8 Film Terbaik Besutan Taika Waititi, Sutradara Asal Selandia Baru

Ditulis oleh Siti Hasanah

Taika Waititi merupakan sutradara kelahiran Wellington, Selandia Baru. Karier penyutradaraannya dimulai saat dia mengarahkan sebuah film pendek yang berjudul Two Cars, One Night di tahun 2003.

Karyanya yang pertama ini sukses membuat dirinya meraih nominasi untuk Best Live Action Short Film dalam perhelatan Oscar 2006.

Sang sutradara yang hobi main di filmnya sendiri ini ternyata dulu memulai karirnya sebagai seorang stand-up komedian yang terbilang sukses di negara asalnya.

Tak hanya sukses sebagai sutradara, Waititi juga sukses sebagai aktor. Dia mendapatkan gelar aktor terbaik di tahun 2000 pada ajang Nokia Film Awards. Nah, berikut ini adalah deretan film yang dia sutradarai.

1. Boy

film taika waititi-1_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Comedy & Drama 
  • Produksi: Whenua Films, New Zealand Film Production Fund, Unison Films
  • Sutradara: Taika Waititi
  • Pemeran: Te Aho Eketone-Whitu, James Rolleston, Taika Waititi

Salah satu karya Taika Waititi yang tersukses di sinema Selandia Baru adalah Boy. Sampai sekarang karya garapannya ini menjadi film yang paling laris sepanjang masa di negeri kiwi tersebut.

Film ini mengambil setting pada tahun 1984 dan bercerita tentang bocah umur 11 tahun bernama Alamein (James Rolleston) atau dikenal juga dengan panggilan Boy. Dia tinggal di sebuah desa kecil bersama adiknya Rocky, (Te Aho Eketone-Whitu), beberapa sepupunya, juga neneknya.

Dia begitu menggilai Michael Jackson dan dia begitu bersemangat berjumpa lagi dengan ayahnya yang bernama sama dengannya, (Alamein (Waititi).

Sempat bahagia dengan kedatangan ayahnya, akhirnya dia mengetahui alasan mengapa ayahnya pulang. Alasan kepulangannya bukanlah untuk bersama dengan Boy dan adiknya, tapi untuk mencari uang yang sempat disembunyikannya. 

Boy juga akhirnya menyadari bahwa ayahnya tak pernah ada untuk dirinya dan adiknya bahkan saat dia dilahirkan dan ibunya meninggal. Dia akhirnya memuntahkan semua emosinya kepada sang ayah, kemudian kembali pulang untuk mengurus sepupu-sepupunya. 

2. Hunt for the Wilderpeople

film taika waititi-2_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Comedy, Adventure, Drama
  • Produksi: Defender Films, Piki Films, Curious Film
  • Sutradara: Taika Waititi
  • Pemeran: Sam Neill, Julian Dennison, Rhys Darby, Rima Te Wiata, Rachel House

Film besutan Taika Waititi yang satu ini diadaptasi dari sebuah buku karya Barry Crump yang berjudul Wild Pork and Watercress. Hunt for the Wilderpeople merupakan sebuah film komedi.

Ceritanya mengisahkan seorang anak adopsi bernama Ricky Baker (Julian Dennison) yang tinggal bersama orang tua angkatnya di sebuah tempat terpencil.

Bisa dibilang Ricky memiliki kesulitan untuk membuat ayah angkatnya, Hec (Sam Neill), senang. Ricky hanya dekat dengan ibu angkatnya sampai suatu hari sang ibu angkat meninggal dunia.

Takut harus kembali lagi ke panti asuhan, Ricky pun melarikan diri dari rumah orang tua angkatnya. Ternyata Hec mulai mencarinya. Petualangan keduanya pun dimulai setelah itu. Tingkah laku Ricky yang konyol dan terkadang menyebalkan itu akan membuat penonton merasa gemas.

3. Jojo Rabbit

film taika waititi-3_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Comedy, War
  • Produksi: TSG Entertainment, Defender Films, Piki Film
  • Sutradara: Taika Waititi
  • Pemeran: Roman Griffin Davis, Taika Waititi, Thomasin McKenzie, Rebel Wilson, Alfie Allen, Stephen Merchant, Scarlett Johansson, Sam Rockwell

Film Taika Waititi yang satu ini membuat dia menerima banyak pujian. Dalam Jojo Rabbit yang dirilis pada tahun 2019 tersebut, Waititi tak hanya berperan sebagai seorang sutradara tapi juga ikut bermain di dalamnya. Dia berperan sebagai teman imajiner yang bergaya Hitler.

Film anti-kebencian ini merupakan sebuah komedi yang bertema satire dengan latar era runtuhnya Nazi Jerman di kota fiksi bernama Falkenheim. Drama ini mengisahkan seorang anak laki-laki Jerman yang bernama Johannes "Jojo" Betzler (Roman Griffin Davis). Dia mempunyai pandangan buta mengenai nasionalisme. 

Akan tetapi, pandangannya kemudian berubah ketika dia bertemu Elsa Korr (Thomasin McKenzie), seorang gadis remaja Yahudi. Ibu Jojo, Rosie (Scarlett Johansson), menyembunyikan anak gadis Yahudi tersebut di kamar loteng rumah mereka. 

Jojo memiliki teman imajinasi bernama Adolf Hitler (Taika Waititi). Kisah keduanya yang lucu menyajikan cerita mengenai pemahaman nasionalisme yang berbeda dan unik.

4. Thor: Ragnarok

film taika waititi-4_

Thor: Ragnarok adalah satu dari tiga film Thor yang paling sukses dilihat dari segi pendapatan ataupun rating. Adalah tangan dingin Taika Waititi, sang sutradara, yang membawa kesuksesan pada film tersebut. 

Di film Thor yang ketiga ini diceritakan Thor (Chris Hemsworth) terpenjara di planet yang bernama Sakaar. Untuk menyelamatkan Asgard dari Ragnarok, dia harus bisa mengalahkan Hela (Cate Blanchett) serta mencegah terjadinya Ragnarok.

Karena Thor adalah pewaris takhta, maka menjaga Asgard serta warganya adalah menjadi kewajiban dirinya. 

Namun, menghadapi Hela tak semudah itu. Selain karena Hela telah menghancurkan palu Mjolnir, Thor juga masih harus berhadapan dengan Hulk (Mark Ruffalo) di dalam arena gladiator. Kesuksesan Thor: Ragnarok membuat Waititi kembali dipercaya untuk menggawangi Thor: Love and Thunder.

5. What We Do in the Shadows

film taika waititi-5_

Mengapa Taika Waititi sampai dipercaya untuk mengawangi film Thor: Ragnarok? Salah satu dari banyak alasan itu adalah film What We Do in the Shadows yang digarapnya pada tahun 2014.

Waititi bersama Jermaine Clement menyutradarai serta menulis, memproduksi, juga membintangi film tersebut. Dirinya muncul sebagai Viago. Film mockumentary lucu ini mengisahkan petualangan tentang empat vampir yang bersahabat dan tinggal bersama di sebuah flat di Kota Wellington, Selandia Baru.

Keempat vampir tersebut berusaha bertahan di dunia modern yang terkadang tidak ramah pada vampir. Mereka membuat dokumentasi tentang keseharian hidup mereka semenjak keempat vampir itu berusia 183 tahun sampai 8000 tahun.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram