makhluk luar angkasa yang biasa disingkat E.T. atau The Extra-Terrestrial.

E.T. menyampaikan keinginan untuk pulang ke planet asalnya pada Elliot melalui kekuatan telekinesis. Elliot pun dengan senang hati membantunya. Petualangan yang menegangkan dimulai ketika agen dari pemerintah mengetahui keberadaan makhluk luar angkasa tersebut di Bumi, sehingga Elliot dan E.T. harus menjalani karantina.

Sepulang Elliot dari karantina, ia beserta keluarga dan teman-temannya merencanakan untuk membebaskan E.T. dan membantunya pulang ke planet asal. Perjuangan Elliot dan teman-teman memang mampu menguras emosi penonton.

Film yang memiliki alur cerita ringan serta hubungan persahabatan unik antara makhluk berbeda planet ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Seperti apa keseruan serta keharuan dalam film yang dirilis tahun 1982 ini? Sebaiknya, kalian tonton sendiri filmnya!

6. Avatar (2009)

Avatar (Copy)

  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemain:  Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang

Menjadi film paling futuristik pada zamannya dan menjadi film terbaik ke 2 di dunia setelah Avengers: Endgame. Film ini bercerita mengenai krisisnya energi yang ada di bumi untuk menopang kehidupan manusia. Ini membuat para ilmuwan mencari sumber daya dari planet lain bernama Pandora. Disana terdapat sumber energy terbesar bernama unobtanium.

Untuk mendapatkan unobtanium tidaklah mudah karena planet Pandora berisi udara beracun bagi manusia namun tidak untuk bangsa yang berada dalam planet itu, para alien yang dinamai Na’Vi. Memutar akal, Dr. Grace (Sigourney Weaver) akhirnya menggunakan tubuh Na’Vi yang sudah diprogram untuk bisa dikontrol oleh manusia. Mampukah misi para ilmuwan tersebut berhasil?

7. Predator (1987)

Predator (1987)

  • Tahun Rilis: 1987
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Kevin Peter Hall
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Lawrence Gordon Productions, Silver Pictures

Siapa yang masih ingat dengan film Arnold Schwarzenegger melawan makhluk asing yang ada di hutan Amerika? Tidak ada salahnya bila kita menengok kembali aksi keren sang aktor melawan musuh dengan kemampuan invisible-nya ini lewat film yang berjudul Predator.

Predator bercerita mengenai pasukan elit yang bertugas untuk melepaskan sandera dari sekelompok geriliyawan yang ada di hutan Amerika. Saat melakukan tugasnya, mereka harus berhadapan dengan makhluk asing yang berasal dari planet luar angkasa. Makhluk yang mampu mendeteksi suhu tubuh ini memiliki kekuatan layaknya seorang prajurit tempur.

Film ikonik yang sudah dibuat sekuelnya ini telah mendulang sukses pasca perilisannya. Film berdurasi 107 menit ini menjadi awal petualangan makhluk yang disebut 'Predator' di muka Bumi. Bagi yang ingin bernostalgia melihat aksi menegangkan sang aktor melawan Predator, film ini adalah salah satu film tentang Alien yang wajib untuk ditonton.

8. Close Encounters of The Third Kind (1977)

Close Encounters of The Third Kind (Copy)

  • Tahun Rilis: 1977
  • Genre: Drama, Fantasy, Sci-Fi
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Richard Dreyfuss, Teri Garr, Melinda Dillon
  • Perusahaan Produksi: EMI Films

Dunia digegerkan dengan desas desus mahluk asing yang akan menginvasi bumi. Kali ini semua pihak menganggap hal tersebut serius, maka dari itu beberapa ilmuwan pergi menjelajahi beberapa tempat yang dimungkinkan menjadi tempat pendaratan mahluk asing tersebut. Kali ini Ilmuwan mendatangi wilayah Sonora, sebuah padang pasir besar di Meksiko.

Ilmuwan kaget bukan main ketika mengetahui ada banyak pesawat-pesawat yang hilang bertahun-tahun lamanya berada rapih disana, tidak ada cacat. Mulus seperti baru. Mengetahui hal ini, para ilmuwan segera memberikan informasi ke pihak berwenang. Belum sempat berita diproses dengan baik oleh para petinggi, hal-hal aneh mulai terjadi di seluruh kota. Listrik padam, dan banyak orang melihat benda bercahaya mengelilingi kota. Apakah itu?

9. A Quiet Place (2018)

A Quiet Place (2018)

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: John Krasinski
  • Pemeran: Emily Blunt, John Krasinski, Millicent Simmonds
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Platinum Dunes, Sunday Night

Sinopsis & Review A Quiet Place

Dari sekian banyak film bertema Alien, A Quiet Place adalah salah satu film thriller fantasi yang menawarkan keheningan sepanjang jalan cerita. Meskipun demikian, film ini tetap berhasil membuat para penonton merinding saat melihat aksi makhluk yang kerap mengintai manusia tersebut.

Film arahan John Krasinski ini cukup menarik meskipun dialog dalam filmnya sangat sedikit. Film yang berfokus pada cerita perjalanan keluarga Abbot di tengah makhluk asing yang peka terhadap suara ini menjadi film silent terror yang berhasil menyedot rasa penasaran penonton.

Memiliki alur cerita yang mudah diikuti serta kualitas akting para pemain yang apik lewat ekspresi, membuat film ini berhasil membawa ketegangan bagi penonton. Film yang pernah memuncaki Box Office di negeri asalnya ini memang menjadi salah satu film yang wajib untuk ditonton.

10. Men in Black (1997)

Men in Black (Copy)

  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Sci-Fi, Comedy
  • Sutradara: Barry Sonnenfeld
  • Pemeran: Tommy Lee Jones, Will Smith, Linda Florentino
  • Perusahaan Produksi: Columbia Pictures

Lewat film ini saya tahu kalau alien ternyata bisa ramah pada manusia. Bagaimana tidak? Para alien hidup bergandengan dengan manusia dan bekerja layaknya karyawan kantoran biasa. Namun tetap saja, terkadang masih saja ada alien yang tidak bisa dikontrol. Maka dari itu ada semacam petugas keamanan yang berwenang untuk menjaga keharmonisan antara manusia dan alien.

Adalah Kay (Tommy Lee) dan Jay (Will Smith). Mereka berdua didapuk menjadi pihak berwenang yang dimaksud diatas. Mereka dihadapkan dengan alien yang ingin meledakan New York. Tujuannya bukan lain adalah untuk menguasai dunia, dengan melibas kota terbesar lebih dulu. Mampukah Kay dan Jay menaklukan alien-alien tersebut? Segera nonton filmnya ya!

11. Starship Troopers (1997)

Starship Troopers (Copy)

  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Sci-Fi, Fantasy
  • Sutradara: Paul Verhouven
  • Pemeran: Casper Van Dien, Dina Meyer, Denise Richards
  • Perusahaan Produksi: TriStar Pictures

Cerita diambil di abad ke-23, dimana alien berbentuk serangga super besar menginvasi bumi dan menyerang manusia bernama Arachnids. Ini membuat semua pihak berwenang saling bahu membahu untuk menyerang balik alien-alien tersebut dan mengusir mereka semua dari bumi. Diantara prajurit yang berperang adalah John Rico, Carmen dan Ace. Mereka ikut bertempur melawan Arachnids.

Karena sulit menyerang alien-alien tersebut satu per satu, para prajurit kini menyerang rumah para alien tersebut di Klendathu. Mereka berpikir bahwa Arachnids akan lebih mudah diserang. Apa yang mereka pikirkan ternyata salah besar. Arachnids lebih kuat dari yang mereka duga. Mengetahui pasukan bumi menyerang rumah para alien, Arachnids lebih murka dari sebelumnya mengakibatkan peperangan semakin gencar.

12. Super 8 (2011)

Super 8 (2011)

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Mystery, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: J.J. Abrams
  • Pemeran: Elle Fanning, AJ Michalka, Kyle Chandler
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Amblin Entertainment, Bad Robot

Bila kemarin kita sempat digemparkan dengan sekelompok anak yang berurusan dengan badut jahat 'Pennywise' maka film Super 8 ini justru menceritakan tentang sekelompok anak pemberani lainnya yang berusaha mengungkap kejadian misterius yang terjadi di kota mereka, Ohio town.

Film yang disutradarai oleh J.J Abrams ini mengambil latar tahun 1979. Film ini bermula dari petualangan sekelompok anak remaja yang tanpa sengaja berada di lokasi kecelakaan sebuah kereta api yang membawa benda misterius. Kejadian tersebut tepat pada saat mereka sedang melakukan syuting film bertema Zombie.

Joe dan teman-temannya yang ingin memanfaatkan momen kecelakaan kereta api itu untuk keperluan scene dalam film, harus menghadapi situasi yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Mereka harus berhadapan dengan makhluk asing yang selama ini meneror kota.

Super 8 adalah salah satu film bertema Alien yang dikemas secara ringan dengan jalan cerita menarik. Drama keluarga yang terselip dalam cerita petualangan para remaja ini mampu membawa emosi penonton sampai akhir film.

13. Cloverfield (2008)

Cloverfield (Copy)

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Matt Reeves
  • Pemeran: Lizzy Caplan, Jessica Lucas, T.J. Miller
  • Perusahaan Produksi: Bad Robot Productions

Rob (Michael Stahl) mendapatkan promosi naik jabatan menjadi manager yang berarti Rob harus pindah ke Jepang. Mendengar hal tersebut, teman-teman Rob berniat untuk membuat pesta perpisahan. Awalnya pesta berjalan lancar meski ada drama kalau Beth, kekasih Rob, ketahuan selingkuh, sampai akhirnya gempa besar menghantam New York. Membuat semua orang di apartemen Rob keluar menyelamatkan diri.

Di tengah kebingungan, seluruh warga New York dikejutkan dengan'terbang'nya kepala patung Liberty lantas mendarat di tengah-tengah jalan raya. Ternyata ada alien yang baru saja bangun dari dalam lautan. Pihak berwenang lantas menerapkan lockdown New York. Rob, Beth dan teman-temannya yang lain harus keluar dari kota itu sebelum semuanya terlambat.

14. Independence Day (1996)

Independence Day (Copy)

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemeran: Will Smith, Bill Pullman, Jeff Goldblum
  • Perusahaan Produksi: Centropolis Entertainment

Dunia dalam bahaya! Khsususnya di Amerika, ketika sebuah kapal asing super besar mejeng di langit California. Awalnya kapal induk tersebut tidak melakukan apa-apa, sampai suatu ketika, sebuah laser ditembakan dari dalam pesawat membumi hanguskan California. Banyak yang meninggal dan ada beberapa yang selamat setelah bersembunyi di dalam terowongan atau gorong-gorong.

Keadaan seperti itu mengisyaratkan perang. Para prajurit terbaik dikerahkan untuk menyerang kapal induk alien tersebut, diantara yang bertugas ada Kapten Steven Hiller (Will Smith). Dirinya ditugaskan untuk memimpin para prajurit lain dalam melakukan penyerangan. Namun kapal induk tersebut dikelilingi semacam pelindung sehingga mereka tidak bisa menembus dan menembakan senjata mereka kearah kapal itu. Bagaimana kelanjutannya?

15. Signs (2002)

Signs (2002)

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran: Mel GibsonJoaquin Phoenix, Rory Culkin
  • Perusahaan Produksi: Touchstone Pictures, Blinding Edge Pictures, The Kennedy/Marshall Company

Tindakan yang dibuat Alien kadang sulit dimengerti. Meskipun begitu, segala perbuatan makhluk tersebut selalu berhasil mencuri perhatian. Film berjudul Signs karya M. Night Shyamalan ini sudah dirilis tahun 2002 dengan menggandeng aktor Mel Gibson sebagai pemeran utama pria yang bernama Graham Hess.

Film ini berkisah tentang seorang mantan pendeta, Graham Hess, yang mengalami kejadian misterius di ladang jagung milik keluarganya. Crop circle yang tiba-tiba muncul di atas ladang miliknya dianggap perbuatan iseng seseorang. Namun, semua berubah menjadi isu global setelah tanda itu muncul hampir di setiap belahan bumi.

Misteri apa yang sebenarnya terjadi di balik munculnya crop circle tersebut? Apakah fenomena yang terjadi hampir di seluruh belahan Bumi ini berhubungan dengan aktivitas Alien? Jawabannya akan kalian dapat setelah menonton film yang satu ini.

16. War of The Worlds (2005)

War of The Worlds (Copy)

  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Tom Cruise, Dakota Fanning, Justin Chatwin
  • Perusahaan Produksi: Amblin Entertainment

Rey Ferrier (Tom Cruise) merupakan duda yang tinggal bersama dengan kedua anaknya bernama Rachel dan Robbie. Hubungan Rey dengan kedua anaknya tidak terlalu baik, namun semua berubah ketika ada serangan dari pesawat induk asing yang datang secara tiba-tiba; menembakan laser dan membuat semua manusia musnah menjadi debu.

Rencana liburan Rachel dan Robbie bersama Ayahnya berubah menjadi perjuangan hidup dan mati menghadapi para alien yang menginvasi bumi. Para pihak berwenang sudah mulai menyerang balik namun mereka belum menemukan titik lemah dari alien-alien setinggi belasan meter itu supaya mati. Di saat genting seperti itu, Rey, Rachel dan Robbie bersama-sama kabur dan menjauh dari kota tersebut sebelum semuanya terlambat.

17. Mars Attack! (1996)

Mars Attack

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Comic, Sci-Fi
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Sarah Jessica Parker, Jack Nicholson, Glenn Close
  • Perusahaan Produksi: Tim Burton Productions

Martians; atau yang dikenal dengan mahluk yang tinggal di Mars datang ke bumi. Presiden US saat itu, James Dale (Jack Nicholson) langsung mendatangi tempat di Martians berkumpul di wilayah Pahrump, Nevada. Kejadian tersebut ditayangkan di semua stasiun televisi. Untuk berkomunikasi, tim Presiden US menggunakan mesin penterjemah. Martians mengatakan bahwa mereka datang dengan damai.

Menyambut baik, akhirnya beberapa orang melepaskan merpati sebagai simbol perdamaian. Malang, melepaskan merpati itu malah dianggap para Martians sebagai tanda perang hingga akhirnya mereka membunuh banyak orang yang ada di dekat mereka. Rencana awal menjadi berantakan, Martians malah mengumumkan perang kepada bumi dan ingin menginvasi bumi.

18. The Thing (2011)

The Thing (Copy)

  • Tahun Rilis:2011
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Matthijs van Heijningen Jr.
  • Pemeran: Mary Elizabeth Winstead, Joel Edgerton, Adewale Akinnuoye-Agbaje
  • Perusahaan Produksi: Strike Entertainment

Pada musim dingin tahun 1982, ada sebuah pesawat asing yang mampir ke bumi dan terkubur di Antartika. Ini membuat peneliti dari Norwegia yang dikenal dengan 'Thule' datang guna meneliti bersama dengan paleontologist dari Amerika bernama Kate (Mary Elizabeth). Saat melakukan penelitian terhadap pesawat asing tersebut, ditemukanlah mahluk misterius dengan kondisi beku, sehingga menjadi penemuan baru.

Sedang asyik-asyiknya melakukan selebrasi karena menemukan sesuatu yang baru dari pesawat asing tersebut, mereka tidak sadar kalau tubuh beku mahluk misterius itu perlahan mencair dan kembai hidup menyerang semua orang yang ada di pusat penelitian. Mahluk misterius itu sangat cerdas, mereka bisa berubah wujud sebagai manusia yang ada di dalam pusat penelitian sehingga susah untuk Kate dan peneliti lainnya mengalahkan mahluk tersebut.

19. The Invasion (2007)

The Invasion (2007)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Oliver Hirschbiegel, James McTeigue
  • Pemeran: Nicole KidmanDaniel Craig, Jeremy Northam
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Silver Pictures

Sebagai film penutup, The Invasion adalah salah satu film Alien yang wajib ditonton. Film ini dimainkan oleh aktris cantik Nicole Kidman. Ia berperan sebagai Carol Bennet yang bekerja sebagai seorang Psikiater. Carol tinggal bersama putra hasil perkawinannya dengan mantan suaminya, Tucker.

Berawal dari pesawat antariksa yang jatuh di satu wilayah, hingga menyebabkan tersebarnya wabah virus yang aktif ketika manusia sedang mengalami tidur. Manusia yang terkena virus ini akan sepenuhnya dikendalikan oleh makhluk yang mampu mengontrol otak serta menghilangkan ekspresi yang melibatkan perasaan manusia.

Carol yang mengetahui perilaku orang-orang yang terinfeksi harus menahan ekspresi dirinya di tengah makhluk yang hampir menguasai seisi kota tempat tinggalnya. Mampukah Carol menyelamatkan anaknya dari tangan suaminya yang sudah terinfeksi?

Meskipun film karya Oliver Hirschbiegel ini banyak menuai kritik dari pengamat film, namun tak ada salahnya bagi para pecinta film Alien untuk mengikuti jalan cerita film yang unik ini.

20. The Fourth Kind (2009)

The Fourth Kind

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Horror, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: Olatunde Osunsanmi
  • Pemeran: Milla Jovovich, Elias Koteas, Will Patton
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Gold Circle Films, Chambara Pictures

Bila biasanya kita melihat aksi Milla Jovovich dengan Zombie maka di film The Fourth Kind ini penonton akan melihat aksinya sebagai Psikolog bernama Abigail Tyler yang harus menghadapi teror Alien. Film ini bercerita tentang perjalanan sang dokter menghadapi teror misterius yang terjadi di Nome, Alaska, tempat di mana orang-orang hilang secara misterius.

Film yang satu ini memang cukup unik. Selain opening film yang berhasil membuat kita penasaran, film ini juga menampilkan beberapa footage video rekaman dari dokter Abigail. Olantunde Osunsanmi sang sutradara seolah berusaha meyakinkan penonton mengenai eksistensi makhluk misterius yang ada dalam film.

Meskipun rekaman video yang dilampirkan tidak terjamin keaslian dan kebenarannya, namun film yang satu ini cukup berhasil menumbuhkan rasa penasaran penonton. Berbeda dengan aksi-aksi dalam film Milla yang selalu terlihat garang, di film ini kita bisa melihat akting sang aktris yang tampak begitu frustasi.

Nah, Itulah 20 film bertema Alien yang wajib kalian tonton. Jika kamu memiliki rekomendasi film alien yang bagus dan wajib untuk ditonton lainnya bisa tuliskan di kolom komentar, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram