bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Karya Sutradara Guntur Soeharjanto

Di deretan sutradara Indonesia terbaik, nama Guntur Soeharjanto pasti tidak akan terlewatkan. Ia adalah seorang sutradara yang punya gaya khas dalam mengarahkan filmnya. Ia dikenal sebagai sutradara yang gemar bereksplorasi dengan banyak tema. Keterampilan Guntur dalam menginterpretasi ceritanya membuat film-filmnya menarik. 

Genre yang paling banyak digunakan dalam film karyanya adalah drama dan percintaan. Selain itu, ia pun banyak bekerja sama dengan aktor dan aktris yang punya karakter berbeda.

Itu sebabnya, karyanya punya sisi unik dan menggugah rasa penasaran. Berikut ini 10 film karya sutradara Guntur Soeharjanto yang menarik untuk ditonton!

1. 99 Cahaya di Langit Eropa 

film-guntur-soeharjanto-1_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Adventure, Drama 
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: Maxima Pictures 
  • Pemeran: Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Raline Shah, Nino Fernandez, Dewi Sandra

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini merupakan salah satu film yang mengusung genre romantis dengan balutan nafas islam. 99 Cahaya di Langit Eropa merupakan film termahal yang pernah diproduksi oleh Maxima Pictures dengan total biaya produksi lebih dari Rp15 miliar. 

Film ini berfokus pada Hanum (Acha Septriasa), seorang jurnalis asal Indonesia pindah mengikuti suaminya yang sedang kuliah doktor di Vienna, Austria. Hanum tadinya bekerja di sebuah televisi swasta sebagai pembaca berita. Namun, ia kemudian berhenti dari pekerjaannya dan mengikuti sang suami pindah ke Vienna. 

Suami istri itu harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan orang-orang yang berasal dari negara lain. Namun, lama-lama ia merasa jenuh karena tidak hal yang ia kerjakan. Oleh sebab itu, ia mencari pekerjaan dan bertemu dengan Fatma Pasha (Raline Shah). 

Perjalanan mereka di negeri orang membawa keduanya pada jejak-jejak Islam di Eropa, terutama jejak Islam yang dibawa oleh bangsa Turki dari kesultanan Utsmaniyah. Selain itu, mereka juga banyak melakukan interaksi yang menarik dengan warga dari negara lain.

2. Crazy Love 

film-guntur-soeharjanto-2_

Kisah dalam Crazy Love berfokus pada romansa antara Kumbang dan tiga sahabatnya yang jatuh hati pada wanita yang sama. Sang wanita, Olivia (Tatjana Saphira), gadis cantik yang menjadi sosok paling menarik di sekolah. Peluang Kumbang mendekati Olivia semakin besar sebab gadis itu menjadi mentornya. 

Tadinya, Kumbang menjalani hari-hari yang tenang. Ia dan ketiga sahabatnya adalah orang-orang yang santai namun selalu membuat ulah. Aksi konyol mereka kerap memancing emosi warga, salah satunya adalah Kepala Sekolah (Ray Sahetapy). 

Melihat nilai-nilai Kumbang dan tiga temannya yang buruk, Pak Kepsek meminta Olivia untuk membantu Kumbang dalam belajar.

Gadis itu awalnya menolak sebab ia jengah dengan perilaku Kumbang yang selalu bermain-main. Sebaliknya, bagi Kumbang, instruksi dari Kepsek itu adalah sebuah peluang untuk membuktikan bahwa ia serius dengan perasaannya. 

3. Assalamualaikum Beijing

film-guntur-soeharjanto-3_
  • Tahun Rilis: 2014 
  • Genre: Drama, Romance 
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Produksi: Maxima Pictures 
  • Pemeran: Revalina S Temat, Laudya Chintya Bella, Morgan Oey, Ibnu Jamil, Desta 

Asmara (Revalina S Temat) merasa bahagia sebab sebentar lagi ia akan menikah. Namun, kebahagiaan tersebut hilang seketika karena ia mendapat informasi bahwa calon suaminya, Dewa (Ibnu Jamil), berselingkuh dengan teman satu kantornya, Anita (Cynthia Ramlan). 

Dewa ingin melanjutkan pernikahan yang tinggal di depan mata itu, namun Asrama terlanjur sakit hati dan marah besar. Selain itu, wanita yang selingkuh dengan calon suaminya tersebut ternyata tengah mengandung. 

Tidak lama setelah kisah tragis itu, Asmara menerima tawaran untuk bekerja di Beijing, Cina. Saat berada di Beijing, ia bertemu dengan Zhongwen (Morgan Oey), seorang pria yang selanjutnya menjadi akrab dengannya. Kepada Asmara, Zhongwen memperkenalkan Legenda Ashima, kisah cinta seorang putri dari Yunan. 

Sejak saat itu, mereka semakin dekat dan perlahan hati Asmara terbuka untuk menerima cinta dari orang baru. Namun, hubungan mereka jadi tidak mudah setelah Dewa menyusul Asmara ke Beijing. 

4. Ranah Tiga Warna

film-guntur-soeharjanto-4_
  • Tahun Rilis: 2021 
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: MNC Pictures 
  • Pemeran: Arbani Yasiz, Amanda Rawles, Teuku Rassya, Maudy Koesnaedi, Tanta Ginting

Ranah Tiga Warna diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi yang merupakan trilogi dari novel Negeri 5 Menara. Film ini bercerita tentang perjalanan Alif Fikri yang berusaha belajar ilmu teknologi di kampus ITB.

Ia mengidolakan figur terkenal dari Indonesia yang juga bersekolah di ITB yaitu, BJ Habibie. Maka dari itu, ITB dipilihnya untuk memperlancar jalannya. 

Proses mencapai tujuannya tidak mudah. Berbagai kendala muncul dan membuat Alif nyaris kehilangan peluang untuk mewujudkan keinginannya, seperti ijazahnya belum turun, ayahnya meninggal dan lain-lain. Bagaimana perjuangan Alif selanjutnya?

5. Belok Kanan Barcelona 

film-guntur-soeharjanto-5_

Belok Kanan Barcelona adalah sebuah film yang digarap oleh dua perusahaan film Indonesia dan Korea, yakni Starvision Plus dan CJ Entertainment. Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Ninit Yunita, Imam Hidajat, Alaya Setya, dan Adhitya Mulya,

Film ini mengikuti perjalanan tiga orang sahabat, yakni Francis (Morgan Oey), Ucu (Deva Mahendra), dan Retno (Mikha Tambayong). Francis jatuh hati pada Retno, tapi gadis itu tidak tertarik untuk menjalin hubungan yang lebih dari sahabat. Hal itu disebabkan karena ia tidak mau kehilangan sahabat terbaiknya. 

Di sisi lain, Farah menaruh hati pada Francis, namun ia memilih memendam perasaannya sebab ia tahun Francis menyuka Retno. Kisah cinta segitiga itu semakin dibuat rumit dengan munculnya perasaan cinta di dalam hati Ucup kepada Farah. Ucup pun memilih sikap diam sebab ia pun tahu bahwa cintanya bertepuk sebelah tangan. 

6. Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea 

film-guntur-soeharjanto-6_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Romance, Drama
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: Rapi Films 
  • Pemeran: Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha 

Jilbab Traveler adalah kisah yang diangkat dari sebuah novel karya Asma Nadia. Kisahnya mengikuti seorang gadis bernama Rania (Bunga Citra Lestari), seorang penulis yang hobi jalan-jalan. Hobinya itu membuatnya dijuluki Jilbab Traveler. 

Suatu hari Rania diberi misi oleh ayahnya yang jatuh sakit untuk bertualang ke wilayah Baluran. Di wilayah tersebut, Rania bertemu dengan seorang fotografer berkebangsaan Korea bernama Hyun Geun (Morgan Oey). 

Keadaan membuat Rania dan Hyun Geun selalu bersama dan berpetualang ke daerah di sekitar Jawa Timur. Tepat di saat inilah sang ayah meninggal dan membuat Rania menyesal karena ia telah memilih untuk menjadi guide bagi Hyun Geun. 

7. Makmum 2 

film-guntur-soeharjanto-7_

Film ini merupakan sekuel dari Makmum yang dirilis tahun 2019. Makmum 2 berkisah tentang Rini (Titi Kamal) yang baru saja ditinggal meninggal oleh suaminya. Duka Rini semakin bertambah sebab Bude yang mengasuh Rini sejak kecil menyusul suaminya. 

Hafis (Jason Bangun), putra satu-satunya Rini hilang beberapa lama. Ia kemudian ditemukan tidak sadarkan diri di tengah hutan belantara. Kini Rini harus melindungi satu-satunya keluarga yang tersisa yang ia miliki. 

Di sisi lain, Rini kembali mendapat gangguan dari sosok gaib yang menyerupai makmum shalat. Sosok gaib itu kerap muncul dan mengganggu keimanannya. Karena sosok gaib itu pula, Rini menyebabkan putranya dalam bahaya. 

8. Ayat-Ayat Cinta 2

film-guntur-soeharjanto-8_
  • Tahun Rilis: 2017 
  • Genre: Drama, Romance 
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: MD Pictures 
  • Pemeran: Fedi Nuril, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra, Nur Fazura

Setelah sukses dengan film Ayat-Ayat Cinta pertama, Guntur Soeharjanto mencoba peruntungan dengan menggarap sekuelnya.

Film ini dibuka dengan menampilkan Fahri bersama asistennya, Hulus (Pandji Pragiwaksono) yang pindah ke Edinburgh. Ini adalah tahun ketujuh sejak ia merelakan Aisha menjadi relawan di Gaza. Semenjak itu, ia tidak pernah bertemu dengan Aisha lagi. 

Fahri kini berprofesi sebagai dosen sekaligus pengusaha di Edinburgh. Kesibukannya sedikit dapat mengobati kerinduannya pada Aisha. Di negeri Britania Raya itu, Fahri harus menghadapi sikap buruk yang diakibatkan oleh Islamofobia. Selain itu, Fahri pun harus mengurus rumah tangganya agar tetap berlanjut dengan Aisha. 

Kehidupan Fahri semakin rumit pasca munculnya Hulya (Tatjana saphira) ke tengah-tengah rumah tangganya. Hulya adalah sepupu Aisha yang kini sudah dewasa. Gadis itu menunjukkan ketertarikan kepada Fahri yang justru membuatnya semakin sedih. 

Membuka hatinya untuk orang lain berarti mengakui bahwa Aisha sudah meninggal. Namun, hatinya yakin bahwa Aisha masih hidup dan berada di suatu tempat. Di tengah kesedihannya, orang-orang di sekitar Fahri mendukungnya untuk menjalin hubungan dengan Hulya. 

9. Cinta Laki-Laki Biasa

film-guntur-soeharjanto-9_

Cinta Laki-Laki Biasa adalah sebuah film romantis bernuansa Islam. Film berdurasi 109 menit ini mengikuti kisah Nania (Velove Vexia) dan Rafli (Deva Mahenra) dari mulai berkenalan sampai hubungan berkembang ke tahap yang lebih serius. 

Dalam proses menuju jenjang itu, keduanya dihadapkan pada konflik yang hampir membuat hubungan mereka kandas. Apalagi konflik itu juga mengharuskan salah satu pihak berkorban demi kelangsungan hubungan mereka.

10. Cinlok

film-guntur-soeharjanto-10_
  • Tahun Rilis: 2008 
  • Genre: Comedy, Romance 
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: MD Pictures 
  • Pemeran: Tora Sudiro, Luna Maya, Tukul Arwana, Ria Irawan 

Cinlok merupakan film kedua yang Guntur Soeharjanto dalam karirnya sebagai sutradara. Film komedi satu ini bercerita tentang kisah Cundra (Tora Sudiro), seorang detektif dengan Nayla (Luna Maya), dan seorang manajer hotel.

Mereka bertemu di sebuah kedai dan terlibat percakapan yang akrab. Dari obrolan mereka itu, diketahui bahwa Nayla mempunyai seorang tunangan bernama Tyo (Tukul Arwana). 

Cundra pun sama. Ia mempunyai seorang tunangan bernama Tika (Ria Irawan) yang bekerja sebagai desainer. Rupanya Cundra dan Nayla berbohong tentang hidup mereka. Setelah pertemuan pertama itu, mereka berjanji untuk bertemu lagi. Di benak mereka, mereka berusaha untuk menutupi kebohongan pertama yang terlanjur dibuat. 

Nah, itulah 10 film karya sutradara Guntur Soeharjanto yang bisa kamu tonton saat libur di akhir pekan. Sutradara yang lahir di Temanggung, 18 Maret 1976 itu dikenal sebagai salah satu pengarah film yang terbaik.

Beberapa film besutannya berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi di ajang perfilman Indonesia. Tidak hanya film, Guntur pun sukses membawa FTV Sebatas Aku Mampu meraih piala Vidia untuk kategori Film Cerita Lepas Televisi pada FFI 2006. Jadi, film mana saja yang sudah kamu tonton?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram